PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

02 January 2018

12+1 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger, Dari Hobi sampai Menghasilkan Uang

Keuntungan menjadi Seorang Blogger - Seiring  perjalanan waktu, profesi Blogger semakin diminati banyak orang. Entah karena tertarik dengan manfaat dan keuntungan yang akan didapat sebagai seorang blogger atau ada alasan lain, yang jelas saat ini jumlah blogger di Indonesia saja kian hari kian meningkat.

Lihat saja pada salah satu komunitas atau group yang berhubungan dengan blogging, pasti jumlah anggotanya semakin bertambah dari hari ke hari.

Saya yakin, hampir 80% alasan orang-orang yang ingin terjun ke dunia blog karena ingin mendapatkan penghasilan dari blognya entah karena tergiur dengan kesuksesan teman atau melihat kesuksesan para blogger lain di internet dan sosial media.

Padahal untuk menjadi seorang blogger yang sukses tidak semudah yang dibayangkan. Perlu kerja keras, ketekunan bahkan modal yang perlu dikeluarkan.

Membangun sebuah blog yang sukses tidak bisa dilakukan dalam semalam. Ada banyak tahapan yang mesti dilalui untuk menjadi seorang blogger sukses.

Misalnya mulai dari pemilihan niche blog, melakukan riset kata kunci, kemudian membuat blog baru baik di blogspot atau wordpress. Belum lagi harus melakukan optimasi SEO untuk mendapatkan pengunjung agar trafik blog meningkat dan baru blog bisa diandalkan untuk mendapatkan penghasilan.

Proses itu membutuhkan waktu yang tidak singkat, apalagi jika anda adalah seorang pemula yang belum paham sama sekali tentang dunia blogging.

Belum lagi, anggapan di masyarakat kita tentang profesi blogger yang masih belum familiar dan cenderung dianggap sebagai pekerjaan yang tidak menjanjikan bahkan dikatakan sebagai bukan sebuah pekerjaan.

Saat ini profesi seorang masih dianggap sebagai kegiatan yang sebatas untuk menyalurkan hobi untuk menulis. Masih banyak orang yang tidak yakin dan percaya kalau profesi menjadi blogger dapat membuat seseorang hidup berkecukupan bahkan kaya.

Memerlukan mental yang kuat untuk menjadi seorang blogger. Di tengah cibiran dan respon negatif dari banyak orang apalagi jika blog anda belum menghasilkan apa-apa tentu menjadi seorang blogger bukanlah perkara yang mudah. Anda harus kuat mental.

Jangan khawatir dan putus asa terlebih dahulu jika sampai saat ini anda belum menghasilkan apa-apa dari blog, bila perlu anda harus berkaca pada blogger-blogger sukses yang menjadikan blogger sebagai sebuah profesi.

Tidak usah jauh-jauh, di Indonesia cukup banyak yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan utama mereka. Misalnya saja mas Herman Yudiono sebagai pemilik Blogodolar.com dan mas Medhy Aginta Hidayat.
13 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger, Dari Hobi sampai Menghasilkan Uang

Kelebihan dan Keuntungan menjadi Seorang Blogger, Anda harus bangga

Nah, buat anda yang ingin mulai terjun ke dunia blogging atau anda yang mungkin lagi galau karena belum mendapatkan apa-apa dari aktivitas ngeblognya, sebenarnya ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa anda peroleh apabila menjadi seorang blogger.

1. Hobi dan bakat Anda lebih tersalurkan

Menjadi seorang blogger bisa menjadi media bagi anda untuk menyalurkan hobi dan bakat yang anda miliki. Misalnya anda punya hobi dan bakat memasak, anda bisa membuat blog yang berisi aktiftas memasak dan resep-resep ciptaan anda sendiri.

Jika konten-konten ditemukan oleh orang lain bukan tidak mungkin anda akan cukup dikenal di kalangan penghobi yang sama dengan anda.

Jadi, dengan menjadi seorang blogger, hobi atau bakat anda akan cepat terekspos dan diketahui orang lain

2. Bisa belajar menulis yang baik

Masalah terbesar bagi sebagian orang yang ingin terjun ke dunia blogging adalah mereka tidak bisa menulis. Biasanya teman-teman blogger, khususnya yang pemula banyak yang kesulitan untuk mendapatkan ide menulis, kemudian menuangkan ide tersebut ke dalam tulisan dan merangkainya menjadi sebuah artikel yang berkualitas.

Teman-teman saya ketika saya ajak untuk mencoba ngeblog rata-rata mereka tidak mau dengan alasan karena tidak punya bakat menulis.

Sebenarnya untuk menjadi seorang blogger anda tidaklah harus pandai menulis dan merangkai kata-kata. Cukup apa yang ada di pikiran anda tuangkan dalam bentuk tulisan meskipun tulisan itu jelek dan tidak berkualitas.

Dengan semakin banyaknya konten yang anda tulis dan seiring berjalannya waktu kualitas tulisan anda niscaya akan semakin baik. Menulis untuk blog berbeda dengan menulis novel atau buku, yang diperlukan untuk blog adalah tulisan yang jelas dipahami oleh pembacanya bukan rangkaian kata-kata bak pujangga.

Mungkin tulisan anda saat ini masih acak-acakan tetapi apabila terus terasah, maka kemampuan menulis anda akan semakin baik

3. Menjadi rajin membaca

Untuk mendapatkan ide apa yang akan ditulis di blog, mau tidak mau anda harus gemar membaca. Dengan membaca anda akan mendapatkan ide-ide baru untuk blog anda.

Dengan menjadi blogger sudah pasti anda adalah seorang yang rajin membaca karena hampir mustahil anda bisa membuat tulisan yang bagus bila anda jarang membaca.

4. Up-to-date

Dengan menjadi seorang blogger, maka anda adalah orang yang paling up to date dengan perkembangan berita, selain tentunya wartawan. Karena pasti anda akan mencari informasi berita terbaru untuk menjadi bahan postingan di blog anda.

Oleh karena itu jika anda menjadi seorang blogger, anda akan selalu up to date dengan perkembangan informasi seputar topik blog anda

5. Melek teknologi

Menjadi seorang blogger akan membuat anda melek teknologi dan tidak gaptek alias gagap teknologi.

Sebab anda akan terbiasa dengan berbagai macam istilah-istilah, seperti coding, pemrograman dan juga fasilitas di internet seperti  YouTube, Facebook, Twitter, Dropbox, SlideShare, maupun yang lainnya.

Kemampuan anda dalam menggunakan teknologi ini harus anda banggakan, karena tidak semua orang mampu melakukannya.

6. Mengetahui ilmu marketing

Anda sadari atau tidak, dengan menjadi seorang blogger anda sudah mempelajari dasar-dasar ilmu marketing.

Tidak percaya?

Anda pasti ingin membuat judul posting yang menarik minat pengunjung, meningkatkan trafik blog, promosi blog di dunia offline, hingga memanfaatkan social media, sampai memberi komentar yang bagus saat blogwalking.

Semua hal tersebut adalah dasar-dasar ilmu marketing yang sering dilontarkan para praktisi internet marketing.

Banyak orang yang tidak mengetahui ilmu seperti itu bahkan sama sekali belum familiar dengan yang namanya marketing. Jadi, anda boleh berbangga hati menjadi sedikit dari orang yang mengerti tentang ilmu marketing

7. Memiliki jaringan yang luas

Mungkin selama ini anda sudah memiliki banyak teman di kehidupan nyata. Dengan menjadi blogger anda akan meningkatkan jaringan pertemanan melalui berbagai komunitas dan forum-forum antar blogger tidak hanya di Indonesia tetapi bisa seluruh dunia

Satu lagi, di dunia blogger hampir tidak ada yang mau disebut senior, master atau guru oleh blogger lain. Semuanya setara dan menganggap dirinya adalah sama dengan blogger lain. Anda harus bangga punya komunitas seperti itu.

8. Berjiwa peneliti

Blogger tidak hanya dituntut punya kemampuan menulis yang baik, namun juga bisa menguasai kemampuan-kemampuan yang lain. Salah satunya adalah penelitian.

Kenapa bisa begitu? Karena sebelum membuat postingan blog, anda harus melakukan riset keyword.
Anda harus melakukan riset perkiraan kata kunci yang bakal dicari orang dengan menggunakan tool yang tersedia di internet baik yang berbayar atau gratis seperti Google Keyword Planner, keywordeverywhere dan ubbersuggest untuk riset kata kunci.

Selain itu, anda juga harus rutin mengecek, menganalisa dan mengukur kinerja blog anda melalui google analytics maupun webmaster tools untuk mengetahui sejauh performa blog anda agar bisa berkembang secara optimal

Jadi dengan menjadi seorang blogger, anda bisa dikatakan sejajar dengan ilmuwan atau profesor yang kerap melakukan penelitian dan dan riset.

9. Lebih disiplin

Seperti yang telah saya singgung diatas, menjadi seorang blogger memerlukan kerja keras, ketekunan dan kedisiplinan. Semua blogger sukses pasti sudah menerapkan sifat kedisiplinan ini dalam dirinya.

Update konten secara rutin merupakan salah satu cara untuk menjaga agar blog tetap ramai pengunjung. Di samping itu rajin melakukan blogwalking dan mempromosikan konten blog ke sosial media juga bisa meningkatkan trafik blog anda.

Kedisiplinan adalah kunci penting untuk menggapai kesuksesan. Tidak ada kisah orang sukses tanpa disiplin diri yang baik.

10. Dikenal banyak orang

Dengan menjadi blogger, terbuka kesempatan bagi anda untuk dikenal masyarakat luas bahkan tampil di media seperti koran, majalah, radio, hingga televisi

Kalaupun tidak tampil di media minimal tulisan-tulisan anda akan dibaca oleh orang lain. Anda akan dikenal dengan karya tulisan anda.

Apakah bisa dikenal orang lain bila tidak menjadi blogger? Bisa juga, kalau anda punya teknik sendiri untuk jadi orang terkenal.

11. Punya follower/pengikut

Bukan cuma selebriti yang bisa punya banyak followers. Blogger juga bisa

Sebagai blogger, anda juga bisa mempunyai followers yaitu para pelanggan RSS atau newsletter blog anda.

Terlepas apakah anda pengikut anda banyak atau sedikit, setidak-tidaknya anda sudah punya followers. Tidak banyak orang yang yang karyanya selalu ditunggu followers-nya.

Bayangkan jika anda punya ribuan followers yang selalu menunggu konten-konten terbaru anda.

12. Bisa kaya dengan blog

Bisakah hidup berkecukupan dari blog ? Sangat bisa.

Contohnya mungkin anda sendiri. Ya, anda mungkin salah satu orang yang tertarik membuat blog karena terinspirasi dari kisah-kisah sukses pebisnis online yang memulai dari blog.

Tidak salah, sudah banyak orang yang hidup berkecukupan dari blog, mungkin anda pernah dengan kisah Linda Ikeji atau mas Eka Lesmana yang sukses meraup dollar dari blognya.

Bonus : Lebih mudah mendapatkan pasangan

Eits, jangan salah, kalau anda sudah sukses dan kaya dari hasil ngeblog tidak mustahil anda akan dilirik lawan jenis anda.

Selain anda memang sudah layak secara finansial, blogger juga cenderung dipandang sebagai seseorang yang smart dan cerdas. Dan terutama cewek sangat menyukai tipe pria yang satu ini.

Itulah 12 plus bonus tambahan dari keuntungan menjadi seorang blogger. Sekarang tinggal keputusan anda untuk mulai menjadi seorang blogger dan bangga akan hal itu atau justru malu menjadi seorang blogger.

Tapi, sebelum anda benar-benar terjun di dunia blogging sebaiknya pertimbangkan alasan anda menjadi seorang blogger agar nantinya anda bangga bisa berkata dengan lantang: Aku adalah Seorang Blogger.

Demikian sedikit coretan saya mengenai manfaat dan keuntungan menjadi seorang blogger yang semoga bisa menjadi inspirasi buat teman-teman blogger yang lain.

Selamat berkarya dan sukses selalu

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya