PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

25 June 2018

5 Tips Rahasia Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Untuk Pemula

Untuk mewujudkan tujuan dalam aktivitas blogging, kunci utama yang wajib Anda miliki ialah trafik. Ya, trafik merupakan patokan bagi Anda untuk mewujudkan tujuan dan target ngeblog Anda. Dengan trafik Anda dapat membangun jaringan, personal branding, dan monetisasi atau menghasilkan uang dari blog. Semua itu bermula dari trafik. Tanpa trafik, blog Anda kecil kemungkinannya untuk dapat merealisasikan target Anda dalam menghasilkan sesuatu khususnya uang.

Untuk mendatangkan pengunjung ke blog bukan perkara gampang, tetapi juga bukan sebuah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Disini yang perlu saya tekankan bahwa membangun trafik blog itu memerlukan waktu dan tidak bisa dibangun dalam waktu semalam.

Kesampingkan cara-cara instan untuk memaksimalkan visitor blog, semuanya harus dilakukan bertahap, dan menggunakan langkah-langkah dengan benar sehingga nantinya bisa menampakkan hasil yang diinginkan.

Bagaimana blog dapat dikunjungi banyak orang?

Pada dasarnya ada  beberapa langkah yang sering dipakai orang untuk mengunjungi sebuah blog/situs, bisa dengan mengetikkan langsung URL blog, lewat link di situs sosial media seperti Facebook atau Twitter, dan mengetikkan sebuah keyword di mesin pencari seperti Google Search.

Trafik dari mesin pencari lazimnya memiliki total prosentase sumber lalu lintas blog yang besar sehingga sangat penting untuk melakukan optimasi blog Anda agar ramah terhadap search engine sehingga akan mudah ditemukan oleh mesin pencari serta memperoleh pagerank yang bagus.

Langkah-langkah membangun trafik blog dari search engine

Mendatangkan visitor dari mesin pencari, terutama Google bisa Anda mulai dengan cara-cara simpel tetapi dikerjakan secara konsisten, mulai dari memilih template dan memperbaiki struktur template agar memenuhi standar template yang SEO friendly, setting meta deskripsi dan meta keyword, membuat artikel yang disukai Google dan pembaca secara kontinue, mendaftarkan dan verifikasi blog ke Google Webmaster (Search Console), sampai mencari dan mendapatkan backlink berkualitas.

Saat Anda telah mengaplikasikan beberapa hal yang diatas, pada dasarnya blog Anda semestinya sudah dapat mempunyai trafik. Tetapi, yang perlu jadi catatan disini berkaitan tinggi-rendahnya trafik blog dalam hal ini juga dipengaruhi banyak faktor lainnya.

Faktor-faktor apa saja yang bisa memberi pengaruh pada trafik visitor blog Anda? Beberapa faktor diantaranya yaitu kualitas artikel blog Anda, tingkat persaingan untuk tema yang sama di search engine, umur domain blog Anda, indikator sosial media pada blog Anda, dan lain-lain.
5 Tips Rahasia Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Untuk Pemula

Rahasia Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog untuk Pemula

Point terbesar sebagai salah satu penyebab kegagalan yang umumnya dialami oleh para blogger pemula dalam menekuni dunia blogging adalah bersumber pada persoalan trafik. Banyak teman-teman blogger yang merasa sulit untuk mendatangkan visitor sedangkan di sisi lain mereka juga telah rutin membuat dan mempublish banyak konten/artikel tapi hasilnya blog masih saja sepi pengunjung.

Sebetulnya apa yang Anda lakukan dan apa saja hasil yang Anda peroleh, berbanding lurus dengan apa yang telah Anda kerjakan. Artinya, apabila Anda sudah berupaya mengaplikasikan tips-tips untuk membangun trafik blog tetapi hasil akhirnya masih jauh dari yang diharapkan, berarti masih ada yang salah dengan proses dan langkah-langkah yang Anda lakukan.

Sebenarnya tidak ada rahasia apapun dalam meningkatkan trafik blog. Siapapun itu, entah saya atau Anda, pemula maupun ahli semua harus melewati yang namanya proses dan progres yang memerlukan waktu.

Mungkin Anda timbul pertanyaan “mengapa para ahli  (expert) blogger alias para blogger senior terlihat lebih gampang meningkatkan trafik blog mereka?” jawabannya cukup simpel, sebab mereka tahu cara dan prosesnya kemudian mereka mengaplikasikan cara tersebut secara benar dan menyeluruh tidak sepotong-sepotong. Hal ini yang bisa membedakan hasil akhirnya.

Dibawah ini beberapa poin penting rahasia meningkatkan tafik blog yang semoga dapat Anda terapkan dengan sebaik mungkin pada blog Anda, dan kemudian Anda bisa lihat bagaimana pengaruhnya terhadap blog Anda pada beberapa bulan kedepan.

1. Pilih Niche yang Tepat

Seperti yang saya utarakan diatas, bahwa tinggi-rendahnya pengunjung blog salah satunya bergantung pada tingkat persaingan dan volume pencarian. Kalau Anda berharap mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya, sudah seharusnya Anda juga harus memilih tema atau niche yang mempunyai jumlah pencarian terbanyak.

Beberapa niche blog dengan jumlah pencarian terbanyak diantaranya yaitu niche berita terbaru, niche pendidikan, panduan dan tutorial, teknologi, bisnis online, dan lain sebagainya.  Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Memilih Niche Blog yang Berpotensi Mendapatkan Banyak Pengunjung

2. Posting Artikel Berkualitas

Dalam beberapa artikel saya terkait masalah SEO sering saya singgung,  apapun dan bagaimanapun teknik optimasi yang Anda terapkan, yang paling utama tetaplah kualitas konten blog Anda. Tanpa artikel berkwalitas, blog Anda tidak akan bisa memberi sesuatu yang lebih kepada pengunjung. Hindari membuat konten yang tidak SEO friendly.

Bagaimanakah kriteria artikel SEO friendly itu? Konten yang SEO friendly secara sederhana yaitu tulisan yang padat, unik (orisinil), memberikan solusi, menambah informasi dan memiliki tag yang terstrukur dengan baik. Selengkapnya mengenai cara membuat artikel berkualitas silahkan baca11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

3.  Manfaatkan Sosial Media untuk Membangun Pagerank

Matt Cutts menyatakan, Google memakai lebih dari 200 indikator dalam melakukan pemeringkatan, dan salah satunya indikator dari sosial media. Blog yang mempunyai popularitas tinggi di sosial media adalah cerminan bagaimana kualitas blog itu sendiri.

Artinya, situs/blog itu memiliki potensi mendapatkan pagerank yang lebih baik sebab telah memenuhi salah satu indikator dalam proses pemeringkatan. Lalu, apa yang perlu Anda lakukan? Tentu saja melakukan optimasi sosial media ( Social Media Optimization) untuk membangun popularitas blog Anda. Ingin tahu caranya ? Anda bisa membaca panduannya di 10 Langkah Mempromosikan Konten Blog dengan Social Media Optimization

4. Buatlah Internal Link

Internal linking yang dimaksudkan disini yakni menautkan antara satu konten dengan konten lainnya dalam satu blog yang mempunyai relevansi paling baik.

Contohnya hari ini Anda membuat konten/artikel dengan judul “Rahasia mendapatkan banyak pengunjung blog dalam 10 hari”, kemudian pada hari berikutnya Anda membuat artikel lagi yang berkaitan dengan judul “Penyebab blog sepi pengunjung meski banyak artikel”, Anda bisa memuat kedua artikel tersebut menjadi saling terhubung dengan internal link lebih baik lagi jika Anda bisa menyematkan anchor text didalamnya. Hal ini akan meningkatkan kuantitas  dan kualitas SEO masing-masing artikel sehingga lebih berpotensi memperoleh pagerank tinggi di search engine.

5. Percepat Loading Blog Anda

Poin kelima ini terkesan sepele, namun terbukti memiliki pengaruh yang cukup besar. Saat ini search engine sangat mengutamakan pengalaman pengguna (user experience). Salah satu indikator untuk menilainya adalah seberapa cepat pengguna meninggalkan laman blog yang dibuka. semakin cepat pengguna menutup kembali laman yang dibukanya semakin buruk blog tersebut di mata mesin pencari.

Salah satu penyebab utama banyak pengguna cepat-cepat menutup kembali laman yang dibuka adalah karena laman yang ingin dibaca tersebut loadingnya sangat lama. Contohnya saja Anda, bagaimana reaksi Anda ketika ingin membuka suatu laman situs tetapi ternyata loadingnya sangat lama ? Kemungkinan besar Anda akan segera menutup laman tersebut.

Mempunyai blog dengan ukuran waktu muat yang cukup lama, apakah pengunjung blog Anda akan mendapatkan pengalaman terbaik dari kunjungannya? Tentu saja tidak. Disini mesin pencari khususnya Google betul-betul memperhatikan hal ini dalam memberi peringkat suatu situs.

Agar blog Anda bisa mendapatkan peringkat terbaik di index hasil pencarian search engine, pastikan blog Anda mempunyai waktu loading yang cukup cepat. Anda bisa memilih template yang ringan, meminimalisir pemakaian Javascript, penggunaan widget seperlunya, dan compress gambar yang memiliki ukuran terlalu besar. Lebih lengkapnya cara mempercepat loading blog, Anda bisa membaca 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

Sebagai akhir dari tulisan ini, meskipun cara yang digunakan oleh setiap blogger sama tetapi hasilnya bisa berbeda. Semua tergantung pada seberapa konsisten kita menerapkannya.

Demikian sedikit tips tentang cara meningkatkan trafik pengunjung blog yang bisa saya bagikan untuk Anda, semoga bermanfaat.

Jika Anda ada tambahan informasi maupun pertanyaan terkait artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya