PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

24 April 2018

Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel

Penyebab blog sepi pengunjung - Seperti yang pernah saya singgung dalam beberapa artikel saya sebelumnya terkait masalah optimasi blog dan strategi SEO, terdapat banyak faktor yang turut menjadi penyebab sepi atau tidaknya trafik pengunjung pada sebuah blog atau website. Namun berbicara tentang blog, mau tidak mau konten menjadi modal paling penting untuk mendatangkan visitor, meskipun artikel bukanlah faktor satu-satunya untuk mengukur kesuksesan sebuah blog untuk melejitkan trafik pengunjung.

Artikel merupakan pondasi awal untuk mendapatkan trafik. Tetapi keberadaannya harus ditunjang dengan unsur lain agar hasilnya semakin bagus dalam mendatangkan pengunjung.

Walaupun secara teknis, blog dengan banyak konten lebih berpeluang untuk mendapatkan banyak trafik, tetapi hal tersebut masih harus didukung dengan sejumlah faktor lainnya.

Kalau Anda lihat beberapa blog besar seperti Panduanim atau Blogguebo, mereka termasuk blog yang bisa dikategorikan memiliki konten yang tidak terlalu banyak, tetapi jumlah trafiknya perhari bisa puluhan ribu.

Pengalaman saya sendiri, saya mempunyai 2 buah blog meskipun dengan dua niche yang berbeda. Salah satu blog saya memiliki jumlah konten yang lumayan banyak, sedang yang satunya lagi hanya berisi beberapa artikel, tetapi justru memiliki trafik visitor yang lebih besar dibanding blog yang memiliki konten lebih banyak.

Sebelum masuk ke pokok masalah tentang “Mengapa blog sepi pengunjung padahal punya banyak artikel” terlebih dahulu saya ingin mengulas sedikit tentang jenis konten blog. Kenapa ini saya ulas terlebih dahulu ? Karena hal ini berkaitan dengan trafik pada blog itu sendiri.
Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel
Sebenarnya ada beberapa jenis konten yang berpotensi mendapatkan banyak pembaca, tetapi secara garis besar ada 3 jenis tulisan di blog yang paling sering kita jumpai

1. Berita
Konten jenis ini bersifat up to date dan dibatasi oleh waktu. Seperti halnya pada artikel di surat kabar harian yang sering kita jumpai. Biasanya tulisan jenis berita tidak bertahan lama dan memerlukan update tulisan yang berkala.

2. Viral/Trending topic
Artikel jenis ini memiliki jangka waktu yang tidak pasti, bisa dalam hitungan hari bisa juga dalam hitungan berbulan-bulan tergantung seberapa lama peristiwa/momen yang ditulis tersebut masih dibicarakan masyarakat.

3. Evergreen
Tipe konten yang satu ini biasanya berisi panduan, tips dan trik atau informasi yang benar-benar dibutuhkan orang dalam jangka waktu yang panjang bahkan cenderung tidak ada masa habisnya alias kadaluwarsa. Beberapa jenis tulisan yang masuk kategori ini misalnya, cara membuat blog, tips bisnis online, cara mendapatkan uang dari blog, dan lain sebagainya.

Jenis konten atau artikel yang Anda tulis di blog sangat menentukan volume serta konsistensi trafik blog Anda. Jika Anda sendirian dalam mengelola blog, maka menurut saya, yang paling ideal untuk Anda adalah memilih menulis artikel yang berjenis evergreen.

Kalau Anda memilih jenis konten berita atau viral dengan jangka waktu yang singkat akan mengharuskan Anda untuk rajin memposting artikel setiap saat mengingat target trafik yang Anda bidik adalah trending dan up to date.

Selain tepat dalam memilih jenis konten, yang sering dilupakan para blogger khususnya pemula adalah sisi optimasi. Karena untuk bisa mendatangkan pengunjung setiap blog membutuhkan kuantitas optimasi, dan disinilah terkadang yang justru menjadi kunci permasalahan yang tidak disadari oleh sebagian besar blogger (pemula).

Ingat, setiap Anda publish sebuah artikel pada saat yang bersamaan ada teman-teman blogger lain yang juga mempublish konten yang mungkin bertema sama dengan konten Anda. Jadi, disinilah pentingnya optimasi konten agar artikel kita bisa ditemukan dan didatangi visitor

Untuk menghasilkan sebuah blog yang berkualitas di mata search engine memerlukan konsep yang jelas dan proses optimasi yang sejalan dengan syarat dan kebijakan pedoman Webmaster. Kesalahan dalam mengelola blog dapat merusak kredibilitas blog dihadapan mesin pencari dan juga pengunjung dalam jangka panjang.

Kalau alasan Anda terjun ke dunia blog adalah untuk mencari keuntungan alias profit, Anda sebaiknya memperhatikan hal ini.

Agar kegiatan blogging bisa menghasilkan profit, Anda memerlukan waktu yang tidak sedikit, dan oleh karena itu jangan sampai kita membuang-buang waktu dengan menulis banyak artikel tanpa menghasilkan profit yang sebanding karena tidak mendapatkan visitor sesuai target.

7 Penyebab Trafik Blog Sepi Pengunjung

Berikut beberapa penyebab blog sepi pengunjung meskipun punya banyak artikel :

1. Kesehatan blog

Kesehatan blog sangat menentukan besar kecilnya trafik. Kesehatan blog meliputi banyak unsur, mulai dari kualitas artikel, orisinalitas konten, duplicate title, broken link, penggunaan permalink, meta tag dan lain-lain.

2. Niche blog

Setiap niche memiliki level kompetisi yang berbeda-beda. Jika Anda masih pemula, maka sebaiknya pilih niche blog yang memiliki tingkat persaingan rendah. Anda bisa menganalisa niche yang berpotensi mendaptkan banyak pengunjung dan gunakan long tail keyword untuk membidik keyword yang memiliki low competition.

3. Backlink

Meskipun saat ini Google dan search engine lainnya terus berusaha menyempurnakan algoritma masing-masing, dan ada yang beranggapan bahwa backlink saat ini sudah tidak terlalu penting tetapi (menurut saya) tetap saja backlink merupakan bagian dari pondasi pokok untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya Anda baca juga : 6 Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas Tinggi

4. Pengaruh sosial media

Seperti yang pernah saya ungkap dalam artikel cara mempromosikan konten blog, Google menggunakan kurang lebih 200 indikator dalam proses merangking laman web, dan salah satunya indikatornya adalah tingkat popularitas blog. Maka, salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kepopuleran blog adalah melalui sosial media.

Seperti yang kita ketahui, saat ini sosial media sudah menjadi bagian dari hidup manusia, jadi dengan mempromosikan konten blog kita di sosial media akan memperbesar peluang bagi blog Anda semakin populer.

5. Salah memilih template

Gunakan template blog dengan struktur laman yang baik. Struktur template bermasalah akan mempersulit proses crawling oleh spider bot search engine dan hal ini akan berdampak pada sulitnya blog menembus halaman SERP dan ujung-ujungnya berakibat pada rendahnya trafik blog.

Silahkan Anda baca dulu : Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

6. Jarang update artikel

Walaupun beberapa waktu yang lalu, Matt Cutts sempat mengeluarkan pernyataan bahwa “Google Tidak Mementingkan Update”, tapi menurut saya berdasarkan pengalaman selama ngeblog, entah Anda sepaham dengan saya atau tidak, blog yang jarang diupdate perlahan-lahan akan turun peringkatnya di halaman search engine.

Apabila blog Anda masih baru akan lebih baik jika Anda rutin publish artikel setidaknya 1 artikel per hari daripada 10 artikel sehari sesudah itu tidak pernah publish lagi. Hal ini bisa dikecualikan untuk blog-blog dengan DA PA yang tinggi.

Blog yang rajin update artikel di samping baik di mata search engine juga dianggap sebagai blog yang benar-benar dikelola oleh pengunjung Anda bukan hanya sekedar blog spam semata.

7. Berlebihan dalam optimasi

Melakukan optimasi yang berlebihan atau over optimization hanya akan  merusak citra blog Anda. Optimasi harus dilakukan dengan cara-cara yang sesuai dengan pedoman dan kebijakan Webmaster serta terkesan natural.

Seperti misalnya dalam link building, menanam backlink merupakan optimasi yang bisa dikatakan sebuah keharusan akan tetapi jika penerapannya dilakukan secara berlebihan, maka hal tersebut hanya akan dianggap sebagai tindakan spam yang dapat menurunkan peringkat blog di SERP.

Untuk informasi lengkap mengenai Optimasi SEO Blog silahkan baca panduannya dalam artikel saya terdahulu SEO On Page dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO pada Blog

Demikian sedikit ulasan mengenai penyebab blog sepi pengunjung meskipun memiliki banyak artikel, semoga bermanfaat untuk Anda teman-teman blogger.

Apabila ada tambahan informasi atau ingin bertanya seputar artikel ini silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya