PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

25 January 2018

Solusi Ditolak Google Adsense Karena Konten Tidak Memadai

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan bocoran kepada teman-teman blogger yang sampai saat ini belum berhasil diterima sebagai publisher Adsense. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi diterima sebagai publisher Adsense setelah beberapa kali mengalami penolakan.

Sebenarnya pembahasan tentang penolakan Adsense ini pernah saya singgung dalam artikel 12 hal penting yang harus diperhatikan agar blog mudah diterima Adsense. Disitu saya jelaskan beberapa poin penting yang harus ada dalam sebuah blog sebelum diajukan ke adsense agar tidak menerima email penolakan Adsense.

Dalam berbagai forum, group maupun komunitas yang saya ikuti banyak sekali blogger yang berulang kali ditolak Google Adsense dengan berbagai alasan. Umumnya ada 3 jenis alasan penolakan dari pihak Google Adsense.

  • Konten tidak memadai
  • Situs tidak sesuai kebijakan Google
  • Akun yang terkait dengan akun lain

Dari ketiga jenis alasan penolakan di atas yang sering dialami oleh teman-teman blogger adalah alasan yang pertama, yaitu karena konten tidak memadai

Seperti yang kita ketahui, Google selalu mengupdate algoritmanya dan itu menjadikan Google semakin canggih dan terkesan lebih ketat. Hal ini dilakukan untuk lebih selektif dalam memilih konten-konten yang ada di search engine.

Sehingga kalau saat ini anda masih sulit diterima google Adsense dengan alasan konten tidak memadai, maka bisa dipastikan konten yang anda buat bermasalah menurut Google. Jadi pastikan anda lihat, cek dan perbaiki kembali konten yang ada pada blog anda.
Solusi Ditolak Google Adsense Karena Konten Tidak Memadai

Masalah ditolak Adsense dengan alasan konten tidak memadai

Untuk memandu anda dalam memperbaiki dan mengetahui apa penyebab anda ditolak Google Adsense dengan alasan konten tidak memadai berikut beberapa penyebab konten yang anda buat dianggap tidak memadai oleh Google

#1. Isi artikel kurang padat.

Konten yang kurang padat sebenarnya tidak ada kaitannya dengan panjang pendeknya sebuah artikel. Meskipun jumlah kata dalam suatu artikel hanya berisi 300 kata tetapi isinya padat itu lebih baik dibandingkan dengan artikel yang berisi 2000 kata tetapi hanya berisi basa-basi saja.

Blog adalah produk google yang berbasis konten, maka sudah pasti mereka membutuhkan tulisan yang benar-benar berisi info bermanfaat dan berkualitas tinggi bagi penggunanya.

Saya sudah 5 kali mengajukan permohonan google adsense, dan permohonan itu selalu ditolak dengan alasan yang sama, yaitu konten tidak memadai.

Konten bisa dikatakan padat jika artikel anda memuat suatu bahasan yang tuntas dan tidak bertele-tele mulai dari paragraf pembuka hingga penutup.

Sehingga sebenarnya tidak masalah apakah artikel anda hanya berisi 300 kata atau 2000 kata, asalkan  artikel anda tersebut menyajikan bahasan yang tuntas dan to the point, maka konten anda adalah konten yang padat.

Oleh karena itu silahkan cek kembali artikel anda, apakah pembahasannya sudah tuntas atau belum. Apakah selama ini anda masih sering menggunakan kalimat-kalimat yang tidak perlu dalam konten anda.

Meskipun google lebih memprioritaskan konten yang isinya panjang dan berisi informasi bermanfaat tetapi kalau bahasan dalam artikel anda hanya memerlukan beberapa ratus kata saja kenapa harus dipanjang-panjangkan.

Intinya buatlah konten yang berisi informasi bermanfaat dan langsung ke pokok bahasan

# 2. Isi konten terlalu banyak gambar. 

Ini juga salah satu penyebab lain artikel dianggap tidak memadai, yaitu terlalu banyak gambar dan sedikit teks.

Menurut pendapat beberapa kawan blogger senior sebenarnya tidak masalah memasang beberapa gambar, misalnya 4 atau 5 gambar. Tetapi dengan syarat artikel anda harus cukup panjang minimal berisi 2.000 kata.

Yang terpenting seimbangkan rasio penggunaan gambar dengan panjang pendek artikel anda.
Memasang banyak gambar sebenarnya tidak masalah asal relevan dengan konten anda. Misalnya untuk blog tutorial yang memerlukan gambar sebagai pelengkap panduan maka memasang beberapa gambar malah lebih bagus.

Yang tidak disarankan oleh google adalah blog yang hanya berisi gambar atau berisi sedikit teks dan penggunaan gambar yang tidak relevan dengan isi konten.

Kalau artikel anda hanya berisi gambar atau terlalu banyak gambar dibanding teks anda sudah pasti blog anda oleh google ditandai sebagai : Konten tidak memadai

# 3. Artikel tidak relevan.

Anda mungkin pernah mendengar istilah click bait, yaitu penggunaan judul yang tidak nyambung dengan isinya. Biasanya metode ini sering dipakai dalam pembuatan konten-konten viral.

Kalau anda sering mengakses sosial media terutama facebook pasti sering menjumpai metode click bait ini. Anda mungkin salah satu orang yang kejebak dengan judul yang membuat anda penasaran tetapi setelah dibuka ternyata isinya tidak sesuai dengan judul yang terpampang.

Ya, tujuan dari metode click bait adalah untuk membuat para pembaca penasaran sehingga mengklik judul berita tersebut. Kebanyakan judul beritanya sengaja dilebih-lebihkan, bahkan cenderung lebay. Setelah kita klik ternyata isi berita tidak sesuai dengan judulnya.

Metode click bait ini merupakan salah satu bentuk konten yang tidak relevan menurut google.

Juga yang disebut artikel tidak relevan adalah, sebuah artikel yang melenceng terlalu jauh dari topik dan tema utama. Misalnya anda membuat artikel yang topik dan tema utamanya membahas tentang kesehatan, tetapi anda malah berputar-putar membahas tentang tahu dan tempe.

Artikel anda menjadi tidak relevan lagi jika isinya melebar ke mana-mana, seperti sampai membahas cara pembuatan tahu atau cara mengolah tempe.

Tetapi jika pembahasannya masih terhubung dengan topik anda, seperti cara pengolahan tahu yang sehat atau pengaruh konsumsi tempe bagi kesehatan, ini masih relevan. Begitu kira-kira maksud konten yang relevan yang diinginkan google.

Kenapa google sangat menitikberatkan agar konten itu relevan?

Karena google sebagai mesin pencari tidak ingin ditinggalkan penggunanya yang mencari sebuah konten melalui search engine-nya tetapi ternyata pengguna mendapati sebuah artikel yang judul dan isinya sama sekali tidak relevan.

Kalau ini dibiarkan, google pastinya khawatir kredibilitasnya sebagai search engine terbesar di dunia menurun dan penggunanya pindah ke mesin penelusur saingannya seperti Bing dan Yahoo.

Untuk alasan itulah google sangat menomor satukan user experience atau kepuasan penggunanya, salah satunya dengan menyajikan konten-konten yang relevan.

Jujur sebenarnya saya sendiri dalam dilema pada masalah satu ini, yaitu artikel yang tidak relevan. Karena saya sendiri juga memiliki beberapa artikel berkategori tidak relevan.

Jadi, kalau anda ingin diterima adsense hindari penggunaan metode click bait, karena hal itu hanya akan merusak kredibilitas anda dimata pengunjung blog anda sendiri dan tentunya di mata google.

Akibatnya, kalau anda tetap nekat mendaftarkan blog ke Adsense jawabannya tetap : Konten tidak memadai

# 4. Kerapian artikel blog

Kerapian artikel juga bisa menjadi salah satu faktor diterima tidaknya blog oleh google adsense. Saya menyakini dalam melakukan review, pihak google adsense sangat memperhatikan kerapihan sampai detail terkecil dari sebuah blog.

Sebuah blog mulai template sampai navigasinya harus benar-benar rapi, usahakan blog anda dalam bentuk yang sesederhana mungkin karena google menyukai kesederhanaan dan beri kemudahan pengguna untuk mengakses setiap konten di dalamnya.

Di samping itu perhatikan penggunaan bahasa dalam artikel yang anda buat.

Sebetulnya sah-sah saja anda mau menggunakan bahasa alay atau gaul pada blog anda, toh itu blog anda sendiri.

Tetapi ingat, blog anda bisa diakses semua orang di seluruh penjuru dunia. Semua orang tanpa batasan gender, usia semua bisa mengaksesnya. Kenapa penggunaan EYD ini penting ?

Karena saya yakin, yang mereview blog dari pihak google adsense adalah orang-orang yang berpendidikan. Kalau anda menggunakan bahasa yang keluar dari kaidah formal yang ada, bisa jadi anda dianggap belum memiliki kecakapan secara intelektual oleh pihak google.

Sebaiknya hindari penggunaan kata yang disingkat-singkat dan bahasa gaul yang kurang bisa dimengerti secara umum, seperti :

  • kata 'baik-baik' ditulis menjadi 'baik2',
  • kata 'yang' disingkat 'yg', 
  • menggunakan kata ‘boncos’ untuk sinonim kata rugi dan lain sebagainya

Perhatikan juga penggunaan tanda baca pada kalimat. Artikel juga harus ditulis secara runtut dan terstruktur. Jangan terbalik-balik antara pembuka, isi dan penutup. Itulah mengapa membuat kerangka tulisan sangat penting dalam penulisan konten. Untuk lebih jelasnya mengenai pembuatan kerangka tulisan anda bisa membaca cara membuat kerangka tulisan yang benar agar artikel SEO friendly.

Termasuk dalam kerapian artikel adalah kelayakan artikel yang sesuai standar mutu webmaster. Diantaranya penerapan tag heading H1, H2 dan H3 serta aturan paragraf yang jelas.

Fungsi tag heading dan sub heading (H2 dan H3) adalah untuk memperjelas keberadaan artikel atau menekankan poin-poin penting dalam artikel.

Penerapan tag heading dan sub heading merupakan salah satu syarat kelayakan standar mutu webmaster untuk sebuah artikel.

Pemisahan antar paragraf juga perlu diperhatikan. Sebenarnya dalam penulisan blog tidak ada aturan baku layaknya aturan menulis pada sebuah buku. Yang perlu diperhatikan pada pemisahan antar paragraf adalah kenyamanan pengguna ketika membaca konten anda.

Coba anda bayangkan apabila tulisan saya ini tidak ada paragrafnya atau paragrafnya panjang-panjang, pasti akan membuat mata anda cepat lelah dan kurang nyaman bukan ?

Apabila blog anda kelihatan rapi pada setiap detailnya, itu bisa menjadi indikator dan pertimbangan bagi pihak Google Adsense untuk menerima blog anda sebagai mitranya karena melihat keseriusan anda dan kecakapan anda dalam mengelola blog.

Lagipula, kalau blog anda rapi tidak hanya google yang akan menyukainya, tapi pengunjung juga akan merasa nyaman menjelajahi setiap isi blog anda.

# 5. Orisinalitas artikel

Hal ini sudah tidak bisa dibantah lagi. Google sangat membenci artikel hasil copas. Jangan sekali-kali melakukan copas dalam pembuatan konten.

Tindakan copas biasanya dilakukan oleh para blogger yang kehilangan ide menulis untuk blognya atau memang sengaja melakukan copas hanya semata-mata mengincar keyword berharga tinggi dari suatu niche meskipun sebenarnya dia tidak menguasai niche tersebut.

Kalau anda terpaksa melakukan copas jangan menyalin mentah-mentah artikel blog orang lain, tetapi gunakan teknik tulis ulang (rewrite) dengan mengambil pokok-pokok bahasan dan susunan kalimat anda sendiri.

Yang sering tidak disadari oleh kebanyakan blogger adalah ketika menyalin tulisan dari buku atau majalah, terutama terbitan beberapa tahun belakangan ini.

Kebanyakan buku atau majalah sekarang juga mengambil rujukan dari internet, jadi anda harus berhati-hati kalau ingin menyalin tulisan dari buku atau majalah.

Yang juga perlu diperhatikan adalah ketika menyalin tulisan atau artikel yang pernah anda buat di media sosial seperti facebook atau artikel yang pernah anda buat sebagai penulis tamu di blog orang lain.

Sebisa mungkin sebelum anda publish ulang cek terlebih dahulu dengan tools seperti smallseotools/plagiarisme-checker untuk mengetahui tulisan anda tersebut terdeteksi plagiat atau tidak.

Jangan sampai nanti menimbulkan duplikat konten pada blog anda.

Tindakan copas bisa berdampak pada sisi SEO dan keputusan saat pengajuan review Adsense.

Dari sisi SEO jelas tindakan copas akan berdampak pada adanya duplicate content yang berpotensi menurunkan peringkat blog di mata mesin pencari.

Ingat, dalam pengajuan adsense itu yang mereview adalah orang (tim pakar google) dan juga robot (google bot).

Robot google sudah sangat canggih untuk mendeteksi mana artikel yang orisinal mana yang hasil copas. Jadi, meskipun tulisan yang anda publish di blog sebenarnya juga tulisan anda sendiri di postingan sosial media atau artikel anda sebagai guest writer ada kemungkinan tetap dianggap sebagai duplikat konten, walaupun yang menulis adalah orang yang sama.

Sekian sedikit tips mengatasi penolakan google Adsense dengan alasan konten tidak memadai, semoga bisa membantu anda dalam pengajuan Google Adsense selanjutnya.

Selalu berusaha dan terus berupaya agar dapat belajar dari setiap kesalahan agar menjadi lebih baik.

2 comments:


  1. Terima kasih gan, keren ni blog nya gan, kunjungin juga ya gan punya saya di :
    - Forum
    - Movie
    - Cerita
    - Movie

    ReplyDelete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya