PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

21 December 2017

10 Langkah Mempromosikan Konten Blog dengan Social Media Optimization

Perlukah kita mempromosikan konten blog ke sosial media ?

Pertanyaan ini ternyata cukup banyak diajukan teman-teman blogger di beberapa komunitas yang saya ikuti. Mungkin latar belakang dari teman-teman yang mengajukan pertanyaan ini didasari sebuah opini yang selama ini berkembang bahwa promosi konten ke sosial media bisa berdampak buruk di mata search engine.

Memang jika kita mempromosikan konten blog di sosial media dengan cara yang salah bisa memberi efek negatif pada blog kita.

Cara mempromosikan konten di sosial media yang salah itu yang bagaimana ?

Pertama, melakukan promosi secara berlebihan yang berujung pada spam. Ingat, orang-orang di internet itu tidak suka dengan yang namanya promosi dan iklan. Mereka akan langsung close jika ada iklan atau promosi yang menurut mereka mengganggu kenyamanannya.

Sebaiknya hindari menggunakan tool otomatisasi dalam melakukan promosi di media sosial, karena biasanya tool otomatis ini berujung pada tindakan spam

Kedua, konten yang dipromosikan bukan konten terbaik. Anda harus menyajikan konten yang dapat membantu orang lain menyelesaikan masalahnya, bukan konten yang asal-asalan. Konten anda harus memiliki ide-ide segar yang membuat pembaca mendapat tambahan pengetahuan.

Kembali ke permasalahan awal, cukupkah kalau kita hanya membuat konten saja tanpa dibarengi dengan promosi ke sosial media ?

Jawabannya, tidak cukup.

Ingat, setiap anda mem-publish sebuah artikel pada saat yang bersamaan ada ratusan bahkan ribuan artikel lain yang juga di publish di internet. Mungkin anda bertanya juga, apa optimasi SEO pada konten tidak cukup ?

Kembali lagi, diantara orang-orang yang membuat artikel itu pasti sebagian besar juga telah melakukan optimasi SEO pada kontennya.

Kalau anda baca pada artikel saya mengenai optimasi SEO On Page dan SEO Off Page, disitu saya singgung mengenai salah satu cara optimasi seo off page adalah dengan mempromosikan konten ke media sosial.

Jadi, kalau anda ingin konten anda dibaca banyak orang, disamping anda harus membuat konten berkualitas, anda juga harus mau meluangkan waktu anda untuk mempromosikan konten yang telah anda buat di sosial media

Cara berpromosi di sosial media ini dikenal dengan istilah Social Media Optimization (SMO)

Yaitu strategi promosi online yang dilakukan dengan mengoptimalkan tools dan platform social media

Seperti yang kita tahu platform social media sendiri adalah berbagai media yang digunakan oleh pengguna internet untuk berbagi opini, pendapat, pengalaman dan pandangan dengan pengguna internet yang lain.

Semakin besarnya jumlah pengguna internet saat ini terhadap platform social media, seperti Facebook dan Twitter di Indonesia, membuat optimasi Sosial Media Optimization (SMO) ini kini sama pentingnya dengan optimasi SEO (Search Engine Optimization).

Jika optimasi SEO On secara garis besar lebih menyasar pada pengoptimalan konten di search engine, maka SMO ini lebih kepada pengoptimalan konten agar cepat dikenal banyak orang.

Sebagai seorang blogger, sudah saatnya anda sudah mengintegrasikan blog Anda dengan optimasi sosial media ini agar hasilnya lebih optimal.

Ada beberapa keuntungan jika anda bisa mempromosikan konten blog anda di sosial media secara optimal :

1. Kredibilitas Anda Meningkat
Semakin banyak orang berhubungan dengan anda dan membicarakan tentang anda, semakin meningkat kredibilitas anda sebagai seorang blogger yang cakap dan profesional di dunia maya. Kredibilitas ini pada akhirnya akan membuat anda semakin mudah membangun jaringan di dunia social media.

2. Jaringan Meningkat
Dengan semakin banyak diri anda terekspos di beberapa social media, maka semakin mudah bagi anda untuk meningkatkan kontak dan jaringan pertemanan. Semakin besar jaringan yang anda miliki, maka semakin besar pula tingkat kepercayaan orang terhadap anda.

3. Kepercayaan Meningkat
Kepercayaan ibarat mata uang di dunia maya. Sekali anda melupakan pentingnya kepercayaan, maka bisa menghancurkan karir anda di dunia maya.

Semakin besar jaringan yang Anda miliki, maka semakin besar pula tingkat kepercayaan orang kepada anda. Referensi orang lain yang menjadi anggota jaringan anda sangat penting di dunia maya.

4. Penghasilan Meningkat
Setelah anda memiliki kredibilitas, networking dan kepercayaan dari orang lain, maka semakin mudah bagi anda untuk mendapatkan penghasilan melalui blog anda.

Bagaimana menurut anda?

Apakah anda sudah mencoba melakukan optimasi social media untuk blog anda?

Lalu bagaimana cara melakukan optimasi social media untuk konten blog ?

Artikel ini akan memberikan panduan dan tips melakukan optimasi sosial media untuk konten blog anda.
10 Langkah Mempromosikan Konten Blog dengan Social Media Optimization

Social Media Optimization untuk Mempromosikan Konten Blog yang Perlu Dilakukan

1. Membuat Konten Blog yang Layak di Baca dan di Share

Kunci pokok dalam optimasi sosial media adalah berasal dari konten blog anda sendiri bukan platform social media yang anda gunakan.

Ya, tanpa konten blog berkualitas yang bisa memberi manfaat kepada pembaca, sangat sulit konten anda akan dibaca dan dishare pembaca anda apapun strategi promosi yang anda lakukan.

Buatlah konten anda menjadi rujukan bagi pembaca dan layak di-share oleh pembaca setia anda.
Untuk membuat konten seperti itu, silahkan anda ikuti panduan :


2. Berikan Kemudahan Sharing dan Bookmarking pada Pembaca

Setelah anda membuat konten yang berkualitas, maka tahap selanjutnya adalah mempermudah pembaca untuk menyebarluaskan konten blog anda.

Anda harus menyediakan tombol sharing dan bookmarking (yang banyak tersedia secara gratis, misalnya dari AddThis, ShareThis dan Sumome) di setiap artikel di dalam blog anda. Anda juga bisa memanfaatkan fitur FeedFlare dari FeedBurner baik di halaman blog maupun di halaman RSS Feed.

3. Bangun inbound link 

Apa itu inbound link? Inbound link adalah link yang berasal dari blog lain. Semakin banyak inbound link, maka blog anda semakin berkualitas. Salah satu cara untuk memancing inbound link adalah dengan pemberian insentif kepada blog yang memberikan link ke blog anda.

Ada beberapa yang bisa anda lakukan, misalnya dengan memberikan link balik atau sekedar memberikan apresiasi tertulis kepada blog-blog yang telah memberikan link ke blog anda tadi.

4. Jangan Menunggu, Sebarkan Konten Blog Anda

Anda harus proaktif. Jangan menunggu orang lain datang untuk menyebarluaskan konten anda melalui situs-situs social media.

Luangkanlah waktu khusus untuk menyebarkan konten blog anda ke platform social networking seperti Facebook dan Google+. Update juga informasi blog anda melalui tweet kalimat-kalimat yang membuat orang  penasaran di Twitter.

5. Berikan Kemudahan Pengunjung Menggunakan Konten Blog

Salah satu rahasia dalam strategi social media optimization adalah membiarkan orang lain yang mempromosikan konten blog anda. Bukan anda.

Karena itu, permudah pembaca blog anda untuk menggunakan dan mengubah konten blog anda sesuai syarat yang anda tetapkan. Anda bisa memasang widget Creative Commons Attribution agar pembaca blog anda tahu batasan penggunaan kembali artikel anda.

6. Buat Komunitas untuk Pengunjung Blog Anda

Buatlah komunitas pembaca blog anda sendiri. Anda bisa memanfaatkan beberapa social media seperti Facebook dengan membuat fanspage untuk membangun komunitas blog anda.

Dengan memiliki komunitas, anda membangun jaringan dengan pengunjung yang benar-benar memiliki minat yang sama dengan anda, ingin berhubungan dengan anda, dan ingin mendapatkan manfaat dari komunitas yang anda bangun.

7. Berikan Apresiasi untuk Pembaca Blog Anda

Bagi perkembangan sebuah blog, peran pembaca blog sangatlah penting. Dalam konteks social media optimization, sebenarnya pembaca blog andalah yang menyebarkan informasi tentang konten blog anda.

Karena itu, berilah apresiasi kepada pembaca blog anda. Berikan insentif atau hadiah gratis untuk mereka yang telah menjadi pengunjung setia blog anda. Misalnya dengan memberikan ebook atau tool gratis

8. Aktif Terlibat dalam Sosial Media

Social media adalah soal bagaimana bersosialisasi. Sifatnya timbal-balik.

Karena itu, anda harus ikut aktif terlibat dalam pembicaraan yang dilakukan oleh pembaca blog anda atau mereka yang mengikuti anda melalui Twitter atau Facebook. Dengan aktif terlibat membuat pesan yang ingin anda sampaikan lebih cepat tersebar.

9. Jaga Etika di Social Media

Berinteraksi melalui social media juga memiliki etika yang sama dengan di dunia nyata. Salah satunya adalah santun dan jujur.

Jangan pernah memberikan informasi yang belum tentu kebenarannya kepada komunitas yang anda ikuti.

Hormati siapapun yang menjalin komunikasi dengan anda. Sikap-sikap positif ini pada akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan orang kepada anda.

10. Jangan Takut Salah dan Mencoba Hal Baru

Di dunia pasti muncul sesuatu yang baru, tidak terkecuali di dunia maya khususnya sosial media. Akan ada kemungkinan-kemungkinan baru dan platform baru di dunia social media. Dulu kita pernah familiar dengan namanya Yahoo Messenger tetapi sekarang sudah tergerus dengan platform baru yang bermunculan seperti Whatsapp, Telegram dan sebagainya.

Oleh karena itu, kita tidak boleh berhenti belajar sesuatu yang baru dan jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

Demikian sedikit informasi mengenai cara mempromosikan konten blog dengan strategi Social Media Optimization, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya