PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

31 January 2018

Cara Melaporkan Blog Copas (Copy Paste) ke Google DMCA

Pada artikel ini saya akan memberikan panduan tentang cara melaporkan blog copas (copy paste) ke Google DMCA. Salah satu bentuk kecurangan yang sangat dibenci oleh Google adalah tindakan copas (copy paste) yang dilakukan oleh blogger tidak bertanggung jawab. Google sangat menjunjung orisinalitas konten dan hak cipta para blogger terkait masalah pencurian konten. Google sudah menyediakan layanan untuk melaporkan tindakan pencurian dan duplikasi konten melalui Google DMCA.

Layanan ini bisa digunakan oleh para pemilik konten yang merasa artikelnya dipublikasikan orang lain tanpa meminta izin kepadanya dengan cara membuat laporan dan mengajukannya ke Google DMCA.

Sebenarnya ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tindakan copy paste dari para oknum blogger amatiran, diantaranya dengan memasang kodescript tertentu di blog Anda.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini silahkan Anda baca cara agar blog tidak bisa dicopy paste pada bagian tertentu

Panduan tentang cara melaporkan blog copas ke Google DMCA ini saya buat sebenarnya berawal dari ketidak sengajaan saya menemukan sebuah gambar di google search yang sangat mirip dengan salah satu gambar di blog saya.

Setelah saya klik gambar tersebut ternyata menuju ke sebuah blog yang bukan milik saya tetapi artikel di dalamnya hampir 100% persis konten-konten yang ada di blog panduaneka ini.

Sebetulnya saya akan hubungi pemilik blog tersebut untuk menanyakan keaslian artikelnya dan kenapa artikelnya persis seperti milik saya tetapi ternyata menyediakan halaman kontak di dalam blog tersebut, terpaksa langsung saya ajukan laporan dan klaim ke google DMCA.

Yang perlu diingat, meskipun Anda misalnya tidak melakukan copy paste pada seluruh artikel, tetapi  melakukan copy paste (copas) artikel pada sebagian atau pertengahan artikel juga termasuk dalam kategori pelanggaran hak cipta karena tidak memiliki izin dari penulis aslinya.

Saya yakin pemilik blog tersebut kurang faham mekanisme kerja spiderbot, karena dia melakukan tindakan copy paste tanpa diedit sama sekali termasuk beberapa anchor text dan link-link yang ada didalam konten yang dicopas sehingga ketika salah satu link saya klik ternyata menuju kepada salah satu artikel di blog panduaneka ini.

Mungkin dia mengira apabila blog yang tidak ada banner DMCA Protected bisa di copas dan akan aman-aman saja. Padahal tidaklah demikian kenyataannya.

Blog yang memasang banner DMCA Protected dan blog yang tidak memiliki banner DMCA Protected dari pihak ketiga di mata Google adalah sama.

Mengapa? Karena kebanyakan blog yang memasang banner DMCA Protected tidak melakukan verifikasi atau upgrade versi premium DMCA. Selain itu banner DMCA Protected bukanlah milik Google.

Artinya DMCA Protected dari pihak ketiga tidak bisa melakukan apa yang bisa Google DMCA lakukan, baik itu dari segi bantuan hukum dan bantuan penghapusan materi berhak cipta, kecuali apabila sudah melakukan verifikasi atau upgrade ke versi premium DMCA Protected.

Jadi, menurut saya kalau ingin tetap memasang banner DMCA Protected sebaiknya Anda upgrade ke ke versi premium (berbayar) atau lebih baik tidak usah dipasang saja karena akan membuat kecepatan loading blog Anda menjadi lamban.

Di samping itu apakah laporan blog yang memiliki banner DMCA Protected pihak ketiga akan lebih mudah disetujui Google DMCA? Tidak juga.

Disetujui atau tidaknya laporan duplikasi konten dan pelanggaran hak cipta tergantung pada cara pengisian formulir laporan di Google DMCA. Tanpa banner DMCA Protected dari pihak ketiga pun, Google akan tetap menyetujui permintaan Anda, selama memenuhi syarat ketentuan dan mengisi formulir laporan yang benar sesuai prosedur Google DMCA.

Untuk melakukan pelaporan keGoogle DMCA tidak diperlukan registrasi terlebih dahulu. Layanan Google DMCA ini bersifat gratis dan bertujuan untuk membantu para pemilik karya-karya yang berhak cipta untuk memproteksi karyanya tersebut.

Sebelum Anda membuat laporan di google DMCA sebaiknya pastikan terlebih dahulu Anda telah melakukan verifikasi blog di webmaster tools karena ini merupakan salah satu bentuk dari pedoman persetujuan atas karya berhak cipta di blog itu sendiri.

Sebenarnya tidak hanya konten di blog/website saja yang bisa dilaporkan, ada banyak opsi terkait pelaporan pelanggaran hak cipta yang bisa diproses oleh Google DMCA, termasuk didalamnya adalah menyalin karya tulis dari buku yang dipublikasikan oleh blogger juga dapat disebut pelanggaran dan bisa di proses Google DMCA.

Akibat buruk blog copas terkait laporan google DMCA
Dampak adanya laporan ke Google DMCA cukup berbahaya bagi blog copas jika tingkat pelanggaran duplikasi atau penjiplakan konten sudah sangat parah, misalnya copas mentah-metah seluruh isi konten.

Beberapa dampak buruk yang akan menimpa blog pelaku copas mulai dari blog de-indeks di mesin pencari, blog masuk dalam blacklist (daftar hitam) google, sampai yang terparah blog dihapus secara permanen.

Blog copas sering dijadikan sebagai blog dummy oleh pelaku. Mereka tidak sadar, penghapusan blog copas miliknya bisa merembet ke blog utama yang sebenarnya tidak ada keterkaitan dengan pelanggaran hak cipta, mengingat Google sangat menghargai materi berhak cipta.

Jika terbukti ada tindakan pencurian dan duplikasi konten tanpa izin di internet, maka Google akan memberikan sanksi ke pemilik blog/website dan akan menghapus blog pelaku secara permanen dengan atau tanpa peringatan.

Beberapa penyebab permintaan penghapusan ditolak oleh Google DMCA
Membuat laporan ke Google DMCA berdasarkan pengalaman saya pribadi ternyata mudah, asalkan kita mengisi formulir yang disediakan Google DMCA dengan benar. Misalnya penggunaan bahasa inggris dan mengisi informasi kontak sesuai KTP

Terkadang laporan dan permintaan penghapusan materi berhak cipta ditolak oleh Google DMCA karena beberapa faktor :

1. Tidak menggunakan kalimat berbahasa inggris dalam formulir permintaan penghapusan

2. Tidak mengisi formulir nama sesuai dengan nama hukum. Anda harus mengisi nama sesuai dengan yang tertera di kartu identitas Anda. Memang google DMCA tidak tahu nama asli pelapor, namun jika tim Google DMCA mengidentifikasi Anda mengirimkan data palsu, maka kemungkinan akan terjadi penolakan terhadap permintaan Anda tersebut.

3. Tidak mengisi kolom tanda tangan digital (signature). Kolom signature menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan dalam memberikan keputusan diterima atau ditolaknya laporan permintaan klaim materi berhak cipta.

Anda harus mengisi kolom yang tersedia sesuai dengan nama lengkap asli Anda agar mudah disetujui. Isilah kolom signature (tanda tangan digital) sesuai dengan yang tercantum dalam formulir nama depan dan nama belakang Anda agar mudah disetujui oleh Google DMCA.
Cara Melaporkan Blog Copas (Copy Paste) ke Google DMCA

2 Langkah Melaporkan Blog Copas Artikel Blog Kita ke Google DMCA

Cara melaporkan blog copas ke Google DMCA ada 6 langkah mudah agar disetujui. Pastikan anda sudah menyimpan daftar link halaman posting web/blog pelaku sebelum melanjutkan ke halaman copyright removal, dan pastikan juga anda sedang dalam keadaan login di akun Gmail.

  1. Login ke google DMCA
  2. Isi formulir laporan yang tersedia

Silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya secara detail berikut ini :
1. Silahkan Anda login di https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice. Sebelumnya pastikan Anda sedang dalam keadaan login di akun Gmail

2. Pengisian formulir laporan

CONTACT INFORMATION

Silahkan isi dengan data asli Anda sesuai kartu identitas (KTP) mulai dari nama depan, nama belakang, nama perusahaan, pemegang hak cipta, alamat email dan negara bagian/wilayah.

  • First name: Isi dengan nama depan Anda
  • Last name: Isi dengan nama belakang/keluarga Anda
  • Company name: Bisa diisi nama blog Anda
  • Copyright holder you represent: Pilihan disesuaikan (kalau Anda sendiri yang mengajukan pilih self)
  • Email address: Isi email yang tertaut dengan blog Anda agar lebih mudah disetujui
  • Country/region: Indonesia

Cara Melaporkan Blog Copas (Copy Paste) ke Google DMCA


Jangan lupa centang pada tulisan I confirm that I am the copyright holder for the content in question, and I am not filing this notice on behalf of another party.

YOUR COPYRIGHTED WORK

Formulir ini adalah data dan informasi valid milik Anda yang nantinya akan diidentifikasi oleh tim Google DMCA. Formulir ini meliputi deskripsi keluhan Anda, lokasi karya berhak cipta Anda dan lokasi materi yang melanggar.

Cara Melaporkan Blog Copas (Copy Paste) ke Google DMCA


Identify and describe the copyrighted work
Silahkan isi keterangan keluhan Anda terkait materi hak cipta dengan menggunakan bahasa Inggris agar mudah disetujui. Untuk memudahkan Anda, silahkan isi dengan kalimat berikut : I found my copyrighted works posted on other blogs Without Permission.

Kalau ingin menggunakan kalimat lain, silahkan saja Anda bisa memanfaatkan fitur Google translate sebagai penterjemah.

Where can we see an authorized example of the work?
Silahkan isi dengan url atau link artikel Anda yang telah dicopas blog lain agar Google DMCA bisa melakukan verifikasi laporan. Anda bisa mengisi links dalam kolom tersebut lebih dari satu (max 1000 link/baris) jika ternyata ditemukan banyak konten milik Anda di copas

Location of infringing material
Isilah dengan link/url artikel blog copas milik pelaku agar Google DMCA dapat melakukan tindakan penghapusan konten berhak cipta di blog copas pelaku. Disini Anda juga bisa mengisi link lebih dari satu (max 1000 link) jika mendapati banyak blog yang diduga copas konten berhak cipta milik Anda

SWORN STATEMENTS

Pada bagian ini silahkan centang semua laporan pernyataan tersumpah terkait kejujuran data yang Anda berikan ke Google DMCA.

Ada tiga pernyataan yang wajib Anda centang yang intinya terdiri dari sumpah atas dasar kesadaran iman bahwa laporan yang Anda buat benar adanya, adalah benar-benar karya berhak cipta dan Anda memiliki hak atas klaim atau laporan DMCA tersebut.

Cara Melaporkan Blog Copas (Copy Paste) ke Google DMCA

SIGNATURE

Pada bagian signature (tanda tangan digital) ini ada dua kolom yang perlu Anda isi

Signed on this date of
Jangan sampai keliru dalam mengisi format tanda tangan tanggal atau waktu sesuai dengan saat Anda membuat dan mengirim laporan tersebut. Contoh format: MM/DD/YYYY. Berarti urutannya adalah bulan/hari/tahun.

Signature
Di bagian signature isilah dengan nama depan dan nama belakang (nama keluarga), atau sesuai dengan isian pada formulir di bagian Contact Information.

KIRIM FORMULIR

Setelah semua kolom sudah Anda isi dengan benar silahkan centang kolom verifikasi kode Captcha, dan klik submit.

Kesimpulan

Cara melaporkan blog copas ke Google DMCA memang mudah, Tim Google DMCA selalu menyetujui laporan Anda jika laporan terbukti benar (valid), apalagi jika pelaku atau oknum blogger tersebut melakukan copas artikel mentah-mentah tanpa edit, biasanya tidak sampai 3 hari sejak tanggal pengajuan penghapusan karya berhak cipta akan disetujui.

Untuk melakukan cek status permohonan penghapusan karya berhak cipta Anda bisa lihat di dashboard DMCA Google. Karena URL yang disetujui saat ini tidak ada pemberitahuan yang dikirimkan lewat email.

Jika permintaan Anda ditolak, Google DMCA akan mengirimkan email mengenai kekurangan data/informasi yang Anda kirim.

Terima kasih sudah membaca artikel panduan tentang cara melaporkan blog copas ke google DMCA. Semoga bermanfaat dan happy blogging.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya