PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

28 April 2018

8 Cara Mendapatkan Banyak Trafik Pengunjung Blog

Cara mendapatkan trafik pengunjung blog - Sebenarnya artikel ini saya buat sebagai bagian dari rangkaian topik bagaimana blog mendapatkan banyak pengunjung yang sengaja saya buat bersambung. Kalau pada artikel sebelumnya saya membahas tentang penyebab blog sepi visitor, maka pada postingan kali ini saya akan memberi sedikit panduan bagaimana blog mendapatkan banyak pengunjung.

Soal membuat blog hampir semua blogger pasti bisa, tapi bagaimana agar blog menjadi ramai pengunjung ternyata bukan perkara yang mudah. Berbicara tentang mendatangkan trafik visitor ke blog bukan hanya sekedar berbicara bagaimana cara mendesain blog agar bagus. Mau sebagus apapun desain blog Anda akan menjadi sia-sia saja jika pada akhirnya tidak ada yang mengunjunginya.

Memang membuat blog itu cukup mudah, tingkat kesulitannya terletak pada cara mendatangkan pengunjung, apalagi untuk mendapatkan banyak pengunjung. Namun, sebenarnya semua ini bisa dipelajari dan seberapa tinggi keseriusan Anda dalam mengembangkan blog tersebut.

Teman-teman blogger pasti setuju jika membuat blog apalagi blog gratisan di platform Blogger kita hanya membutuhkan beberapa menit. Akan tetapi untuk mengelola blog tersebut agar dikunjungi dan dibaca banyak orang memerlukan usaha ekstra dari kita. Banyak hal yang harus kita lakukan tahap demi tahap secara benar, barulah kita akan melihat hasilnya.

Membangun trafik blog tidak bisa dilakukan dalam satu malam, tetapi membutuhkan waktu. Untuk mendapatkan trafik visitor ribuan per hari paling tidak membutuhkan waktu tidak kurang dari tiga bulan.

Jika Anda paham tentang cara kerja search engine dan sudah mempersiapkan semua peralatannya, mulai dari pemilihan keyword, strategi optimasi, sampai cara promosi mungkin waktu yang dibutuhkan bisa kurang dari 3 bulan.

Namun, bisa juga terjadi kondisi sebaliknya dimana proses perkembangan blog bisa berjalan jauh lebih lama jika Anda banyak melakukan kesalahan pada awal mengelola blog, misalnya dengan menggunakan teknik optimasi berbau spam.

Untuk dapat mendatangkan banyak trafik visitor ke blog bergantung pada banyak faktor. Semuanya berkaitan dan saling melengkapi.

Adanya kesalahan pada salah satu dapat menyebabkan trafik blog tidak bisa mencapai volume trafik maksimal yang diinginkan. Misalnya saja yang sering dialami oleh blogger pemula adalah pada saat memilih niche yang tepat biasanya dilakukan asal-asalan dan memilih niche yang jumlah pencariannya rendah.

Mungkin hal tersebut didasarkan pada tujuan agar lebih mudah masuk pada pageone search engine, memang hal itu sangat memungkinkan tetapi kalau tujuannya untuk mendapat trafik yang tinggi ke depan akan sangat sulit untuk mencapainya karena tingkat pencariannya rendah.

Maka, disini peranan riset keyword menjadi sangat penting bagi sebuah blog melangkah lebih jauh.
Selain faktor niche dan riset keyword, masih ada beberapa faktor lain yang menjadi parameter berapa volume maksimal trafik suatu blog.

Jika Anda sudah membaca artikel tentang optimasi SEO On Page dan Off Page serta cara mempromosikan konten blog, pada artikel tersebut dijelaskan beberapa poin yang  bisa menjadi dasar sukses tidaknya perkembangan sebuah blog.
Cara Mendapatkan Banyak Trafik Pengunjung Blog

Cara Mendapatkan Banyak Trafik Pengunjung Blog

Dalam artikel ini saya mencoba merangkum beberapa cara untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog yang bisa diterapkan pada blog Anda.

1. Pemilihan niche yang tepat

Langkah awal dan penting dalam pembuatan blog adalah memilih niche. Pastikan jika blog Anda masih relatif baru atau baru akan dibuat, Anda cek kembali apa niche yang Anda ambil sudah tepat.

Seperti sekilas saya jelaskan diatas, bahwa niche sangat menentukan banyak tidaknya volume trafik blog. Agar proses perkembangan blog bisa berjalan dalam waktu cepat, sebaiknya pilih niche yang berpotensi mendapat banyak pengunjung, namun tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi. Anda bisa menggunakan beberapa tools untuk menganalisa tingkat persaingan keyword dalam niche Anda

2. Daftarkan blog Anda ke Webmaster (minimal Google, Yahoo dan Bing)

Sebenarnya ada banyak mesin pencari yang bisa digunakan, namun sebaiknya Anda cukup fokus pada ketiga search engine di atas, karena 99% pengguna internet, khususnya di Indonesia merupakan pengguna ketiga search engine tersebut.

Dengan mendaftarkan blog di webmaster, blog Anda semakin mudah dicrawl oleh robot dan terindeks lebih cepat.

Untuk panduan Anda, silahkan baca : Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools (Search Console)

3. Buatlah artikel yang relevan dengan niche Anda

Google sangat mengutamakan relevansi konten. Jangan membuat artikel yang diluar niche Anda. Apabila niche blog Anda mengenai blogging, maka jangan membuat artikel kesehatan. Jika hal itu Anda lakukan hanya akan merusak niche blog Anda.

Relevansi niche dengan konten itu sangat penting untuk peningkatan trafik dan otoritas situs. Di samping itu hal tersebut juga akan menambah kredibilitas diri Anda karena akan dianggap sebagai orang yang memang benar-benar menguasai niche yang Anda pilih.

4. Tulislah artikel yang panjang dan berisi

Sebenarnya ini masih menjadi misteri, karena memang tidak ada aturan baku yang menyebutkan berapa kata yang mesti dirangkai untuk sebuah artikel blog. Ada yang mengatakan minimal adalah 300 kata.

Panjang pendeknya artikel sangat tergantung pada topik yang dibahas. Ada topik yang hanya membutuhkan uraian singkat ada juga yang memang memerlukan pembahasan yang panjang.

Kualitas artikel sejatinya tidak ditentukan oleh panjang pendeknya tetapi seberapa dalam pembahasan dalam konten tersebut dapat dipahami oleh pembacanya.

Namun, kenyataannya saat ini, Google lebih memprioritaskan konten-konten yang panjang dengan banyak kata dibanding sedikit kata. Hal yang perlu digaris bawahi adalah jangan membuat artikel yang asal panjang tetapi minim pembahasan didalamnya.

Kesimpulannya, salah satu kriteria artikel yang berkualitas menurut penilaian mesin pencari adalah artikel yang padat dan panjang.

Sebaiknya Anda baca juga : 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

5. Penggunaan anchor text

Anda pasti sudah pernah mengunjungi situs Wikipedia bukan? Disitu terlihat banyak sekali penggunaan anchor text.

Anchor text berfungsi untuk menghubungkan antara satu artikel dengan artikel lainnya dalam satu blog yang relevan untuk memperkuat kedudukan masing-masing artikel di search engine.

Penggunaan anchor text dalam penulisan artikel blog merupakan salah satu bentuk pengaplikasian optimasi SEO on-page.

6. Membangun backlink berkualitas

Anda boleh sependapat boleh tidak terkait backlink ini. Ada yang mengatakan saat ini backlink bukan faktor penting bagi blog untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Tapi khususnya bagi blog baru, backlink berkualitas sangat membantu untuk menaikkan peringkat di SERP. Ciri-ciri backlink berkualitas dan bagaimana cara mendapatkannya sudah saya bahas pada artikel 6 Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas Tinggi

7. Perbanyak jumlah konten

Anda tidak bisa hanya mengandalkan niche dengan jumlah pencarian tinggi, tetapi Anda juga harus memperbanyak artikel di blog Anda. Rajin memposting artikel yang saling terkait satu sama yang lain (relevan) secara rutin dapat mendongkrak posisi konten Anda di mesin pencari.

8. Promosikan ke social media

Era sekarang aktifitas ngeblog bukan melulu soal menulis dan posting tetapi juga bagaimana mempromosikan konten yang Anda tulis. Jangan hanya mengandalkan search engine agar konten Anda ditemukan orang, Andalah yang harus menjemputnya.

Salah satunya dengan mempromosikan konten Anda melalui sosial media. Bangunlah komunitas di situs-situs social media untuk kepentingan strategi promosi blog.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara mempromosikan konten blog? Silahkan baca panduan 10 Langkah Mempromosikan Konten Blog dengan Social Media Optimization

Satu yang pasti, jangan pernah menggunakan cara otomatis meningkatkan trafik dengan bantuan tool online atau software. Karena cara yang demikian tidak akan memberikan profit apapun untuk Anda.

Bangunlah trafik blog Anda secara natural dengan bermodalkan mutu konten dan menerapkan sejumlah unsur pendukung lainnya, sebagaimana beberapa poin yang saya jelaskan diatas.

Panduan cara meningkatkan trafik blog lainnya akan saya bahas pada kesempatan-kesempatan mendatang.

Jika Anda ada informasi tambahan atau pertanyaan terkait artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat dan Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya