PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

07 March 2018

10 Cara Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Komentar di Blog Anda

Salah satu indikasi suatu blog menarik bagi banyak pengunjung bisa dilihat dari banyak sedikitnya komentar pada konten blog tersebut. Semakin banyak jumlah pembaca yang berkomentar, maka semakin populer blog tersebut.

Meskipun komentar bukanlah satu-satunya indikasi kepopuleran sebuah situs, tetapi kalau kita lihat di situs-situs atau blog yang populer, hampir semuanya memiliki jumlah komentar dari pembaca yang sangat banyak.

Dengan banyaknya komentar menunjukkan antusias dari pengunjung terhadap artikel yang ditulis. Antusiasme pengunjung bisa berarti mereka terkesan, tidak sependapat, bingung dan ingin bertanya lebih lanjut atau menambahkan informasi yang mereka miliki.

Melalui kolom komentar, maka akan terjalin interaksi baik antara pemilik blog dengan pengunjung atau pengunjung satu dengan pengunjung lainnya. Inilah salah satu kelebihan blog yaitu bersifat interaktif.

Namun, tidak semua blog bisa mendapatkan banyak komentar. Banyak juga blog yang tidak menarik pembaca untuk berkomentar di postingan blognya.

Lalu bagaimana agar pembaca tertarik untuk meninggalkan komentar?

10 Cara Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Komentar di Blog Anda

10 cara untuk menarik lebih banyak komentar pembaca blog Anda

Berikut ini saya rangkum 10 cara untuk mendapatkan lebih banyak komentar yang sebagian sudah saya terapkan pada blog saya.

#1. Minta pembaca untuk berkomentar di blog Anda

Anda mungkin pernah dengar orang berkata :

Kalau Anda tidak minta, kapan Anda akan mendapatkannya ?
Sudah meminta saja belum tentu kita mendapatkannya

Pernyataan diatas juga pas diterapkan di dunia blogging.

Kalau Anda ingin pembaca memberikan komentar di postingan blog Anda, cobalah untuk meminta mereka berkomentar. Ajak pembaca untuk berbagi komentar tentang topik yang Anda tulis di postingan Anda.

Jika Anda memintanya dengan santun, percayalah pembaca artikel Anda pasti tidak akan segan-segan untuk memberikan komentar di blog Anda.

Catatan : Anda tidak harus mengajak pembaca memberikan komentar dalam setiap postingan yang Anda buat. Cukup berikan ajakan pada beberapa postingan yang paling banyak dibaca pengunjung blog Anda.

Anda bisa menelusuri konten apa saja di blog Anda yang banyak dibaca melalui Webmaster/Search Console. Anda bisa menambahkan kalimat ajakan berkomentar seperti ini : “Bagaimana menurut Anda? Suatu kehormatan bagi saya jika Anda mau berbagi pendapat disini di kolom komentar yang tersedia.”

#2. Ajukan pertanyaan untuk pembaca blog Anda

Memberikan pertanyaan kepada pembaca blog merupakan salah satu cara paling efisien untuk menjaring komentar di blog Anda. Ajukan pertanyaan sesuai dengan topik bahasan artikel Anda dan dengan bahasa yang santun.

Jangan patah semangat apabila Anda tidak mendapat tanggapn seperti yang Anda inginkan. Setidaknya dengan adanya pertanyaan dari Anda, pembaca tahu bahwa Anda ingin berinteraksi lebih dekat lagi dengan pembaca.

Catatan : Ajukan pertanyaan yang sederhana saja sehingga semua pembaca Anda tahu jawabannya tanpa perlu mencari sumber referensi lain. Ingat, pertanyaan ini hanya untuk memancing visitor berkomentar bukan pertanyaan untuk kuis berhadiah.

Anda bisa mengajukan pertanyaan seputar blog Anda, misalnya ajukan pertanyaan: “Apa alasan Anda membaca artikel di Panduaneka.com?”

#3. Jangan dipersulit pembaca untuk berkomentar

Sewaktu saya berkunjung ke beberapa blog, ketika akan meninggalkan komentar tidak jarang saya jumpai di kolom komentarnya yang mengharuskan mengisi password atau captcha.

Hal ini mungkin dimaksudkan oleh pemilik blog untuk mengurangi spam lewat komentar blog, tetapi bagi saya pribadi hal tersebut membuat saya menjadi enggan untuk memberikan komentar di blog tersebut karena ribet. Bahkan saya pernah menjumpai sebuah blog yang mengharuskan untuk login terlebih dahulu hanya untuk berkomentar

Jika Anda ingin mendapatkan komentar dari pembaca Anda, lebih baik jika Anda memberikan kemudahan bagi pembaca untuk berkomentar di blog Anda. Sebaiknya hilangkan fitur captcha, password atau metode lainnya yang hanya membuat pembaca blog Anda enggan memberi komentar.

Catatan : Di blog saya ini, Anda bisa meninggalkan komentar dengan mudah tanpa harus memasukkan kode huruf, captcha atau password apapun.

#4. Berikan feedback (komentar balasan) secepat mungkin

Saat pembaca blog memberikan komentar di blog Anda, sebenarnya mereka ingin berinteraksi dengan Anda maupun dengan pembaca blog yang lain. Balaslah komentar-komentar di blog Anda sesegera mungkin.

Hal ini bertujuan agar pembaca merasa komentar mereka mendapat respon dan dihargai oleh Anda. Di samping itu dengan membalas komentar sesegera mungkin juga agar nantinya Anda tidak kerepotan ketika mendapati jumlah komentar di blog Anda ternyata sudah sangat banyak.

Catatan : Saya selalu berusaha dan mengupayakan untuk membalas komentar yang diberikan oleh pembaca blog ini. Ternyata hasilnya sangat baik, lambat laun komentar di blog ini meningkat jumlahnya.

#5. Berikan imbalan/insentif untuk setiap komentar di blog Anda

Memberikan imbalan bagi pembaca yang berkomentar di blog bisa menjadi salah satu cara yang cukup berhasil untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda. Imbalan disini tidak berarti harus berbentuk materi dan imbalan yang diberikan tidak harus yang mahal.

Imbalan yang bisa Anda berikan contohnya dengan memberikan do-follow backlink, kunjungan dan komentar balik atau hadiah ebook gratis. Yang penting adalah itikad baik Anda untuk memberikan suatu bentuk apresiasi kepada pembaca blog Anda yang telah berkomentar.

Catatan : Di blog ini saya mencantumkan kunjungan balik kepada tiap situs yang pemiliknya memberikan komentar di blog ini. Ke depan saya mentargetkan untuk memberikan ebook gratis atau sejenisnya kepada pembaca yang berkomentar.

#6. Buatlah artikel dengan gaya santun

Sebenarnya ini hanya masalah empati dan rasa saling menghargai antara penulis dan pembacanya.

Gaya menulis yang santun terutama dalam tata bahasanya sedikit banyak bisa memberikan sugesti dan pengaruh kepada pembaca untuk merasa dihargai dan tidak jarang mereka akan sukarela memberikan komentar meskipun itu hanya sekedar ucapan terima kasih atas informasi yang telah diberikan oleh sang penulis

Catatan : Saya selalu berusaha dalam setiap pembuatan konten atau membalas komentar untuk menulisnya dengan santun, meskipun tentu saja penilaian terhadap gaya penulisan seseorang bisa berbeda-beda.

#7. Pancing rasa penasaran pembaca

Cara lain untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog adalah dengan membuat artikel menggantung alias open-ended yang memancing rasa keingin tahuan pembaca.

Artikel jenis ini seolah-olah tanpa kesimpulan dan masih menyisakan tanda tanya atau teka-teki yang belum terjawab. Sehingga pembaca penasaran dan akhirnya terpaksa bertanya di bagian kolom komentar.

Namun, sebaiknya cara ini tidak Anda gunakan dalam semua postingan karena pembaca suatu saat akan merasa bosan dan marah juga bila mereka setiap membaca artikel Anda selalu digantung tanpa adanya kepastian jawaban.

Catatan : Terus terang saya belum pernah mencoba menggunakan cara ini, tapi kalau Anda mau mencobanya silahkan saja dan jika berkenan hasilnya silahkan Anda laporkan di kolom komentar di blog ini.

#8. Berikan teladan komentar yang positif

Anda adalah cerminan bagaimana etika berkomentar di blog Anda sendiri.

Apabila Anda terbiasa membalas komentar dengan kesan negatif, tidak sopan, acuh tak acuh dan sekedarnya, maka etika itulah yang nantinya diikuti oleh pembaca blog Anda. Tapi sebaliknya, jika Anda selalu membalas komentar dengan tanggapan positif, penuh respek, santun dan rendah hati, maka etika itulah yang akan digunakan pembaca blog Anda.

Catatan : Dalam blog ini saya usahakan untuk membangun etika berkomentar yang baik, saling respek dan saling menghargai. Untuk itulah saya pergunakan moderasi untuk memfilter setiap komentar yang masuk agar komentar yang dipublish benar-benar memberi efek positif bagi saya dan juga bagi pembaca lainnya. 

#9. Buatlah kontes komentar terbanyak dan terbaik

Cara ini merupakan alternatif yang bisa Anda lakukan jika cara-cara diatas kurang memberikan hasil. Dengan mengadakan kontes komentar terbanyak dan terbaik dengan hadiah yang cukup menarik, maka pengunjung pasti akan terduyun-duyun memberikan komentar di blog Anda.

Untuk bisa melakukan cara ini, tentu saja Anda harus memiliki budget ekstra untuk memberikan hadiah bagi pemenang kontes yang Anda adakan.

Agar penilaian obyektif, sebaiknya Anda libatkan pembaca untuk menilai dan memilih komentar terbaik dengan sistem polling.

Mengapa kontesnya harus kategori terbanyak dan terbaik ?

Karena kalau hanya terbanyak ujung-ujungnya hanya komentar spam yang didapatkan, sedangkan kalau hanya terbaik mungkin hanya sedikit komentar yang akan Anda dapatkan. Jadi saran saya gabungkan dua kategori sekaligus : terbanyak dan terbaik

Catatan : Terus terang saya juga belum pernah menerapkan cara ini. Namun bukan tidak mungkin, suatu saat nanti saya akan mengadakan kontes komentar terbaik di blog ini.

#10. Sering berkomentar di blog lain

Sering-seringlah untuk berkunjung dan berkomentar di blog orang lain, apalagi jika blog Anda masih baru dan memiliki komentar yang masih sedikit.

Perkenalkan blog Anda dengan jalan blogwalking dan meninggalkan komentar ke situs-situs lain yang memiliki topik sama dengan blog Anda.

Dengan jalan ini, percayalah lambat laun blog Anda pasti akan mendapat komentar yang banyak.

Hukum timbal balik berlaku disini. Anda memberi, suatu saat Anda akan menerima

Catatan : Meskipun tidak setiap hari, saya juga selalu menyempatkan diri melakukan blogwalking dan berkomentar kurang lebih di 10 blog yang berbeda.

Meskipun saat ini mungkin blog Anda masih jarang yang berkomentar, tetapi bukan berarti blog Anda jelek. Kenyataannya blog-blog paling populer saat ini sebenarnya hanya menarik paling banyak 1 persen dari seluruh pembacanya untuk berkomentar.

Jika Anda sabar dan konsisten menerapkan cara-cara diatas, yakinlah bahwa Anda saat ini sedang membangun sebuah blog yang tidak hanya akan menarik lebih banyak komentar, namun juga akan membangun sebuah ikatan komunitas antara Anda dan pembaca blog Anda.

Ke-10 cara diatas hanyalah sekedar share beberapa cara yang pernah saya lakukan mengenai bagaimana cara mendapatkan lebih banyak komentar di blog.

Bagaimana menurut Anda?

Apakah Anda memiliki cara-cara lain yang lebih bagus untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda?

Kalau Anda punya cara lain yang lebih bagus atau hanya ingin sekedar berbagi informasi tentang masalah ini silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar yang tersedia.

Suatu kehormatan bagi saya, jika Anda mau membagikannya dengan saya dan pembaca blog ini.

Terima kasih atas atensi dan waktunya untuk membaca artikel ini sampai selesai

3 comments:

  1. Dari 10 cara di atas, poin terakhir yang baru bisa diterapkan dan dirasakan dampaknya. Sementara poin pertama, kebanyakan setelah pengunjung menemukan apa yang dibutuhkan, setelahnya pergi tanpa jejak. Dan 8 cara lainnya patut diperhitungkan jika suatu saat blog saya sudah mampu dikenal publik seperti PANDUANEKA. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya Pak Tebar Pesona Travel...saya juga belum menerapkan semua cara-cara diatas...selama ini cuma menerapkan beberapa cara yang mudah saja...menurut saya kalau artikel yang kita buat bagus menurut pembaca kebanyakan mereka akan memberikan komentarnya meski hanya sekedar ucapan terima kasih atas infonya sebagai bentuk apresiasi

      Delete
  2. itu merupakan seo dasar (klasik) yang sangat bagus untuk jangka panjangnya
    http://www.cakapcakap.com/

    ReplyDelete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya