PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

29 December 2017

Mengenal Istilah Permalink dan Cara Membuatnya SEO Friendly

Bagi seorang blogger pasti sudah tidak asing dengan istilah permalink atau URL. Tetapi banyak juga blogger pemula yang masih belum paham sepenuhnya apa itu permalink, fungsi dan penggunaannya dalam blog.

Permalink merupakan salah satu poin penting dalam optimasi SEO On Page yang harus diperhatikan, agar artikel yang anda buat bisa bersaing dengan artikel blog lain di search engine, karena permalink bisa memuat kata kunci yang kita targetkan.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan panduan mengenai permalink dan bagaimana membuat permalink yang benar agar SEO friendly di mata mesin pencari.

Mengenal Apa Itu Permalink

Permalink adalah singkatan dari Permanen Link yang berarti tautan permanen dalam bahasa Indonesia.

Sebenarnya, permalink berarti sebuah tautan atau link bersifat permanen yang menuju pada halaman statis atau halaman postingan pada blog. Tetapi, arti sebenarnya bukanlah sebuah link, melainkan sebuah URL.

Kekeliruan makna ini disebabkan karena kebiasaan penggunaan kata permalink oleh para blogger yang mengacu pada URL.

Permalink adalah istilah yang digunakan untuk URL atau alamat sebuah halaman web baik itu berupa postingan maupun halaman statis.

Permalink otomatis di generate oleh Content Management System (CMS) masing-masing platform blog yang digunakan.

Permalink biasanya ini di generate dalam bentuk ID unik bersamaan saat kita membuat postingan atau halaman (page) baru

Permalink ini bersifat permanen sehingga menjadi identitas sebuah halaman blog. Permalink ini bersifat unik, artinya tidak mungkin ada kesamaan satu dengan yang lain.

Sebagai contoh, URL permalink untuk halaman ini adalah :
https://www.panduaneka.com/2017/12/cara-membuat-permalink-seo-friendly.html (bisa dilihat Address bar browser anda).

Tulisan yang berwarna merah adalah inti dari permalink, bahkan bisa disebut permalink itu sendiri. Jadi, permalink juga bisa diartikan sebagai bagian dari URL (Uniform Resources Locator) yang terletak setelah domain blog yang berwarna biru.

Pentingnya Permalink

Seperti yang saya utarakan di atas bahwa permalink adalah salah satu identitas unik dari sebuah halaman statis atau halaman postingan blog yang disimpan pada url. Identitas unik ini nantinya yang akan ditampilkan oleh mesin pencari ketika ada pengguna yang mencari informasi terkait.

Search engine seperti milik Google dan Bing dibuat untuk membantu pengguna menemukan informasi yang tepat sesuai dengan keyword yang diketikkan pengguna.

Guna memudahkan pengguna tersebut, maka search engine juga membutuhkan hal-­hal didalam situs / blog yang memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya permalink dengan struktur yang mudah dipahami dan diidentifikasi oleh pengguna.

Identitas unik ini digunakan untuk menampilkan konten dari halaman yang memiliki identitas tersebut.

Hal yang membuat permalink begitu penting adalah fakta bahwa setiap mesin pencari semisal Google, Yahoo, atau Bing menampilkannya dalam indeks, biasanya tepat dibawah judul.

Sehingga bisa dibilang permalink ini menjadi acuan kedua untuk pencarian setelah judul. Karena itulah, permalink tidak boleh berisi kode maupun angka yang tidak menggambarkan konten postingnya, kecuali jika anda tidak mementingkan SEO.

Lalu, bagaimana membuat permalink yang SEO friendly itu ?
Mengenal Istilah Permalink dan Cara Membuatnya SEO Friendly

Cara Membuat Permalink SEO Friendly

Setiap website/blog mempunyai struktur permalink yang berbeda-beda untuk halaman statis atau halaman postingnya. Untuk blog yang menggunakan wordpress self hosted bahkan bisa memilih struktur permalinknya sendiri, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
Mengenal Istilah Permalink dan Cara Membuatnya SEO Friendly

Untuk mengatur struktur permalink di wordpress self hosted, anda cukup Login ke dashboard -> pilih menu Settings di sidebar kiri -> Klik sub menu Permalinks. Akan tampil halaman seperti diatas. Lalu, anda tinggal pilih model struktur permalinknya.

Dari gambar diatas, kita juga bisa melihat ada beberapa model struktur atau susunan permalink berbeda-beda yang bisa digunakan.

Ada yang menggunakan susunan langsung ID halaman, ada yang menggunakan direktori tahun dan bulan terlebih dahulu, ada juga yang menggunakan label arsip setelah URL utama.

Dari beberapa struktur permalink tersebut ada 2 struktur permalink yang paling saya rekomendasikan karena sudah terbukti sangat bagus, baik untuk SEO maupun untuk user.

http://Domain/Tahun/Tanggal/Keyword
Pola permalink yang ini adalah yang saya pakai di blog ini. Pola ini juga merupakan pola default untuk blog blogger/blogspot terlepas dari ada atau tidaknya format .html diujungnya.

Kelebihan dari permalink dengan struktur seperti ini adalah memberikan informasi waktu kapan posting tersebut diterbitkan. Kekurangannya, keyword yang dimasukkan lebih sedikit.

Perlu diingat bahwa pengguna mesin pencari akan lebih menyukai konten yang baru ketimbang yang lama. Jadi, ketika konten anda lebih fresh daripada konten lain yang sejenis, maka peluang konten anda di klik dan dibaca akan lebih besar.

http://Domain/Keyword
Kelebihan dari struktur permalink seperti ini adalah anda bisa menambahkan lebih banyak keyword pada URL. Kekurangannya, pengguna bisa jadi akan menganggap posting anda termasuk postingan yang lama sehingga kemungkinan untuk diklik juga kecil.

Struktur permalink jenis ini lebih cocok diterapkan pada blog-blog yang sudah memiliki otoritas situs yang baik sehingga pengguna tidak terlalu memperdulikan kapan konten anda dibuat karena mereka percaya dengan konten anda tersebut.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan dari struktur permalink di atas, semuanya tergantung bagaimana penerapannya blog.

Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa cara membuat permalink agar lebih SEO Friendly.

1. Menggunakan Fitur Custom Permalink

Sebenarnya pada platform blogger atau wordpress sudah terdapat fitur Custom Permalink yang berfungsi untuk mengedit permalink untuk tiap posting.

Kita bisa mengatur keyword apa yang akan kita masukkan dan menjadi bagian dari permalink. Pada wordpress, custom permalink itu berada tepat dibawah kolom judul pada saat membuat posting. Sedangkan pada blogger, ada pada sidebar kanan editor pada saat membuat posting.
Mengenal Istilah Permalink dan Cara Membuatnya SEO Friendly

2. Memasukkan keyword yang berbeda dengan yang ada pada judul atau konten

Salah satu fungsi dari permalink adalah untuk memperkaya keyword konten anda. Jadi, gunakan keyword yang berbeda dengan yang berada pada judul maupun konten, anda bisa pergunakan Latent Semantic Index atau variasi dari keyword yang sudah ada.

Ingat bahwa pengguna mesin pencari bisa mengetikkan berbagai sinonim kata meskipun tujuan informasi yang dicari sama. Maka menggunakan keyword permalink yang berbeda dengan judul atau konten bisa menambah besar peluang keyword postingan anda di klik pengguna.

3. Penggunaan Long Tail Keyword

Daripada menggunakan kata kunci yang terdiri hanya 1 kata yang biasanya memiliki tingkat persaingan yang ketat, lebih baik jika anda memasukkan long tail keyword pada permalink. Long tail keyword terdiri dari 2-4 kata.

Contoh long tail keyword misalnya :

  • cara membuat blog, 
  • membuat permalink seo friendly, 

dan sebagainya.

4. Struktur dan susunan permalink sederhana

Menurut Mattcutts, kepala webspam Google, permalink yang baik adalah yang mengandung 3 – 5 kata.

Panjang pendeknya kata ini juga tergantung pada jumlah karakter tiap kata, panjang nama domain, dan susunan permalink yang digunakan. Jadi, anda harus menyesuaikannya agar kata kunci tersebut tetap terlihat di mesin pencari.

Contohnya :
Susunan permalink yang baik dan sederhana
https://www.bloganda.com/contoh-struktur-permalink.html 

Susunan permalink yang kurang baik
https://www.bloganda.com/dir1/dir2/dir3/contoh-struktur-permalink-yang-baik-untuk-blog.html 

5. Pergunakan keyword yang deskriptif dan relevan

Agar mudah dideteksi oleh search engine, pergunakan kata kunci yang deskriptif (menjelaskan secara singkat isi konten) dan relevan dengan pembahasan konten.

Tujuannya agar URL halaman anda lebih mudah dilihat dan diingat oleh pengguna serta ramah di mata mesin pencari

Untuk itu sebaiknya hindari penggunaan angka-angka dalam permalink karena akan membingungkan pengguna dan search engine.

Misalnya :
https://www.bloganda.com/2017/12/213465987.html

Coba bandingkan dengan dengan permalink di bawah ini :
https://www.bloganda.com/2017/12/permalink-seo-freindly.html

Tentunya anda akan lebih mudah mengingat permalink yang bawah bukan ?

Hindari penggunaan keyword yang tidak relevan dengan isi postingan, karena hanya akan dianggap spam oleh mesin pencari dan tentunya membuat kecewa pengunjung blog anda

6. Hindari penggunaan kata penghubung dan tanda baca

Sebaiknya jangan menggunakan kata-kata seperti ‘dan’, ‘di’, ‘ke’, ‘atau’, tanda baca ‘?’, ‘!’, maupun yang sejenisnya pada permalink.

Apa nanti tidak membuat kalimat pada permalink menjadi kurang pas ?

Sebenarnya tidak menjadi masalah, karena permalink bukan konten ataupun judul yang harus dibaca pengguna. Permalink hanya sebuah alamat yang berisi kata kunci untuk mewakili konten anda.

7. Penggunaan tanda hypens (-) sebagai penghubung kata

Google search engine menganggap hypens (tanda hubung) sebagai pemisah kata sedangkan tanda garis bawah (underscore) dianggap Google sebagai penyambung kata.

Apabila ada 2 kata yang dipisahkan dengan hypens (-) maka dihitung sebagai 2 kata juga.
pandu-aneka ; ini dianggap Google sebagai 2 kata yaitu kata pandu dan aneka

Sedangkan apabila menggunakan underscore (_) seperti
pandu_aneka ; ini dianggap sebagai 1 kata yaitu panduaneka

Dari segi optimasi SEO, penggunaan underscore pada permalink bisa membuat rancu makna dari kata kunci sehingga bisa menyebabkan rendahnya ranking artikel di SERPs.

Kesimpulan

Permalink sebenarnya sudah digenerate oleh masing-masing CMS seperti Blogspot dan Wordpress, tetapi agar lebih SEO friendly sebaaiknya anda lakukan Custom Permalink dengan memperhatikan beberapa poin penting yang telah saya sampaikan di atas.

Demikian panduan yang dapat saya berikan mengenai apa itu permalink dan bagaimana membuat permalink yang SEO friendly. Semoga bermanfaat untuk kegiatan blogging anda dan terima kasih sudah membaca sampai akhir artikel ini

6 comments:

  1. Wah sangat simpel penjelasannya. Saya rasa ini penting dipahami bagi yang ingin belajar seo om yaaa

    ReplyDelete
  2. Wah sangat simpel penjelasannya. Saya rasa ini penting dipahami bagi yang ingin belajar seo om yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkasih mas udah mampir dan baca coretan saya...salah satu optimasi seo yg terkadang kita sepelekan nih mas

      Delete
  3. Bermanfaat sekali. Saya mulai coba menggunakannya dan semoga tidak lupa. Salam hangat.

    ReplyDelete
  4. kalau untuk toko online jika permalink diletakin keyword yang sama gimana mas ? misalkan website saya dengan keyword Kaos Distro Terbaru di setiap halaman produknya saya letakin keyword kaos distro terbaru semua ? atau lebih baik saya letakin keyword turunan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dalam setiap halaman disisipkan keyword utama dan keeyword turunan dengan penyebaran dan peletakannya dibuat senatural mungkin

      Delete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya