PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

28 December 2017

Mana yang Lebih Bagus, Membuat Channel Youtube untuk Market Orang Luar atau Lokal ?

Sebenarnya enak mana untuk bisa menghasilkan uang dari youtube, pilih buat channel youtube untuk orang luar/bule atau cukup untuk lokal saja ?

Pertanyaan ini sering saya jumpai di beberapa forum maupun komunitas. Tidak hanya untuk Youtube saja tetapi juga untuk blog. Banyak teman-teman yang baru mau terjun menjadi youtuber atau blogger bimbang untuk menentukan pilihan

Kegalauan ini sebenarnya hanya berdasarkan pada dua asumsi yang sering sekali kita dengar :

  • Main market luar/bule katanya nilai cpc iklannya tinggi tetapi membuat konten lebih sulit dan persaingan lebih ketat
  • Main market lokal membuat konten relatif lebih mudah tetapi nilai cpc rendah

Saran saya, anda jangan percaya begitu saja. Yang paling bagus adalah anda mencoba dan membuktikannya sendiri.

Untuk menentukan pilihan market channel Youtube yang tepat sebenarnya kembali pada kemampuan anda sendiri. Dengan mengukur tingkat kemampuan anda dalam membuat konten video, anda baru bisa menentukan pangsa pasar untuk channel Youtube anda.

Karena apa ?

Kalau anda memaksakan untuk membuat konten video yang hanya mengejar bayaran yang katanya tinggi, saya bisa pastikan anda akan kewalahan sendiri dan akhirnya akan cepat menyerah sebelum anda mendapatkan hasilnya.

Ingat, setiap hari puluhan bahkan mungkin ribuan video baru diupload di Youtube. Kalau anda tidak bisa menyajikan konten video yang berkualitas, maka kecil kemungkinan video anda mendapat respon dari penonton.

Sebelum anda mulai membuat video yang bagus untuk diupload ke Yotube, sebaiknya anda tentukan dahulu target market dari konten video anda tersebut.

Hal ini untuk lebih memudahkan anda untuk fokus pada proyeksi penggarapan video anda.
Mana yang Lebih Bagus, Membuat Channel Youtube untuk Market Orang Luar atau Lokal ?

Tentukan Target Market Channel Youtube Anda 

Untuk membantu anda menentukan pilihan, saya akan memberikan sedikit panduan kira-kira target market mana yang paling cocok untuk channel youtube anda

1. Channel Youtube untuk Target Market Luar

Bahasa konten harus dengan bahasa internasional/Inggris. Baik bahasa dalam audio video maupun untuk judul video, deskripsi, tag juga harus dalam Bahasa Inggris. Termasuk lokasi juga sebaiknya anda setting untuk penargetan luar negeri misalnya US, Rusia dan lain sebagainya.

Kelebihannya:

Anda bisa merasakan atmosfer yang luas dalam mencari uang. Tidak terpaku di dalam negeri saja. Dollar yang anda dapat mungkin juga terasa beda.

Kalau anda punya nyali, disini anda juga bisa lebih mengasah kemampuan Bahasa asing anda. Karena tidak menutup kemungkinan, jika channel anda ramai, anda akan lebih sering berinteraksi dengan orang-orang mancanegara.

Kekurangannya: 

Anda harus menguasai bahasa internasional minmal bahasa Inggris meskipun saat ini anda juga bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk mengubah teks jadi suara seperti Google text to speech.

Tapi bagaimanapun suara asli manusia tetap akan lebih bagus jika dibandingkan dengan suara robot. Sampai saat ini kendala bahasa ini masih menjadi hambatan yang serius bagi kebanyakan teman-teman youtuber di Indonesia

Kekurangan lainnya adalah kemungkinan anda akan mendapatkan persaingan yang lebih banyak meskipun area persaingannya juga sangat luas.

2. Channel Youtube untuk Target Market Lokal

Bahasa yang anda gunakan cukup bahasa Indonesia yang pasti sangat anda kuasai. Anda bisa lebih bebas mengeksplore dan mengekspresikan diri karena anda tahu batasan etika yang berlaku di Indonesia.

Kelebihan:

Bisa lebih mudah dalam pembuatan konten, pengembangan channel bahkan menambah penghasilan dari endorse dan jualan produk. Penyebabnya adalah karena anda menguasai bahasanya dan mengetahui karakteristik orang-orang Indonesia secara umum.

Kekurangan:

Anda tidak akan memiliki pengalaman bagaimana mendapatkan dollar di market luar. Anda tidak bisa membuktikan anggapan banyak orang selama ini bahwa membuat channel youtube untuk Adsense dengan market luar itu lebih cepat kaya.

Kesimpulan:

Semua terserah kepada anda, mau menarget orang lokal atau mencoba peruntungan dengan orang luar.

Anda bisa pilih salah satu atau anda mau mencoba keduanya sekaligus. Nanti anda akan tahu dimana anda merasa lebih nyaman.

Demikian sedikit panduan yang dapat saya berikan mengenai pemilihan market untuk channel Youtube yang akan anda buat. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya