PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

28 June 2018

4 Tools SEO Gratis untuk Meningkatkan Skor SEO Blog Anda

SEO (Search Engine Optimization) adalah elemen/komponen penting dari optimasi blog untuk mendatangkan visitor dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya lewat mesin pencari. SEO bisa dilakukan dengan memakai bantuan tools online maupun software tertentu. Guna mempercepat progres yang diharapkan dalam proses optimasi SEO pada blog kita memerlukan bantuan tools SEO sebagai penunjang kerja kita.

Sebagai seorang blogger atau pelaku bisnis online, setidaknya Anda bisa memilih 2 opsi. Apakah Anda ingin membeli software tertentu atau memilih memakai software/tool gratisan yang tersedia di internet.

Pada artikel ini saya akan berbagi mengenai 4 tools SEO gratis alias free yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas SEO blog Anda. Keempat tools itu  yaitu Google Webmaster Tools, SEOCentro, SmallSEOTools dan SEO SiteCheckup.

Keempat Tools diatas adalah tools SEO gratis yang juga saya pakai untuk bermacam-macam keperluan SEO pada beberapa blog yang saya miliki. Terlepas dari segala kekurangan dan kelebihan masing-masing tools di atas,  yang perlu saya tekankan, tools hanya bersifat membantu kerja blogger,  hasil akhirnya tergantung pada diri Anda sendiri sebagai seorang blogger. Secanggih apapun tools SEO yang ada tetapi kita tidak bisa mengoptimalkannya hanya akan sia-sia saja.

4 Tools SEO Gratis untuk Meningkatkan Skor SEO Blog Anda

Tools SEO Gratis Untuk Optimasi SEO Blog

1. Google Webmaster Tools

Tools yang satu ini adalah alat yang menunjang aktifitas para blogger yang disedikan secara cuma-cuma oleh Google. Dengan mendaftar dan verifikasi blog di Google Webmaster Tools, akan memudahkan Anda dalam memonitor dan mengoptimalkan blog.

Webmaster tools memberikan bermacam-macam data statistik yang penting berkaitan dengan kinerja dan kesehatan blog Anda. Dari dashboard Webmaster, Anda bisa melihat dan menganalisa beberapa statistik penting, seperti halaman terindex, site link, galat perayapan, dan lain-lain. Melalui Webmaster Anda bisa memaksimalkan blog untuk mendatangkan trafik dalam jumlah yang optimal dengan cara menganalisa statistik dan kinerja blog Anda secara menyeluruh.

2. SEOCentro

SEOcentro sering saya pakai untuk mengecek dan menganalisis meta tag blog. Dengan mengecek meta tag blog Anda lewat SEOCentro, Anda akan memperoleh info secara lengkap dan rinci berkaitan dengan meta deskripsi dan keyword blog Anda.

Di samping berfungsi untuk mengecek meta tag, di SEOCentro juga terdapat beberapa fitur tools SEO lainnya, seperti SEO Analyzer, Rank Checker, Keyword Density, Keyword Analyzer, dan Keyword Suggestion dan Social Link Popularity.

3. SmallSEOTools

Tool online yang satu ini menyediakan tools SEO secara cuma-cuma yang mirip dengan SEOCentro. Tetapi, SmallSEOTools menyediakan fitur yang lebih banyak. Diantara fitur SEO yang dapat Anda manfaatkan di web ini secara gratis diantaranya yaitu duplicate content checker, backlink maker, web broken links checker, keyword position dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin membuat blog bahasa Inggris dengan kemampuan bahasa Inggris yang kurang minim, SmallSEOTools dapat membantu Anda dengan tersedianya tool untuk mengecek grammar. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk menyempurnakan tata bahasa atau grammar bahasa Inggris yang Anda tulis.

Selain itu, juga terdapat fitur spinner artikel yang bisa Anda gunakan untuk membuat artikel secara mudah, meskipun sampai saat ini hanya tersedia dalam bentuk artikel bahasa Inggris. Tetapi saya sendiri belum pernah menggunakan fitur yang satu ini. Kalau Anda penasaran silahkan coba sendiri keakuratannya.

4. SEO SiteCheckup

Pemeriksaan situs SEO adalah SEO gratis yang menganalisis situs Anda (dan pesaing) menggunakan 45 jenis cek dalam 6 kategori yang berbeda. Berdasarkan hasil pemeriksaan tools tersebut akan menghasilkan ringkasan yang mencakup nilai total untuk situs dan juga cek kegagalan situs yang perlu diperbaiki

Di bawah ini adalah 6 kategori yang tersedia di tools sebagai alat pemeriksa situs :
Common SEO Issue - bagian ini mencakup berbagai macam cek SEO (seperti penggunaan dan penempatan keyword di tempat-tempat penting, keberadaan robots.txt file dan XML Sitemap, struktur HTML, URL/permalink, dan lain-lain).
Speed Optimization - bagian ini terkait kinerja situs (misalnya, ukuran halaman, kompresi, caching, minification, kecepatan server, dan lain sebagainya).
Server & Security - pada bagian ini mengidentifikasi karakteristik hosting dan keamanan penting beberapa situs (misalnya blacklist mencurigakan, menyediakan akses yang tidak perlu atau menampilkan informasi yang mungkin bersifat sensitif, dan lain-lain.).
Mobile Usability - pada bagian ini akan memeriksa dan mengidentifikasi apakah situs/blog Anda ramah pada perangkat mobile atau tidak.
Social Media - di bagian ini dapat membantu Anda dalam mengukur seberapa keterlibatan situs dengan menyediakan jumlah visitor untuk berbagai situs media sosial yang populer.
Semantik Web - bagian ini mencoba untuk menentukan apakah situs menggunakan data terstruktur (misalnya, schema.org).

Demikian informasi tentang tools SEO gratis yang bisa digunakan untuk keperluan optimasi SEO blog, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan atau tambahan informasi terkait artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya