PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

13 December 2017

Tips Memilih Produk yang Tepat Agar Jualan Online Laris

Anda tertarik untuk mulai ikut bisnis online dengan ikut menjual produk lewat internet tetapi masih bingung kira-kira mau jualan online apa ya ?

Memang untuk memulai jualan online sebenarnya semua orang bisa melakukannya. Tetapi membuat jualan online yang laris membutuhkan beberapa strategi, salah satunya dengan memilih produk yang tepat agar jualan online cepat laku.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas 7 produk jualan online yang cepat laku saat ini di Indonesia. Tetapi belum tentu ketujuh produk itu bisa menjadi laris saat anda jual secara online juga.

Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu kira-kira produk apa yang cocok dan mudah dijalankan oleh anda.

Jangan sampai hanya karena melihat produk teman atau brand yang lain laris, anda langsung ikut terjun dalam penjualan produk tersebut padahal anda belum memahami produk itu secara utuh.

Kenali produk anda terlebih dahulu saat kita memulai berjualan via internet, diperlukan riset produk yang akan kita jual karena tidak semua produk bisa dengan mudah dijual melalui internet.

Pilih produk anda secara tepat baru anda berjualan secara online agar anda bisa meraih keuntungan secara maksimal dan meminimalisir resiko kerugian atas produk tersebut.
Tips Memilih Produk yang Tepat Agar Jualan Online Laris

7 Tips Praktis Memilih Produk yang Tepat untuk Mulai Jualan Online

Setidaknya ada 7 tips jualan online untuk pemula yang bisa digunakan untuk mencari produk yang tepat agar jualan online bisa menguntungkan dan terus berkembang.

Menjual Produk yang Sesuai dengan Hobi.

Jika anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan hobi anda, maka itu sangat memudahkan anda dalam mengembangkan bisnis dengan baik.

Akan menyenangkan jika sebuah hobi bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan (profitable).

Seperti misalnya, anda memiliki hobi sepakbola, anda bisa menjual produk-produk yang berkaitan dengan dunia sepakbola, mulai dari jersey/seragam sampai aksesoris atau merchandise klub-klub sepakbola.

Satu, keuntungan lagi jika anda ikut dalam komunitas hobi anda tersebut. Anda bisa mempromosikan produk jualan online anda kepada anggota komunitas sehingga produk anda akan lebih cepat dikenal.

Pilih Produk yang Punya Banyak Aksesoris.

Sebaiknya anda memilih produk yang memiliki aneka aksesoris penunjang. Misalnya anda bisa jualan online elektronik, misalnya produk pc dan laptop dengan mengambil persentase keuntungan yang tidak terlalu besar, tetapi anda bisa mengambil keuntungan lain dengan berjualan berbagai aksesoris pc dan laptop untuk meningkatkan penghasilan.

Contoh lainnya anda bisa jualan online handphone, dimana kalau kita lihat di pasaran banyak sekali tools dan perangkat pendukung sebuah handphone yang dijual, seperti pelindung layar, earphone dan lain sebagainya

Produk-produk aksesoris ini dikenal dengan istilah Accessory-Rich Niches.

Jangan salah, persentase keuntungan dari penjualan aksesoris bisa jauh lebih tinggi dibandingkan harga produk utamanya itu sendiri.

Menjual Produk yang Turn over-nya Rendah.

Secara sederhana arti dari turn over adalah produk yang memiliki waktu tertentu untuk segera digantikan dengan produk yang lebih baru (up-to-date). Ketika hendak memulai bisnis, pilihlah produk yang mampu bertahan cukup lama di pasaran.

Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa setiap produk yang dijual, pasti ada suatu pembaharuan baik itu dari segi tren atau teknologinya, tetapi usahakan untuk memilih jenis produk yang memiliki masa turn over yang rendah.

Menjual Produk yang Sudah Terkenal.

Bagi anda yang akan terjun ke bisnis online sebaiknya pilihlah produk yang sudah dikenal oleh konsumen supaya anda lebih mudah melakukan promosi ke pasar. Dengan begitu kita tidak perlu melakukan edukasi dan memberikan penjelasan secara detail tentang produk anda.

Anda boleh saja menjual produk yang belum dikenal masyarakat tetapi bisa berpotensi akan meledak di pasaran, tetapi untuk memperkenalkan produk tersebut memerlukan biaya dan strategi yang matang.

Jadi, kalau anda ingin jualan online tanpa modal sebaiknya hindari menjual produk yang belum dikenal konsumen secara luas.

Menjual Produk yang Ringan dan Ringkas.

Kenapa memilih produk yang ringan dan ringkas ?

Alasannya, karena apabila produk yang anda jual memiliki bobot yang ringan, maka ongkos kirim jugaakan semakin murah. Dengan ongkos kirim lebih murah maka anda bisa melakukan promosi jualan online gratis ongkir ke wilayah tertentu.

Menjual Produk yang Sulit Ditemukan di Pasar Konvensional (Offline).

Ketika memilih produk untuk toko online anda, pilihlah produk yang tidak banyak ditemukan di toko-toko konvensional. Dengan begitu produk anda akan dicari lewat internet dan cenderung akan lebih mudah mendapatkan konsumen yang potensial.

Namun yang perlu diperhatikan adalah permintaan (demand) dari produk tersebut di pasar. Apakah memang produk tersebut banyak dicari karena ketersediaannya yang masih terbatas? atau ternyata memang produk tersebut tidak terlalu laku di pasaran.

Jadi, anda perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui kondisi sesungguhnya dari pasar produk yang anda incar tersebut.

Menjual Produk yang Memiliki Masa Pakai  / Mudah Habis.

Memilih produk yang mudah habis atau memiliki masa pakai tertentu diharapkan konsumen akan mencari lagi produk yang sama.

Dengan catatan, anda harus memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen, maka kemungkinan besar mereka akan kembali lagi kepada anda untuk membeli produk yang sama (repeat order).

Pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan kemudahan yang anda miliki, apabila lebih mudah untuk mencari produk yang banyak aksesorisnya walaupun itu tidak sesuai dengan hobi anda, maka hal itupun tidak masalah.

Dalam bisnis tidak perlu mencari produk yang ideal, yang diperlukan hanya fokus bagaimana kita mengemas produk itu sehingga banyak orang yang tertarik untuk memilikinya.

Anda bisa memulai jualan online gratis dengan cara jualan online sistem dropship bergabung di beberapa marketplace yang ada seperti jualan online di Bukalapak, Tokopedia, Shopee atau .
OLX

Demikian informasi dan panduan singkat bagaimana memilih produk yang tepat untuk memulai bisnis online. Ketujuh tips yang saya bahas diatas tidak harus anda ikuti semua, namun cukup anda jadikan sebagai pertimbangan.

Semoga bermanfaat dan sukses untuk bisnis anda.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya