PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

17 March 2018

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog yang Tepat

Pada artikel sebelumnya, saya telah mengulas tentang 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet. Maka pada artikel kali ini saya akan membahas lebih detail mengenai Cara Mendapatkan Uang Dari Blog.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya sekilas kita mengenal apa itu blog.

Blog awalnya merupakan catatan harian atau diary online pribadi yang sering diperbarui. Dahulu blog menjadi tempat seseorang untuk mengekspresikan diri, berbagi ide dan hobi. Apapun bisa ditulis dan dibagi di blog.
 
Sejarah Blog
Blog pertama kali diperkenalkan di Links.net oleh Justin Hall, seorang mahasiswa di Swarthmore pada tahun 1994.

Pada saat itu lebih dikenal dengan sebutan Weblog yang merupakan singkatan dari kata Web dan Log, seiring berjalannya waktu kemudian disingkat menjadi Blog. Pertama kali media blog dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Yyra Labs dan pada tahun 2002 diakuisisi oleh Google.
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog yang Tepat

Menghasilkan uang dari blog

Blog menjadi salah satu cara termudah untuk mendatangkan trafik ke website secara gratis ketika Anda memutuskan mulai menjual barang atau jasa apapun di internet.

Karena blog merupakan layanan berbentuk konten atau tulisan, maka kunci utama keberhasilan sebuah blog adalah konsistensi dan kualitas tulisan atau artikel blog.

Artikel blog yang berkualitas antara lain pembahasan yang spesifik, originalitas atau keaslian konten, dan dilengkapi infographic (seperti video, gambar).

#1. Konten

Semakin banyak konten yang Anda tulis, semakin cepat Anda bisa mendatangkan traffic. Salah satu permasalahan yang sering muncul ketika menulis konten adalah bagaimana mendapatkan ide menulis.

Untuk itu, cara paling mudah tentu saja mulai menulis tentang keahlian, hobi atau pengalaman Anda. Anda bisa menulis tentang sesuatu yang mungkin bisa berguna dan membantu orang lain, misalnya cara mendapatkan foto yang bagus untuk postingan blog, cara memilih template blog, dan lain sebagainya.

Ketika Anda mulai menulis mengenai template blog, misalnya, Anda tidak harus menjadi ahli dalam pembuatan template. Anda cukup fokus untuk orang-orang (audience) yang mempunyai kesamaan dengan topik Anda, seperti judul artikelnya mengenai “Bagaimana memilih template yang sesuai untuk daftar Google Adsense”.

Dari situ Anda bisa membahas mengenai kriteria template yang baik, cara mengecek kualitas template, hingga kustomisasi dan optimasi template.

Anda juga bisa menggunakan Google Trends sebagai bantuan dalam mencari ide artikel. Di Google Trends, Anda bisa mengetahui seberapa banyak orang yang mencari dengan kata “template” di Indonesia dalam rentan waktu tertentu dan Anda juga bisa mengetahui topik apa yang banyak dicari orang yang berkaitan dengan “template”.

Ketika menulis konten, usahakan artikel yang Anda buat sesempurna dan semenarik mungkin.

Pastikan ketika orang lain membaca postingan Anda, mereka mendapatkan sesuatu yang berharga dari artikel itu sehingga mereka mempunyai keinginan untuk membaginya dengan orang lain.

Baca artikel Anda berkali-kali sebelum mempublikasikannya, kalau perlu minta teman Anda untuk membaca dan memberikan masukan apa yang kurang dari artikel Anda tersebut.

Satu lagi, artikel yang dilengkapi visual seperti gambar atau video, akan jauh lebih menarik dibanding artikel yang hanya berisi teks. Dengan beberapa cara tersebut, Anda bisa menciptakan artikel berkualitas dan disukai pembaca Anda.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara membuat artikel berkualitas, silahkan Anda baca panduannya dalam 11 cara membuat artikel berkualitas yang SEO frendly dan disukai pembaca.

#2. Audience

Selain faktor konten yang berkualitas, hal yang tidak kalah penting adalah hubungan antara Anda sebagai pemilik blog dengan pembaca (audience). Semakin besar audience Anda, semakin besar juga traffic yang Anda terima. Buatlah agar pembaca merasa nyaman ketika mereka mengunjungi blog dan membaca artikel yang Anda tulis.

Beberapa tips agar blog/website nyaman dikunjungi:

Kecepatan/loading website.

Pastikan bahwa situs Anda cepat dibuka. Banyak situs gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kecepatan akses blog Anda antara lain gtmetrix.com dan pagespeed insight. Dari hasil analisa dari beberapa situs tadi, Anda bisa memperbaiki penyebab lambatnya performance blog Anda.

Untuk mengatasi permasalahan loading blog ini, Anda bisa membaca panduannya dalam
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia membutuhkan sekitar 2,6 detik untuk menilai sebuah situs dan 8 detik untuk memutuskan apakah tetap membaca atau meninggalkan situs tersebut.

Jadi waktu Anda hanya 8 detik untuk memberikan kesan terbaik mengenai blog Anda agar pengunjung bisa menjadi pembaca tetap blog Anda.

Apakah website Anda masih lamban ? Sebaiknya Anda baca dahulu 11 cara mempercepat loading blog untuk meningkatkan trafik pengunjung di blog ini.

Kenyamanan saat membaca

Pengunjung harus merasa nyaman ketika membaca artikel di blog. Usahakan untuk menggunakan perpaduan warna yang menyejukkan mata dan hindari penggunaan warna-warna yang tidak nyaman di mata seperti kuning, merah, atau hijau terang yang membuat mata tidak bisa berlama-lama melihatnya.

Sesuaikan antara background dengan tulisan, misalnya background putih, maka tulisan berwarna hitam (bukan kuning). Anda bisa menggunakan kalkulator penghitung tingkat kontras warna dan ukuran huruf di http://webaim.org/resources/contrastchecker/

Banyak teman blogger yang bilang bahwa google sangat menyukai kombinasi warna putih dan biru karena mempunyai kombinasi warna yang terkesan clean dan bisa menyejukkan mata.

Bayangkan kalau Anda mungunjungi website yang iklannya bertebaran dimana-mana, ketika Anda klik sebuah link, bermunculan iklan-iklan yang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Gimana perasaan Anda?

Begitu juga yang mungkin pembaca Anda rasakan. Anda sah-sah saja memasang beberapa iklan di blog agar mendapatkan penghasilan dari iklan, tapi pastikan bahwa iklan tersusun rapi dan tidak mengganggu kenyamanan pembaca.

Kecepatan dan kenyamanan pengunjung yang baik bisa menurunkan persentase bounce rate/rasio pentalan situs Anda. Semakin kecil bounce rate mengindikasikan bahwa pengunjung betah berlama-lama di blog Anda dan itu merupakan sinyal bagus situs Anda di mata Google.

Supaya pengunjung merasa lebih akrab, perlakukan mereka seperti teman. Ajak mereka berdiskusi, beri hadiah, tanyakan apa yang mereka suka atau kalau perlu buatkan komunitas dan sesekali ajak mereka melakukan pertemuan, entah hanya sekedar untuk minum kopi dan berbagi ide.

Untuk berinteraksi dengan pembaca, Anda bisa menggunakan social media (seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube) atau mengirim newsletter.

Cantumkan social media yang Anda miliki di area blog yang mudah terlihat oleh pengunjung sehingga mereka bisa me-Like atau follow sosial media Anda.

#3. Email Subscribers

Sediakan juga fitur/wdiget subscribe box bagi para pengunjung untuk memasukkan alamat email mereka agar bisa mendapatkan update blog. Berikan promosi atau sesuatu yang menarik lainnya yang bisa membuat mereka mau memberikan email mereka.

Untuk memasang widget subscribe box di blog sangat gampang, Anda bisa membaca panduan cara membuat widget subscribe box keren yang telah saya buat.

EDM atau Email Direct Marketing adalah salah satu cara paling efektif dalam pemasaran secara langsung (direct marketing). Ada beberapa model EDM diantaranya email Newsletter, email katalog dan video, email Press release, email undangan dan survey, email Terima kasih.

83% internet marketer menggunakan EDM sebagai media marketing mereka karena efektif dan murah bahkan bisa memberikan keuntungan hingga 3800% dari biaya yang dikeluarkan jika dilakukan dengan benar (sumber: Campaignmonitor.com).

Dari data diatas, kita menjadi tahu betapa pentingnya sebuah email untuk kesuksesan marketing kita. Marketing tidak selalu berbicara mengenai promosi dan transaksi jual-beli.

Marketing juga bisa diartikan lebih luas misalnya EDM yang Anda kirimkan mengenai berita-berita terbaru yang menarik sehingga di share di social media oleh orang lain. Untuk itu, pastikan Anda memiliki fitur email subscribe (subscribe box) di blog Anda.

Mungkin saja saat ini Anda belum punya ide konten atau promosi yang akan Anda kirimkan ke subscriber Anda, tapi suatu saat, database dari email yang Anda kumpulkan akan sangat berharga. Entah untuk promosi produk atau untuk berjualan di situs Anda

#4. Afiliasi

Menurut Wikipedia, afiliasi merupakan salah satu cara pengembangan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.

Ada beberapa alasan mengapa cara afiliasi ini menjadi salah satu alternatif untuk dapat penghasilan tambahan dari internet atau blog Anda, antara lain karena:

Cepat

Anda tidak perlu pusing memikirkan produksi barang, distribusi barang, kompetitor, dan lain-lain. Tugas Anda hanya mereferensikan produk yang Anda afiliasikan. Semakin banyak orang yang membeli dari referensi Anda, semakin besar komisi yang akan Anda terima.

Pasif

Biasanya, seorang afiliasi akan diberikan kode berupa link yang berisi alamat URL produk yang akan dipromosikan dan nomor referensi orang yang mempromosikan.

Selama link itu tetap ada dan pengguna internet membeli produk yang Anda promosikan dari link tersebut, Anda selamanya akan mendapat komisi.

Bisa dijadikan sebagai Ide produk Anda

Kalau hasil dari afiliasi lebih baik, artinya audience Anda tertarik dengan produk yang Anda promosikan. Anda bisa mendapatkan ide untuk membuat produk sendiri yang serupa.

Semua blogger sebaiknya melakukan bisnis model ini kecuali kalau yang Anda tawarkan di blog adalah service atau jasa, bukan produk.

Kalau Anda menjual jasa di blog, sebaiknya Anda mulai menawarkannya sejak hari pertama blog di buat. Berbeda dengan produk, menjual jasa tidak membutuhkan waktu yang lama seperti produksi, packaging, dan distribusi.

Bagaimana afiliasi bekerja?
Ketika Anda bergabung ke dalam program afiliasi dan memilih produk yang ingin dijual, misalnya produk hosting Niagahoster. Anda akan mendapatkan link/kode dari Niagahoster yang dapat Anda pasang di mana saja, seperti di blog, website orang lain, social media, dan lain sebagainya.

Niagahoster memiliki program afiliasi dimana peserta afiliasi akan diberikan komisi hingga 40% untuk setiap produk yang berhasil mereka jual dan Anda tidak dipungut biaya alias GRATIS untuk menjadi peserta program afiliasi.

Sistem afiliasi di Niagahoster sangat transparan dan mudah jadi Anda bisa mengetahui seberapa komisi yang diterima melalui dashboard member area Anda.

#5. Iklan

Iklan yang dipasang di situs atau blog Anda bisa berasal dari berbagai sumber. Bisa langsung dari orang yang mau menjual barangnya (iklan mandiri) atau iklan yang berasal dari penyedia layanan program periklanan seperti yang paling populer adalah Google Adsense.

Kedua jenis iklan tersebut mempunyai perbedaan, tetapi punya satu persamaan yang mendasar yaitu blog Anda harus memiliki traffic yang cukup banyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk iklan mandiri, biasanya sebelum memasang iklan, si advertiser atau pemasang iklan akan bertanya terlebih dahulu, “Berapa traffic bulanan di blog anda?”. Si pemasang iklan akan tertarik menempatkan produknya di blog Anda jika mempunyai traffic yang besar dan relevan dengan produk yang ingin mereka pasarkan.

Sedang cara memasang iklan Google Adsense sendiri, Anda bisa memilih beberapa jenis iklan yang sangat beraneka ragam, ada yang berbentuk teks, gambar, multimedia, flash, video iklan gambar animasi, audio atau link.

Kalau iklan mandiri, komisi dan pembayaran ditentukan oleh Anda sebagai pemilik blog dan pemasang iklan, maka berbeda dengan iklan dari Google Adsense, komisi yang Anda terima akan dihitung berdasarkan beberapa cara, jumlah klik atau jumlah banner Adsense tampil di blog.

Pembayaran dari Google Adsense dilakukan 1 bulan sekali. Pembahasan mengenai cara hitung dan pembayaran Adsense yang lebih detail mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Demikian sedikit gambaran bagaimana cara mendapatkan uang dari blog yang bisa Anda terapkan saat ini juga. Cara ini bukanlah cara tercepat dan instan untuk memperoleh penghasilan dari blog tetapi yakinlah bahwa ini adalah cara paling tepat bagi Anda untuk mendapatkan sumber penghasilan dari blog secara konstan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Jika berkenan silahkan tinggalkan komentar Anda untuk kesempurnaan artikel ini.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya