PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

11 April 2018

Tips Praktis Memulai Bisnis Online Agar Berkembang dan Sukses

Loading...
Banyak orang yang masih memandang bisnis sebagai sesuatu yang susah dilakukan apalagi untuk meraih kesuksesan. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada saat ini, untuk memulai bisnis online yang sangat simpel dan mudah dilakukan.

Meskipun begitu, tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan. Ya, dalam aspek kehidupan semua harus diperjuangan tidak terkecuali dalam bisnis online. Tanpa ada perjuangan dan kemauan yang kuat bisnis online mustahil bisa mencapai kesuksesan.

Bisnis online memberikan peluang besar bagi Anda yang ingin berbisnis tetapi memiliki modal minim untuk sukses dan mengubah nasib menjadi lebih baik.

Kalau saat ini Anda beranggapan bisnis online merupakan sesuatu yang susah, buang jauh-jauh pikiran tersebut, karena bisnis online ini sebenarnya sangat sederhana dan untuk dilakukan.

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tips bagaimana memulai bisnis online untuk pemula. Saya harapkan setelah membaca artikel, Anda yang ingin berbisnis online tidak kebingungan untuk memulainya.

Tentu istilah bisnis sudah tidak asing di telinga kita. Banyak aspek yang bisa dipelajari dari bisnis dan bukan sekedar berangkat dan pergi ke kantor.

Berkembangnya teknologi khususnya internet semakin membuka peluang celah-celah bisnis bagi kita. Di era sekarang bisnis tidak melulu soal modal besar dan toko/kantor yang identik dengan pengusaha berduit, karena siapapun sekarang bisa mulai menjalankan bisnis.

Salah satu yang bisa Anda lakukan saat ini adalah mencoba terjun ke bisnis online. Sebenarnya ada banyak peluang usaha online yang bisa Anda lakukan.

Mengapa bisnis online? Tentu saja, seperti yang saya singgung diatas, tidak lain karena pertumbuhan teknologi yang semakin pesat dewasa ini. Sekarang adalah era mobile, dimana masyarakat menginginkan sesuatu serba cepat dan instan. Hal inilah yang mendorong bisnis online berkembang pesat saat ini.

Tetapi tetap saja yang namanya usaha pasti memerlukan kerja keras dan pengetahuan yang memadai. Untuk itu sebelum memulai bisnis online sebaiknya Anda simak beberapa bagaimana memulai bisnis online untuk pemula berikut ini agar Anda bisa sukses mendapatkan uang dari internet.
Tips Praktis Memulai Bisnis Online Agar Berkembang dan Sukses

Beberapa Tips Praktis Memulai Bisnis Online

1. Membangun Mindset yang Tepat

Pondasi pertama untuk memulai bisnis online ini adalah membangun mindset tepat. Mengapa?

Mindset yang salah hanya akan membuat bisnis Anda goyah bahkan ambruk. Salah satu mindset salah yang selama ini masih dipakai oleh kita adalah takut gagal dan ingin mendapatkan keuntungan secepat-cepatnya.

Masih banyak para pebisnis pemula yang masih ragu-ragu dan takut resiko kegagalan usahanya. Padahal sebagian besar pebisnis sukses berangkat dari pengalaman akan kegagalannya. Mereka mampu menganalisis, mengambil resiko dan bangkit dari kegagalannya.

Jika ingin sukses, Anda harus mengubah mindset tersebut karena kenyataannya bisnis tidak bisa dibangun hanya dalam satu malam. Butuh komitmen kuat dan kerja keras agar kesuksesan bisa datang menghampiri.

Ada sebuah pernyataan menarik dari Anthony Robbins :
“Tetap berkomitmen pada keputusan Anda, tapi tetap fleksibel dalam pendekatan Anda.”
Bagi sebagian orang mengucapkan KOMITMEN itu mudah, tapi prakteknya SUSAH, ada saja godaan dan rintangannya.

Tapi itulah seni dalam bisnis, bagaimana kita menjaga komitmen yang kita pegang dan menyeleraskannya dengan kondisi perkembangan bisnis yang ada.

2. Lakukan Riset Produk/Jasa dan Target Market

Setelah mindset kita perbaiki sebagai seorang pebisnis, langkah selanjutnya adlah menentukan produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Tips yang kedua ini sangat penting. Sebab, jangan sampai Anda salah memilih produk/jasa yang ternyata tidak ada peminatnya di pasaran. Lakukan riset produk yang laris dijual online dan sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Memilih produk/jasa yang tepat akan berpengaruh pada target market yang dibidik dan cara memasarkannya.

Produk/jasa bisa memiliki target market yang berbeda-beda dan cara memasarkan yang berbeda pula.
Dengan mengenal produk dan pangsa pasarnya akan membuat bisnis online Anda berkembang.

Untuk membantu Anda memilih produk yang tepat, silahkan baca Tips Memilih Produk yang Tepat agar Jualan Online Laris

Kalau produk/jasa Anda memang adalah kebutuhan masyarakat memiliki peluang besar akan banyak orang yang mencari dan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan tersebut.

Mungkin Anda bertanya, bagaimana kalau kita tidak punya produk?

Ya mau tidak mau harus cari produsen atau suplier yang mau produknya kita pasarkan. Anda bisa mencari situs-situs yang memperbolehkan produknya di jual kembali lewat mesin pencari seperti Google dan Yahoo atau bisa lewat marketplace.

3. Membangun Sarana Menjual yang tepat

Tips selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah membangun sarana menjual yang tepat. Setelah produk dan target market Anda dapatkan, maka saatnya Anda membangun sarana untuk menjual produk atau jasa Anda.

Ada beberapa sarana yang bisa Anda pilih untuk menawarkan produk Anda. Anda bisa membuat toko online sendiri, membuat blog atau website, membuat toko di marketplace atau jualan lewat sosial media.

Sesuaikan produk dan target market yang dibidik dengan sarana jualan Anda. Jika target atau sasaran konsumen yang dibidik adalah anak muda, maka sebaiknya menggunakan sarana jualan seperti sosial media instagram. Namun apabila target yang ada merupakan kelompok lebih luas maka bisa menggunakan toko online sendiri atau melalui marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya.

Sarana jualan ini bisa Anda buat dengan modal minim bahkan gratis, misalnya dengan ikut program dropship di marketplace atau mengikuti program afiliate. Anda bahkan bisa memanfaatkan akun sosial media Anda secara gratis untuk memasarkan produk Anda.

4. Mempromosikan dan Memasarkan Produk

Tips memulai bisnis online untuk pemula selanjutnya dan paling penting adalah mengenai promosi dan sistem pemasarannya.

Inti bisnis adalah pemasaran. Bagaimana jualan kita akan laku jika tidak kita pasarkan ? Bagaimana cara memasarkan produk agar laris ?

Ya kita harus mempromosikannya agar dikenal calon konsumen kita.

Anda harus mengetahui cara memasarkan produk sekaligus dengan sarana jualan yang Anda gunakan.

Jika Anda melalui toko online sendiri tentunya optimasi SEO menjadi hal utama agar toko online Anda bisa masuk pageone search engine. Lain lagi jika Anda menggunakan marketplace, maka kenali karakteristik tiap marketplace yang ada dan ikuti program promonya.

Kalau Anda menggunakan media sosial, maka kenali juga sistem kerjanya. Misalnya saja jika sarana jual online Anda adalah instagram maka bisa menggunakan sistem endorse yang sedang ramai.

Tapi jika sarananya di facebook, kontinuitas update adalah hal terpenting. Tentukan jam-jam ramai di facebook bagi para penggunanya. Pada saat tersebut, upload dan tawarkan produk atau jasa yang Anda miliki. Berikan promo-promo menarik agar bisnis online Anda semakin dikenal.

5. Bergabung dengan Komunitas atau Grup

Kita hidup sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan. Maka keberadaan komunitas akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis.

Ikuti dan aktif di grup atau komunitas yang sama dengan produk yang Anda tawarkan. Cara ini akan menjadikan bisnis online yang sedang Anda tekuni makin dikenal dan mendapatkan konsumen lebih luas.

Jangan terlalu sering menawarkan produk pada grup atau komunitas yang Anda ikuti, karena anggota grup akan menganggap Anda spammer.

Dengan melakukan beberapa tips memulai bisnis online ini, buang keraguan dan rasa takut untuk memulainya. Karena bisnis online adalah bisnis menjanjikan jika digeluti dengan baik.

Sekarang juga rencanakan dan bangun bisnis Anda, wujudkan impian menjadi pebisnis handal dengan mendapat banyak keuntungan.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya