PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

09 July 2018

Pengertian dan Cara Kerja Affiliate Marketing (Panduan Dasar)

Pengertian Affiliate Marketing - Salah satu metode guna menghasilkan pundi-pundi dollar dari internet adalah melalui blog. Sebenarnya ada beberapa cara mendapatkan uang dari blog yang bisa kita lakukan tetapi saat ini yang paling menjanjikan dan tidak membutuhkan waktu yang lama ialah dengan menjalankan affiliate marketing (pemasaran afiliasi).

Bahkan dapat dikatakan model afiliasi ini merupakan salah satu teknik terbaik memperoleh pendapatan yang besar dan konsisten dari blog. Meskipun sebenarnya program afiliasi ini bisa juga dilakukan tanpa website atau blog, tetapi menurut saya hasilnya akan jauh lebih maksimal jika dilakukan melalui blog.

Secara lengkap bagaimana teknik menghasilkan uang dari blog, dapat Anda temukan dalam artikel:
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog yang Tepat

Lalu, apa dan bagaimana sebenarnya affiliate marketing ini? Untuk lebih lengkapnya tentang hal ini, silahkan membaca artikel ini sampai selesai.

Pengertian dan Cara Kerja Affiliate Marketing

Pengertian Affiliate Marketing

Secara sederhana afiliasi merupakan :
Sebuah teknik untuk memasarkan produk atau jasa pihak lain, dan memperoleh komisi

Ya, sangat simpel cara kerjanya. Bahkan semua prosesnya, dari awal ikut serta, mempromosikan hingga menghasilkan uang, juga cukup sederhana.

Kalau boleh disamakan bisnis afiliasi sebenarnya adalah bisnis makelar karena sama-sama memasarkan produk pihak lain dan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut. Yang membedakan keduanya hanya media yang digunakan, offline dan online.

Contoh bentuk affiliate marketing adalah ketika kita membuka sebuah blog. Misalnya saja kita ingin membeli sebuah Notebook tetapi masih bingung memilih merek dan tipe apa yang ingin dibeli. Apa yang biasanya kita lakukan? Kebanyakan orang akan membuka search engine seperti Google dan menulis kata kunci Notebook terbaik. Kita lalu membaca sebuah situs/blog yang muncul di hasil pencarian. Biasanya, seorang blogger akan memberikan link di blognya yang mengarah ke halaman pembelian produk tersebut. Umumnya tanpa kita sadari, link tersebut adalah link affiliasi. Jika kita melakukan transaksi melalui link tersebut, blogger tersebut akan mendapat komisi atau uang dari penjualan tersebut.

Cara Kerja Afiliate Marketing

Pengertian dan Cara Kerja Affiliate Marketing
Perusahaan-perusahaan besar, semisal Microsoft, HP, Apple, eBay, Walmart dan sebagainya, berkolaborasi dengan penyedia pemasaran afiliasi (affliate provider), dan membekali mereka dengan iklan produk mereka.

Kita kemudian bergabung dengan penyedia pemasaran afiliasi itu (yang bisa disebut sebagai penengah), kemudian kita memilih produk-produk yang terdapat dalam format banner atau teks link, atau pun format lainnya.

Lalu, kita memasang banner atau link itu di sejumlah posting blog yang relevan atau di lokasi khusus di blog / situs Anda.

Selesai.

Nah sekarang, saat orang-orang berkunjung dan membaca konten blog Anda, maka mereka juga akan melihat iklan atau link afiliasi tersebut kemudian mengkliknya. Dan andai mereka melakukan transaksi pembelian, maka Anda bakal mendapatkan komisi. Seluruh proses ini disebut dengan : cara kerja affiliate marketing

Bagaimana website merchant bisa mengetahui jika visitor itu datang dari Anda ?

Ketika seorang pengunjung yang datang ke web affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada saat itu sebetulnya terjadi sebuah proses.

Cookie, adalah sebuah istilah teknis, yang sebenarnya merupakan sebuah file kecil yang ada di komputer pembeli saat mereka meng-klik link ke website merchant.

Cookie ini digunakan untuk memberitahu merchant bahwa pengunjung datang dari affiliate marketer yang mana sehingga merchant tidak akan salah dalam memberikan komisi antara satu afiliate marketer dengan lainnya.

Jadi secara ringkas bisa dijelaskan kerja pokok dari seorang affiliate marketer adalah mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin dan mengirimkan pengunjung tersebut ke website merchant/toko pemilik produk untuk melakukan suatu transaksi di website merchant. Kemudian website merchant/toko akan memberikan komisi kepada Anda.

Lalu, dimana lokasi terbaik guna mulai memperoleh uang dari program afiliasi ini?

Sebenarnya cukup banyak penyedia program afiliate ini, tetapi ada 2 tempat yang saya rekomendasikan dan sudah sangat populer yaitu Amazon Assosiates dan Clickbank. Di samping 2 tempat itu, ada beberapa tempat lain lagi, baik yang menjual produknya melewati perantara maupun yang langsung mengadakan program afiliasi secara mandiri.

Untuk di Indonesia sendiri, tempat yang bisa Anda ikuti program afiliasinya adalah Bhinneka, Lazada, Zalora dan Ratakan. Dan masih ada beberapa lagi lainnya, tinggal sesuaikan dengan tema atau niche blog Anda sendiri.

Demikian sedikit informasi tentang definisi dan sistem kerja program affiliate marketing. Pada kesempatan berikutnya saya bakal menyambung tulisan ini dengan artikel tentang keuntungan menjalankan program affiliate marketing dan beberapa artikel tentang tips bagaimana menjalankan serta menambah penghasilan dari program afiliasi. Agar tidak ketinggalan artikelnya silahkan berlangganan via email.

Jika ada tambahan informasi atau pertanyaan terkait artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya