PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

04 April 2018

Optimasi SEO 10 Menit Untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Mesin Pencari

Loading...
Mungkin selama ini ada beberapa teman blogger yang menganggap optimasi SEO atau search engine optimization merupakan sesuatu yang sulit dan membuat pusing. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. SEO sebenarnya bukanlah sesuatu yang susah tetapi tentu saja perlu usaha untuk mengoptimalkannya.

Jika pada artikel saya sebelumnya mengenai SEO On Page dan SEO Off Page, sudah saya ulas panjang lebar beberapa poin yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ranking blog dan masuk pageone SERP secara keseluruhan dalam mengelola situs. Maka pada artikel ini saya akan mengulas optimasi SEO secara sederhana yang bisa Anda lakukan dalam waktu yang sangat singkat setiap harinya. Kuncinya hanya pada konsistensi Anda sebagai seorang blogger.

Jadi, jangan berpikir melakukan optimasi SEO itu perlu waktu berjam-jam atau bahkan sampai berhari-hari. Anda hanya perlu rutin melakukan beberapa tips di bawah ini dalam waktu 10 menit setiap hari untuk melakukan optimasi SEO pada konten Anda.

Kalau Anda lakukan dengan benar, maka lambat laun Anda akan mendapatkan hasil yang menggembirakan pada blog/situs Anda.
Optimasi SEO 10 Menit Untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Mesin Pencari

6 Optimasi SEO dalam Waktu 10 Menit

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO konten blog

#1. Update Konten Blog Anda

Sebagai seorang blogger, pekerjaan Anda tidak berhenti setelah menerbitkan artikel. Tetapi cari informasi lain yang mungkin terlewatkan terkait topik artikel yang Anda publish tersebut.

Seiring berjalannya waktu, tidak jarang informasi dalam artikel yang kita terbitkan beberapa waktu sebelumnya mengalami penambahan informasi baru.

Sehingga kalau konten yang telah kita terbitkan tidak kita update informasinya pasti akan dilibas oleh artikel lain yang lebih fresh.

Update konten juga akan membuat pengunjung merasa mendapat informasi baru meskipun sebenarnya konten yang mereka baca telah diterbitkan beberapa waktu yang lalu.

Jadi kalau Anda mendapat informasi baru yang terkait topik artikel lama Anda, segeralah perbaharui. Atau luangkan waktu untuk membaca konten lama Anda dan cari konten yang menurut Anda masih bisa dikembangkan sehingga lebih bermanfaat bagi pembaca.

#2. Promosikan Konten Anda di Media Sosial

Dalam menentukan peringkat, algoritma Google terbaru tidak menyebutkan media sosial sebagai faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap rangking suatu situs. Namun, hal tersebut bukan berarti sosial media tidak berguna sama sekali.

Dengan menggunakan optimasi SMO (Social Media Optimization), media sosial bisa membantu mengirim lalu lintas ke situs Anda. Di samping itu dengan memiliki counter share sosial media yang tinggi akan memberikan otoritas situs Anda lebih banyak di mata pengunjung.

Jika postingan Anda memiliki ratusan bahkan ribuan share di media sosial, pembaca konten Anda akan lebih cenderung mempercayai apa yang Anda tulis. Akibatnya, mereka dengan sukarela akan kembali membagikannya di akun media sosial milik mereka, kepada keluarga, ataupun teman, sehingga hal tersebut bisa memperkuat jangkauan konten blog Anda.

Jadi, sehari luangkan waktu sedikit saja untuk berbagi konten Anda dan terlibat di media sosial yang Anda ikuti.

#3. Perbaiki Permalink, Judul, dan Meta

Memiliki struktur permalink/URL yang membingungkan tidak baik untuk SEO. Cobalah untuk menyederhanakan URL yang ada sehingga lebih relevan dengan topik dan jangan lupa sertakan kata kunci.


Pembahasan lengkap mengenai permalink, bisa Anda baca di mengenal permalink dan cara membuatnya SEO Friendly

Memang memperbarui permalink bisa dianggap konten Anda sebagai konten yang baru oleh Google, tetapi dengan cara mensubmit ulang konten tersebut melalui fetch as google di webmaster bisa membantu memperpecat konten Anda terindeks kembali

Di edit halaman postingan, Anda juga harus perbaiki judul dan deskripsi meta Anda jika memang perlu diperbaiki. Dengan membuat judul dan deskripsi meta menjadi lebih menarik, akan meningkatkan rasio klik-tayang dari hasil penelusuran.

#4. Periksa Setiap Broken Link

Periksa link internal maupun eksternal blog Anda apabila ada yang rusak karena hal ini sangatlah penting bagi SEO.

Untuk mengeceknya Anda bisa memasang ekstensi Chrome yang juga disebut Broken Link Checker, atau melalui tool online seperti Brokenlinkcheck.com yang akan memeriksa halaman dengan broken link.

Jika Anda pengguna WordPress, Anda bisa memasang plugin seperti Broken Link Checker yang bisa membantu Anda memeriksa tautan yang error pada blog Anda

Jangan lupa juga untuk menambahkan link internal yang relevan didalam postingan di blog Anda.

Jika artikel di postingan tersebut berhubungan dengan artikel yang pernah Anda tulis, silakan dihubungkan. Hal tersebut bisa meningkatkan jumlah pageview dan menurunkan skor bounce rate blog.

#5. Analisa Kompetitor Anda

Anda tidak sendirian menjadi blogger, di luar sana mungkin ribuan bahkan jutaan orang yang menjadi blogger seperti Anda. Jadi, Anda harus mampu bersaing dengan mereka.

Untuk menjadi yang terbaik, Anda bisa intip rahasia dapur kompetitor Anda tersebut.

Dengan menggunakan tools seperti Buzzsumo dan SEMRush, Anda cukup mengetikkan URL kompetitor Anda dan melihat konten mana yang paling populer dan kata kunci mana yang paling banyak menghasilkan lalu lintas di situs pesaing Anda.

Misalnya saja Buzzsumo memiliki fitur yang akan menunjukkan orang-orang yang berbagi konten tertentu. Sedang SEMRush bisa memberi Anda data backlink dari konten kompetitor sehingga Anda bisa menjangkau orang-orang yang sama saat mempromosikan konten yang serupa juga.

Meluangkan waktu setiap hari untuk menganalisa para kompetitor Anda akan memberi ide dan peluang baru untuk mempromosikan artikel Anda.

#6. Terlibat dengan Blog atau Situs besar di Niche Anda

Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel saya mengenai backlink berkualitas, bahwa berkomentar di blog orang lain bukanlah cara terbaik untuk menambah backlink ke blog Anda.

Beberapa blog memang memiliki bagian komentar yang memungkinkan Anda memposting nama dan link, namun tujuan utama berkomentar bukanlah menambah backlink ke blog Anda.

Meskipun begitu berkomentar jika dilakukan dengan cara benar, bisa membantu membuka peluang meningkatnya lalu lintas yang masuk di blog Anda juga.

Luangkan waktu sejenak Anda untuk blogwalking untuk mendapatkan backlink sekaligus mencari ide-ide baru untuk blog Anda

Cara terbaik adalah menjadi guest blog di beberapa blog maupun situs dan memberikan tautan ke konten blog kita yang relevan dengan topik tersebut.

Mudah-mudahan beberapa tips di atas mengenai optimasi SEO bisa membantu Anda meningkatkan peringkat di search engine dalam jangka panjang. Yang perlu diingat, SEO bukanlah sulap tetapi sebuah metode untuk jangka panjang yang bisa dipengaruhi oleh perubahan-perubahan kecil yang Anda lakukan setiap hari.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya