PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

24 February 2018

Cara Memasang Auto Ads, Format Iklan Terbaru Google Adsense

Cara memasang Auto Ads/Iklan Otomatis - Fitur terbaru dari Google Adsense dalam format iklan Auto Ads yang diluncurkan pada tanggal 20 Februari 2018 ini bisa Anda temukan di dashboard akun Adsense Anda semua, kebetulan kemarin saat saya login dan menjumpai fitur baru google adsense yang bernama auto ads atau iklan otomatis ini.

Dalam beberapa group maupun komunitas sosial media fitur ini baru ramai diperbincangkan para blogger. Ada yang sudah mencoba menggunakan fitur ini ada juga yang masih bimbang untuk mencobanya. Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kita kenalan dulu dengan fitur Google Adsense paling anyar ini.

Apa itu auto ads ?
Sepintas membaca namanya saja sebenarnya Anda sudah dapat menyimpulkan bahwa fitur iklan otomatis ini akan berjalan dengan sendirinya memposisikan iklan di halaman blog tanpa kita perlu memasang tiap kode unit iklannya. Terdengar keren dan membuat mudah para publisher Adsense.

Dengan adanya iklan otomatis ini nantinya Anda tidak perlu mencari artikel cara memasang iklan Adsense yang selama ini hanya bisa dilakukan secara manual lewat widget atau Edit HTML

Kenapa? Sebab cukup 1 kali Anda menempatkan kode iklan seperti kode page level ads di Edit HTML, semua iklan akan muncul dengan otomatis di beberapa tempat di blog Anda.

Ada beberapa jenis iklan yang ditampilkan dalam auto ads ini, yaitu Vignette ads, Anchor ads, Text & display ads, In-article ads, In-feed ads, Matched content.

Kalau Anda merasa sulit mendapatkan matched content karena trafik yang masih minim dengan auto ads ini Anda bisa langsung mendapatkannya meskipun saat ini tampaknya hanya tampil di laman seluler. Menarik bukan ?

Apakah Perlu Memasang Auto Ads ini?

Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas, ada beberapa keuntungan dari auto ads atau iklan otomatis ini :

1. Tidak perlu repot untuk setting posisi iklan, karena auto ads ini akan otomatis memposisikan dirinya sendiri, bahkan dari diskusi di forum IAPD ada teman blogger yang iklannya muncul pada kolom komentar yang selama ini mungkin belum pernah kita temukan, kecuali pada situs-situs populer.

2. Banyak jenis format iklan, kalau dahulu kita hanya bisa memilih iklan in feed, in article atau tekx ads sekarang cukup dengan 1 kode iklan ada 6 format iklan yang bisa ditampilkan pilihan format iklan yang ditampilkan oleh Adsenseartinya jika dulu kita hanya bisa memilih iklan infeed in artikel text ads, sekarang dengan hanya 1 kode iklan ke 6 format iklan akan menghiasi blog kita,

3. Bisa memasang iklan Match content, format iklan ini dahulu hanya bisa diperoleh oleh blog dengan pageview 1000/hari, sedangkan blog dengan pv hanya ratusan atau malah puluhan seperti saya mungkin masih jauh untuk bisa memasang iklan match content ini, tetapi dengan auto ads Anda sudah bisa memasangnya, meskipun kelihatannya sampai saat ini hanya tampil di seluler.

Bagaimana cara memasang auto ads/iklan otomatis pada blog?

Cukup mudah, hampir sama dengan memasang iklan page level ads. Silahkan masuk ke akun Adsense Anda. Nanti akan melihat notifikasi seperti gambar di bawah ini
Cara Memasang Auto Ads, Format Iklan Terbaru Google Adsense


Lalu klik Set Up Now kemudian Anda akan masuk ke dasbord berikutnya untuk ambil kode otomatis tersebut. Silahkan Anda copy kode iklan otomatisnya dan paste ke dalam Edit HTML template blog Anda di bawah kode <head>. Seperti halnya iklan page level ads, kode iklan ini juga tidak perlu di parse. Kemudian klik Save

Jika waktu menyimpan ada peringatan error silahkan Anda tambahi kode iklan otomatis tersebut dengan ='' setelah tulisan async, sehingga menjadi seperti di bawah ini
<script async='' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>

Cukup mudah bukan ?

Jika sudah terpasang, silahkan tunggu beberapa jam iklan otomatis akan tayang dengan sendirinya dan memilih tempat sendiri.  Apakah kode iklan Adsense yang lama perlu dihapus ? Saya sendiri mulai saat memasang kode iklan otomatis sampai saat ini, iklan lama tidak saya hapus dan alhamdulillah tidak terjadi masalah.

Kendala dan Keraguan pada Auto Ads

Tentunya, sebagai sebuah fitur baru kinerja dari auto ads ini masih memerlukan pembuktian lebih lanjut.

Di samping itu masih banyak teman-teman blogger yang ternyata masih enggan menggunakan fitur ini, mungkin mereka menjumpai adanya kendala atau permasalahan lain yang membuat mereka masih ragu menggunakan iklan otomatis dari Google, diantaranya :

1. Sebagai sebuah fitur baru, kinerja auto ads masih belum teruji sampai saat ini.

2. Publisher tidak memiliki kontrol penuh untuk menempatkan iklan di tempat yang diinginkan.

3. Dari sharing diskusi dengan beberapa teman blogger, auto ads ini masih bermasalah di blog AMP.

4. Tidak bisa memilih iklan mana yang akan tampil.

Saya sendiri setelah pasang auto ads pada blog ini BPK cenderung mengalami peningkatan. Bagaimana dengan teman-teman blogger yang lain ?

 Demikian sedikit sharing pengalaman saya memasang auto ads/iklan otomatis Google Adsense. Semoga bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai.

4 comments:

  1. Oh..jd ini khusus buat blog ya?youtube nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba fera setau saya smentara ini baru buat blog aja

      Delete
  2. terimakasih sudah berbagi mas. tulisannya informatif. saya ingin bertanya. apakah bisa setelah pasang auto ads kemudian kita pasang ads manual karena. dengan auto ads. tidak ada ad yang muncul di sidebar web saya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas Wil...iklan manual bisa dipasang di sidebar maupun di dalam artikel

      Delete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya