PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

26 December 2017

Cara Mudah Membuat Video Youtube yang Bagus Agar Ditonton Jutaan Viewers

Seorang youtuber yang ingin sukses mau tidak mau dituntut untuk membuat video youtube yang bagus bagi para penonton. Tapi untuk menghasilkan konten video yang berkualitas ternyata masih menjadi kendala bagi sebagian besar youtuber khususnya pemula.

Akibatnya banyak yang melakukan cara instan dengan teknik reupload video orang lain yang kita tahu sangat rawan dengan claim hak cipta dan banned dari Google.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas kiat-kiat mendapatkan 10.000 views di youtube terkait kebijakan baru yang ditetapkan oleh google yang membuat para youtuber gelisah dan gundah gulana.

Bagaimana mau mendapat 10.000 views jika membuat video youtube yang bagus saja saja susah.

Jangan berputus asa dahulu, sebenarnya untuk membuat video youtube yang berkualitas tidaklah serumit yang dibayangkan.
Cara Mudah Membuat Video Youtube yang Bagus Agar Ditonton Jutaan Viewers

Langkah-langkah Membuat Video Youtube yang Bagus Untuk Channel Anda

Bagi anda yang masih bingung mau membuat video seperti apa untuk konten di channel youtube, berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

1. Carilah Channel Populer

Anda bisa ketikan kata kunci tertentu di Youtube dan cari channel-channel menarik lalu subscribe.

Kemudian anda amati bagaimana mereka (youtuber favorit) membuat video.

Perhatikan bagaimana mereka mengambil dan mengolah video. Ada yang menggunakan kamera, ada yang menggunakan software dan ada juga yang menggabungkan keduanya.

2. Menyusun Konsep Video

Karena video anda nanti akan ditonton secara publik maka sebaiknya anda membuat video secara terkonsep dan bukan asal jadi saja.

Hal ini sangat berkaitan dengan kualitas video yang dihasilkan dan keefektifan waktu yang anda keluarkan.

3. Siapkan Peralatan Anda 

Setelah anda menentukan dan menyusun konsep video yang akan anda buat seperti apa, selanjutnya anda harus mempersiapkan peralatan untuk perekaman video.

Mungkin anda akan membutuhkan kamera, perekam suara, software editor, komputer, bahkan latar belakang warna hijau jika diperlukan dan alat-alat pendukung lainnya.

Yang perlu anda ingat adalah secanggih dan semahal apapun peralatan yang anda gunakan bukanlah jaminan untuk menghasilkan video yang berkualitas tetapi kreatifitas andalah yang menentukan.

Anda tidak harus memiliki semua peralatan yang dibutuhkan kalau memang belum memiliki cukup dana. Anda bisa meminjam atau menyewa peralatan yang dibutuhkan.

Kalau anda kreatif, berbekal sebuah smartphone saja sebenarnya anda sudah bisa membuat video yang bagus.

4. Lakukan Perekaman

Konsep sudah dibuat, alat sudah ada, maka selanjutnya adalah melakukan perekaman.

Jika anda bisa melakukannya sendiri maka lakukanlah sendiri tapi jika membutuhkan bantuan orang lain maka silakan minta bantuan orang terdekat anda atau merekrut orang yang berkompeten untuk membantu anda secara khusus.

5. Melakukan Editing

Biasanya hasil perekaman masih mentah dan membutuhkan sentuhan edit agar hasilnya sempurna. Banyak ketidaksempurnaan hasil rekaman yang bisa disempurnakan dengan baik oleh fitur-fitur yang ada dalam aplikasi pengolah video.

Kalau anda merasa tidak sanggup melakukan editing sendiri maka anda bisa gunakan jasa seorang editor yang bisa anda cari di sekitar rumah anda atau melalui penyedia jasa online seperti Fiverr dan Freelancer.

Kesimpulan:

Memproduksi video berkualitas untuk konten youtube membutuhkan keseriusan, ketelitian, ketekunan dan biaya. Tapi kerja keras tersebut akan seimbang dengan hasil yang anda dapatkan nantinya. Misalnya kepopuleran dan uang.

Demikian sedikit panduan bagaimana cara membuat konten video youtube yang bagus. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi dengan video anda

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya