PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

15 May 2018

4 Macam Bisnis Online Tanpa Modal dan Minim Resiko Kerugian Finansial

Bisnis Online Tanpa Modal - Bagi seorang pebisnis online, media internet adalah sarana untuk mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Tingkat kecenderungan masyarakat kepada dunia online yang begitu tinggi menciptakan dunia maya sebagai lahan bisnis yang cukup profitable jika dilakukan secara benar.

Ada banyak celah dan kesempatan bagi pelaku internet untuk membangun bisnis online tanpa modal finansial. Bagi mereka yang belum familiar dengan dunia maya, mungkin mereka berpendapat bahwa bisnis online itu cuma bisa dihasilkan dengan bermodalkan uang.

Fakta sebenarnya tidaklah seperti itu, beberapa bisnis online justru dapat dibangun cukup dengan bermodalkan kreativitas, kerja keras dan bahkan tidak memerlukan modal finansial sama sekali.

Untuk mendapatkan uang dari internet Anda tidak perlu ikut bisnis trading saham atau forex. Tersedia banyak alternatif lain bagi Anda untuk dapat menghasilkan dollar dari dunia online tanpa mesti menyiapkan modal berjuta-juta. Contohnya saja menjadi blogger, dengan menekuni aktivitas blogging Anda berkesempatan untuk memperoleh penghasilan dari blog yang Anda kelola.
Bisnis Online Tanpa Modal


4 Bisnis Online Tanpa Modal dan Tanpa Resiko Kerugian Finansial

Apakah sekarang Anda sedang mencari cara bagaimana memperoleh uang dari internet tanpa modal?
Pada artikel saya sebelumnya tentang 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, sebenarnya hal ini sudah saya bahas. Tetapi pada artikel kali ini saya lebih fokus pada beberapa jenis bisnis online yang paling minim resiko dan tidak membutuhkan modal yang banyak

Langsung saja, berikut ini 4 macam bisnis online tanpa risiko kerugian finansial yang bisa Anda coba.

#1. BLOGGER

Menjadi blogger berdasarkan penglaman saya merupakan salah satu macam bisnis online tanpa risiko kerugian finansial yang cukup menjanjikan. Peluang untuk memperoleh penghasilan dalam jumlah yang besar cukup terbuka lebar dengan menekuni aktivitas yang satu ini, tetapi tentunya Anda wajib mempunyai pondasi yang kuat.

Sudah terbukti dari teman-teman blogger senior yang telah meraih kesuksesan dari blog mereka yang satu diantaranya mungkin telah menjadi inspirasi Anda saat ini untuk menjadi seorang blogger. Blogger-blogger senior itu bahkan telah menerima penghasilan bulanan yang benar-benar fantastis, salah satunya yaitu Linda Ikeji, seorang blogger asal Nigeria.

Menengok ke belakang beberapa tahun yang lalu, ketika saya masih benar-benar belum paham sama sekali dengan media online, apalagi yang namanya bisnis online.

Dari keinginan untuk berubah dan mencoba hal baru, akhirnya saya mencari beragam informasi dan referensi tentang internet khususnya bisnis online kemudian saya analisa dan cermati, pilihan saya jatuh ke dunia blogging. Berdasarkan referensi dan menurut analisa saya pribadi, blog merupakan model bisnis online yang cukup menguntungkan dalam rentang waktu yang panjang.

Aktifitas blogging sendiri saya mulai dan saya dalami dengan bermacam-macam kendala yang ada. Belajar, praktek, dan evaluasi terus meneru adalah kunci sukses seorang blogger. Dan puji syukur kegiatan saya selama ini sebagai seorang blogger mulai menampakkan hasil secara finansial meskipun belum bisa disetarakan dengan blogger-blogger di luar sana yang berpenghasilan hingga puluhan juta per bulan.

Untuk menjadi blogger yang berhasil, ada banyak  langkah yang perlu dilalui. Sama seperti ketika Anda membangun bisnis di dunia nyata (offline), membangun bisnis secara online dengan blog juga memerlukan banyak persiapan. Mengacu pada pengalaman saya pribadi, kunci keberhasilan dalam menekuni dunia blog ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut :

Minat yang tinggi
Hampir mustahil, Anda bisa meraih kesuksesan dari blog tanpa mempunyai modal yang satu ini. Anda wajib menyukai dunia blogging kalau mau meraih kesuksesan darinya. Modal skill atau ketrampilan saja tidaklah cukup, Anda mesti menikmati sebuah kenyamanan dan dorongan dimana hal hal yang demikian itu terbangun atas seberapa besar tingkat kecintaan Anda kepada dunia blogging.

Punya keinginan yang kuat
Apabila Anda punya keinginan yang kuat, Anda akan merasa terdorong untuk mengejar sebuah sasaran atau target. Dengan mempunyai keinginan, Anda akan tergerakkan oleh diri Anda sendiri untuk mewujudkan apa keinginan yang mau Anda raih dari aktifitas blogging yang Anda jalani.

Memiliki jiwa analisa yang kuat
Untuk menjadi blogger yang memiliki penghasilan, mau tidak mau Anda memerlukan modal skill analisa yang baik, karena dalam dunia blogging mempunyai banyak kompetisi. Sensitifitas dalam menelaah sebuah kesempatan bisa dibangun secara bertahap dengan mencermati situasi dan hasil yang kita peroleh dari waktu ke waktu.

Sabar dan konsisten
Sabar dan konsisten merupakan dua modal pokok dalam menghasilkan sesuatu, termasuk dalam bidang blog ini. Blogging adalah wujud aktivitas yang dibangun untuk rentang waktu yang panjang. Blogging memerlukan waktu untuk bisa meraih kesuksesan.

Anda tertarik untuk mulai terjun ke dunia blogging, sebaiknya Anda baca dahulu : Cara Membuat Blog untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)

 #2. AFILIASI

Jenis bisnis online yang satu ini juga cukup profitable jika digeluti secara benar dengan membangun pondasi yang kuat. Bisnis afiliasi adalah salah satu model bisnis online tanpa modal yang membuka peluang bagi Anda untuk memperoleh penghasilan secara online tanpa terbebani modal finansial.

Sistem kerja bisnis afiliasi yaitu dengan cara memasarkan atau menjual produk milik perusahaan atau orang lain dimana Anda selaku affiliate akan menerima kompensasi dari terjualnya produk yang lewat link atau tautan afiliasi Anda. Disini tentunya Anda memerlukan sebuah media yang tepat dan efektif untuk bersosialisasi dan memasarkan produk tersebut.

Kalau Anda belum mempunyai media sendiri, Anda dapat memakai jejaring sosial untuk bersosialisasi. Tantangan terbesar sebagai seorang affiliate tentunya bagaimana meyakinkan orang lain supaya membeli produk yang Anda tawarkan.

Hal itu bisa terwujud jika Anda memiliki list yang tertarget sehingga produk-produk yang Anda tawarkan memiliki peluang besar untuk memperoleh sambutan yang baik dari calon customer

Bisnis afiliasi bisa diklasifikasikan sebagai salah satu model bisnis online tanpa modal uang yang cukup menguntungkan. Banyak sekali affiliates yang sukses meraih kesuksesan dari bisnis ini. Kalau Anda berminat, Anda bisa mendalami lebih lanjut bisnis ini dengan menggali beragam informasi dan segeralah mulai.

Dikutip dari situs mthink.com, berikut ini 10 program afiliasi terbaik yang bisa Anda coba:
  • Rakuten Linkshare (linkshare.com)
  • CJ by Conversant (cj.com)
  • ClickBank (clickbank.com)
  • ShareASale (shareasale.com)
  • Affiliate Window (us.affiliatewindow.com)
  • AvantLink (avantlink.com)
  • Amazon (affiliate-program.amazon.com)
  • LinkConnector (linkconnector.com)
  • TradeDoubler (tradedoubler.com)
  • eBay Partner Network (ebaypartnernetwork.com)
Semuanya adalah penyedia layanan afiliasi yang berasal dari luar negeri. Kalau Anda ingin mencoba afiliasi dari Indonesia Anda bisa mencoba Ratakan.

Sebaiknya Anda baca juga : 5 Jenis Bisnis Online Tanpa Perlu Membuat Blog/Website

#3. MENJUAL JASA

Bisnis online tanpa modal uang selanjutnya adalah dengan sistem menjual jasa secara online, dimana jenis bisnis merupakan salah satu model bisnis online yang juga cukup menjanjikan. Anda bisa menawarkan aneka jenis jasa kepada para calon customer lewat bermacam-macam media online seperti situs, blog, sosial media, forum, dan lain sebagainya.

Sebagian dari jasa yang bisa Anda tawarkan secara online untuk memperoleh keuntungan darinya, diantaranya sebagai berikut:
  • Jasa design
  • Jasa penulisan konten/postingan
  • Jasa pembuatan situs/blog
  • Jasa penyewaan
  • Jasa fotografi
  • Jasa les private
  • Jasa rias, dan lain sebagainya.

#4. DROPSHIPPER

Jenis yang satu ini lagi booming, khususnya di Indonesia. Anda bisa memperoleh keuntungan yang lumayan banyak dengan menjadi seorang dropshipper. Caranya cukup simpel, Anda cukup menghubungi suplier dan meminta izin untuk menjualkan produk mereka. Anda akan mendapat keuntungan dari setiap produk yang terjual.

Cara termudah untuk ikut menjadi dropshipper adalah melalui marketplace. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai dropshiper ini silahkan baca beberapa artikel saya sebelumnya, diantaranya :

Penutup

Dunia Maya saat ini membuka kesempatan yang cukup luas bagi Anda untuk membangun jaringan bisnis secara online, bahkan Anda bisa melakukannya tanpa modal uang sepeserpun, selain untuk biaya tarif koneksi internet. Tetapi, semuanya kembali pada diri Anda sendiri. Apapun model  bisnis yang mau Anda bangun tentunya harus mempunyai konsep, tanpa hal tersebut Anda akan sulit untuk mendapatkan apapun.

Demikian sedikit ulasan dan informasi mengenai beberapa jenis bisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan tanpa takut resiko kerugian yang akan dialami. Semoga bermanfaat untuk Anda

Jika Anda ada tambahan informasi atau pertanyaan terkait artikel ini silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya