PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

11 July 2018

17 Kelebihan Affiliate Marketing Dibanding Bisnis Lain

Kelebihan Affiliate Marketing - Pada artikel saya sebelumnya tentang 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Potensial Menghasilkan Pundi-Pundi Dollar, telah saya singgung bahwa affiliate merupakan salah satu model bisnis atau teknik menghasilkan uang dari internet yang sangat populer dan cocok untuk pemula di dunia internet marketing.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih mendetail apa itu affiliate marketing dan cara kerjanya, silakan baca tulisan saya sebelumnya yang berjudul  Pengertian dan Cara Kerja Affiliate Marketing (Panduan Dasar)

Program afiliasi ini merupakan salah satu jenis bisnis yang saya rekomendasikan untuk dilakukan jika Anda belum memiliki produk sendiri untuk dijual. Seorang affiliate marketer yang sukses dapat menghasilkan puluhan ribu US dollar tiap bulannya atau milyaran rupiah per bulannya. Jadi sudah saatnya Anda tidak boleh  meremehkan model bisnis yang sebenarnya sangat simpel ini.

Setiap model bisnis ada keunggulan dan kelemahannya masing-masing tetapi affiliate marketing merupakan salah satu model bisnis yang bagus. Saya sendiri di samping mengelola beberapa blog juga mulai terjun menjadi seorang affiliate marketer karena jika ingin sukses antara blog dan afiliasi tidak bisa dipisahkan.

Kelebihan Affiliate Marketing

Apa Saja Kelebihan Affiliate Marketing

Setidaknya ada 17 keunggulan atau kelebihan dari affiliate marketing dibanding usaha konvensional atau model bisnis yang lain. Artikel ini saya ambil garis besarnya dari dari salah seorang Affiliate Marketer luar negeri ternama bernama Rosalind Gardner

Jadi apa saja keunggulan affiliate marketing?

1# Tidak ada ongkos produksi 

Tingginya ongkos untuk mengembangkan dan menciptakan produk baru sering membuat kita enggan untuk membuat dan memproduksi produk sendiri. Dengan affiliate marketing, ongkos produksi bukanlah suatu masalah sebab produk telah dibaut dan dikembangkan oleh pihak lain.

2# Biaya awal operasional yang rendah

Dibandingkan dengan membuat dan mengelola sebuah toko di dunia nyata, menjadi seorang affiliate marketer yang Anda perlukan hanya meja, komputer yang terkoneksi internet dan bantuan sejumlah software/tools (optional).

Yang Anda lakukan cukup membuat situs Anda sendiri dan mengikuti program affiliate dari salah satu penyedia program. Anda bisa mencari program-program affiliate ini di internet secara gratis. Sehingga, untuk mengawali Anda hanya perlu menyiapkan domain dan hosting terbaik bagi website Anda.

Untuk konten, Anda wajib meyakinkan bahwa konten/artikel Anda merupakan artikel berkualitas yang enak dibaca dan membius pembacanya. Jika Anda baru memulai membuat website, Anda bisa menulis sendiri konten atau memanfaatkan jasa penulis freelance yang banyak terdapat di situs semacam fiverr.

Skill utama yang perlu Anda asah dan pelajari hanya teknik copywriting. 

3# Tidak ada lisensi 

Seorang makelar di dunia nyata biasanya harus membayar lisensi agar dapat menjual produk di lokasi tertentu yang terbatas. Sedang program affiliate ini berkebalikan, kebanyakan bersifat gratis untuk bergabung dan lokasi yang menjadi target pemasaran tidak terbatas.

4# Dapat mempromosikan dan menjual apa saja 

Di negara maju, nyaris semua produk dibeli secara online. Demikian juga di negara berkembang produk-produk mulai dibeli secara online semisal buku, software, elektronik, CD dan lain-lain. Ada puluhan ribu program affiliate yang dapat Anda pilih dan promosikan.

5# Tidak memerlukan pengalaman dalam menjual 

Ketika ingin memulai affiliate marketing, kita tidak memerlukan pengalaman sales. Umumnya merchant sudah membekali produknya dengan materi marketing keren yang dapat dipakai di situs affiliate yang Anda buat.

6# Tidak butuh karyawan 

Setiap orang yang pernah memiliki dan menjalankan bisnis mungkin sudah tahu bagaimana rasanya mempunyai karyawan. Ketika saat ini banyak pabrik dan perusahaan banyak mengurangi karyawan, maka sudah saatnya juga kita meminimalisir penggunaan karyawan karena akan membebani anggaran yang Anda keluarkan.

Saya pribadi lebih memilih mempunyai omset besar tanpa terdapat karyawan, karena hidup bakal terasa lebih mengasyikkan tanpa perlu pusing memikirkan gaji karyawan. Dan  hal tersebut bisa Anda capai dengan bisnis affiliate marketing.

7# Tidak perlu memiliki stok barang sendiri

Sebagai seorang affiliate marketer, kita dapat memasarkan berbagai item produk bahkan yang kategori besar semisal furniture, barang elektronik tanpa harus memiliki stok barang sendiri.

8# Tidak perlu terlibat dalam memproses order

Lupakan masalah yang dapat timbul sebab mengumpulkan nama, alamat, kartu kredit dan lain-lain. Semua itu akan dihandle oleh merchant.

9# Tidak direpotkan pengiriman barang

Terkadang jika orderan sudah sangat banyak dalam waktu yang bersamaan membuat kita repot, tetapi dengan affiliate marketing Anda tidak bakal dipusingkan dengan pengiriman ini karena semua telah ditangani oleh merchant

10# Tidak perlu menyediakan Customer Service

Memiliki pembeli yang loyal merupakan hal yang bagus, tetapi ketika harus berhadapan dengan komplain pelanggan yang terkadang terkesan cerewet, Anda bakal bersyukur sebagai affiliate marketer sebab merchant kita yang akan menangani komplain pelanggan tersebut.

11# Menjadi passive income

Bisnis apa yang memungkinkan kita terus beroperasi 24 jam 365 hari walaupun kita sedang tidur, bahkan traveling ?

Dengan affiliate marketing, Anda hanya perlu bekerja satu kali – yakni memasukkan link ke situs Anda – dan kita memperoleh pendapatan setiap kali orang yang bertransaksi lewat link tersebut. Inilah yang disebut sebagai passive income.

Ini tentunya bertolak belakang dengan konsep bekerja pada umumnya, dimana kita bekerja dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore terkadang masih lembur dan Anda bakal mendapat bayaran mengikuti jam kerja Anda. Dengan afflilate marketing, Anda dapat memperoleh income kapan saja tanpa bekerja banyak.

Memang pada awalnya Anda perlu mengalokasikan waktu lebih banyak untuk membuat konten dan mempromosikan konten yang berisi link afiliasi, tetapi ke depan Anda tinggal memonitor afiliasi Anda tersebut

Ketika baru awal menjalankan affiliate marketing memang Anda benar-benar harus fokus pada pekerjaan dan belum bisa menjadikan affiliate marketing sebagai pendapatan utama.

Tentu memerlukan waktu sebelum kita benar-benar dapat menjadikan affiliate marketing sebagai pendapatan utama Anda. Tetapi apabila Anda dapat memanfaatkan affiliate marketing dengan baik, tentu Anda dapat bekerja lebih fleksibel.

12# Pangsa pasar tiada batas

Internet merupakan pangsa pasar terbesar di dunia. Anda dapat mendatangkan pengunjung web / blog dari segala penjuru dunia
.

13# Bekerja dari rumah

Bekerja dari rumah atau tempat tinggal sendiri merupakan impian banyak orang karena tidak menguras energi, waktu dan biaya hanya untuk datang ke tempat kerja. Bagi Anda yang sudah memiliki keluarga (anak istri) tentu akan memiliki lebih banyak waktu luang tanpa bagi keluarga tanpa harus kehilangan income.

14# Bekerja dimana dan darimana saja

Dengan teknologi internet yang semakin maju, jarak dan lokasi bukanlah hambatan. Anda bisa bekerja dimana dan darimana saja asalkan masih ada koneksi internet

15# Minim resiko

Jika satu produk yang kita pasarkan tidak mendatangkan income seperti yang kita harapkan, tinggal ganti dengan produk lain beserta linknya di website kita. Kebanyakan dalam program afiliasi tidak ada perjanjian maupun kontrak tertentu yang mengharuskan Anda memasarkan produk tertentu.

16# Potensi pendapatan yang besar

Potensi income yang kita hasilkan tergantung seberapa keras kerja dan impian Anda. Seperti yang saya bilang di awal, terdapat affiliate marketer yang menghasilkan ratusan ribu US dollar atau milyaran rupiah per bulan, bukan per tahun. Tetapi banyak juga affiliate marketer yang puas dengan sepuluh juta rupiah per bulannya. Opsi ada di tangan Anda sendiri.

17# Anda dapat belajar mengasah kemampuan baru

Untuk mengawali affiliate marketing, kita tidak butuh menjadi seorang ahli marketing. Dengan menjalankan affiliate marketing, Anda dapat belajar sekaligus praktek.

Di samping itu, di internet banyak sekali tutorial dan panduan cara-cara menjalankan dan mengelola program-program affiliate marketing. Anda dapat mencoba cara-cara tersebut dan lihat sendiri mana yang sekiranya sesuai dengan yang Anda harapkan. Menyenangkan bukan apabila Anda dapat belajar mengasah kemampuan baru seraya mendapatkan penghasilan?

Walaupun punya 17 keunggulan diatas, affiliate marketing bukannya tidak memiliki kekurangan. Apa saja kelemahan bisnis ini akan saya kupas di artikel berikutnya. Ada banyak materi belajar affiliate marketing di internet, silakan google saja. Anda mungkin akan pusing melihat banyaknya materi yang dapat dipelajari tentang topik ini secara gratis.

Jika Anda berkeinginan tahu lebih lengkap mengenai model bisnis ini dan beberapa model mendapatkan uang dari internet lainnya, saya memiliki beberapa ebook premium yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Silahkan isi form DISINI

Demikian artikel tentang kelebihan affiliate marketing, semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau tambahan informasi terkait postingan ini silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya