8 Fitur Canggih Android 9 Pie untuk Smartphone Anda

Sesudah beberapa lama menjadi misteri, maka pada minggu ini secara resmi Google merilis system operasi Android paling baru miliknya yang mereka beri nama Android P, yang merupakan kependekan dari Android 9 Pie.

Sistem operasi Android terbaru milik Google ini mulai tersedia melalui update over-the-air untuk beberapa smartphone Google Pixel buatan Google sendiri. Beberapa produsen lain yang turut dalam program Android P beta dijadwalkan langsung menyusul kebagian, termasuk Sony, Xiaomi, HMD Global (Nokia), Oppo, Vido, OnePlus, dan Essential. Menurut berita yang dikutip dari press rilis Google, bahwa versi final Android 9 Pie membawa penyegaran pada sisi tampilan dan fitur baru yang lebih canggih daripada versi-versi Android sebelumnya.

Android Pie membawa sejumlah pembaruan di beberapa aspek. Apa saja fitur anyar yang dapat dijumpai oleh pengguna di Android Pie ini ? Salah satu yang menjadi unggulan Android 9 Pie adalah hadirnya teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, adaptive battery hingga adanya peningkatan pada fitur keamanan.

Lantas apa saja keunggulan dari fitur-fitur ungggulan yanga dibawa Android 9 Pie ini ?

Fitur Android 9 Pie

Mengenal Fitur Menarik di Android 9 Pie

Simak beberapa kelebihan dari 8 fitur unggulan yang diusung sistem operasi Android Pie

1. Smart reply dari notifikasi

Google menggunakan tampilan serba membulat pada antarmuka grafis Android Pie, termasuk di sisi quick setting dan tray notifikasi.  Tema visual material design di Android Pie memang menambahkan white space dan sudut membulat. Tampilan setting bahkan sekarang menonjolkan ikon yang lebih berwarna-warni. Untuk notifikasi, Android Pie sanggup memperlihatkan konten seperti gambar dari aplikasi pesan instan, berikut pilihan untuk segera membalas percakapan.
8 Fitur Canggih Android 9 Pie untuk Smartphone Anda

Kini, aplikasi perpesanan bisa memberikan ‘balasan cerdas’ yang direkomendasikan di bagian pemberitahuan, sehingga Anda bisa menanggapi dalam satu ketukan.

Kecuali itu seluruh draf balasan dalam satu baris tidak akan hilang jika Anda keluar navigasi. Di samping itu seperti saya singgung di atas, Anda juga bisa melihat konten gambar yang dikirim di notifikasi.

Anda juga dapat mematikan pemberitahuan dari beragam aplikasi, jadi Anda cuma mendapatkan notifikasi yang penting bagi Anda.

2. Mode gelap (dark mode)

Dalam kondisi tertentu, tampilan antarmuka berwarna gelap lebih nyaman daripada warna putih seperti umumnya. Pada Android Oreo sebelumnya, Google sempat menyediakan pilihan dark mode yang harus diaktifkan dengan memilih wallpaper, namun fitur ini kemudian ditarik.

Dan sekarang fitur Dark mode tersedia di Android Pie. Adapun cara mengaktifkannya cukup gampang, yaitu cukup dengan membuka pilihan Display di menu Settings, kemudian Device theme, lalu pilih di antara tiga pilihan, yaitu otomatis (menurut wallpaper), jelas, atau gelap.
Pengguna kini bisa menentukan apakah akan memakai mode gelap, mode sedang, atau otomatis.

Anda bahkan bisa mengontrol kecerahan layar pada lingkungan pencahayaan yang berbeda dan secara otomatis juga akan menyesuaikan dalam beragam situasi lingkungan.

3. Simulasi notch/“poni”

Saat ini kian banyak ponsel Android mempunyai “notch” alias poni di sisi atas tempat kamera depan dan earpiece, dimana layar terus dilebarkan dan cuma menyisakan frame tipis di pinggir perangkat. Untuk mengakomodir hal ini, Android Pie menyediakan fasilitas  simulasi notch untuk developer, supaya dapat mengamati seperti apa tampilan aplikasinya di ponsel berponi.
Android 9 Pie

Caranya yaitu dengan mengaktifkan Developer Mode, lalu mengaktifkan pilihan “Simulate a display with a cutout” di menu Drawing.

4. Editing screenshot (pengambilan screenshot lebih gampang)

Android Pie masih mensupport metode pengambilan screenshot dengan cara menekan tombol power lalu ketuk screenshot. Hal ini tentu lebih gampang ketimbang mengambil screenshot dengan metode lama.
Kecuali itu, ada fitur baru untuk editing screenshot. Seketika sesudah tangkapan layar diambil, di ponsel berbasis Android Pie akan muncul tombol “Edit” di pratinjau screenshot. Adapun pilihan penyuntingannya antara lain crop, highlight, dan menggambar sebelum membagikannya kepada orang lain.

5. Mode penguncian (Lockdown) untuk keamanan ekstra

Pada Android Pie telah tersedia satu fitur sekuriti baru untuk keamanan ekstra, yaitu mode Lockdown yang akan mengunci perangkat, lalu menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, serta tidak memperlihatkan notifikasi di lock screen.

Perangkat akan minta kunci default seperti PIN atau pattern. Untuk mengakifkannya yakni dengan cara membuka pilihan Security and Location di menu Setting, lalu pilih Lock Screen Preference, dan aktifkan Show lockdown.

Opsi untuk menjalankan Lockdown kemudian akan ditampilkan ketika pengguna menekan tombol power.

6. Navigasi berbasis gestur

Apakah anda pernah merasa bosan dengan tiga tombol navigasi default Android? Dengan Android Pie ini Google menyediakan opsi, yaitu navigasi berbasis gestur swiping.

Sapukan jari ke kanan untuk melakukan fungsi “back”, ke kiri untuk berganti aplikasi yang terbuka, sapuan ke atas untuk melihat “recent apps” atau app drawer. Tombol elips kecil (on screen button) di tengah layar berfungsi seperti tombol fisik home untuk membawa pengguna kembali ke layar home.

7. Kunci rotasi

Beberapa pengguna Android mungkin sering kali terpaksa membolak-balik perangkatnya gara-gara tampilan mendadak layar berubah dari portrait atau sebaliknya, ketika perangkat berganti orientasi. Berbeda dari versi Android sebelumnya yang cuma menyediakan pilihan “on” dan “off” untuk rotasi otomatis, Android Pie dapat mengunci tampilan dalam orientasi tertentu. Sebuah tombol khusus di pojok atas layar dapat dipakai untuk mengaktifkan kunci rotasi ini.

8. Adaptive battery

Salah satu fitur paling keren dari Android Pie ini menurut saya adalah fitur adaptive battery menggunaakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak pola penggunaaan aplikasi oleh pengguna, termasuk kapan saja waktu penggunaannya.

Aplikasi yang kerap digunakan akan memperoleh prioritas resource dan baterai untuk berjalan di background. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan efisiensi tenaga dan menghemat baterai.

Android 9 Pie

Untuk memudahkan pengguna dalam memantau, indikator tenaga baterai yang tersisa akan ditampilkan di sisi bawah ambient display (always on display), seperti yang sebelumnya telah dijalankan oleh beberapa pabrikan Android di device-nya.

Di samping beberapa fitur di atas, sebenarnya ada beberapa fitur lain yang sayangnya tidak disertakan dalam default Android Pei ini tetapi bisa diperoleh dengan ikut serta dalam program beta dengan syarat pengguna harus memiliki smartphone seri Pixel besutan Google seperti fitur Digital wellbeing yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan ponsel oleh pengguna melalui dashbord khusus.

Demikian 8 keunggulan dari fitur Android 9 Pie, Google mengatakan fitur – fitur lainnya juga akan diluncurkan dalam waktu kedepan yang belum bisa dipastikan.

Sekian ulasan mengenai Android 9 Pie beserta fitur menarik didalamnya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.
Loading...

0 Response to "8 Fitur Canggih Android 9 Pie untuk Smartphone Anda"

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar, akan saya lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel