PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

31 March 2018

10 Cara Membuat Artikel Disukai Google dan Pembaca

Loading...
Sebenarnya sudah bukan rahasia lagi, jika menjadi seorang blogger, kita bisa mendapatkan uang dari blog dalam jumlah besar. Sehingga kalau kita perhatikan, sampai saat ini terus bermunculan blogger-blogger baru yang mencoba peruntungan di dunia blogging baik menggunakan platform Blogger atau Wordpress.

Meskipun alasan tiap blogger bisa berbeda-beda tetapi hampir sebagian besar alasan mereka terjun ke dunia blogging karena memang faktor penghasilan yang besar. Banyaknya blogger-blogger sukses tentunya bisa memberikan penilaian positif terhadap profesi blogger yang selama ini masih dianggap sebelah mata di kalangan masyarakat dan menjadi sebuah profesi yang bisa ditekuni.

Di samping faktor penghasilan yang besar, ada beberapa keuntungan menjadi blogger yang bisa kita dapatkan, antara lain :
  • Lebih terampil dalam menulis
  • Menjadi gemar membaca
  • Memiliki jaringan yang luas
  • Wawasan menjadi berkembang
  • Lebih memahami bahasa pemrogaman dan coding
Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dan keuntungan menjadi seorang blogger, silahkan baca 12+1 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger, dari Hobi sampai Menghasilkan Uang

Seperti yang saya utarakan di atas, fenomena munculnya blogger-blogger baru ini di satu sisi cukup baik bagi perkembangan profesi blogger yang mulai dilirik sebagai sebuah profesi yang menjanjikan tetapi pada sisi lain tentunya membuat persaingan antar blogger juga menjadi semakin ketat.

Banyak blogger yang berlomba-lomba ingin menjadi publisher Adsense dan berharap mulai mendapatkan uang dari blog.

Dan sebagai search engine nomor satu dan pemilik Adsense, pastinya Google tahu akan hal ini.

Google mulai menerapkan standar tinggi bagi para blogger yang ingin menjadi mitranya. Oleh karena itu, dari tahun ke tahun Google terus memperbarui algoritmanya agar konten yang disajikan benar-benar sesuai dengan apa yang dicari penggunanya.

Untuk mendapatkan peringkat yang tinggi dan masuk halaman pertama google, mau tidak mau Anda harus bersaing dengan blogger lain.

Ingat, setiap Anda publish artikel baru pada waktu yang sama puluhan bahkan ribuan artikel juga dipublish oleh teman-teman blogger yang lain.

Anda pasti sering mendengar istilah ini
Blog adalah konten. Konten adalah raja

Ya, Anda harus memperhatikan konten yang Anda buat agar bisa bersaing di SERP.

Tidak bisa dipungkiri dari sisi SEO saat ini kualitas konten menjadi faktor penting untuk bisa bersaing di mesin pencari. Anda tidak bisa lagi hanya mengandalkan backlink sebagai faktor utama peringkat mesin pencari yang semakin kesini semakin dikurangi peranannya oleh google.

Konten Anda harus bisa disukai oleh google terlebih dahulu jika ingin konten Anda masuk halaman pertama google

Lantas, bagaimana cara membuat artikel yang disukai oleh Google itu ? Berikut ulasannya
10 Cara Membuat Artikel Disukai Google dan Pembaca

10 Cara membuat artikel yang disukai oleh Google

Langsung saja di sini saya ingin berbagi beberapa optimasi yang perlu Anda lakukan untuk membuat artikel di blog Anda lebih disukai google dan menjadi SEO friendly untuk mendapatkan peringkat yang bagus di SERP

1. Sisipkan keyword pada judul artikel

Dari sisi pembaca, untuk menarik minat visitor agar mau membaca konten tentunya Anda harus membuat judul yang menarik. Judul adalah gerbang dimana pembaca akan membaca atau tidak artikel Anda.

Dari sisi SEO agar konten Anda lebih mudah ditemukan dan dirayapi oleh robot pencari bisa dilakukan dengan meletakan keyword pada judul artikel. Sebaiknya letakkan keyword pada bagian depan atau awal kalimat pada judul artikel.

2. Gunakan keyword pada permalink/URL

Salah satu teknik optimasi SEO on page yang penting untuk diperhatikan adalah penggunaan permalink. Usahakan untuk meletakan keyword Anda pada permalink.

Untuk hal ini Anda tidak perlu terlalu bingung karena biasanya platform blog sudah menyesuaikan permalink secara otomatis sesuai judul artikel. Meskipun begitu Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan menggunakan custom url sewaktu membuat konten.


Untuk lebih jelasnya mengenai permalink, Anda bisa membacanya di Mengenal Istilah Permalink dan Cara Membuatnya SEO Friendly

3. Letakkan keyword pada deskripsi penelusuran

Satu hal yang terkadang dilupakan teman-teman blogger adalah meletakkan keyword pada deskripsi penelusuran.

Mungkin hal ini tidak berpengaruh banyak tapi meletakkan keyword pada deskripsi penelusuran dapat membantu meningkatkan CTR atau rasio klik-tayang blog Anda pada mesin pencari.

Untuk meletakkan keyword pada deskripsi penelusuran Anda harus mengaktifkan dahulu meta description.

Caranya cukup mudah :
  • Silahkan masuh ke dasboard akun Blogger Anda
  • Pilih Search Preferences/Preferensi Penelurusan
  • Masuk ke Menu Meta tags dan pilih Yes 
  • Kemudian isi kolom yang tersedia dengan deskripsi blog Anda maksimal 150 kata.
  • Kemudian klik Save

4. Letakkan keyword pada paragraf pertama atau 100 kata pertama dalam artikel

Berapa banyak keyword density atau jumlah kata kunci dalam suatu post sebenarnya masih simpang siur ada yang mengatakan perlu ada yang tidak, tetapi menurut saya yang paling penting adalah keyword harus muncul minimal pada 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal keyword muncul akan semakin bagus.

5. Artikel lebih panjang lebih bagus

Panjang artikel sebaiknya mencapai 500 kata atau lebih banyak. Google menyukai artikel yang panjang dan diulas secara mendetail. Namun jangan asal panjang saja, tetapi juga harus memberikan informasi yang padat.

Kalau memang topik yang Anda buat memang cukup diulas secara singkat, maka jangan dipanjang-panjangkan tanpa memberikan informasi yang memadai. Hal tersebut hanya akan membuat pembaca Anda kecewa dan akhirnya meninggalkan blog Anda

6. Pasang gambar yang relavan

Disamping konten yang relevan, google juga lebih menyukai konten yang dilengkapi dengan visual seperti gambar. Jadi sebisa mungkin dalam pembuatan artikel usahakan untuk memuat minimal 1 gambar yang relevan. Sebenarnya tidak hanya google saja yang menyukai konten dengan gambar, pengunjung pun demikian.

Pembaca akan lebih tertarik dengan tampilan gambar terlebih dahulu apalagi jika gambar tersebut memperkaya dan menambah informasi dari konten yang disajikan, seperti dalam bentuk infografis, atau foto nyata suatu peristiwa.

Namun, dalam pemasangan gambar ini, hal paling penting yang tidak boleh dilupakan adalah memasang ALT Atribut agar gambar lebih SEO Friendly dimata google.


Untuk optimasi gambar dalam postingan, Anda bisa membaca selengkapnya dalam artikel Cara Optimasi Gambar Postingan agar SEO Friendly secara Otomatis

7. Pasang video yang relevan

Sama seperti memasang gambar, memasang video juga sebenarnya bukan suatu keharusan, tetapi jika ada video relevan yang dipasang di konten tersebut, maka akan memberikan nilai tambah lebih pada artikel Anda.

Terlebih jika Anda memasang video dari Channel Youtube Anda sendiri, tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan ganda. Anda bisa mempromosikan video Anda di blog Anda, maka hasilnya akan lebih maksimal apalagi buat Anda Publisher Adsense.

8. Gunakan bullet point atau tabel

Jika artikel Anda memuat daftar sesuatu maka lebih baik divisualisasikan dengan menggunakan bullet point atau tabel daripada menggunakan text biasa. Karena robot mesin akan mudah merayapi dan mengganggap itu merupakan sebuah hal yang penting. Di samping itu, pembaca akan lebih mudah membaca dan memahami maksud dari daftar tersebut

9. Pasang internal link

Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel saya tentang backlink, internal link atau memasang link ke artikel lain yang relevan di blog kita merupakan hal yang cukup penting karena dapat membantu mesin pencari merayapi konten-konten di blog kita dan juga memudahkan pembaca menjelajahi isi blog kita.

10. Pasang juga external link

Meskipun ada beberapa blogger yang berpendapat memasang link keluar akan mengurangi kualitas artikel, tetapi menurut saya justru akan menambah bobot artikel kita. Memasang link keluar dapat menambah bobot nilai artikel kita, dengan syarat :
  • Link keluar yang dipasang harus relavan
  • Menggunakan atribut nofollow
  • Jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text
  • Memasang link ke blog/situs otoritas (contoh: Wikipedia)
Dengan menggunakan 10 cara di atas tentunya kita berharap konten kita akan disukai oleh Google dan bisa menembus pageone search engine.

Namun, yang perlu diingat

Disukai Google itu bagus, tapi disukai oleh pembaca adalah nomor satu.

Sekarang google sangat memperhatikan faktor UX (user experience) dalam menilai sebuah konten.
Tetapi, masih ada saja teman-teman blogger yang berusaha membuat artikel mereka agar disukai oleh google, namun melupakan tujuan utama kenapa kita membuat artikel, yaitu untuk dibaca orang.

Jadi buat Anda yang ingin artikelnya disukai oleh google, sebaiknya terlebih dahulu membuat artikel yang berkualitas dan disukai pembaca. Buatlah artikel yang berkualitas, enak dibaca, dan dibutuhkan pembaca Anda.

Bagaimana cara membuat konten berkualitas itu ? Anda bisa memulainya dengan mengenal jenis-jenis konten potensial bagi pembaca sebelum membuat artikel.

Kesimpulan

Membuat artikel yang disukai oleh google kalau boleh saya bilang sebenarnya bukan hal yang sulit. Kalau artikel Anda disukai pembaca, niscaya juga akan disukai Google.

Untuk melihat seberapa besar artikel yang Anda buat disukai orang, Anda bisa mencoba untuk mempromosikan artikel blog di media sosial atau tempat-tempat lain agar semakin banyak yang membacanya.

Kalau ternyata artikel Anda dibaca dan dishare oleh banyak orang, berarti artikel Anda disukai pembaca dan Anda harus rajin membuat artikel serupa agar blog Anda semakin dikenal.

Demikian sedikit ulasan mengenai tips membuat artikel yang disukai Google, semoga bermanfaat untuk Anda.

Jika ada tambahan informasi terkait artikel ini, silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya