PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

27 January 2018

8 Tips Rahasia Sukses Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula

Bisnis properti termasuk salah satu jenis investasi yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 99%. Namun masih banyak yang ragu dan takut untuk terjun ke bisnis properti ini. Salah satu alasannya karena dianggap bisnis properti memerlukan modal yang besar. Benarkah demikian ?

Memang kalau dilihat dari segi perputaran uang yang ada di dalam bisnis ini memang sangat besar minimal berkisar puluhan juta. Tapi sebenarnya untuk memulai bisnis properti ini bisa dilakukan nyaris tanpa modal. Anda tidak percaya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Untuk memulai bisnis properti tidak harus dengan modal besar, bahkan bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal. Modal utama Anda untuk memulai bisnis properti adalah pandai berkomunikasi dan pandai melihat peluang.

Sebagai orang yang normal alias memiliki tubuh yang sempurna sebenarnya Anda sudah dibekali Tuhan dengan kemampuan berbicara. Maka Anda tinggal menggali dan mengembangkan modal yang diberikan Tuhan tersebut.

Tetapi kebanyakan orang merasa belum memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dengan orang lain, padahal dengan konsisten belajar dan praktek setiap saat kemampuan berkomunikasi ini bisa terasah seiring berjalannya waktu.
8 Tips Rahasia Sukses Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Untuk Pemula

8 Langkah Mulai Bisnis Properti dari Nol Tanpa Modal

Kalau Anda seorang pemula yang ingin terjun mulai menjalankan bisnis properti Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar terlebih dahulu untuk mengurangi resiko kerugian yang ada.

Di bawah ini saya sajikan rangkuman 9 cara memulai bisnis properti dari nol tanpa modal yang mungkin dapat Anda coba.

#1. Dimulai dari Nol

Ketika Anda mulai dari nol, Anda sebenarnya memiliki keahlian yang lebih banyak dibanding pebisnis lain yang hanya meneruskan sebuah bisnis mulai dari level tengah.

Mulai dari tahap paling bawah Anda akan belajar bagaimana cara membangun sebuah bisnis dan cara mengatasi setiap kegagalan. Setelah kesuksesan Anda raih nantinya timbul rasa kepuasan dan kebanggaan tersendiri.

Jadi Anda harus membuktikan pada mereka yang mengatakan bahwa bisnis tanpa modal adalah isapan jempol belaka tidak selamanya seperti itu. Andalah buktinya

#2. Rajin Melihat Iklan dari berbagai Media

Seperti saya utarakan diatas, modal utama untuk terjun ke bisnis properti adalah pandai melihat dan menganalisa peluang. Salah satunya adalah melihat iklan.

Era digital seperti saat ini sangat mudah sekali kita jumpai iklan-iklan di berbagai media, baik media cetak, maupun internet termasuk sosial media. Anda juga bisa dapang ke pameran properti di kota Anda untuk mencari peluang bisnis disana. Bahkan terkadang di jalan-jalan raya juga terdapat iklan-iklan penjualan properti

Anda bisa ikut memasarkan properti yang sedang dijual tersebut kepada kerabat atau orang yang membutuhkan. Saat mematok harga, patok harga yang sedikit lebih tinggi agar jika terjual, Anda memperoleh keuntungan.

#3. Mulai dari Lingkungan Anda Sendiri

Amati lingkungan sekitar anda, cari informasi orang-orang sekitar anda yang ingin menjual atau membeli rumah. Sering-seringlah ikut bergaul dengan kelompok organisasi/perkumpulan baik formal maupun non formal di lingkungan Anda, siapa tahu dari situ Anda mendapat informasi mengenai properti yang akan dijual.

Tanyakan secara mendetail properti seperti apa yang dicari, lokasinya di mana dan budget anggaran yang diminta.

Saat Anda baru memulai bisnis ini, Anda bisa belajar bagaimana seluk beluk menjalankan usaha ini. Anda tidak perlu takut karena tidak ada perjanjian yang mewajibkan Anda untuk mencarikan properti sampai dapat. Jadi bisnis ini sifatnya nothing to lose bagi Anda.

Tapi jangan kemudian Anda seenaknya saja. Ingat ini peluang bagi Anda yang mungkin tidak akan datang lagi setiap saat. Jadi apabila ada kesempatan, manfaatkan sebaik-baiknya momentum tersebut.

#5. Tawarkan Kerjasama

Saat Anda telah menemukan properti yang akan dijual, mulailah untuk menawarkan kerjasama. Sebaiknya kerjasama ditulis di atas kertas agar lebih jelas dan tidak merugikan pihak mana pun.

Tanyakan pula detail properti, seperti luas, tipe, harga, kondisi sekitar, serta cara pembayaran yang dikehendaki berikut komisi yang akan Anda dapatkan kalau berhasil menjual rumah tersebut.

Setelah kerjasama disepakati, tugas Anda selanjutnya adalah mencari pembeli yang tepat. Di sinilah strategi marketing Anda diperlukan. Anda bisa mempromosikan properti yang akan dijual melalui berbagai media. Baik langsung person by person, media cetak atau lewat internet seperti halnya sosial media facebook.

Perlu diperhatikan, Anda harus jujur dalam mempromosikan properti jangan sampai melebih-lebihkan kondisi riil mengenai keadaan properti tersebut. Jika terbukti berbohong, kemungkinan besar mereka tidak mau menggunakan jasa Anda lagi.

Jangan menaikkan harga terlalu tinggi dari yang diminta penjual karena calon pembeli akan langsung mengundurkan diri. Para penjual biasanya sudah memberikan ketentuan komisi yang akan Anda dapat kalau berhasil menjual rumah mereka.

Oleh karena itu, perjanjian kerjasama yang tertulis haruslah mencantumkan persentase komisi yang diberikan tanpa harus menaikkan harga rumah yang sudah tinggi.

#6. Membuat Website untuk Promosi

Saat ini, teknik promosi dengan zero marketing alias tanpa biaya adalah dengan menggunakan media online. Anda bisa membagikan informasi melalui sosial media seperti Facebook atau Twitter. Cara lainnya adalah membuat website gratis di blogger.com atau wordpress.com.

Website ini menjadi media yang mempertemukan pembeli dan penjual. Namun, jangan memberikan informasi kontak pembeli atau pun penjual di dalam website Anda. Jadi, semua kontak harus melalui Anda.

Pemasaran lewat online akan memperluas jangkauan promosi Anda sehingga pembeli dari berbagai tempat di luar lingkungan tempat tinggal dapat melihat properti yang Anda tawarkan. Pastikan anda memasang foto kondisi riil rumah dan beri deskripsi secara lengkap.

#7. Buat Brand Usaha

Setelah bisnis properti Anda mulai lancar, Anda dapat membuat brand usaha sendiri agar lebih professional. Carilah nama brand yang mudah diingat dan sebisa mungkin masih ada keterkaitan dengan bisnis properti.

Pastikan juga Anda sudah mendaftarkan nama tersebut secara hukum agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Para calon customer akan lebih percaya dengan sebuah jasa/produk yang telah memiliki brand dan terbukti bermanfaat bagi mereka.

Pada tahap ini, Anda sudah mulai mengeluarkan biaya untuk mendaftarkan merek usaha Anda. Tapi, sekali lagi saya tekankan, tahap ini sebaiknya Anda lakukan setelah bisnis Anda mulai menghasilkan keuntungan. Jadi Anda bisa menyisihkan hasil keuntungan dari bisnis yang telah Anda rintis tersebut untuk keperluan pendaftaran merek ini.

#8. Sisihkan Keuntungan dari Komisi 

Seperti yang saya singgung pada poin ke 7 di atas, setiap Anda memperoleh keuntungan dari komisi, pastikan Anda menyisihkan sebagian pendapatan tersebut untuk ditabungkan dan memperbesar usaha Anda nantinya.

Anda juga sebaiknya menyisihkan sebagian uang untuk bersedekah. Dengan berbagi rezeki, yakinlah rezeki Anda pun akan dimudahkan oleh Tuhan.

Ketika bisnis sudah semakin besar, Anda tidak mungkin mencari calon pembeli dan penjual sendirian. Anda membutuhkan orang lain atau partner untuk diajak bekerjasama membesarkan usaha.

Apabila modal dan keuntungan bisnis Anda sudah terkumpul, tidak ada salahnya mencari karyawan yang dapat mengurus segala keperluan administrasi serta memasarkan properti yang masuk ke listing Anda.

Mari Raih Kesuksesan dengan Bisnis Properti

Demikian beberapa poin penting bagaimana cara memulai bisnis properti dari nol tanpa modal. Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan tanpa menggunakan biaya besar bahkan nyaris tanpa biaya.

Perlu diingat, sukses yang diawali dengan kegagalan akan membentuk karakter Anda sebagai seorang pelaku bisnis agar tidak mudah menyerah. Sedang sukses yang didapat secara instan biasanya tidak akan bertahan lama.

Semoga tips-tips diatas bermanfaat bagi Anda yang berencana terjun di bisnis properti.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya