PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

13 February 2018

7 Kesalahan Blogger Pemula yang Wajib Dibenahi Sekarang Juga

Kesalahan Blogger Pemula - Anda berniat menjadi seorang blogger ? Saya harap Anda sudah benar-benar menyiapkan mental Anda mulai saat ini juga. Saat Anda memutuskan untuk menjadi blogger, maka saat itu juga Anda harus bersiap untuk menghadapi apa yang akan Anda alami sebagai seorang blogger nantinya.

Mungkin selama ini Anda memandang menjadi seorang blogger itu mudah, padahal kenyataannya tidaklah demikian.

Mungkin selama ini yang Anda lihat adalah blogger-blogger yang telah sukses dengan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya. Tapi Anda tidak melihat bagaimana awal mula saat mereka memutuskan terjun ke dunai blogging.

Kalau Anda masih baru atau malah akan mulai terjun di dunia blogging, sebaiknya Anda pertimbangkan dengan seksama agar Anda tidak salah jalan dan hanya membuang waktu, energi dan biaya.

Pasalnya, menjadi blogger itu tidak mudah apalagi pemula, selalu saja ada kesalahannya.

Salah dalam melangkah, saja maka blog Anda tidak akan berkembang, justru kegagalan yang akan menghampiri Anda.

Terus terang, artikel ini sebagian merupakan pengalaman pribadi selama saya menjadi blogger dan sebagian adalah curahan hati beberapa teman blogger di berbagai forum atau komunitas.

Postingan ini sengaja saya buat agar teman-teman blogger khususnya pemula terhindar dari kesalahan karena menggunakan pola-pola yang salah.

Kalau Anda merasa sudah menjadi master blogger atau sudah merasa berhasil dari dunia blog, silahkan abaikan tulisan saya ini, tetapi jika Anda salah satu blogger yang belum tahu langkah apa yang mesti dilakukan atau Anda adalah seorang blogger yang merasa gagal dan sadar bahwa Anda selama ini dalam aktifitas ngeblog memang salah, maka sebaiknya Anda simak postingan ini sampai selesai dan segera benahi cara ngeblog Anda.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan apa saja kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula dan mungkin juga Anda lakukan ketika menjadi seorang blogger.

Menjadi blogger yang sukses tidak bisa dilakukan secara instan, tetapi memerlukan proses yang panjang apalagi untuk pemula yang belum paham sama sekali tentang blog sebelumnya.

Anda harus siap belajar berbagai banyak hal yang mungkin sebelumnya belum pernah Anda dengar, seperti SEO, backlink, riset keyword dan lain sebagainya.

Meskipun nantinya Anda sudah menjadi blogger profesional, tetapi semangat belajar layaknya seorang blogger pemula yang haus bimbingan tetap harus ada, karena dunia blogging adalah dunia yang terus berkembang seperti halnya algoritma google.

Kunci pokok bagi seorang blogger agar sukses (menurut saya) ada 2 :

  • Kemauan untuk belajar
  • Mau memperbaiki kesalahan.

Dua hal tersebut penting karena sebanyak apapun tutorial dan panduan yang ada tidak akan berguna jika kemauan belajar tidak ada. Dan sebaik apapun Anda dibimbing oleh para master blogger kalau Anda tidak mau memperbaiki kesalahan juga akan sia-sia.

Maka dari itu kalau Anda selama ini menjalani aktifitas ngeblog terasa berat dan belum mencapai apa yang diharapkan, mungkin Anda melakukan kesalahan-kesalahan di bawah ini
7 Kesalahan Blogger Pemula yang Wajib Dibenahi Sekarang Juga

Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Diperbaiki

Terdapat hal-hal yang biasanya dilakukan oleh blogger pemula yang justru bisa berakibat buruk untuk jangka panjang dan parahnya kebanyakan dari blogger malah sering melakukannya sehingga tidak berhasil mengembangkan blognya.

#1. Belum siap mental dan ilmu

Tidak jarang, orang-orang yang nekat menceburkan diri ke dunia blog setelah mengetahui kesuksesan blogger yang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulannya. Padahal mereka sama sekali tidak memiliki dasar pengetahuan tentang blog.

Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah selama Anda mau belajar dan konsisten, tetapi kebanyakan blogger ternyata tidak siap menanggung sulit dan lamanya proses menjadi blogger sukses.

Yang terjadi selanjutnya adalah timbul rasa malas dan semuanya ingin serba instan. Kalau Anda termasuk tipe blogger seperti ini berarti Anda belum siap menjadi blogger sejati.

Seperti yang saya utarakan di atas, ada banyak hal yang mesti dipelajari di dunia blog. Jangan samakan diri Anda dengan blogger-blogger lain yang telah lama berkecimpung di dunia blog karena jelas akan berbeda.

Sebagai blogger pemula, Anda perlu kesiapan dan motivasi agar terus terpacu untuk belajar dan belajar agar bisa menjadi blogger sukses.

#2.Gagal fokus

Biasanya blogger pemula sering mengalami hal ini. Gagal fokus terjadi karena tidak adanya target dan tujuan yang jelas.

Kebanyakan blogger pemula itu kelewat sering mencari panduan dan tutorial blogging yang akhirnya malah membuat bingung diri sendiri. Tetapkan satu panduan yang menurut Anda bisa dijadikan satu rujukan/referensi dan ikuti panduan tersebut dari awal sampai akhir.

Hal ini dulu juga menimpa saya waktu awal-awal mulai membuat blog. Terlalu banyak mencari dan membaca tutorial atau panduan, terutama berkaitan dengan desain template yang akhirnya justru lupa pada esensi ngeblog itu sendiri yaitu membuat artikel.

Sehingga dalam kurun waktu hampir 1 tahun baru sekitar 25 artikel yang saya buat. Ironis bukan ...
Anda harus fokus, buatlah target dan tujuan setiap hari dalam aktifitas ngeblog Anda.

Dengan memiliki target dan tujuan yang jelas maka langkah-langkah Anda dalam menjalani rutinitas blogging akan lebih terarah.

Misalnya, hari ini fokus pada desain template kemudian hari berikutnya fokus pada penulisan konten dan seterusnya.

Untuk penulisan artikel juga harus fokus dan tertarget apalagi buat blog baru, misalnya targetkan Anda harus membuat 1 artikel setiap hari.

#3.Pemilihan Niche

Salah satu point yang sering dilupakan oleh blogger pemula dan berakibat tidak berkembangnya blog adalah salah dalam pemilihan niche blog. Apa maksudnya ?

Salah dalam memilih niche hanya akan membuat Anda kesulitan dalam membuat konten. Anda akan kehilangan ide menulis untuk blog Anda karena tidak menguasai topik yang dipilih. Pada akhirnya akan timbul rasa berat, bosan dan malas.

Kalau ini yang terjadi, biasanya yang muncul adalah blog tidak lagi terurus atau lari ke tindakan copas (copy paste) blog lain.

Saran terbaik, pilihlah niche yang spesifik sesuai dengan keahlian atau hobi Anda. Dengan begitu Anda akan lebih leluasa mengembangkan berbagai bahasan karena Anda benar-benar menguasai niche tersebut.

Meskipun begitu, ada beberapa niche yang berpotensi mendapatkan banyak pengunjung dibanding niche lainnya. Kalau Anda mengincar ceruk dollar melalui Google Adsense Anda sebaiknya memilih niche yang terbukti dibayar mahal oleh google Adsense.

Kalau selama ini Anda merasa sulit menulis konten dan blog tidak berkembang, mungkin Anda telah salah memilih niche, maka sebaiknya Anda baca panduan bagaimana memilih niche yang tepat di blog ini.

#4. Sering mengganti template

Saya yakin, hal ini paling sering dilakukan oleh blogger pemula termasuk saya dulu. Entah karena bosan, tertarik dengan desain blog lain atau hal lainnya.

Sebenarnya hal ini wajar saja, tetapi kalau terlalu sering mengganti template efeknya bisa menjadi buruk untuk peringkat blog di search engine karena setiap ganti template akan dirayapi ulang oleh robot search engine dan ini bisa membuat peringkat blog Anda menjadi turun.

Di samping itu sering mengganti template akan dianggap blog Anda tidak serius oleh pengunjung Anda karena setiap berkunjung selalu berganti tampilan, sehingga terkesan tidak profesional.

Kalau Anda berniat ingin mendaftarkan blog ke Adsense, usahakan jangan mengganti template waktu blog direview oleh tim Google Adsense, kemungkinan besar pengajuan Anda akan ditolak.

Usahakan sejak awal Anda sudah memilih template yang ingin digunakan dan jangan diganti lagi. Buat Anda yang ingin cepat diterima Adsense, ada sebuah template yang saya rekomendasikan buat Anda, silahkan cek templatenya di artikel saya tentang template paling cocok untuk mendaftar Adsense

Kalaupun Anda ingin tetap mengganti template usahakan pada jam-jam dimana pengunjung biasanya jarang mengakses blog Anda dan selesaikan semua komponen yang perlu ada dalam template saat itu juga.

#5. Mengubah-ubah tampilan/desain template

Masih kelanjutan dari poin di atas, mengubah-ubah tampilan blog hanya akan membuat Anda sibuk sendiri dan melupakan faktor paling penting dalam blog itu sendiri, yaitu memperkaya konten.

Yakinlah, bahwa template-template yang ada saat ini entah dari default blogger atau dari para penyedia template sudah sangat baik dari segi desain. Dan satu hal lagi, orang berkunjung ke blog itu ingin mencari dan membaca konten Anda.

Termasuk dalam kategori mengubah-ubah tampilan blog yang juga tidak disarankan adalah menggunakan terlalu banyak widget yang tidak perlu. Di samping hanya akan memperlambat kecepatan loading blog, hal ini juga tidak disukai google yang menyukai tampilan web yang rapi dan sederhana.

Pilihlah widget-widget yang cukup penting bagi navigasi blog Anda. Untuk mengetahui widget apa saja yang sebaiknya di pasang pada blog silahkan simak artikel 6 widget yang wajib dipasang agar blog mudah diterima Adsense

#6. Melupakan user experience

Karena terlalu fokus pada tampilan blog, sering sekali kita malah melupakan faktor kenyamanan pengunjung yang ingin berkunjung.

Misalnya blog yang memiliki tampilan yang “norak” dan terlalu ramai dengan banyak widget, gambar, atau animasi yang sebenarnya tidak perlu, sehingga membuat blog terasa lambat yang berakibat visitor menjadi enggan untuk berkunjung kembali.

#7. Melupakan optimasi SEO pada konten

Ada yang beranggapan SEO sudah tidak terlalu penting pada era algoritma Google sekarang. Itu sah-sah saja bagi yang memiliki anggapan seperti itu.

Tetapi yang perlu disadari oleh seorang blogger khususnya pemula adalah profesi blogger bukan hanya Anda tetapi ada ribuan bahkan mungkin jutaan blogger lain di luar sana.

Setiap Anda publish sebuah konten pada saat yang bersamaan ada ratusan konten serupa yang juga dipublish oleh blogger pesaing Anda. Lantas, bagaimana konten Anda tersebut bisa ditemukan orang syukur-syukur bisa menjadi peringkat 1 di mesin pencari ?

Maka, Anda harus melakukan optimasi SEO baik On page maupun Off Page. Jangan membayangkan bahwa teknik SEO itu rumit seperti yang selama ini mungkin Anda bayangkan. Cukup lakukan beberapa optimasi SEO sederhana, konten Anda akan merangkak naik di halaman mesin pencari dan mudah ditemukan orang.

Bagaimana cara optimasi SEO sederhana itu ? Silahkan Anda baca selengkapnya dalam panduan SEO On Page dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO pada Blog

Niat, Fokus, dan Konsisten

Beberapa kesalahan diatas adalah yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula, tentunya masih ada lagi kesalahan-kesalahan lain yang mungkin saja selama ini dilakukan karena tiap blogger pasti punya pengalaman yang berbeda.

Apa yang saya uraikan diatas merupakan beberapa kesalahan yang pernah saya alami dan kemudian saya perbaiki sedikit demi sedikit hingga seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, sebelum Anda melanjutkan keinginan menjadi blogger sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan diatas agar blog Anda bisa berkembang dengan baik dan bisa menjadi sumber penghasilan buat Anda.

Kalau Anda benar-benar ingin menjadi seorang blogger, niatlah sejak awal kalau Anda ingin serius dalam bidang ini, kemudian fokus  dan konsisten pada apa yang Anda kerjakan.

Tulisan hanya untuk berbagi pengalaman dan mengingatkan sebagai sesama blogger agar sama-sama maju berkembang dan sukses, karena saya sendiri masih dalam tahap belajar.

Demikian sedikit tulisan tentang kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula berdasarkan pengalaman pribadi saya sebelumnya. Apabila ada salah kata dalam artikel ini yang menyinggung Anda saya mohon maaf.

2 comments:

  1. saya udah 4 kali ganti template gan, ternyata bisa bikin peringkat turun yah, thanks buat infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas erwan karena akan di crawl ulang oleh boot biasanya setelah trafik akan turun dan untuk stabil lagi seperti semula membutuhkan beberapa hari hingga beberapa minggu bahkan beberapa bulan mas

      Delete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya