PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

07 December 2017

Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru untuk Daftar Adsense

Persiapan sebelum membuat blog baru - Membuat blog baru bagi seorang blogger yang telah lama bergelut di dunia blogging tentunya mudah dilakukan. Katanya, salah satu resep rahasia para publisher Adsense memiliki penghasilan hingga puluhan juta per bulan karena mereka memiliki banyak blog. Menurut saya, sangat masuk akal, ibarat mancing kalau punya banyak kail peluang untuk mendapatkan lebih banyak ikan tentunya akan jauh lebih besar.

Tapi, mengelola banyak blog tentunya memerlukan kerja ekstra karena banyak hal yang harus diatur mulai tampilan luar hingga isi dalam blog.

Persiapan ini sangat penting dilakukan sebelum blog baru diluncurkan ke search engine agar nanti memudahkan anda dalam mengelola blog baru tersebut. Setelah blog diluncurkan anda tinggal rajin mengisi blog baru dengan konten saja.
Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru untuk Daftar Adsense

Poin Penting dalam Persiapan Membuat Blog Baru

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan panduan persiapan blog baru yang biasa saya lakukan sebelum diluncurkan ke mesin pencari yang akan saya jelaskan dalam poin-poin penting berikut ini :

  • Menentukan Topik
  • Domain dan hosting
  • Template
  • Judul Blog
  • Kata Kunci
  • Deskripsi Blog
  • Deskripsi Penelurusan
  • Daftar ke Webmaster

1. Niche

Memilih topik sangat penting untuk perkembangan blog anda. Kesalahan dalam memilih topik bisa berakibat pada dua hal :

  • Blog anda sepi pengunjung
  • Anda bosan dan malas untuk mengelola blog anda

Untuk memilih topik yang tepat untuk blog baru sebenarnya cukup mudah, tinggal ikuti passion anda. Dengan memilih topik yang anda kuasai dan anda minati, blog  yang anda kelola tidak akan sepi dari konten-konten yang anda sajikan.

Kebanyakan blog yang tidak berkembang karena pemiliknya terlalu memaksakan diri memilih topik yang sebenarnya sama sekali tidak mereka kuasai hanya karena mengejar topik yang katanya berpotensi besar membuat blog menghasilkan uang dari Adsense.

Untuk panduan anda dalam memilih topik yang tepat untuk blog baru, anda bisa membacanya di Cara Memilih Niche yang Tepat Untuk Blog dan Bisnis Online Anda

2. Domain dan Hosting

Setelah anda menentukan topik yang tepat untuk blog baru anda, langkah selanjutnya adalah memilih domain dan hosting.

Domain

Memilih domain juga tidak kalah penting. Domain adalah brand blog anda.

Langkah pertama carilah nama domain yang tepat. Memilih nama domain juga gampang-gampang susah. Sebagai patokan bagi anda dalam memilih nama domain, berikut  beberapa poin penting yang bisa menjadi acuan :

  • Yang mudah dilafalkan dan diingat
  • Yang terdiri dari satu kata atau dua kata
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan angka
  • Jangan terpaku pada topik anda

Kalau anda masih bingung bagaimana memilih nama domain yang tepat, anda bisa membaca panduan yang telah saya buat pada 15 Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Blog Baru

Kemudian tentukan dahulu anda ingin memakai subdomain atau domain TLD. Saran saya jika anda berniat membuat blog untuk Adsense, sebaiknya anda langsung memakai domain TLD seperti .com, .net, .co.id, .xyz dan lain-lain.

Dengan menggunakan domain TLD, jika blog anda diterima oleh Google Adsense, anda akan memiliki akun non hosted yang bisa dipasang di mana saja baik untuk domain TLD ataupun subdomain seperti blogspot.com

Baca juga : Mengenal Perbedaan Akun Google Adsense Hosted dan Non Hosted

Hosting

Kalau diibaratkan sebuah rumah, hosting adalah rumah bagi blog anda. Hosting berfungsi untuk menyimpan file-file blog anda.

Kalau anda ingin membuat blog di wordpress.org tentunya anda harus menggunakan hosting sendiri baik itu dengan hosting berbayar maupun hosting gratis. Kalau anda pemula dan belum paham seluk beluk , saran saya sebaiknya anda membuat blog di blogger dahulu dengan gratis.

3. Template

Setelah 2 langkah diatas anda lakukan, sebaiknya anda sudah menyiapkan 1 template yang akan anda gunakan. Sebenarnya tidak ada patokan template apa yang sebaiknya digunakan, anda bisa mencari template-template yang keren di beberapa situs penyedia template.

Untuk membuat blog lebih menarik, anda bisa menambahkan beberapa widget yang mungkin belum ada pada template yang anda pilih.

Khusus untuk blog yang ingin didaftarkan Adsense, anda bisa mencoba template yang pernah saya gunakan waktu diterima menjadi publisher Adsense. Untuk ulasan mengenai template ini silahkan baca artikel saya tentang template yang paling cocok untuk daftar Adsense, disitu saya merekomendasikan satu buah template yang juga anda gunakan.

Menentukan template sangat penting pada awal membuat blog, karena kebanyakan blogger terutama pemula masih banyak yang labil dengan template pilihannya, termasuk saya dulu. Padahal sering gonta-ganti template bisa berdampak buruk pada blog itu sendiri, diantaranya :

  • Blog dianggap tidak profesional dan tidak memiliki karakter/ciri khas
  • Bisa menurunkan trafik blog
  • Membuang banyak waktu anda
  • Mempengaruhi SEO dan peringkat situs

Jadi, tentukan yang pasti template yang akan anda gunakan, jangan ganti template tersebut jika tidak terlalu signifikan pengaruhnya.

Buatlah navigasi yang jelas pada template anda, mulai dari menu hingga pemasangan widget sebaiknya arahkan ke konten-konten blog anda.

4. Kata Kunci

Kata kunci juga menjadi salah satu poin pokok dalam persiapan membuat blog baru. Pada sebagian besar template biasanya sudah ada meta tag kata kunci yang ditempatkan dalam template seperti  berikut :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content=' Kata Kunci Anda ' name='keywords'/></b:if>
Untuk mendapatkan kata kunci yang baik untuk blog baru, anda bisa menggunakan 2 cara :

  • Menggunakan judul blog
  • Menggunakan deskripsi penelusuran blog

Di samping anda sebenarnya juga bisa menggunakan kata pilihan, tetapi tidak saya sarankan. Lebih baik gunakan deskripsi penelusuran blog agar mudah dipahami oleh search engine.

5. Judul Blog

Pergunakan judul blog yang baik. Sebisa mungkin gunakan judul blog yang sama dengan kata kunci yang akan dibahas pada blog anda.

Usahakan untuk menggunakan judul blog yang sama dengan url alamat blog anda. Misalnya alamat blog anda www.contohjudul.blogspot.com, maka untuk judul blog cukup gunakan kata “Contoh Judul” agar mesin perayap lebih mudah mengenali blog anda.

6. Deskripsi Blog

Deskripsi blog penting untuk memberitahu pengunjung blog apa saja yang dibahas dalam blog anda, mengenai apa blog anda itu secara keseluruhan bukan per artikel. Ini yang membedakannya dengan deskripsi penelusuran.

Anda bisa mengatur deskripsi blog lewat dashboard Blogger > Setting/Setelan > Basic/Dasar

Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru untuk Daftar Adsense

Silahkan isi kolom pada deskripsi dengan deskripsi blog anda

7. Deskripsi Penelusuran

Seperti yang saya utarakan di atas, deskripsi penelusuran berbeda dengan deskripsi blog. Deskripsi penelusuran berguna untuk memberitahu pada mesin pencari dan juga pengunjung tentang artikel yang anda buat.

Letak dari deskripsi penelusuran berada di bagian kanan halaman postingan anda, seperti di bawah ini
Anda bisa mengisi pada kolom deskripsi penelusuran apa yang menjadi topik bahasan artikel anda.
Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru untuk Daftar Adsense

Untuk bisa menggunakan kolom deskripsi penelusuran, terlebih dahulu anda harus mengaktifkannya dahulu

Caranya melalui dashboard Blogger > Setelan/Setting > Preferensi penelusuran/Search preference > Tag Meta > pilih Ya > isi kolom yang tersedia
Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru untuk Daftar Adsense

8. Daftar ke Webmaster

Langkah terakhir setelah blog anda siap dipublikasikan adalah mendaftarkan blog ke Webmaster agar nantinya lebih cepat terindex oleh mesin pencari.

Untuk caranya, silahkan anda baca cara daftar dan verifikasi blog ke Google Webmaster Tools (Search Console)

Jangan lupa juga untuk memasukkan sitemap blog anda di Webmaster.

Demikian beberapa poin penting dalam persiapan membuat blog baru. Setelah semua poin tersebut anda lakukan, kini saatnya anda tinggal mengisi dengan artikel berkualitas secara kontinue ditambah dengan optimasi SEO dan mempromosikan konten anda.

Semoga bermanfaat, apabila ada tambahan informasi atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca artikel sederhana ini sampai selesai.

2 comments:

  1. (y) Terima kasih tipsnya sangat membantu saya yang belum punya akun adsense ini. :)

    Salam kenal mastah!

    ReplyDelete
  2. Makasih sudah berkunjung di blog sederhana saya mas...

    ReplyDelete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya