PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

09 May 2018

13 Trik SEO Blogspot Untuk Meningkatkan Trafik Blog

SEO untuk Meningkatkan Trafik Blog - Sampai saat ini selain WordPress.com, Blogger atau Blogspot adalah platform blog gratisan paling populer dan paling banyak digunakan oleh teman-teman blogger khususnya di Indonesia dengan segala kelebihan yang dimiliki platform blog milik Google ini.

Kalau Anda pernah baca artikel saya yang berjudul Blogger atau WordPress, Mana yang Lebih Bagus ? Disitu saya ungkapkan beberapa kelebihan Blogspot, misalnya saja, user friendly, SEO friendly, total gratis, bisa dimonetisasi yang berarti Anda bisa menghasilkan uang dari blog dengan platform ini dengan model monetisasi apapun.

Sebagai sebuah platform dalam membangun situs, Blogspot/Blogger terus melakukan pembaruan fitur-fiturnya dari waktu ke waktu, termasuk yang paling menguntungkan bagi blogger adalah penambahan sejumlah fitur SEO.

Team pengembang Blogspot cukup memahami bahwa sebuah blog (weblog) harus dibuat dan diset agar ramah dengan search engine sehingga konten yang ada di weblog tersebut lebih mudah dan lebih cepat ditemukan oleh spider mesin pencari.

Salah satu fitur SEO Blogspot yang cukup membantu dalam pembuatan konten adalah adanya fitur single meta description atau meta deskripsi tunggal pada tiap postingan/artikel.

Dulu, fitur ini hanya terdapat pada platform WordPress self hosting (WordPress.org) dengan menggunakan plugin tertentu, seperti Yoast SEO dan All in One SEO Pack.

Namun kini, sebagai pengguna Blogspot, Anda dengan mudah bisa memasukkan single meta description di Blogspot dengan cara mengaktifkan fitur Meta Description terlebih dahulu di menu Settings/Pengaturan pada dashboard Blogger.

SEO Blog dengan Platform Blogspot untuk Meningkatkan Trafik

Optimasi SEO adalah salah satu komponen paling penting untuk mendatangkan trafik pengunjung secara maksimal sesuai keyword yang Anda gunakan di blog.

Dengan penerapan SEO yang benar, peluang untuk menembus pageone di search engine seperti Google maupun search engines lainnya akan semakin terbuka lebar.

Berikut ini panduan bagaimana membuat blog Anda dengan platform Blogspot semakin SEO friendly yang bisa diterapkan pada blog Anda masing-masing.
SEO Untuk Meningkatkan Trafik Blog

#1. Judul Blog yang menggugah dan relevan

Buat judul blog yang cukup deskriptif dan menarik, usahakan tidak lebih dari 60 karakter (contoh: panduan membuat blog yang menghasilkan uang).

Jangan membuat judul blog yang cenderung norak alias lebay dan jangan sekali-kali membuat judul yang tidak sesuai dengan isi konten blog Anda.

Ingin tahu rumus membuat judul yang menarik ? Silahkan baca 10 Rumus Membuat Judul Artikel yang Mampu Menarik Perhatian Pengunjung

#2. Maksimalkan meta deskripsi

Aktifkan dan isilah meta description untuk halaman home/beranda tidak lebih dari 150 karakter. Caranya silahkan menuju dashboard Blogger Anda > cari menu Settings/Pengaturan > Search Preferences > Meta Tags > Description > Klik Edit. Pada opsi Enable search description? Pilih Yes. Masukkan meta deskripsi yang mewakili isi blog Anda secara keseluruhan Pilih Yes dan isilah kolom sesuai deskripsi blog Anda secara keseluruhan maksimal 150 karakter.

Dengan mengaktifkan fitur meta description di dasboard Blogger otomatis fitur single meta description atau meta deskripsi untuk postingan juga akan aktif. Setiap Anda menulis postingan sebaiknya Anda isi single meta description yang ada di samping kanan halaman edit post Anda sebelum mempublish artikel Anda.

#3. Mempercepat Loading blog

Sebaiknya Anda test seberapa cepat loading blog Anda dengan beberapa tools seperti GT Metrix dan Pagespeed Insight, jika ternyata blog Anda masih lamban silahkan Anda benahi dengan cara meminimalkan kode HTML yang tidak terlalu penting.

Hapus widget yang tidak terlalu dibutuhkan ukuran template semakin kecil dan ringan saat loading blog. Untuk lebih lengkapnya tentang cara mempercepat loading blog ini, silahkan Anda baca panduannya dalam 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

#4. Perhatikan penggunaan Tag Heading

Rubah tag heading blog menjadi dinamis, yaitu judul blog menggunakan h1 dan judul artikel menggunakan h2 pada halaman home, kemudian judul artikel berubah menjadi h1 pada halaman posting.

#5. Submit blog ke google Webmaster

Daftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tools kemudian lakukan verifikasi dengan memasukkan kode verifikasi ke template blog. Jangan lupa juga submit sitemap blog ke Google Webmaster Tools.
Anda juga bisa mendaftarkan blog Anda ke Bing Webmaster dan Yandex Webmaster.

Kalau Anda belum tahu cara submit blog ke Webmaster, silahkan ikuti  panduan Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools (Search Console) yang telah saya buat.

#6. Optimasi gambar blog

Beri tag (tanda) pada setiap gambar dalam postingan sesuai kata kunci artikel. Caranya dengan mengisi title text dan alt text pada properties gambar, misalkan Anda memposting artikel dengan judul cara mendapatkan uang dari blog, tag gambar bisa berupa panduan mendapatkan uang dari blog).

Lebih lengkap tentang optimasi gambar ini, Anda bisa membacanya di Cara Optimasi Gambar Postingan Agar SEO Friendly secara Otomatis

#7. Setting robots.txt

Buatlah setting robots.txt menjadi lebih SEO friendly. Caranya: Dashboard >  Settings > Search Preferences > Klik Edit pada bagian “custom robots.txt” setelah itu akan muncul pesan “Enable custom robots.txt content” silakan pilih Yes. Kemudian, masukkan kode berikut:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://www.bloganda.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
Ganti tulisan url blog berwarna kuning dengan url blog Anda.

#8. Ubah permalink menjadi lebih SEO friendly.

Di blogspot permalink bersifat otomatis ketika Anda kita menulis artikel. Permalink pada Blogspot biasanya akan terpotong jika judul artikel terlalu panjang.

Untuk itu, pada saat akan memposting konten, Anda bisa memilih Custom Permalink dan merubah sesuai keinginan agar menjadi lebih SEO friendly atau tidak terpotong. 

Salah satu contoh bentuk permalink yang tidak SEO friendly: http://www.bloganda.com/2015/04/cara-mendapatkan-uang-dari.html.

Sebaiknya Anda ganti agar menjadi SEO friendly seperti contoh berikut ini : http://www.bloganda.com/2015/04/cara-mendapatkan-uang-dari-blog.html.

Ingin tahu lebih detail tentang permalink ? Silahkan simak artikel saya tentang Mengenal Istilah Permalink dan Cara Membuatnya SEO Friendly

#9. Membangun backlink dari situs yang relevan.

Poin ini sudah pernah saya kupas pada artikel cara mendapatkan backlink berkualitas.

#10. Buat konten yang panjang dan padat

Dalam memposting artikel dianjurkan tidak kurang dari 300 kata, namun saya sendiri sangat merekomendasikan untuk menulis artikel dengan minimal 500 kata bahkan kalau bisa lebih.

Meskipun standar sebuah artikel berkualitas tidak diukur hanya dari sisi panjang pendeknya konten, tetapi artikel yang panjang dinilai lebih bermutu oleh search engine daripada artikel pendek.

Namun jangan asal membuat artikel yang panjang saja tanpa padat isi. Kalau artikel Anda memang cukup ditulis dengan artikel pendek sebaiknya jangan dipaksakan membuatnya panjang dengan kata-kata yang tidak perlu.

#11. Pergunakan anchor text

Anchor text berguna untuk menghubungkan artikel satu ke artikel yang lain dalam satu blog.

Penggunaan anchor text Ini sangat penting untuk meningkatkan relevansi sebuah artikel. Anchor text ini memiliki nilai lebih tinggi dibanding sekedar penggunaan related post. Lihat saja bagaimana Wikipedia menggunakan banyak anchor text didalamnya.

#12. Promosikan ke sosial media

Setelah selesai mempublish artikel sebaiknya Anda share artikel tersebut ke social media, seperti Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, dan lain sebagainya. Kalau Anda pernah membaca artikel saya tentang Social Media Optimation, Anda pasti tahu alasan pentingnya promosi sosial media saat ini

#13. Jangan melakukan spam.

Spam adalah salah satu bentuk aktivitas ilegal yang menjadi musuh utama search engine, spam sendiri bermacam-macam mulai dari menanam backlink secara asal-asalan, menulis artikel yang hanya berisi kata kunci dan lain sebagainya.

Demikian informasi dan panduan tentang SEO Blog khususnya platform Blogspot untuk lebih meningkatkan trafik visitor dan pageview blog, semoga bermanfaat.

Jika Anda ada informasi tambahan ataupun pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya