PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

02 July 2018

4 Kriteria Blog yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Ada jutaan blog di internet dengan kupasan dan tingkat kepadatan konten yang berbeda-beda. Blog adalah media online yang secara teknis bisa dimonetisasi oleh pemiliknya lewat berbagai format monetisasi, mulai memasarkan space iklan secara langsung untuk advertiser, menjadi publisher iklan berbasis Pay Per Click (PPC), membuka jasa tulisan review, dan lain sebagainya.

Bergantung pada kriteria blog bersangkutan, tidak seluruh blog dapat menghasilkan uang. Terdapat beberapa kriteria fundamental untuk menilai suatu blog apakah berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang atau tidak. Trafik ialah salah satu aspek terpenting guna mengukur tingkat kelayakan suatu blog dalam menghasilkan uang, tetapi visitor bukanlah satu-satunya aspek yang dapat menjamin.

Tidak seluruh jenis visitor dapat dikonversi menjadi penghasilan. Sebut saja visitor dari bot atau software tertentu, kriteria trafik yang demikian ini tidak bisa dikonversi menjadi penghasilan sebab nilai jualnya tidak ada. Sebut saja Anda hendak memonetisasi blog Anda memakai program periklanan PPC, maka metode yang menarik pengunjung dengan teknik melalui bot tersebut ialah sebuah pelanggaran.

Untuk menghasilkan duit dari blog diperlukan modal trafik, tetapi trafik itu harus didapat dengan teknik yang natural, misalkan melewati mesin pencari, sosial media, atau melewati sumber-sumber visitor yang legal lainnya.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Banyak Trafik Pengunjung Blog 

Kriteria Blog yang Menghasilkan Uang

Apa saja Kriteria Blog yang Menghasilkan Uang ?

Untuk pembaca setia Panduaneka yang masih dihinggapi rasa penasaran sebenarnya apa saja kriteria blog yang dapat memberikan income atau pendapatan itu, berikut ini 4 ciri-ciri blog yang menghasilkan uang.

1. Tidak Melakukan Duplicate Content

Ini merupakan salah satu aspek terpenting yang terkadang jarang diberi perhatian saat kita mengelola blog guna dimonetisasi. Konten blog Anda wajib bersih dari jenis plagiat apapun.

Memadati blog dengan konten hasil dari copy paste blog lain hanya akan membuat blog Anda sulit berkembang di masa mendatang. Tidak bakal ada profit apapun yang akan menghampiri Anda, dan hanya akan menjadikan waktu Anda percuma dalam mengelola blog.

2. Memiliki Artikel Berkualitas yang Memberikan Solusi atau Tambahan Informasi kepada Pembaca

Kendati dalam membuat blog memperoleh trafik visitor lewat mesin pencari adalah hal pokok, namun prioritas utama tetaplah kualitas artikel yang solutif dan informatif. Jangan membuat konten hanya untuk search engine saja, namun menulislah untuk pembaca blog Anda.

Berikan informasi atau penyelesaian dari masalah mereka dan hindari membuat artikel dengan tujuan untuk memperbanyak postingan semata. Anda mau tidak mau harus membuat artikel yang berkualitas supaya tujuan monetisasi blog dapat berlangsung secara maksimal dalam jangka panjang.

3. Blog yang Memiliki Trafik

Seperti yang saya utarakan diatas dan juga saya singgung  pada artikel saya sebelumnya tentang , trafik adalah salah satu aspek terpenting dalam memonetisasi blog. Minim trafik,  minim penghasilan.

Ibarat kita mempunyai sebuah toko, sebagus dan selengkap apapun toko itu tentunya tidak bakal ada transaksi tanpa kehadiran pembeli yang datang.

Gaet visitor sebanyak mungkin ke blog kita dengan mengaplikasikan teknik optimasi SEO On page dan Off page yang legal sehingga tidak membahayakan blog kita dimasa-masa mendatang. Biasanya para blogger khususnya pemula yang ingin cepat-cepat mendapatkan uang dari blogger sering melakukan teknik-teknik ilegal yang sangat merugikan bagi perkembangan blog itu sendiri. Hindari teknik-teknik yang dilarang seperti melakukan spam yang bisa merusak peringkat blog di SERPs.

Sebaiknya Anda baca juga : 5 Tips Rahasia Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Untuk Pemula

4. Blog yang Terawat

Salah satu indikasi blog yang terawat tidak hanya sekedar hanya adanya pengunjung tetapi blog tersebut harus selalu diupdate, dan terdapat interaksi antara pengunjung dan pemilik blog sehingga blog tampak hidup.

Ini adalah aspek-aspek pokok dalam mengelola blog guna menjaga stabilitas trafik, menambah popularitas, dan tentunya menambah penghasilan dari blog tersebut. Salah satu cara untuk bisa menghidupkan blog tentunya Anda harus rutin update posting konten berkualitas.

Catatan khusus untuk pemula:

Membangun blog untuk dimonetisasi tersebut membutuhkan proses dan waktu. Menghasilkan duit dari blog tidak dapat diwujudkan hanya dalam hitungan 1-2 bulan. Berusaha tetap konsisten menikmati proses dan terus belajar dengan apa yang kita kerjakan, lakukan evaluasi rutin, serta tetap optimis dengan apa yang ingin Anda capai.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya bagi tentang kriteria blog yang bisa menghasilkan uang, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika ada pertanyaan atau tambahan informasi terkait artikel ini silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya