PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

26 March 2018

7 Point Penting Dalam Bisnis Dropship yang Wajib Anda Ketahui Agar Sukses

Dalam artikel sebelumnya saya sudah menerangkan secara singkat tentang pengertian bisnis dropship. Jika Anda belum sempat membacanya, silahkan dibaca dulu dan diresapi sejenak. Karena artikel berikut ini adalah kelanjutan dari pembahasan artikel tentang dropship tersebut

Meskipun pada artikel sebelumnya sudah saya singgung secara singkat tentang cara memulai menjadi seorang dropshipper, tetapi menurut saya masih perlu saya jelaskan dalam artikel tersendiri agar lebih mudah dipahami.

Maka pada artikel ini saya akan membahas beberapa hal yang akan memudahkan Anda yang ingin memulai bisnis dengan sistem dropship.

Tapi sebelum saya membahasnya, silahkan siapkan buku catatan kecil agar apa yang saya share dalam artikel ini tidak hilang begitu saja dan bisa langsung Anda terapkan.

Untuk dapat sukses dalam bisnis dropship tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Meskipun kelihatannya sepele hanya upload produk dan tinggal menanti orderan datang. Tapi pada kenyataannya tidaklah sesimpel itu. Ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan jika ingin menjadi dropshiper yang sukses.
7 Point Penting Dalam Bisnis Dropship yang Wajib Anda Ketahui Agar Sukses


7 Point Penting untuk Terjun ke Bisnis Dropship dan Menjadi Dropshipper Sukses

Berikut beberapa tahapan yang harus Anda perhatikan dan lakukan untuk bisa sukses meraup profit dalam bisnis dropship

1. Tentukan produk yang tepat

Di bisnis online hampir semua produk bisa dijual tetapi tidak semua produk laku saat dijual. Ya, Anda bisa menjual apapun di bisnis online mulai dari perlengkapan mandi sampai mobil dan rumah bisa Anda jual. Tetapi apa semua produk tersebut akan laku ?

Sebenarnya untuk memilih produk yang akan dijual cukup mudah. Anda tinggal riset kira-kira produk apa saja yang paling laris dijual secara online. Kalau Anda ingin tahu produk apa saja yang paling laku dijual online silahkan baca 7 produk yang paling laris dijual secara online.

Namun, sayangnya produk-produk yang paling laris tersebut juga memiliki persaingan yang sangat ketat. Ada gula ada semut.

Kalau Anda juga memilih produk tersebut Anda harus menyiapkan strategi dan mental baja untuk dapat bersaing dengan dropshiper lain.

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih produk yang jarang dijual orang tetapi memiliki pangsa pasar tertentu. Misalnya Anda bisa menjual suplemen atau jus kesehatan untuk olahragawan dan atlet.

Produk ini tergolong masih sedikit yang menjual tetapi memiliki potensi pasar yang cukup baik jika digarap dengan optimal.

2. Cari supplier yang bisa dipercaya

Langkah pertama yang musti Anda lakukan adalah mencari suplier terpercaya. Dalam sistem dropship, Anda harus memastikan bahwa suplier Anda tidak memberikan nama, alamat atau nomor telepon mereka kepada pembeli kita saat mengirimkan barang.

Karena dalam sistem dropship yangi baik, supplier hanya akan memberikan nama atau nomor telepon kita sebagai dropshipper pada keterangan pengirim. Tanpa meletakan nama toko atau nomor telepon mereka.

Jadi sebelum memutuskan supplier yang dipilih, alangkah baiknya Anda tanya terlebih dahulu sekaligus meminta izin kepada suplier yang ingin Anda pasarkan produknya apakah menerima sistem dropship.

Jika jawabannya bisa menerima dropship, lanjutkan memesan ke alamat Anda dengan sistem dropship (nama pengirim adalah nama anda).

Jika saat sampai dirumah anda nama pengirimnya benar nama anda tanpa ada nama atau nomor telepon supplier maka supplier tersebut dapat dipercaya dan anda bisa lanjutkan kerjasamanya.

Hal tersebut berlaku entah Anda mencari suplier melalui website toko online langsung atau melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Untuk artikel selanjutnya, akan saya bahas bagaimana cara mencari suplier yang terpercaya di marketplace. Jadi jangan sampai ketinggalan update artikel terbaru di blog ini.

3. Fast respons

Siapa yang tidak ingin mendapat balasan secepatnya. Bukan hanya urusan cinta saja seseorang ingin segera mendapat respon tetapi termasuk juga urusan bisnis.

Jangan biarkan calon pembeli menggantung. Balas setiap chat, pertanyaan apalagi orderan dari pembeli Anda secepatnya. Karena dalam hal ini Anda adalah seorang dropshiper yang tidak memegang barang, maka disini Anda perlu mencari supplier yang juga cepat membalas chat dan orderan.

Jika supplier Anda ternyata sangat lambat dalam merespon, lebih baik cari suplier lain yang lebih cepat.

Apabila Anda atau supplier Anda lambat dalam merespons otomatis sangat berpotensi calon pembeli Anda akan kabur ke toko sebelah jika mereka lama menunggu balasan dari Anda terkait produk yang Anda tawarkan.

4. Fokus hanya pada satu supplier

Sebenarnya memiliki beberapa suplier tidak masalah jika Anda bisa memanajemennya dengan baik terutama terkait ongkos kirim.

Jika Anda ingin memiliki beberapa supiler usahakan untuk memilih beberapa suplier yang masih satu kota agar memudahkan Anda nantinya dalam pengiriman barang jika ada pembeli yang membeli beberapa produk dari beberapa suplier yang berbeda.

Tapi untuk pemula saya sarankan untuk fokus satu produk satu suplier dulu, jika Anda sudah berpengalaman bisa mencoba beberapa suplier tetapi tetap usahakan memilih yang masih satu kota misalnya beberapa suplier dari Jakarta.

4. Pasarkan di berbagai channel

Sekarang adalah era digital. Hampir semua orang memegang HP dan memiliki akun sosial media.
Jadi manfaatkan semua sosial media yang ada, dan jika Anda ingin bermain di marketplace cobalah untuk memasarkan produk Anda di beberapa marketplace yang ada.

Manfaatkan semua channel-channel yang ada tersebut untuk berjualan, seperti di instagram, facebook, whatsapp, di beberapa marketplace semisal tokopedia, bukalapak, shopee, dan berbagai channel lainnya. Semakin Anda eksis, maka jualan Anda berpotensi dilirik dan semakin laris.

6. Jaga kepuasan pembeli

Anda pasti pernah mendengar pernyataan utamakan kepuasan pelanggan.

Ya, Kepuasan pembeli adalah hal yang sangat penting, berikan pelayanan terbaik kepada mereka dengan pelayanan yang ramah dan fast respons.

Jika ada keluhan dari mereka tanggapi dengan baik. Ada kalanya Anda harus rugi sedikit demi menjaga kepuasaan dan kepercayaan pembeli.

Pembeli yang puas kemungkinan besar akan kembali lagi dan berpotensi ikut mempromosikan toko atau produk Anda. Jadi yang harus selalu diingat, pembeli adalah raja.

7. Simpan database pembeli

Jangan pernah menyepelekan database pembeli.

Walaupun transaksi Anda terjadi closing di marketplace, tetapi lakukan juga chat personal via whatsapp atau email untuk sekedar mengucapkan terima kasih dan berikan pancingan dengan diskon pembelian berikutnya agar mereka save nomor Anda.

Database pembeli sangat penting agar setiap Anda memiliki produk terbaru Anda tidak kebingungan menawarkan produk. Anda tinggal bagikan ke pembeli yang database-nya sudah Anda miliki.

Jadi setiap ada produk terbaru dari Anda, mereka akan mendapat pemberitahuan tentang produk terbaru tersebut.

Tentunya semakin banyak database yang Anda miliki, semakin bagus untuk perkembangan bisnis Anda.

Sistem dropship ini memiliki kekurangan yaitu kita tidak tahu sebagus apa produk yang kita jual, oleh sebab itu, sebelum menjualnya usahakan anda telah memiliki produk tersebut dan memahami kualitasnya.

Karena jika Anda puas dengan produk yang anda jual, akan lebih mudah mentransfer energy kepuasan tersebut kepada calon pembeli anda.

Dan jangan lupa, karena fokus dropshiper hanya pada pemasaran, maka upgrade terus ilmunya. Semakin diupgrade semakin berkembang pesat bisnis Anda.

Demikian artikel tentang bisnis dropship yang dapat saya bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa apabila ada tambahan informasi atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya