PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

14 February 2018

Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

Cara memilih template blog - Masalah memilih template yang baik bagi seorang blogger terutama pemula ternyata bukan perkara yang mudah. Hal ini pernah saya rasakan pada awal-awal mulai ngeblog. Mungkin begitu juga dengan Anda saat ini.

Alasan kenapa kita sering gonta-ganti template kebanyakan karena tergoda dengan tampilan blog milik blogger lain yang menarik. Hal ini sebenarnya sah-sah saja dilakukan tetapi kalau terlalu sering bisa berakibat buruk pada blog itu sendiri. Sering mengganti template termasuk salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan blogger pemula dan ironisnya masih banyak yang melakukannya.

Template memang salah satu faktor yang bisa membuat visitor tertarik bahkan betah berkunjung ke blog kita tetapi bukan merupakan satu-satunya faktor. Ada faktor yang lebih penting dari template yaitu konten.

Semenarik dan sebagus apapun template yang Anda gunakan, tetapi sajian konten yang dibuat ternyata tidak memuaskan pengunjung pada akhirnya blog akan ditinggalkan oleh mereka.

Hal inilah yang tidak disadari oleh blogger pemula khususnya, mereka terlalu sibuk memikirkan template blognya tetapi lupa untuk membuat artikel berkualitas untuk blog itu sendiri.

Sebenarnya saat ini sudah banyak sekali template yang bisa Anda pilih, blogger sendiri sebagai salah satu platform blog sudah menyediakan berbagai template yang bisa digunakan secara gratis seperti template default terbaru mereka : contempo, soho, emporio

Di samping itu ada banyak penyedia template baik yang gratisan maupun premium yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Mungkin karena terlalu banyaknya pilihan template itulah yang menjadikan kita justru bingung untuk menentukan pilihan.

Sebenarnya, agar Anda tidak sering mengganti template cara yang paling baik adalah jangan pernah tergiur dengan template yang digunakan oleh blogger lain.

Ada sebagian blogger pemula yang percaya bahwa template bisa membuat artikel pageone di search engine.  Itu tidak benar.

Template hanya sebagai kulit, yang bisa masuk halaman pertama mesin pencari tentu saja isi dari blog itu sendiri yaitu artikel berkualitas.

Walaupun template tidak ada pengaruh langsung terhadap trafik dan peringkat sebuah blog di search engine, tetapi memilih template juga tidak boleh secara asal-asalan.

Template yang berat dan memerlukan loading yang lama, tidak responsive di semua perangkat hanya akan membuat visitor enggan untuk berkunjung apalagi berlama-lama di blog kita.

Lantas, bagaimana memilih template yang baik itu ?
Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

Cara Memilih Template Blog yang Baik

Sebenarnya masing-masing template memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri di mata penggunanya. Ada yang merasa sudah cocok dengan desain dan kombinasi warna template tetapi ternyata loadingnya lambat, ada juga template yang loadingnya sangat cepat tetapi desainnya cukup sederhana dan terkesan kurang menarik.

Semua kembali kepada Anda untuk memilih template mana yang cocok dengan selera Anda. Tetapi ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan ketika memilih sebuah template.

Meskipun sebenarnya tidak ada kriteria khusus dalam menentukan template blog yang baik untuk blog, tetapi sesuai instruksi dari search engine bahwa ada 2 hal pokok yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan template pada blog.

  • Struktur data yang baik
  • Kenyamanan pengguna

2 hal itu menjadi prioritas utama sebuah template yang baik.

Persoalan desain, kombinasi warna maupun jumlah kolom itu terserah selera pengguna yang jelas harus memenuhi 2 unsur di atas.

Lalu, bagaimana memilih template yang memenuhi 2 hal pokok tersebut ? Setidaknya 6 kriteria yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih template blog yang paling cocok untuk blog Anda.

#1. Template yang Responsif

Kini adalah era mobile, dimana perangkat mobile seperti smartphone sudah menjadi alat sehari-hari orang untuk melakukan berbagai aktivitas, tidak terkecuali untuk mengakses internet.

Untuk itu pilihlah template yang tampilannya dapat menyesuaikan dengan berbagai perangkat yang digunakan pengunjung, misalnya saat pengunjung mengakses situs menggunakan smartphone maka secara otomatis tampilan blog bisa menyesuaikan dengan ukuran layar pada smartphone sehingga tidak memerlukan setting lagi pada layar pengguna seperti melakukan zoom atau memperbesar layar secara manual.

Hal ini sangat penting, karena mengacu pada algoritma MobileGeddon yang diluncurkan pada 21 April 2015 dimana algoritma google ini bertujuan untuk memperbarui pencarian yang bisa sesuai dengan versi mobile atau ponsel.

Artinya google sedang mengembangkan algoritma dimana situs web yang belum menggunakan theme user untuk mobile akan menerima sanksi keras dari google webmaster.

 Dengan adanya algoritma ini, berarti google sangat memperhatikan tampilan website dan memprioritaskan website dengan tampilan mobile frindly yang ramah ponsel.

Tentunya dengan tampilan responsive akan memberikan kenyamanan bagi pengguna saat mengakses blog melalui berbagai device tanpa ribet melakukan settingan lagi.

Untuk mengecek apakah template yang Anda gunakan sudah responsif atau belum, Anda bisa uji melalui tools ini : https://www.responsinator.com/ atau http://ami.responsivedesign.is/

Caranya cukup mudah, tinggal masukkan alamat blog Anda pada kotak URL yang tersedia

#2. Template yang User Friendly dan Bersih

Selanjutnya gunakan template dengan desain yang sederhana, minimalis dan bersih karena google menyukai kesederhanaan. Google sangat menyukai web yang mengutamakan konten.

Hindari penggunaan template yang ramai cenderung norak, baik itu dari segi pemilihan kombinasi warna maupun penggunaan widget dan gambar.

Selain hanya akan membuat loading blog menjadi lambat juga bisa membuat pengunjung tidak nyaman.

Untuk warna sendiri sebenarnya tidak ada ketentuan pasti, tetapi warna yang cenderung kalem seperti putih dan biru lebih disukai karena tidak cepat membuat mata lelah.

Dalam pemasangan widget, pilihlah widget yang memudahkan navigasi pada blog Anda, jangan memasang widget yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Blog dengan template yang rapi dan bersih akan membuat Anda dipandang oleh pengunjung sebagai blogger yang serius dan profesional daripada tampilan blog yang norak bahkan alay.

Untuk menilai sudah user friendly atau belum, cara sederhana adalah posisikan diri Anda sebagai pengunjung, apakah Anda nyaman dengan tampilan blog Anda atau minta penilaian dari orang lain untuk menilai seberapa nyaman mereka mengakses dan melihat blog Anda tersebut.

#3. Template yang Fast Loading

Kecepatan loading menjadi faktor penting yang menjadi perhatian google. Anda harus memperhatikan kecepatan blog Anda.

Hal ini berkaitan erat dengan user experience atau pengalaman pengunjung. coba Anda bayangkan, bagaimana jengkelnya jika hanya untuk membuka konten suatu situs yang diinginkan harus menunggu lama untuk loading, mungkin Anda juga pernah mengalaminya.

Dengan kecepatan loading yang lambat sangat berpotensi membuat bounce rate blog Anda menjadi gendut dan itu hal yang buruk untuk sebuah blog. Karena bisa berdampak pada menurunnya rangking di search engine.

Apakah Anda sudah menggunakan template yang fast loading ? Silahkan Anda cek kecepatan loading blog Anda melalui tools Caranya dengan mengunjungi link berikut https://gtmetrix.com/ atau https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Mengenai cara mempercepat loading blog selengkapnya bisa Anda baca di artikel 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

#4. Struktur Data Template

Template dengan struktur data error dapat membuat halaman-halaman blog Anda juga nantinya akan terdapat error pada webmastertools.

Google memastikan bahwa template yang mengikuti kebijakan aturan,dimana template dengan no error pada struktur data akan lebih mudah dikenali oleh mesin perayap.

Oleh karena itu cek template blog Anda apakah ada struktur data yang error, jika ada segera perbaiki. Kalau Anda baru akan membuat blog silahkan pilih template tanpa struktur data error. Untuk menguji apakah template yang Anda gunakan tidak ada struktur data error bisa dicek dengan mengunjungi link berikut https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/

#5. Template SEO Friendly

Sebenarnya kriteria ini tidak akan saya masukkan, tetapi banyak teman-teman blogger sering menanyakan tentang template SEO Friendly akhirnya kriteria ini saya cantumkan.

Berbicara mengenai SEO, kalau kita lihat di beberapa penyedia template rata-rata sudah menyertakan embel-embel SEO Friendly pada fitur template buatannya.

Kalau menurut saya pribadi, masalah SEO sebaiknya Anda difokuskan pada sisi konten saja. Karena kalau template yang Anda pilih sudah memenuhi 4 kriteria sebelumnya di atas, kemungkinan besar sudah SEO Friendly. Kalau Anda kurang yakin, silahkan cek di chkme.com

#6. Ada Fitur Facebook Debugger

Fitur ini menurut saya cukup penting dalam suatu template karena memudahkan kita untuk mempromosikan blog khususnya konten yang kita buat.

Di era milenial saat ini, peran media sosial cukup penting dalam perkembangan sebuah blog. Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel saya tentang SMO (Social Media Optimation), media sosial merupakan tempat terbaik untuk promosi agar konten blog cepat dikenal orang.

Maka, dengan adanya fitur facebook debugger ini Anda akan mudah menampilkan gambar, judul, dan kutipan alinea pertama (deskripsi posting) saat share postingan di Facebook.

Dan template blog yang baik wajib memiliki fitur facebook debugger ini.
Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar


Untuk mengecek, copy dan paste salah satu postingan di demo blog. Lihat apakah Facebook Open Graph-nya sudah baik seperti contoh gambar di atas.

Kesimpulan

Menurut saya sampai saat ini, cukup 6  kriteria di atas yang menjadi patokan ketika Anda sedang memilih template.

Jangan gampang tergoda dengan iming-iming Template Seo Friendly, karena sejatinya template hanya sebagai sarana agar pengunjung merasa nyaman sedangkan yang menyebabkan datangnya trafik visitor yang banyak adalah konten.

Ketika Anda memiliki blog dengan template yang sesuai dengan kriteria diatas, tentu saja bisa menjadi indikasi bagi mesin penelusur bahwa situs Anda bisa memberi user experiance yang baik sehingga blog/website Anda akan mendapatkan perhatian lebih dibanding website yang menggunakan template yang tidak memenuhi kriteria diatas dan tidak sesuai kebijakan google.

Demikian ulasan tentang cara memilih template blog yang baik, semoga bermanfaat untuk teman-teman blogger. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya