PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

13 March 2018

10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet yang Potensial Menghasilkan Pundi-Pundi Dollar (Bagian 2)

Melanjutkan artikel sebelumnya di bagian 1 cara mendapatkan uang dari internet, maka pada artikel ini saya akan mengulas 5 cara berikutnya menghasilkan pundi-pundi dollar dari internet yang layak dicoba meski Anda pemula sekalipun, berikut ini ulasan lengkapnya:

#6. Referensi Lowongan Kerja

Saya kira masih banyak yang tidak tahu jika salah satu bisnis yang cukup menggiurkan dan dengan modal yang kecil adalah jasa perekrutan pegawai (Human Resource Consultant). Dengan bekal koneksi dengan perusahaan pencari tenaga kerja dan para profesional atau karyawan, ini bisa jadi salah satu sumber pendapatan yang bisa Anda coba.

Dengan sedikit pengetahuan menggunakan Search engine (mesin pencari), seperti Google dan Yahoo, Anda bisa meraih penghasilan yang cukup menggiurkan. Caranya adalah dengan mereferensikan teman Anda ke perusahaan pencari kerja. 

Banyak perusahaan pencari kerja menawarkan sejumlah uang kepada referral (orang yang memberikan referensi) lowongan perkerjaan besarnya dari 500,000 – 3 juta rupiah setiap orang yang Anda refefensikan dan berhasil menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Cukup menggiurkan bukan ?
Ingin tahu caranya? Tunggu pembahasan lengkapnya dalam artikel selanjutnya
10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet yang Potensial Menghasilkan Pundi-Pundi Dollar (Bagian 2)

#7. Reseller & Droshipper

Salah satu cara termudah mendapatkan penghasilan dari internet lainnya adalah dengan menjadi reseller atau droshiper sebuah produk. Reseller dan droshiper ibaratnya seperti makelar, dimana Anda hanya menjualkan kembali suatu barang milik orang lain tanpa perlu fokus di produksi atau pembuatan barang. 

Anda hanya perlu keahlian marketing atau pemasaran barang dalam merintis bisnis ini dan akan lebih bagus jika ditunjang dengan keahlian editing atau manipulasi photo.

Banyak sekali barang yang ada disekitar Anda yang bisa Anda jual di internet. Saya sendiri pernah melakukan cara seperti ini. Ketika itu saya memulai bisnis online pertama saya dengan menjual peralatan rumah tangga milik paman saya yang saya jual kembali lewat marketplace. Hasilnya cukup menguntungkan meskipun hanya saya jadikan sampingan dalam aktivitas ngeblog.

Anda bisa mulai memasarkan produk Anda melalui beberapa situs dan marketplace  yang ada seperti Kaskus, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Facebook, Amazon, Alibaba dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah untuk merintis usaha reseller dan drosphiper produk ini akan saya jabarkan lebih lengkap di artikel lainnya.

#8. Penulis Lepas/Guest blog

Buat Anda yang hobi menulis, jangan sia-siakan tulisan Anda hanya terpampang di Facebook saja.

Kalau Anda tidak berniat menjadi seorang blogger, Anda bisa menjadi guest blog dan memasukkan tulisan Anda ke beberapa situs atau media untuk dipublish. Cara ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar jika tulisan Anda disukai banyak orang.

Salah satu orang yang sukses menjadi seorang guest blog adalah Raditya Dika yang sudah menerbitkan beberapa buku, film dan bintang iklan.

Seperti halnya suatu skill, menjadi seorang penulis lepas juga membutuhkan sedikit bakat, imajinasi (untuk penulis fiksi), kerja keras dan niat yang kuat karena Anda akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan artikel setiap hari ketika Anda memasukkan tulisan Anda ke beberapa situs dan media. 

Tetapi perjuangan ini sepadan dengan bayaran yang Anda dapatkan. Karena untuk satu artikel yang diterbitkan ternyata cukup menggiurkan mulai dari 300 ribu sampai 1.5 juta rupiah.

Artikel yang Anda tulis bisa dari berbagai topik mulai dari ilmiah, cerita fiktif, puisi, review (ulasan) produk sampai yang paling tinggi bayarannya, skenario film atau sinetron yang bisa mencapai ratusan juta rupiah!

Anda bisa mencari situs-situs yang menyediakan halaman khusus penulis tamu atau Anda bisa mengirimkan tulisan Anda ke beberapa alamat email media yang bisa Anda hubungi untuk menerbitkan tulisan Anda seperti opini@kompas.co.id, ktminggu@tempo.co.id, editorial@thejakartapost.com, redaksi@staff.detik.com dan masih banyak perusahaan media lainnya.

#9. Jasa konsultasi

Anda memiliki keahlian tertentu ? Kenapa tidak Anda tawarkan keahlian Anda tersebut kepada orang lain. 

Anda bisa membuka sendiri jasa konsultan pada bidang yang Anda kuasai, misalnya membuka jasa konsultasi desain grafis, penulisan artikel, optimasi website bahkan jasa konsultasi pernikahan.

Kalau Anda lihat di internet, banyak sekali orang yang mencari solusi atas suatu masalah. Dan Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan memberikan jasa konsultasi kepada mereka.

Anda hanya perlu membuat sebuah media website untuk menawarkan jasa Anda tersebut. 

#10. Konsultan Marketing Online

Sebenarnya ini juga bisa dikategorikan jasa konsultasi tetapi disini saya spesifikasi tersendiri karena jasa konsultan marketing online memiliki keunikan tersendiri dan saat ini baru menjadi tren.

Anda mungkin pernah dengar istilah Online Marketer, Internet Marketer, Digital Marketer. Secara garis besar, mereka yang terjun dalam bidang ini adalah orang-orang yang bekerja untuk memasarkan atau mengiklankan suatu barang atau jasa di internet.

Pemasangan iklan di internet sendiri dibagi 2 macam, yaitu iklan tanpa bayar (gratis) atau iklan berbayar (Paid Ads). Media iklan online gratis seperti Kaskus, Blog. Sedangkan iklan berbayar seperti Facebook Ads, Google Adwords, Detik.com dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi seorang Online Marketer, Anda perlu memahami tentang SEO, copywriting, serta memiliki pengalaman di iklan berbayar (seperti Google ads dan Facebook ads), graphic design dan analisa data. 

Terdengar rumit, namun di era digital seperti saat ini dimana hampir segala sesuatunya dapat temukan di internet, sehingga para pemilih usaha berlomba-lomba mengembangkan bisnisnya secara online (di internet). Anda bisa menggali inspirasi dari Mas Dewa Eka Prayogo, salah seorang konsultan online marketer terbaik Indonesia.

Maka, jika Anda termasuk seseorang yang ahli dalam content marketing, SEO, analisa data dan memiliki pengalaman di iklan berbayar, ini adalah peluang bagi Anda untuk memaksimalkannya menjadi sumber penghasilan.

Dari 10 Cara Untuk Mendapatkan Uang Dari Internet yang saya tulis dalam artikel ini, ada satu hal yang sebaiknya miliki ketika memutuskan untuk memulai usaha online, yaitu website atau blog. 

Dengan memiliki website atau blog, 10 cara diatas dapat Anda pasarkan di website Anda, mulai dari blogging, menunjukkan porfolio pekerjaan freelancing, menampilkan berbagai photo, hingga belajar cara memasarkan produk, semua bisa Anda coba di situs/website Anda sendiri. 

Oleh karena itu, segera buat website/blog pertama Anda dan raihlah penghasilan dari internet secepatnya. 

Demikian ulasan lengkap tentang Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang saya bagi dalam 2 artikel. Semoga bisa memberi inspirasi buat Anda dan terima kasih sudah membaca artikel sederhana ini sampai tuntas.

Jika berkenan silahkan memberi komentar untuk menyempurnakan artikel ini.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya