PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

22 February 2018

6 Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas Tinggi

Mendapatkan Backlink – Berbicara mengenai backlink sebenarnya terdapat pro kontra di kalangan blogger. Ada beberapa blogger yang mengatakan saat ini dengan adanya algoritma google terbaru, keberadaan dan fungsi backlink sudah tidak berpengaruh lagi sedang sebagian yang lain masih beranggapan bahwa backlink masih cukup ampuh untuk mendongkrak posisi blog di SERP.

Kalau menurut saya pribadi, meskipun untuk saat ini backlink mungkin pengaruhnya tidak lagi besar seperti dulu tetapi backlink masih menjadi salah satu indikator popularitas dan kredibilitas sebuah blog.

Banyaknya backlink pada sebuah blog menjadi indikasi bagi search engine untuk menempatkannya di pageone karena google melihatnya sebagai situs yang memberikan informasi dan pengalaman yang lebih bagi penggunanya sehingga mereka tidak segan untuk memberi backlink pada situs tersebut.

Hal inilah yang mendasari, kenapa backlink masih tetap penting bagi perkembangan sebuah blog.

Seberapa penting backlink bagi sebuah blog ?

Sangat penting! Hingga tidak jarang para blogger rela menggelontorkan uangnya hanya untuk membeli backlink dari para penyedia jasa backlink. Backlink termasuk salah satu cara optimasi SEO Off Page yang bisa dilakukan untuk mendongkrak ranking blog.

Jika kita ibaratkan bangunan, backlink adalah pondasi, semakin kuat backlink, maka kualitas blog akan semakin kuat juga di mesin pencarian atau search engine Google.

Oh ya, mungkin beberapa teman-teman ada yang belum tahu, apa itu backlink.

Penjelasan simplenya adalah link yang berada di website lain yang mengarah ke website kita.

Untuk penjelasan lebih mendalam mengenai backlink dan bagaimana kriteria backlink yang berkulitas, Anda bisa membacanya pada tulisan saya sebelumnya tentang 10 kriteria backlink berkualitas.
6 Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas Tinggi

Cara Mencari Backlink Berkualitas yang Benar

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink, yaitu:

#1. Backlink Comment

Ini merupakan cara mendapatkan backlink yang paling mudah. Anda hanya perlu melakukan blogwalking (berkunjung ke blog lain) dan menuliskan komentar di blog tersebut. Biasanya pada kolom comment terdapat satu kolom untuk menaruh alamat website pengunjung, jadi jangan lupa untuk menuliskan url blog Anda di sana.

Namun, ada juga website yang tidak menyediakan kolom untuk mencatumkan link dan menyediakan kolom komentar, nama serta alamat e-mail. Bagaimana kita menaruh link nya? Anda bisa menggunakan anchor text disana.

Anda bisa menuliskan pada kolom comment seperti ini <a href=”http://namadomain.com/contoh-link”>Nama Keyword</a> . Dengan begitu Anda tetap bisa berkomentar sambil menyisipkan link di dalam komentar tersebut.

#2. Backlink Profile

Backlink ini bisa Anda dapatkan di berbagai forum-forum atau situs yang menyediakan kolom regristrasi. Sewaktu Anda melakukan registrasi pertama kalinya disana, Anda diminta untuk mengisi profil Anda mulai dari nama, email, umur dan tidak jarang ada yang meminta alamat blog.

Backlink yang didapat dari forum atau situs ini bisa jadi merupakan backlink yang lumayan kuat, tergantung seberapa berkualitas situs tersebut. semakin kuat situs yang kita taruh backlink maka pengaruhnya juga akan semakin besar.

Contoh dari backlink profile ini adalah engravatar.com, ads.id, kaskus, twitter dan lain-lain. Anda tinggal melakukan registrasi dan masukkan link yang menuju ke blog Anda.

#3. Backlink Contextual

Backlink ini penempatanya di dalam sebuah postingan, bisa di awal konten, ditengah maupun di akhir. Contohnya Anda membuat artikel di sebuah forum semisal kompasiana, di dalam artikel tersebut Anda membuat link yang tertuju kepada blog Anda.

Backlink Contextual ini cukup kuat pengaruhnya terhadap konten yang kita optimasi. Jika skor DA dan PA nya tinggi maka bisa membuat page yang kita optimasi bagus di mata Google.

#4. Social Bookmark

Situs berjenis social bookmark sangat banyak. Silahkan Anda cari di Google daftar web social bookmark. Situs Sosial Bookmark ini didesain supaya para blogger bisa saling bertukar url bacaan favoritnya satu dengan yang lain.

Tapi kenyataannya, justru sering digunakan untuk menaruh link ke blognya sendiri-sendiri. Biasanya sosial bookmark ini hanya memberikan 250-350 karakter setiap tulisan. Saya sendiri sekarang jarang mencari backlink dengan metode ini karena pengaruhnya terbilang kecil, tapi tidak ada salahnya juga jika akan Anda gunakan untuk mencari backlink. Lumayanlah untuk menambah perbendaharaan backlink situs Anda

#5. Private Blog Networks (PBN)

Untuk mendapatkan backlink ini Anda perlu mengeluarkan biaya. Backlink PBN merupakan backlink yang bisa diperoleh dengan cara membeli sebuah blog yang sudah expired kemudian kita gunakan untuk membuat artikel yang di dalamnya kita pasang link yang menuju blog utama kita.

Dalam membeli blog expired ini juga tidak boleh asal-asalan, harus berkualitas karena akan berpengaruh pada kekuatan link. Jumlahnya pun jangan hanya satu blog, tetapi sebanyak mungkin.

Jika Anda tertarik menggunakan backlink ini, Anda bisa membelinya kepada para penyedia jasa PBN yang bisa Anda cari di ads.id, fiveer dan penyedia PBN lainnya.

#6. Blogpost Backlink

Untuk mendapat backlink ini terbilang cukup susah. Anda perlu mempunyai jaringan yang cukup luas sesama blogger. Blogpost backlink adalah link yang dipasangkan di dalam sebuah konten yang berada di website lain.

Untuk bisa mendapatkan backlink ini Anda perlu meminta izin kepada si pemilik situs untuk menulis di websitenya sambil disisipkan link yang menuju ke blog Anda. Dari segi kualitas backlink ini termasuk yang terkuat. Maka dari itu sering-seringlah berinteraksi dengan sesama blogger.

Beberapa tips memasang backlink yang aman dan baik

Sebenarnya, kita tidak akan tahu apakah benar-benar aman atau tidak backlink kita, namun hal ini bisa diantisipasi jika metodenya benar.

  • Hindari memasang link di situs-situs maksiat dan ilegal seperti situs judi, porno dan lain sebagainya.
  • Usahakan memasang link di situs yang memiliki DA (domain authority) dan PA (page authority) tinggi.
  • Jika blog baru sebaiknya jangan langsung dipenuhi dengan backlink yang terlalu banyak. Cukup sehari 10-15 backlink.
  • Variasikan keyword anchor teks nya, jangan sampai 100% semua sama.
  • Hindari memasang backlink yang terlalu banyak outbond linknya.

Mungkin cukup sekian sharing sedikit tentang bagaimana mencari backlink berkualitas yang selama telah saya terapkan. Semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya