PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

06 March 2018

6 Pondasi SEO yang Harus Anda Bangun Mulai Sekarang

Berbicara tentang SEO, erat kaitannya dengan bagaimana blog bisa mendominasi dan bertahan di SERP. Untuk bisa memenangkan persaingan di SERP dan bertahan disana dalam jangka waktu yang lama Anda perlu menggunakan SEO. SEO ibarat sebagai pondasi blog Anda. Semakin kuat pondasi yang Anda bangun tentunya akan semakin kokoh dan tidak mudah goyah.

Bagi sebagian blogger yang menganggap SEO adalah sebuah misteri, karena tidak ada kepastian didalamnya. Sudah banyak ilmu-ilmu SEO yang bisa kita pelajari di internet. Tetapi masih saja ada yang merasa bingung dan akhirnya terjerumus pada teknik-teknik SEO yang hanya membingungkan dirinya sendiri

Sebenarnya SEO tidaklah serumit yang dibayangkan. Dengan mempelajari 5 elemen yang akan saya sampaikan di artikel ini, Anda seharusnya sudah bisa membangun pondasi SEO yang kuat untuk blog Anda.
6 Pondasi SEO yang Harus Anda Bangun Mulai Sekarang

6 pondasi SEO yang penting untuk blog Anda

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membangun pondasi SEO yang kuat itu ? Berikut penjelasannya

#1. Buat Konten yang Relevan

Yang paling awal harus Anda lakukan agar posisi di halaman pencarian lebih baik adalah membuat konten yang kuat karena saat ini konten adalah prioritas utama dalam mengembangkan SEO.

Sudah sering saya sampaikan, blog adalah konten. Maka tentu saja dalam optimasi SEO yang pertama harus Anda perhatikan adalah konten.

Jadi apakah tepat jika membangun pondasi SEO yang kokoh tidak harus memiliki konten? Sangat tidak tepat jika selama ini Anda menganggap bahwa konten tidak memiliki pengaruh dalam dunia SEO sekarang ini.

Anda tidak akan pernah mendapatkan apa-apa jika blog Anda tidak memiliki konten yang memadai. Salah satu indikator konten yang memadai adalah konten yang relevan.

Google sangat memperhatikan relevansi konten. Misalnya saja Anda membuat konten tentang penjualan barang tentu saja Anda harus menjelaskan produk yang Anda jual tersebut.

Disini peran konten disamping untuk memperoleh SEO yang baik tetapi juga bisa membuat orang tertarik dengan produk dan penjelasan artikel yang Anda buat.

Jadi kalau ingin masuk dan bertahan lama di SERP, Anda harus membuat pondasi SEO menggunakan konten yang relevan. Relevansi konten juga harus disesuaikan dengan kualitas dan kuantitas dari artikel itu sendiri.

#2. Berikan Judul yang tepat dan memikat

Judul artikel sangat penting untuk membangun pondasi SEO. Anda tidak bisa membuat penulisan judul artikel hanya dengan menggunakan bahasa formal tetapi tidak memancing ketertarikan orang untuk membacanya meski sudah masuk di pageone search engine.

Judul artikel sangat penting untuk pemasaran konten itu sendiri, jangan hanya berfokus pada kata kunci saja, tetapi memberi sentuhan kata yang menarik dapat membangun pondasi SEO yang lebih kuat pada konten Anda

Dalam penulisan judul artikel yang baik adalah kata kunci paling depan kemudian di ikuti dengan kata-kata pemanis/headlines. Ini akan membantu blog Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung dari masin pencari.

#3. Penggunaan Meta Description

Pondasi SEO adalah cara untuk mendapatkan pengunjung dan itu bisa dibangun dengan memberikan cuplikan artikel yang menarik.

Salah satu hal yang harus Anda optimalkan adalah dengan memberikan meta description yang tepat dan sisipkan kata kunci di dalamnya sehingga mesin pencari akan lebih mudah untuk mencari relevansi judul dan description yang Anda buat.

Tujuan meta description adalah untuk merangkum halaman konten sehingga pembaca dapat memutuskan mana dari banyaknya hasil di mesin pencarian yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meskipun meta deskripsi tidak menjadi salah satu faktor peringkat, tapi meta description bisa memancing pembaca potensial dengan memberikan preview lebih cepat untuk membuka halaman konten.

#4. Penggunaan Link

Link adalah salah satu elemen penting untuk membangun pondasi SEO. Ibaratnya Anda ingin membuat sebuah pondasi tentu membutuhkan besi untuk memperkokoh bangunan Anda nantinya.

Pemasangan link dalam setiap artikel juga sama dengan membangun pondasi SEO yang lebih kokoh. Apakah itu link yang menuju ke halaman lain (internal link) atau link yang menuju ke halaman situs luar.

Pengaruh dari link sangat besar untuk membuat pondasi SEO karena link ini akan memiliki relevansi konten dari satu halaman ke halaman yang lain. Semakin baik membuat link di halaman blog Anda maka akan semakin mudah untuk meningkatkan SEO situs Anda.

#5. Optimasi Kata kunci

Elemen selanjutnya dalam membangun pondasi SEO adalah dengan mengoptimalkan kata kunci atau keyword dalam setiap penulisan artikel dan pada setiap judul blog yang Anda buat.

Optimasi keywords sangat penting dalam mendongkrak peringkat di halaman pertama. Dalam hal ini riset kata kunci sangat penting dilakukan.

Semakin banyak keyword yang masuk di halaman pertama akan lebih mudah untuk blog Anda bertahan di posisi pageone mesin pencari. Di samping itu riset keyword sangat penting untuk mencari kata kunci yang tertarget agar konten yang Anda buat merupakan konten yang benar-benar dicari oleh orang

Intinya keyword adalah elemen yang sangat penting dan harus menggunakan riset yang tepat. Sebab jika tidak maka kemungkinan besar apa yang Anda usahakan untuk mencapai SEO yang terbaik akan sia-sia.

Khusus untuk Anda publisher Adsense, riset keyword sangat penting untuk mendapatkan keyword dengan CPC tinggi, Anda bisa menggunakan tools high paying keyword untuk intip keyword blog lain.


#6. Backlink berkualitas

Meskipun saat ini, banyak yang mengatakan backlink tidak menjadi faktor utama dalam SERP tetapi dengan memiliki backlink yang kuat tentunya menambah otoritas situs Anda di mata search engine dan juga situs lain.

Dengan kata lain, adanya backlink yang bagus menunjukkan situs Anda merupakan situs rujukan bagi situs lain. Semakin banyak situs yang merujuk pada situs Anda semakin kuat posisi situs di mesin pencari.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas, silahkan baca 6 cara mendapatkan backlink berkualitas 

Itulah 6 elemen untuk membangun pondasi SEO yang sebaiknya Anda lakukan mulai sekarang. Semua hasil akan lebih baik jika Anda menerapkan poin-poin penting diatas. Memang membangun SEO bukanlah sesuatu yang mudah namun setidaknya dengan memperhatikan dan menerapkan elemen-elemen diatas, Anda tidak perlu pusing lagi untuk mendapatkan SEO yang baik untuk blog Anda

Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan happy blogging

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya