-->

7 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot

Cara Mengatasi Smartphone yang Lemot - Apakah anda merasakan bahwa performa HP atau smartphone Android anda sekarang menjadi lambat dibanding sebelumnya ?

Jika ya, anda perlu menyimak artikel ini sampai tuntas.

Memang sangat wajar jika perangkat Android cenderung menjadi lambat seiring lamanya pemakaian dan berjalannya waktu. Tidak hanya smartphone saja hampir semua perangkat elektronik pasti akan mengalami penurunan performa tersebut.

Tidak hanya wujud fisik saja yang mengalami penurunan, namun penggunaan yang terus menerus juga dapat menurunkan performa secara signifikan. Ada beberapa penyebab mengapa performa smartphone android kita menjadi lambat.
7 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot

Tips Mengatasi smartphone Android yang lemot

Artikel ini akan membahas beberapa penyebab dan tips meningkatkan performa perangkat Android yang mulai melambat.

1. Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Terlalu banyak aplikasi menjadi bisa menjadi salah satu penyebab Hp mulai lemot. Hal ini biasanya sering dialami oleh para pengguna baru smartphone android. Memang salah satu kelebihan sistem operasi Android adalah, ada jutaan aplikasi gratis dengan berbagai jenis kategori yang bisa anda download dan instal dengan bebas.

Hal ini yang kemudian tanpa kita sadari aplikasi yang telah terinstal di smartphone sudah sangat banyak dan kebanyakan merupakan aplikasi yang sebetulnya kurang kita perlukan.

Kebayakan dari kita tidak melihat seberapa penting aplikasi yang akan kita instal, karena memang di Play Store banyak sekali aplikasi yang terlihat menarik untuk di download.

Hapus dan nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu agar tidak memenuhi memori internal smartphone anda.

2. Bersihkan Cache data yang menumpuk

Mungkin anda belum paham apa itu cache?

Sebenarnya fungsi cache ini baik untuk smartphone kita, salah satunya dapat mempercepat kinerja perangkat smartphone kita.

Dengan menyimpan data secara lokal maka sistem dapat mengurangi waktu loading dan mengurangi kebutuhan mengambil bit yang sama dari internet setiap kali anda mengakses situs web atau aplikasi.

Yang menjadi masalah adalah banyaknya cache yang ada di smartphone dapat menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan internal smartphone kita.
7 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot

Untuk itu, coba anda hapus cache tersebut beberapa saat agar cache tidak menumpuk di penyimpanan internal agar performa perangkat Android anda tidak menurun.

Caranya cukup mudah, anda bisa menggunakan beberapa aplikasi pembersih cache yang tersedia gratis di Play Store, contohnya adalah SD Maid dan Clean Master.

3. Hapus data di memori internal yang tidak perlu

Secara default setiap kita mendownload suatu file biasanya akan langsung tersimpan di memori internal. Hal ini yang kemudian menjadikan HP anda menjadi lemot jika sudah terlalu banyak file yang tersimpan.

Kasus seperti ini sering sekali terjadi pada para pengguna smartphone. Memori internal yang penuh dengan file musik, foto, maupun video koleksi anda juga dapat menurunkan performa smartphone anda.

Solusinya, cek ketersediaan ruang memori internal anda dan batasi jumlah file dalam memori internal, lebih baik lagi kalau anda menggunakan memori eksternal untuk menyimpan file-file koleksi anda tersebut.

Seleksi file apa saja yang anda butuhkan dan jangan simpan terlalu banyak file yang kurang anda butuhkan ke dalam smartphone anda.

4. Kurangi Penggunaan Widget di Home Screen

Memang dengan adanya widget membuat smartphone menjadi sangat menarik, karena terkesan interaktif dan dapat mempercantik tampilan home screen smartphone Android kita.

Namun, terlalu banyak widget yang terpasang dapat menguras daya baterai dan memori, serta dapat memperlambat kinerja smartphone anda karena widget memerlukan ruang di memori RAM dan kinerja dari CPU.

Jadi, pasanglah widget yang sesuai kebutuhan anda, misalnya widget cuaca dan kalender yang memang anda butuhkan untuk mendapatkan informasi secara praktis.

5. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Ini juga merupakan salah satu fitur keren untuk mempercantik tampilan smartphone Android, dengan adanya wallpaper yang atraktif.

Namun, penggunaan live wallpaper memakan kinerja CPU dan RAM yang cukup tinggi, hal ini dapat mempengaruhi daya tahan baterai yang semakin cepat terkuras.

Sebetulnya hal ini bukan masalah yang besar jika anda memiliki smartphone berspesifikasi tinggi, namun jika smartphone anda hanya kategori menengah ke bawah hal ini akan menjadi masalah karena akan menguras daya.

Pilihlah wallpaper biasa yang tetap menarik dan warna yang yang tidak begitu cerah.

6. Proteksi Virus dan Malware dengan Aplikasi Antivirus

Penggunaan smartphone untuk mengakses internet dan berbagai macam situs tanpa adanya filter terhadap situs-situs tertentu bisa menyebabkan smartphone bisa kita terjangkit virus atau malware. Karena di internet terdapat banyak situs phising atau situs yang menanamkan ads yang berisi malware dan virus.

Untuk mencegah dan menghilangkan virus atau malware tersebut sebaiknya anda instal aplikasi antivirus di smartphone anda yang bisa didownload di Google Play Store.

Anda bisa memilih salah satu Antivirus terbaik di : 7 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android Gratis dan Ringan

7. Sering Update Software Smartphone

Anda mungkin termasuk yang sering mengabaikan pembaruan/update software sehingga notifikasi sering muncul di status bar smartphone.

Mulai sekarang sebaiknya jangan anda abaikan.
7 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot

Yang perlu anda ketahui, pembaruan software tidak hanya masalah penambahan fitur baru, tetapi terkadang juga perbaikan bug dan peningkatan kinerja smartphone. Jadi, pastikan perangkat anda selalu mendapatkan update software terbaru.

Demikian tadi beberapa penyebab dan tips mengatasi menurunnya performa smartphone Android anda. Jika masalah-masalah di atas sudah anda lakukan dan ternyata smartphone anda terasa masih lambat kinerjanya, maka anda bisa melakukan cara terakhir yaitu mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik (factory data reset).

Namun perlu diingat, bahwa melakukan reset pada smartphone Android akan menghapus seluruh data pada perangkat, termasuk aplikasi, kontak, dan lain-lain. Jadi, sebaiknya anda pertimbangkan secara seksama jika anda ingin melakukan factory data reset.

Sejatinya, tingkat performa suatu perangkat bersumber dari banyak faktor, di samping faktor spesifikasi dari smartphone Android itu sendiri sangat berpengaruh pada kinerja dan performa juga salah satu faktor lainnya adalah gaya penggunaan data aplikasi yang berlebihan

Jika anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, silahkan luangkan waktu sejenak anda dan silahkan SHARE ke teman dan sahabat anda melalui tombol Sosial Media yang kami sediakan di bawah.

Anda juga bisa berkomentar mengenai cara mengatasi performa smartphone Android yang lemot ini melalui kolom komentar di bagian bawah.

Anda juga bisa mendapatkan update informasi terbaru dari Panduaneka secara GRATIS dengan mengirimkan email melalui form Berlangganan di bawah artikel ini. Terima kasih.
Loading...
Berlangganan Gratis

0 Response to "7 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot"

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar, akan saya lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel