PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

13 March 2018

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Potensial Menghasilkan Pundi-Pundi Dollar

Pada era digital seperti saat ini, untuk mendapatkan uang bisa dilakukan darimana saja termasuk dari internet. Artikel saya kali ini, salah satunya terinspirasi dari teman-teman blogger yang telah sukses mendapatkan dollar setiap bulannya dari Google Adsense. Anda mungkin juga pernah membaca atau mendengar tentang kesuksesan sebuah desa di Magelang, Jawa Tengah, yang sebagian dari warganya sukses menghasilkan hingga puluhan juta setiap bulannya.

Sebenarnya kita semua, termasuk Anda juga bisa memiliki penghasilan sendiri dari internet dengan berbagai cara yang bisa Anda pilih.

Namun, sebelum saya mengulas lebih jauh bagaimana cara mendapatkan pendapatan melalui internet, saya hanya ingin menekankan bahwa mencari uang di internet sebenarnya sama dengan bisnis di dunia nyata. Semuanya perlu ilmu, ketekunan dan kerja keras.

Jadi, jangan memiliki anggapan bahwa mencari uang di internet itu semudah membalikkan telapak tangan. Apapun nantinya cara yang akan Anda pilih, pastikan Anda benar-benar mau bekerja keras dan terus belajar karena internet itu dinamis dengan tingkat persaingan yang sangat ketat dimana Anda harus bersaing dengan berbagai orang di seluruh penjuru dunia.

Ketika Anda memutuskan ingin terjun ke bisnis online agar mendapatkan uang dari internet, Anda harus berani mengambil resiko dan siap kerja keras. Hanya ada 2 pilihan bagi Anda, tumbang di tengah jalan atau terus berjuang dan meraih kesuksesan.

Satu saran dari saya, pilihlah jenis bisnis online yang sesuai dengan passion Anda atau sekiranya bisa Anda kuasai. Anda tidak perlu mahir dalam bidang tersebut tetapi usahakan Anda punya ketertarikan dan sedikit skill dalam bidang yang Anda pilih.
10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Potensial Menghasilkan Pundi-Pundi Dollar

10 Cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda lakukan sekarang juga

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan pendapatan melalui internet yang bisa Anda pilih:

#1. Blog dan YouTube

Sampai saat ini blogging adalah salah satu cara termudah (menurut saya pribadi) untuk mencari uang di internet meskipun bukan cara tercepat karena aktivitas blogging membutuhkan kesabaran dan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan pendapatan.

Salah satu syarat agar sebuah blog bisa menghasilkan uang adalah memiliki jumlah traffic (pengunjung) yang banyak ke blog tersebut.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendatangkan traffic blog Anda, tetapi pada dasarnya traffic didatangkan dengan 2 cara, yaitu Traffic berbayar dan Organik (gratis).

Traffic berbayar adalah traffic yang didapat dengan cara membayar iklan (advertisement), misalnya Google Adwords, Facebook Ads, dan lain-lain.

Sedangkan traffic organik adalah traffic yang di dapat secara alami, misalnya melalui search engine (seperti Google, Bing) atau membagikan artikel yang bermanfaat ke social media kemudian pengguna social media mengunjungi blog Anda.

Dari pengalaman beberapa blogger dan pengalaman saya, dibutuhkan paling kurang 6-12 bulan bagi sebuah blog atau website mulai memperlihatkan peningkatan traffic dari pengunjung, dengan asumsi ada 2-3 artikel baru setiap minggu.

Setelah blog Anda mendapatkan trafik yang banyak dan stabil, Anda bisa mendaftarkan blog Anda ke penyedia layanan program PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense (paling populer), Bidvertiser, Infolinks atau Propeller Ads.

Kalau Anda suka menulis, blog bisa menjadi cara Anda untuk mendapatkan uang dari internet.
Untuk Anda yang ingin mulai membuat blog, Anda bisa membaca panduan cara membuat blog untuk pemula yang telah saya buat.

Anda juga bisa mencoba lewat Youtube, salah satu program Google yang berbasis video. Dimana Anda akan dibayar oleh pemasang iklan (Advertiser) yang iklannya tampil di video Anda.
Ingin mulai membuat video youtube ? Sebaiknya baca dulu panduan cara membuat video youtube yang bagus di blog ini

Kalau Anda bertanya, pilih mana antara blog dan youtube ?
Semua kembali pada kemampuan dan passion Anda sendiri

#2. Freelance

Freelance atau kerja sampingan menjadi salah satu cara favorit di kalangan pebisnis online karena hasilnya sangat menggiurkan dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Anda bisa bergabung di beberapa situs yang menyediakan layanan freelance ini, dimana disitu berkumpul para freelancer dan employer (pemberi kerja).

Anda bisa mencari para employer yang membutuhkan jasa Anda mulai dari lokal seperti freelancer.co.id, sribulancer.com, projects.co.id hingga internasional seperti fiverr, Upwork (odesk.com), toptal.com, elance.com, freelancer.com dan banyak lagi. Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada employer, apabila cocok Anda bisa menegosiasikan harga dengan employer.

Hasil yang di dapat sebagai freelancer terbilang cukup menggiurkan. Bayangkan saja bayaran untuk seorang designer di Odesk berkisar USD $30 – $50 per jam atau setara dengan Rp. 400.000 sampai 700.000 rupiah. Kalau kita rata-rata gaji seorang web designer di Jakarta adalah Rp. 8.000.000 /bulan, maka seorang freelancer hanya perlu kerja selama 20 jam (atau 3 hari) untuk mendapatkan gaji 1 bulan sebagai karyawan web designer. Menggiurkan bukan?

Meskipun kelihatannya menarik, untuk mendapatkan perkerjaan di situs freelancer bukanlah perkara mudah, karena Anda harus bersaing dengan berbagai orang dari negara lain terutama India, Bangladesh, Philipina yang biasanya mau dibayar lebih rendah.

Oleh karena itu, modal utama sebagai seorang freelancer adalah skill. Kalau Anda memiliki skill yang cukup bagus di bidang tertentu seperti web designer, content writing, SEO dan lain sebagainya, Anda bisa mencoba peruntungan menjadi freelancer.

Satu modal utama lain yang sebaiknya Anda kuasai adalah bahasa Inggris karena kebanyakan klien yang berani membayar mahal adalah orang luar negeri.

#3. Fotografi

Tahu tidak jika hampir semua photo bisa mendatangkan pendapatan tambahan. Tidak percaya? Coba aja lihat photo-photo di shutterstock.com, istockphoto.com, atau photoshelter.com.

Foto cabai misalnya, mungkin sekilas tampak sepele dan bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Tapi dengan teknik fotografi dan editing yang cukup, Anda bisa mendapatkan sebuah foto yang bisa Anda jual dengan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis melalui situs-situs yang membayar setiap foto yang Anda upload.

Misalnya saja di Shutter Stock, setiap foto yang Anda upload kemudian di download oleh pengunjung Shutter Stock, Anda akan mendapatkan royalti antara $0.25 hingga $28 atau Rp. 3.000 – 350.000.

Anda sebagai pemilik foto akan terus dibayar selama foto Anda tersebut di download orang lain, dengan kata lain, sehingga Anda bisa punya passive income.

Menggiurkan bukan ? Anda tertarik untuk mencobanya ? Jadikan hobi fotografi Anda sebagai sumber penghasilan Anda

#4. Afiliasi

Anda mungkin pernah dengar istilah affiliate atau afiliasi? artinya pertalian atau perhubungan sebagai anggota atau cabang. Misalnya situs A menjual sebuah produk. Anda mendaftarkan diri ke situs A tersebut untuk ikut menjadi pemasar produk (affiliate marketer) untuk menjual produk situs A ke orang lain. Anda akan mendapatkan 40% untuk setiap produk yang berhasil Anda jual.

Jadi sederhananya, Anda hanya sebagai pemasar produk orang lain dan Anda akan mendapat komisi dari setiap produk yang terjual melalui Anda. Kebanyakan program afiliasi ini berupa produk digital.

Beberapa program afiliasi bisa Anda ikuti tanpa harus memiliki media online sendiri (seperti blog, website), seperti program afiliasi di Niagahoster, tetapi program afiliasi seperti Ratakan, Anda perlu media seperti blog, website, atau media social supaya orang bisa meng-klik link atau banner (yang diberikan Ratakan). Dari link tersebut, Ratakan bisa melacak jumlah penjualan yang melalui link Anda.

Metode penjualan afiliasi ada bermacam-macam, diantaranya berdasarkan jumlah penjualan, jumlah link klik dan jumlah kontak (informasi pribadi) terkumpul.

#5. Design Theme

Hampir sama dengan fotografi tadi, men-design theme untuk website juga bisa mendatangkan penghasilan pasif (passive income) bagi Anda, bahkan potensinya bisa lebih besar daripada fotografi.

Theme atau template/tema adalah garis besar bentuk sebuah website. Tema pada website bisa berupa kumpulan dari warna, icon, jenis huruf, gambar (atau video).

Design tema website bisa dibagi menjadi 2, yaitu tema untuk CMS (Content Management System) dan non CMS.

Bedanya, tema yang digunakan untuk CMS lebih berpotensi terjual lebih banyak karena jumlah permintaan yang lebih besar, misalnya saja CMS terpopuler, WordPress. Pada tahun 2014, theme WordPress telah di download lebih dari 123 juta.

Beberapa website yang bisa Anda jadikan acuan untuk berjualan website theme seperti themeforest.net, themeshift.com, dan themify.me.

Anda juga bisa menjual theme atau template sendiri melalui blog yang Anda miliki. Ada beberapa blogger yang sukses menjual theme sendiri melalui blognya seperti kompiajaib, idblanter dan idntheme.

Sebenarnya masih ada beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda lakukan, tetapi karena artikel ini saya rasa sudah terlalu panjang, maka akan saya lanjutkan pada artikel berikutnya pada artikel yang berjudul 10 Cara mendapatkan Uang dari Internet yang Potensial Menghasilkan Pundi-Pundi Dollar Bag. 2. Terima kasih dan jika berkenan silahkan tinggalkan komentar Anda untuk kesempurnaan artikel ini

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya