PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

19 February 2018

10 Kriteria Backlink Berkualitas untuk Optimasi SEO Off-Page

Kriteria backlink berkualitas - Untuk memulai pembahasan yang lumayan panjang mengenai backlink ini, sebaiknya kita berkenalan dengan yang namanya backlink itu sendiri.

Berikut merupakan pengertian singkat tentang backlink :
"Backlink merupakan hyperlink dari situs lain yang menuju situs kita. Juga biasa disebut inbound link atau tautan masuk. Umumnya terjadi apabila situs lain membahas sesuatu seputar situs kita, entah itu konten kita atau review situs secara menyeluruh."
Berikut ini saya sajikan sebagian istilah yang masih terkait dengan backlink (dikutip dari Shoutmeloud), antara lain :

  • Link Juice : Ketika sebuah halaman situs memberi tautan ke beberapa tulisan konten Anda atau halaman utama, hal yang demikian melalui link juice. Link juice tersebut akan membantu rangking konten yang mendapat link juice, dan juga memperbaiki domain authority. Sebagai blogger, Anda dapat menghentikan link juice dengan menerapkan tag no-follow.
  • Nofollow : Ketika sebuah situs memberi tautan ke situs lain, namun memakai tag no-follow, maka tautan yang demikian tidak lewat link juice. Tautan no-follow kurang berguna terkait dengan rangking sebuah halaman karena tautan yang demikian tidak memberi kontribusi apapun.
  • Dofollow : Secara default seluruh tautan yang Anda tambahkan pada postingan merupakan do follow dan tautan yang demikian melalui link juice.
  • Linking Root Domain : Hal ini merujuk pada jumlah backlink yang masuk dari sebuah domain unik. Bahkan bila sebuah situs memberi tautan 10 kali pada website Anda, maka itu akan dianggap sebagai link dari satu root domain.
  • Tautan Berkualitas Rendah : Tautan bermutu rendah yaitu {link|tautan} yang berasal dari automated sites, web spam, atau pun website porno. Tautan-tautan ini bahkan lebih bersifat merusak ketimbang menguntungkan. Ini merupakan salah satu alasan kenapa Anda mesti berhati-hati saat membeli link.
  • Internal Link : Tautan yang berasal dari satu halaman ke halaman lain dalam satu domain/situs.
  • Anchor Text :  Tulisan/kata yang dipakai sebagai hyperlink disebut anchor text (tulisan yang apabila diklik mengantar kita ke halaman lain). Backlink dengan anchor text bekerja dengan baik apabila Anda ingin memperoleh rangking tinggi untuk kata kunci tertentu.
Jika Anda berharap memperoleh banyak pengunjung datang ke blog/website Anda, maka anda wajib menempati posisi teratas di hasil pencarian. Agar dapat menempati rangking yang bagus maka anda butuh backlink.

Sebab backlink merupakan salah satu elemen utama dalam optimasi SEO.

Namun tidak semudah itu…

Sekarang Google dan mesin pencari lain, seperti Bing dan Yahoo betul-betul ketat dalam seleksi backlink.

Jadi tidak setiap backlink dapat memberikan efek positif bagi situs web anda.

Backlink yang diperoleh secara sembarangan, misalnya dengan software otomatis atau jasa backlink tidak akan memberikan dampak positif, justru dalam waktu yang panjang dapat berbahaya bagi situs anda.

Sebelum kita mengenali ciri-ciri backlink berkualitas, ada baiknya kita ketahui apa manfaat backlink bagi situs/blog

Manfaat-Manfaat Backlink bagi Situs/Website/Blog

Backlink memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan blog. Terutama backlink-backlink dengan kriteria yang telah disebutkan di atas. Sebagian dari manfaat backlink antara lain :

1. Menaikkan Posisi Halaman di SERP

Meskipun saat ini ada sebagian blogger yang menganggap backlink sudah tidak siginifikan lagi, tetapi menurut saya, backlink tetap merupakan salah satu faktor penting dalam memperebutkan posisi di halaman satu hasil pencarian. Kian banyak backlink yang diperoleh, peluang mendapat posisi yang baik kian terbuka lebar.

Dengan catatan bahwa artikel Anda cukup berkualitas dan memenuhi standar SEO.

2. Terindeks Lebih Cepat

Apabila konten terkini Anda memperoleh backlink dari web lain, maka bot Google akan segera mengindeksnya dalam hitungan jam sehingga Anda akan segera mengetahui posisi artikel Anda di SERP.

Bagi blog baru, backlink dapat membantu robot Google merayapi (crawl) bagian-bagian blog Anda dengan tepat sasaran. Oleh sebab itu, apabila blog Anda masih baru, langkah pertama yang wajib diusahakan yaitu memperoleh backlink sebanyak mungkin dari blo lain supaya konten-konten Anda terindeks dengan cepat dan sempurna.

3. Referal Traffic

Mendapatkan backlink dari web tertentu, khususnya website populer yang telah mempunyai banyak pengunjung loyal akan membikin blog Anda turut menerima trafik sebab ada potensi sebagian pengunjung akan mengklik backlink yang ada dan kemudian akan dibawa ke blog Anda.

Itulah kenapa backlink dari website-website populer sanggup meningkatkan trafik secara signifikan.

4. Meningkatkan Brand Situs

Kalau nama web Anda terus disebut di website lain atau konten-konten Anda disarankan oleh blogger lain, maka brand blog Anda akan ikut naik popularitasnya.

Orang-Orang akan mengunjungi website Anda, lalu mungkin melakukan klik iklan, membeli produk atau memakai jasa Anda, atau bisa sebagai subscriber dan follower, atau mungkin melakukan interaksi dengan Anda lewat kotak komentar.

Backlink berpotensi melakukan hal luar biasa. Itulah kenapa brand-brand besar berani membayar dengan harga mahal supaya situsnya direview dan menerima backlink.

Backlink berkwalitas betul-betul dibutuhkan untuk optimasi SEO off-page, yakni optimasi untuk menaikkan SERP (search engine results page) yang dilakukan dari luar web yang bersangkutan.

Jenis-jenis backlink massal dengan memakai software otomatis sekarang sudah mulai dijauhi, sebab meski bisa menaikkan rangking secara cepat di halaman pencarian pada website yang dibacklink, tapi metode ini amat beresiko terdeteksi algoritma Google yang dapat berdampak negatif, yakni penurunan rangking di search engine hingga dengan penalty dan deindex (apabila terindikasi melakukan spamming massal yang dilarang Google).

Untuk mengatasi spam backlink ini, Google meluncurkan algoritma mereka yaitu Google Penguin. Sejak diluncurkan, algoritma ini telah memakan banyak korban terutama khususnya mereka yang membangun situsnya dengan berbagai macam backlink massal spamming dan low quality.

Guna menghindari ancaman Google Penguin, banyak blogger yang beralih dari metode backlink massal dengan low quality link ke backlink manual dengan high quality links (backlink berkwalitas).

Yang menjadi problem, masih banyak yang tidak tahu bagaimana sesungguhnya kriteria backlink yang dianggap berkualitas menurut Google dan dimana bisa mencari sumber backlink yang gratis.

Khususnya bagi mereka yang baru terjun ke dunia blogging dan internet marketing dan masih belum mengerti sepenuhnya tentang SEO.

Maka dari itu, saya coba tulis mengenai 10 Kriteria Backlink Berkualitas yang bisa Anda jadikan panduan dalam optimasi off-page berikut dengan penjabarannya dibawah ini.
10 Kriteria Backlink Berkualitas untuk Optimasi SEO Off-Page

10 Jenis Backlink Berkualitas untuk optimasi SEO Off page

1. Relevansi

Alasan backlink yang berasal dari topik / niche yang relevan dikatakan berkualitas sebab tautan jenis ini tampak lebih natural bagi mesin pencari. Dari segi user experience (UX), tautan di website yang relevan juga bisa memberi kenyamanan pada visitor, justru hal ini berpeluang untuk memperoleh klik yang tentu saja menjadi trafik.

Contohnya sebuah blog bertopik kiat blogging memberi link terhadap blog lain dengan topik sejenis. Ini termasuk backlink berkualitas karena kelihatan lebih natural di mata mesin pencari seperti Google dibanding dengan backlink yang berasal dari blog bertopik teknologi.

2. Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Tinggi

Google menghadiahi website yang authority dan trusted nya tinggi dengan Pagerank, kian tinggi pagerank maka kian pulatinggi authority nya.

Page rank masih dipakai Google sebagai salah satu penentu peringkat halaman. Cuma, karena terlalu banyak spammer yang menyalahgunakan page rank untuk  membuat tindakan spam, maka sejak 2012 Google tidak pernah update lagi dan merahasiakan skor page rank dari publik.

Sejak saat itu webmaster memakai skor DA dan PA yang dikembangkan oleh moz untuk menentukan popularitas suatu website. Kian tinggi PA dan DA nya, maka kian baik web tersebut di mata Google.

Logikanya, backlink yang diperoleh dari halaman-halaman yang mempunyai PA dan DA tinggi merupakan jaminan mutu. Lebih bagus memperoleh 1 backlink dari web ber-DA 80 dan ber-PA 60 ketimbang 10 backlink dari web ber-DA 30 dan ber-PA 20.

3. Dari Situs Terpercaya

Jika suatu web authority nya tinggi, biasanya umur domain dari web tersebut juga sudah lama. Jarang ada suatu web yang bisa mendapatkan PR4 atau PR5 dalam hitungan bulan (terkecuali untuk web yang domainnya berasal dari domain drop, redirect atau fake).

Kelebihan lain dari website berumur biasanya indexnya lebih cepat. Walaupun website berumur belum tentu authority nya besar, mendapatkan backlink dari domain dengan jenis ini saya rasa lebih aman dari pada mendapatkan backlink dari website-website yang baru seumur jagung dengan index yang belum stabil.

Oleh karena itu, Semestinya sebuah backlink yang bagus berasal dari sumber-sumber terpercaya.

Misalnya, jika di indonesia seperti website kompas, wikipedia, atau situs-situs berita lain yang telah memiliki brand besar.

Dengan kata lain, backlink dari web-web spam atau website yang mempunyai konten kurus tidak banyak menolong Anda dalam upaya meningkatkan rangking suatu halaman.

Lebih gampangnya, kalau mau mencari backlink, usahakan untuk mencari dari web-web yang telah populer, bukan dari website yang baru dibuat.

4. Trafik Tinggi

Saat ini bagi masih banyak blogger yang cuma mengetahui bahwa backlink cuma berfungsi untuk menaikkan peringkat di halaman hasil pencarian. Sedangkan sebenarnya ada fungsi lain dari backlink, yakni mendatangkan trafik secara langsung dari sumber backlink.

Tautan yang berada di website dengan trafik tinggi lebih berpeluang mendapatkan klik (kunjungan) dari visitor di website tersebut.

Meskipun hal tersebut tidak 100% benar, tapi cukup berpeluang jika kriteria yang lain terpenuhi.

5. Contextual Link

Maksudnya yaitu link yang berada di dalam konten atau postingan. Backlink dari komentar atau yang di pasang di footer dan sidebar kurang bermanfaat saat ini dibanding didalam konten.

Alasan backlink tipe ini berkwalitas tinggi sebab tautan yang berada di dalam konten umumnya relevan dengan isi konten (topik yang ditulis). Dan seperti yang telah saya terangkan di kriteria pertama, tautan dari topik yang relevan amat disukai search engine.

Menurut saya akan ada efek lanjutan yang akan muncul kalau Anda memperoleh backlink dari web yang bertrafik tinggi, yakni mendapat backlink secara sukarela dari pembaca yang datang.

Hal ini yang menyebabkan sebelum Anda membangun backlink, sebaiknya Anda membuat artikel berkualitas supaya pembaca yang datang dari mana saja juga ikut merekomendasikan konten Anda, termasuk orang-orang yang datang dari backlink di situs lain.

Sehingga peluang Anda masuk di halaman pertama mesin pencari kian besar sebab jumlah backlink juga kian banyak.

6. Anchor Text 

Unsur lain yang sangat berdampak ialah kata-kata yang dipakai didalam tautan alias anchor text. Contohnya Anda memilik halaman berjudul “Panduan Belajar Blog”, maka anchor text yang tepat yaitu “Panduan Blog”, “Belajar Blog”, “Cara Belajar Blog” dan sebagiannya. Bukan “Klik di Sini” atau “Baca di Sini”.

Yang mesti Anda diperhatikan adalah jangan sering memakai anchor text yang sama persis dengan judul mengingat kini Google menganggapnya sebagai tindakan spam sebab tautan semacam itu dianggap tidak natural dan dianggap suatu tindakan untuk memanipulasi rangking.

7. Jumlah Backlink dalam Satu Halaman

Tiap halaman mempunyai skor tersendiri dalam angka yang diketahui oleh Google. Skor tersebut akan dibagikan melewati link juice secara merata.

Gambaran singkatnya seperti ini :
Ada halaman yang mempunyai skor 100. Kemudian di dalam halaman itu terdapat 10 link tautan keluar. Maka masing-masing backlink akan bernilai 10, hasil dari 100 dibagi 10 backlink. Bila cuma ada 2 tautan saja, maka skor masing-masing backlink akan kian besar, yakni 50.
Oleh sebab itu, kalau Anda memperoleh backlink dari halaman yang mempunyai sedikit outbound link, itu termasuk ciri backlink berkualitas.

8. Bersifat Do Follow

Berdasarkan teori, Dofollow merupakan tautan yang dihitung google sebagai sebuah ‘vote’ untuk situs Anda, sedangkan nofollow tidak.

Jadi, apabila Anda memperoleh banyak backlink berkualitas dengan kriteria-kriteria diatas namun tautan nya bukan dofollow, maka itu merupakan sebuah kerugian dan hampir tidak ada gunanya dalam optimasi off-page.

Do follow sendiri merupakan bagi bot Google untuk mengikuti tautan yang ada.

Link nofollow ada yang mengatakan tetap dihitung sebagai sebuah backlink tetapi porsentasenya sangat kecil jika dibandingkan dengan link dofollow
Catatan : secara default semua tautan bersifat do follow. Klik kanan pada halaman dan cari tautan yang mengarah ke situs Anda. Apabila Anda menemukan attribut seperti ini : rel=”no follow”, berarti backlink yang Anda peroleh tidak dihitung dalam progres penentuan rangking halaman.

9. Beda alamat IP 

Memperoleh backlink dari situs dengan hosting yang berbeda-beda dan IP yang berbeda-beda juga turut memberi pengaruh pada peringkat situs kita di search engine Google.

Logikanya, bila backlink yang diperoleh dari IP yang berbeda-beda, kemungkinan besar backlink yang diperoleh tersebut bukanlah manipulasi seperti halnya bila kita membuat backlink dari situs-situs kita sendiri (dengan IP dan hosting yang sama).

Jadi, itulah yang besar kemungkinan ada dalam pikiran algoritma Google Penguin. Meski dalam prakteknya, backlink beda IP juga bisa dimanipulasi, misalnya dengan PBN.

Memperoleh backlink dari puluhan situs dengan IP yang berbeda-beda jauh lebih bagus dibanding ratusan backlink namun dari 1 situs yang sama.

Idealnya tiap tautan yang Anda peroleh wajib tampak sealami mungkin : Dengan variasi anchor text masing-masing link.

10. Bukan Reciprocal Backlink

Dahulu bertukar link tautan (link exchange) sesama blogger merupakan aktivitas paling gampang untuk meningkatkan page rank suatu blog. Sistem kerjanya gampang : Anda memberi backlink dan saya juga memberi backlink. Namun sekarang reciprocal link semacam ini sebaiknya jangan dilakukan sebab berpotensi mendapat penalti dari Google.

Backlink yang berkwalitas yaitu backlink satu arah (one way links), dimana satu situs mendapat backlink tanpa wajib memberi timbal balik berupa backlink juga (two way links).

Dengan memperhatikan 10 kriteria diatas dalam mencari backlink, situs Anda akan jauh lebih gampang bersaing di SERP dibanding kalau Anda asal mendapat backlink tanpa mengamati kualitasnya.

Anda bisa menambah atau mengurangi 10 kriteria diatas yang cocok dengan kebutuhan SEO off-page Anda, kalau perlu Anda bisa improvisasi sendiri sehingga bisa lebih maksimal.

Setelah anda membaca panduan ini, bukan berarti Anda wajib memenuhi seluruh kriteria backlink dibawah ini, sebab itu sesuatu yang kurang realistis dan  terbilang susah. Bila telah memenuhi 3 atau 4 ciri backlink berkwalitas saja, itu sudah termasuk cukup bagus.

Jangan lupakan juga optimasi off-page lain seperti mempromosikan konten blog agar mendapat social signal (link tautan dari social media). Walaupun tautan yang diperoleh dari social media rata-rata merupakan nofollow, namun backlink  ini juga cukup berguna sebab bisa mendatangkan trafik dan dapat memunculkan efek viral.

Apabila artikel tentang ciri-ciri backlink berkualitas ini ada yang kurang tepat jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar, dari komentar-komentar Andalah saya banyak belajar kekurangan-kekurangan yang ada didalam artikel yang saya tulis.

Sumber referensi :
https://www.shoutmeloud.com/backlink.html
http://www.rohadiright.com/backlink-berkualitas

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya