PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

01 February 2018

Panduan Lengkap Cara Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Non Hosted

Cara upgrade akun hosted ke non hosted - Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan salah satu pengunjung blog ini yang menanyakan cara upgrade akun hosted ke non hosted. Memiliki akun Adsense baik itu yang hosted lebih-lebih yang non hosted menjadi keinginan hampir semua blogger.
Memiliki akun google adsense berarti seorang blogger sudah menjadi seorang publisher Adsense dan sudah bisa memasang iklan.

Khusus untuk akun adsense non hosted sendiri kode iklan bisa dipasang di banyak blog sekaligus atau di blog mana saja entah itu masih memakai sub domain blogspot atau sudah domain TLD tanpa perlu minta persetujuan dari pihak google adsense lagi.

Jenis akun non hosted juga bisa di gabungkan dengan akun youtube, sehingga penghasilan dari youtube menjadi satu dengan penghasilan blog.

Hal ini akan memudahkan dalam hal penerimaan pembayaran. Juga akan memudahkan dalam mengelola banyak blog dan banyak channel youtube dalam satu alamat penerima pembayaran.

Untuk dapat memasang kode unit iklan di semua jenis blog seperti yang saya singgung diatas, maka Anda perlu melakukan upgrade perubahan akun adsense dari akun hosted menjadi non hosted.

Oh ya sebelum kita mulai proses upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted, sebaiknya kita ketahui dahulu perbedaan akun google adsense antara akun hosted dan non hosted yang masing masing akun mempunyai perbedaan fungsi, terutama dalam hal penempatan iklan.

Sederhananya, jenis akun adsense hosted hanya bisa menampilkan iklan di youtube dan blog bersub domain blogspot saja, yaitu web situs yang di hosting oleh pihak google, dan tidak bisa dipasang di blog yang menggunakan domain sendiri atau domain TLD (Top Level Domain), seperti blog dengan domain dot com, dot net, dot co dot id, dot org, dot  xyz dan lain sebagainya.

Sebaiknya Anda baca dahulu : Mengenal perbedaan akun google adsense hosted dan non hosted

Sebagai awal pembahasan ini saya mulai dari cara mendapatkan akun adsense terlebih dahulu. Ada 3 akun adsense yang bisa Anda pilih dan dapatkan :

  • Akun hosted youtube, iklan hanya bisa dipasang di youtube saja.
  • Akun hosted blogspot, iklan hanya bisa dipasang di blogpsot saja.
  • Akun non hosted, iklan bisa dipasang di youtube, blogspot dan blog domain TLD

Saya akan bahas satu persatu di bawah ini :
Panduan Lengkap Cara Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Non Hosted

Cara mendapatkan akun adsense hosted youtube

Biasanya akun adsense hosted youtube ini digunakan oleh seorang blogger untuk mendapatkan akun adsense non hosted dengan cara melakukan upgrade. Karena dinilai lebih mudah ketimbang mendaftarkan lewat blog langsung.

Memang dahulu untuk mendapatkan hosted youtube seseorang cukup menggunakan akun gmail dan mempunyai 1 video original dan tidak melanggar kebijakan program Adsense kemudian di upload ke youtube. Setelah melalui masa review yang berkisar 1-3 hari biasanya permohonan langsung diterima dan mendapatkan akun hosted. Untuk akun adsense jenis ini, iklan hanya bisa tayang di youtube saja.

Tapi dengan kebijakan google yang baru terkait monetisasi youtube sekarang sangat sulit. Berikut intisari kebijakan google terbaru berkaitan dengan monetisasi channel youtube :

  1. Apabila Anda seorang Youtuber yang ingin mendapatkan penghasilan dari iklan di Youtube, channel Anda harus memiliki 1.000 subscribe
  2. Konten dari semua video Anda harus memiliki jam tayang minimal 4.000 jam terhitung dari 12 bulan terakhir. Dan video tersebut harus asli buatan Anda.

Setelah channel Youtube telah memiliki 1.000 subscribe dan 4.000 jam tayangan, apakah monetisasi pada channel kita akan langsung aktif?

Tidak, pihak Youtube masih melakukan review pada channel Anda, jika dinilai layak, permohonan monetisasi akan aktif.

Lantas, channel yang monetisasinya telah aktif sebelumnya tetapi belum memiliki 1.000 subscribe dan 4.000 jam tayang, apakah monetisasi akan di nonaktifkan?

Kemungkinan besar akan di nonaktifkan, channel yang monetisasinya telah aktif tetapi belum memenuhi kebijakan terbaru Youtube ini akan ditinjau ulang dan biasanya akan dinon aktifkan sampai memenuhi kebijakan tersebut.

Hal ini telah menimpa channel youtube saya yang sebelumnya telah aktif monetisasinya tetapi kemudian di nonaktifkan oleh pihak Youtube karena belum memenuhi ketentuan tersebut.

Jadi, untuk mendapatkan akun hosted youtube saat ini Anda mungkin memerlukan perjuangan yang lebih berat daripada sebelumnya

Cara mendapatkan akun adsense hosted blogspot

Untuk mendapatkan akun adsense blogspot tentunya Anda harus mempunyai blog yang menggunakan fasilitas hosting gratis dari google dan bersub domain blogspot, kemudian menulis konten yang orisinil dan tidak melanggar kebijakan program adsense.

Untuk mendaftar adsense hosted blogspot pengguna di wajibkan menunggu sampai blog layak untuk di daftarkan.

Setidaknya berdasarkan pengalaman saya waktu diterima full approved oleh Google Adsense, blog yang didaftarkan berisi setidaknya 20 sampai 30 artikel, atau dalam waktu 3 bulan. Anda bisa membaca terkait masalah kelayakan blog untuk berpartisipasi dalam program Adsense ini di kelayakan untuk berpastisipasi di AdSense

Setelah itu blog bisa di daftarkan ke Adsense melalui menu earning/penghasilan yang ada di dashboard blogspot. Untuk akun adsense jenis ini, iklan hanya bisa tayang di blogspot saja.

Agar kode iklan kedua akun adsense hosted di atas (youtube dan blogspot) bisa di tampilkan di blog/situs yang di hosting diluar google atau di situs sendiri, maka Anda perlu melakukan upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted dengan syarat menyediakan domain tingkat atas (Top level domain) atau sering di sebut domain TLD.

Untuk Anda yang menggunakan platform blogspot dan mempunyai nama domain TLD sendiri, Anda harus melakukan custom domain.

Untuk cara custom domain, Anda bisa bertanya ke penyedia layanan tempat Anda membeli domain, karena kemungkinan setiap penyedia layanan memiliki cara yang berbeda-beda.

Bagi Anda pemakai wordpress bisa menggunakan fasilitas CMS dari wordpress.org yang di hosting sendiri.

Cara upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted

1. Masuk ke akun adsense Anda
2. Pilih Setelan/Settings (ikon roda gigi)
3. Klik menu Akses dan otorisasi.
4. Di bagian “Tampilkan iklan di situs web lain”, masukkan URL situs. Gunakan www.bloganda.com.
5. Jika sudah, klik kirim.
6. Terakhir, Anda harus menerapkan kode iklan AdSense di blog Anda.

Sedang untuk youtube, dengan adanya kebijakan baru yang telah saya utarakan di atas, saya hanya akan memberikan panduan cara monetisasi saja karena terus terang monetisasi youtube saya juga dinon aktifkan.

1. Silahkan masuk ke akun youtube Anda
2. Pada akun Anda pilih Creator Studio
3. Pilih menu Channel dan klik menu monetization
4. Lihat pada tab Monetization, apabila tertulis Not Enabled, silahkan klik tombol Enable disebelahnya
5. Anda akan dibawa ke menu Monetization dan disitu silahkan klik tombol Start
6. Apabila disetujui Anda baru mengaitkan blog Anda dengan akun hosted youtube

Jika tujuan Anda daftar Adsense melalui Youtube ini agar iklan bisa dipasang di blog, maka akun Adsense Anda yang sudah diterima tersebut harus dirubah jenis akunnya dari Youtube Hosted menjadi Non Hosted terlebih dahulu dengan memperhatikan beberapa faktor berikut :

Berapa banyak video dalam channel yang sudah ditonton ?

Hal ini berkaitan dengan keaktifan Anda dalam mengelola channel yang dimonetisasi. Apakah selama menjadi mitra Google Adsense hosted Anda memaksimalkan kesempatan tersebut.

Berapa penghasilan yang didapatkan dari channel Anda tersebut ?

Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan oleh pihak Google.

Apakah selama Anda memiliki akun hosted berhasil mendapat penghasilan yang memadai atau hanya sekedar  punya akun dan semata-mata hanya ingin mengajukan upgrade ke akun non hosted.

Hal ini yang sekarang banyak menjadi pertanyaan para publisher Adsense yang merasakan betapa susahnya untuk upgrade dari Youtube Hosted ke blog Non Hosted. Saya sendiri pernah mencoba untuk upgrade akun Youtube Hosted saya yang sama sekali tidak saya kelola dan hasilnya memang upgrade saya ditolak oleh Google.

Di tingkat apa jam tanyang channel Anda ditonton oleh pemirsa ?

Google Adsense menghitung penayangan sah adalah 30 detik. Jika video di channel Anda yang menonton kurang dari 30 detik, maka tayangan itu tidak sah untuk dimonetisasi dan bisa dianggap SPAM., Jadi, catatan masa lalu di channel Youtube Anda juga menjadi pertimbangan.

Google Adsense tidak suka bermitra dengan channel yang upload video asal saja yang mengakibatkan pembaca tidak betah untuk menonton. Sebaiknya Anda kelola channel Anda terlebih dahulu dengan baik sebelum memutuskan upgrade ke level yang lebih tinggi atau ke akun non hosted.

Hal ini saya utarakan karena jangan sampai aAda daftar Google Adsense melalui Youtube dengan tujuan agar bisa memasang iklan di blog Anda menjadi sia-sia. Jadi, pikirkan dengan matang sebelum Anda mendaftar apakah Anda siap untuk mengelola channel Youtube Anda ?

Sedikit saran dari saya, apabila Anda belum siap untuk mengelola channel Youtube dan Anda sudah mempunyai blog dengan pengunjung yang stabil dan Anda perkirakan tidak ada yang melanggar kebijakan Google sebaiknya Anda mencoba daftar Google Adsense melalui blog saja.

Karena, bayang-bayang masa lalu akun Youtube Hosted anda yang kelam bisa menjadi salah satu penghambat Anda menjadi Publisher Adsense.

Apabila ada teman-teman yang punya informasi dan pengalaman terkait upgrade akun hosted youtube ke non hosted silahkan tulis di kolom komentar

Kembali ke masalah upgrade, setelah proses pengajuan upgrade Anda selesaikan, maka tim google adsense akan mereview blog Anda kembali, untuk proses ini kita hanya menunggu sampai tim google adsense memutuskan kelayakan blog Anda untuk mendapatkan persetujuan sepenuhnya, sambil menunggu review sebaiknya tetap update artikel seperti biasa.

Jika pengajuan upgrade Anda diterima akan ada pemberitahuan melalui email bahwa akun google adsense non hosted anda telah diaktifkan sepenuhnya.

Untuk jangka waktu review tergantung dari tim google adsense, ada yang hanya beberapa hari sampai ada yang berbulan-bulan. Mungkin tergantung banyak tidaknya antrian blog yang mengajukan permohonan upgrade akun adsense tersebut.

Ada yang bilang jika proses upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted ini penuh misteri, tapi yakinlah jika blog Anda sudah memenuhi kriteria dan mematuhi segala kebijakan program adsense kemungkinan untuk diterima selalu terbuka.

Jadi tetap yakin, terus update artikel dan berdoa agar mendapat persetujuan sepenuhnya (full approved).

Demikian panduan cara upgrade akun Adsense hosted menjadi non hosted, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

2 comments:

  1. justru sekarang malah ada pemberitahuan bahwa karena akun hosted maka tidak ada pilihan upgrade, gimana ini gan? belum diupdatekah ini tutorial?

    ReplyDelete

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke dasbord Adsense pilih menu other product

      Delete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya