PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

23 January 2018

8 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Tips Memilih Hosting Terbaik - Semua pebisnis online terutama para blogger pasti tahu, kalau untuk merancang dan membuat website memerlukan 2 elemen ini, yaitu domain dan hosting.  Kedua elemen ini sangat berpengaruh pada performa website yang kita kelola. Kesalahan dalam memilih domain dan hosting bisa berakibat buruk pada website itu sendiri.

Kalau pada artikel sebelumnya saya telah membahas bagaimana strategi dalam memilih nama domain yang tepat, maka pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas tips-tips memilih web hosting terbaik untuk website.

Kalau anda benar-benar serius ingin terjun ke bisnis online, anda harus sudah siap 100% memberikan tenaga, pikiran, dan waktunya untuk bisnis online yang anda jalani.

Jadi saya rasa tidak ada alasan apapun untuk anda meninggalkan salah satu kebutuhan terpenting dalam bisnis online yang harus kita penuhi, yaitu HOSTING

Sebelum saya mulai membahas mengenai kiat bagaimana memilih hosting, saya akan memberikan sedikit gambaran point apa saja yang sebaiknya anda miliki untuk bisa  menjalankan bisnis online.

1. Rekening Bank (terutama BNI, BRI, MANDIRI, BCA)
Ini wajib anda miliki jika anda serius untuk menjadi pebisnis online. Kenapa?

Anda adalah seorang pebisnis online yang berbisnis melalui internet, tidak bertemu dengan orang secara langsung. Jika anda mulai bertransaksi dengan banyak orang, maka anda juga harus menyiapkan rekening bank yang anda gunakan untuk transaksi.

Dengan adanya rekening bank nantinya akan mempermudah alur transaksi anda. Maka anda harus menyiapkan ini sedini mungkin sebelum anda terjun ke bisnis online. Ini simpel tapi sangat menentukan.

2. Paypal Account
Bisnis online adalah bisnis yang menjangkau seluruh dunia. Anda bisa melakukan transaksi dengan siapa saja di dunia. Untuk mempermudah transaksi anda dengan orang luar negeri mau tidak mau anda harus menggunakan alat transaksi, dan yang paling direkomendasikan saat ini tentu saja adalah Paypal.

Anda cukup membuat akun paypal di paypal.com secara gratis. Anda tidak perlu khawatir tentang tingkat keamanan Paypal ini karena telah digunakan jutaan pebisnis online di seluruh dunia.

Anda juga bisa membuat paypal tanpa harus mempunyai credit card. Anda bisa memakai VCC untuk verifikasi paypal anda. Biasanya VCC ini harganya bervariatif, ada yang 100 ribu per tahun, ada yang 200 ribu per tahun, anda bisa mencari dan menggunakan jasa penyedia VCC yang banyak terdapat di internet.

3. Website (domain dan hosting)
Kalau diibaratkan, domain adalah perabotan rumah anda. Sedangkan hosting adalah rumah anda. Jadi, andaikata anda punya tempat tidur tetapi tidak punya rumah, sama saja bohong.

Domain dan hosting ini adalah element yg tidak mungkin di pisahkan, keduanya harus ada untuk anda.

Kenapa harus memiliki website?

Karena dengan website anda bisa melakukan apapun yang anda mau, sama seperti anda memiliki rumah sendiri, mau anda model apapun, itu terserah anda. Beda lagi ceritanya kalau anda mengontrak atau sewa rumah.

4. Autoresponder
Point terakhir yang wajib anda miliki dalam bisnis online adalah autoresponder. Kenapa ini menjadi senjata terakhir? karena menurut saya, autoresponder ini bisa anda miliki setelah 3 point sebelumnya diatas tadi sudah anda selesaikan.

Artinya, pasti anda akan membutuhkan ini, namun tidak harus sekarang juga. Untuk mengenal lebih jauh tentang autoresponder? Akan saya jelaskan di artikel selanjutnya
8 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Tips Memilih Hosting Bagi Pebisnis Online

Oke, saya anggap saat ini anda sudah memiliki point pertama dan kesampingkan dulu point kedua, sekarang saya akan membahas seputar hosting. Untuk anda yang ingin mengetahui tentang domain silahkan anda baca artikel saya mengenai strategi memilih nama domain di blog ini.

Apa itu hosting?

Pada artikel saya sebelumnya mengenai hosting gratis terbaik, saya sudah menyinggung tentang hosting atau biasanya juga di sebut server oleh para pemain bisnis online.

Pada dasarnya, hosting adalah sebuah rumah untuk kita dalam menjalankan bisnis di dunia online.
Tentu, hosting adalah hal yang sangat penting untuk bisnis online anda. Saya tidak peduli apapun bisnis online anda, karena anda pasti membutuhkan ini.

Dan karena hosting itu penting, memilih dan membeli hosting tidak bisa asal asalan. Kita bisa menemukan banyak sekali layanan hosting yang terlihat meggiurkan namun service atau pelayanannya ternyata jelek dan lamban.

Di postingan kali ini, saya ingin berbagi sedikit tips bagaimana memilih penyedia web hosting terbaik untuk bisnis online anda

#1 - Jangan langsung percaya jika ada layanan hosting yang memberikan kata UNLIMITED

Meskipun biasanya banyak penyedia hosting terutama yang gratisan sering menggunakan fitur Unlimited untuk mempromosikan layanannya tetapi anda wajib berhati-hati.

Teliti dan simak fitur-fitur lainnya. Terkadang meskipun berlabel unlimited tetapi terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi anda harus benar-benar bijak dalam memilih layanan hosting

#2 - Layanan hosting yang bagus adalah layanan yang bayar tiap bulan atau tahun

Apakah anda pernah menemui layanan hosting yang membayar cuma sekali saja? Dengan embel embel kata LIFETIME? Anda wajib berhati-hati.

Menurut saya sampai saat ini, tidak ada layanan hosting memberikan layanan lifetime hosting yang terbilang bagus bahkan cenderung bisa dikatakan hosting abal-abal.

Oh ya, jika anda pemula dan belum memiliki budget, anda bisa mencoba 3 hosting gratis yang pernah saya gunakan dan cukup lumayan performanya.

Kalaupun anda masih ragu dengan hosting gratisan, anda bisa mendompleng hosting gratis milik Google dengan subdomain atau melakukan custom domain dengan domain TLD.

#3 - Beli hosting sesuai kebutuhan

Mungkin selama ini yang terbayang di benak adan jika membeli hosting itu pasti mahal, tapi kenyataannya itu belum tentu. Saat ini banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan berbagai paket hosting untuk pelanggannya.

Jadi maksud saya begini, ketika anda membeli hosting, pastikan anda membeli sesuai kebutuhan bisnis online anda.

Misalnya, anda punya 10 toko online yang setiap toko online punya visitor per harinya 1000 visitor. Apakah anda yakin mau memakai hosting yang menyediakan paket hemat yang bayarnya sebulan 100 ribu?

Tapi, kalau anda pemula yang baru belajar membuat website juga tidak perlu membeli paket hosting yang premium karena nantinya akan mubazir.

Jadi sesuaikan kebutuhan dan budget anda dalam memilih hosting.

#4 - Beli Hosting di layanan yang menyediakan support LIVE CHAT SYSTEM

Baiklah, live chat memang kenyataannya tidak asli dia LIVE (dia dalam hal ini tim support mereka). Tapi, setidaknya ini menjadi sebuah garansi bahwa kita akan dibantu oleh mereka. So, pastikan tempat anda membeli hosting, ada live chat supportnya.

#5 - Jangan Takut Kehabisan Uang Karena Biaya Hosting

Kebanyakan orang takut membeli hosting karena dianggap memiliki cost yang mahal. Tapi, kita kembali lagi pada tips ketiga tadi, sesuaikan kebutuhan.

Banyak yang berhenti mengelola website, salah satunya karena tidak bisa menambal biaya hosting yang harus dikeluarkan.

Jika anda setiap bulan menghabiskan biaya 1 juta untuk membayar hosting anda, saya yakin, setidaknya 1 bulan anda bisa menghasilkan 10 juta. Gak percaya? Coba anda praktekkan.

Asalkan, di barengi dengan action, niat, dan tentunya DOA

#6 - Manfaatkan dengan baik dan benar hosting anda

Hosting itu adalah kebutuhan anda kan? Berarti anda harus benar benar bisa memanfaatkan hosting ini agar menghasilkan untuk kehidupan anda.

Jangan mentang mentang beli hosting mahal, dan kuota besar lalu anda memiliki mind set pasti menghasilkan pundi-pundi dollar.

Apa bisa menghasilkan kalau anda diam saja?

Kelola website anda sebaik mungkin sesuai jalur bisnis online yang anda jalankan.

#7 - Hosting lokal dan luar sama saja

Layanan hosting itu sangat banyak. Baik penyedia layanan hosting dari lokal atau luar negeri. Dan anda tidak perlu memiliki mind set bahwa lokal itu jelek, luar itu bagus. BELUM TENTU

Bagus tidaknya tergantung anda dalam memilih, sekaligus memanfaatkan hosting tersebut

7 Tips di atas tidak akan berguna jika anda tidak melakukan tips ke 8 dari saya

# 8 - Lakukan tanpa TAPI tanpa NANTI

Semua tips yang telah saya ungkapkan kepada anda terasa tidak lengkap jika saya tidak merekomendasikan tempat dimana anda bisa menemukan layanan hosting yang bagus

Berikut ini beberapa hosting yang saya rekomendasikan untuk anda.

LAYANAN HOSTING LOKAL (INDONESIA)



LAYANAN HOSTING LUAR



Sekian tips memilih hosting paling bagus dan terbaik yang dapat saya berikan untuk Anda semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Saya setuju gan, hosting luar dan dalam sama saja untuk saat ini, kalau dipikir pikir malah lebih mudah untuk menggunakan layanan lokal, tapi harus tetap memilih layanan yang terbaik, agar tidak nyesel dikemudian hari.

    ReplyDelete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya