PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

13 November 2017

6 Widget yang Wajib Dipasang di Blog Agar Mudah Diterima Adsense

Widget bagi seorang blogger tentunya sudah tidak asing lagi. Namun memilih widget yang wajib  dipasang di blog terkadang bagi sebagian blogger terutama pemula masih menimbulkan kebingungan. Mana yang sebaiknya dipilih dan dipasang ya ? Kalau anda ingin mendaftarkan blog ke Adsense, sebaiknya anda simak dulu artikel ini sampai selesai

Oke sebelum saya membahas widget apa saja yang penting untuk dipasang pada blog, sebaiknya kita ketahui dulu secara sekilas apa itu widget dan fungsinya.

Widget merupakan gadget atau konten aplikasi dengan kode script sebagai penunjang pada blog dalam memudahkan navigasi blog.

Blogger sendiri sebagai platfrom blog telah menyediakan berbagai macam widget yang bisa anda pilih seperti Popular Post, Archive blog, Label, Laman dan lain-lain.

Fungsi Utama Widget
Widget memiliki fungsi yang beragam sesuai dengan widget yang dipilih. Namun fungsi utama keberadaan widget adalah untuk memudahkan navigasi blog agar pengunjung mudah dalam mencari dan menelusuri konten yang ada.

Fungsi dari masing-masing widget berbeda-beda. Misalnya jika anda ingin menampilkan informasi mengenai artikel-artikel yang populer di blog, anda bisa memasang widget Popular Post.

Atau anda ingin menampilkan beberapa kategori blog anda, cukup pasang widget label.

Begitu banyaknya widget yang tersedia terkadang membuat kita bingung, widget apa saja yang perlu kita pasang, karena terlalu banyak memasang widget sebenarnya kurang baik juga untuk blog.

Di samping widget tersebut mungkin tidak terlalu penting untuk pengunjung blog juga akan menyebabkan loading blog anda menjadi lambat saat diakses pengunjung. Jadi pertimbangkan widget apa saja yang akan anda pasang.

Baca juga : 11 Cara Mempercepat Loading Blog Untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung
6 Widget yang Wajib Dipasang di Blog Agar Mudah Diterima Adsense

Beberapa Widget yang Wajib Dipasang di Blog

Setelah kita tahu sekilas tentang widget dan fungsinya, saya akan mengulas beberapa widget yang sangat penting dipasang pada blog sebagai navigasi untuk memudahkan pengunjung menelusuri konten yang ada.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu mendaftarkan blog ke Adsense dan kemudian diterima full approved oleh Google Adsense setidaknya ada 6 widget yang sebaiknya anda pasang di blog anda.

Sebaiknya anda baca juga : Pengalaman Diterima Google Adsense Full Approve Non Hosted Pertama Kali (Kisah Nyata)

6 widget ini merupakan widget default (bawaan) Blogger jadi anda tinggal pilih di dasboard Blogger lalu klik Layout (tata letak) dan cari widget tersebut.

Memasang widget ini sebenarnya adalah indikator sebuah blog memadai atau belum. Pemasangan widget menjadi salah satu solusi ketika anda mendapat penolakan dari Google Adsense dengan alasan konten tidak memadai dengan disertai alasan "Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari".

Jadi, kalau anda berniat mendaftarkan blog ke Adsense sebaiknya anda pasang 6 widget di bawah ini.

1. Blog archive (arsip blog)

widget arsip ini adalah suatu kumpulan konten berdasarkan jumlah artikel dan kapan artikel dibuat yang disimpan didalam sebuah blog secara sistematis.

Widget ini wajib dipasang karena akan memudahkan pengunjung menjelajahi dan menemukan konten yang pernah anda buat sebelumnya. Jadi pengunjung tinggal klik widget arsip ini, maka semua artikel anda akan tersaji secara sistematis.

2. Labels

Widget labels atau sering diistilahkan dengan kategori ini berguna untuk mengelompokkan artikel berdasarkan beberapa kategori yang anda buat. Dengan adanya widget label pada blog akan membantu visitor untuk menjelajahi artikel-artikel yang sudah diterbitkan hanya dengan memilih kategori yang diinginkan.

3. Popular post (Artikel terpopuler)

Widget yang satu ini menurut saya wajib hukumnya anda pasang. Dengan memasang Popular Post pengunjung akan lebih mudah mengetahui apa saja artikel blog anda yang paling sering dikunjungi, dengan adanya popular post diharapkan dapat mengurangi bounce rate dan menambha pageview karena pengunjung tertarik untuk membaca artikel paling top di blog anda.

4. Recent Post (artikel terbaru)

Kalau popular post menampilkan artikel yang paling sering dikunjungi visitor, maka recent post menampilkan artikel terbaru yang ada pada blog. Meskipun pada homepage sudah memuat artikel terbaru, tetapi menurut saya widget ini wajib dipasang di blog.

Hanya saja untuk pemasangannya cukup pada halaman postingan saja tidak perlu dipasang di homepage. Selain di homepage sudah menampilkan artikel terbaru anda, hal ini juga untuk mempercepat loading blog anda.

Sebaiknya anda baca juga : Cara Menampilkan Widget Hanya di Homepage atau Halaman Posting

Kalau anda menggunakan widget default Blogger, anda bisa pilih widget Feed untuk memasang recent post ini.

Untuk panduan membuat recent post, silahkan baca : Cara Membuat Recent Post Widget Keren di Blog

5. Laman

Kalau ketiga widget di atas biasanya diletakkan di bagian sidebar blog, maka widget laman biasanya ditempatkan di bawah header.

Laman atau sering disebut dengan Menu ini biasanya terdiri dari About, Contact, Privacy dan Sitemap. Dengan adanya widget laman ini akan meningkatkan kredibilitas blog anda dimata pengunjung dan mesin pencari karena blog anda dianggap blog yang benar-benar dikelola secara profesional bukan blog spam.

6. Search (kolom pencarian)

Kalau di template anda belum memiliki tombol atau kolom search ini, sebaiknya langsung anada pasang. Dengan adanya kolom pencarian seseorang yang tidak akan bingung mencari sebuah artikel di blog anda, hanya tinggal memasukkan kata kunci yang ingin dicari dan blog anda secara otomatis akan menyajikan apa yang pengunjung cari.

Untuk membuat widget search, anda bisa baca : Cara Membuat Widget Search Box/Kotak Pencarian Responsive di Blog

Memang tampilan beberapa widget bawaan Blogger ini terkesan sederhana, tetapi saya kira sudah cukup untuk memudahkan navigasi blog. Kalau anda kurang puas dengan tampilan yang ada, silahkan anda modifikasi tampilan widget-widget tersebut sesuai selera anda dengan beberapa penambahan kode javascript yang bisa anda cari di google.

Kesimpulan
Dari beberapa blog yang saya miliki semuanya menggunakan 6 widget itu, selain membuat loading blog tidak berat juga sangat baik untuk mempermudah navigasi pengunjung.

Saran terakhir dari saya, jika anda ingin daftarkan blog ke Adsense coba pasang 6 widget itu saja dan pastikan anda membuat artikel berkualitas.

Demikian sedikit informasi mengenai beberapa widget yang wajib dipasang di blog untuk daftar adsense, semoga bermanfaat untuk anda, teman-teman Blogger.

7 comments:

  1. Oooo, ada aturan pemasangan widget ternyata, harus pasang berarti kalau mendaftar adsense ya suhu? kalau gak pasang pasti ditolak, pantas saya gak punya adsense...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aturan resmi dari Google sih nggak ada cuman sesuai dengan pernyataan google bahwa blog harus memiliki navigasi yg baik, maka 6 widget diatas menurut saya juga wajib dipasang karena memudahkan pengguna dalam menelusuri konten

      Delete
  2. Hmm.. Masih menunggu blog archive tapi yang mengurutkan kategori.. Bukan tanggal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya di pengaturan default widget blog archive tidak ada urutan kategori mas Angga itu nanti masuknya ke widget Labels. Kalau blog archive hanya berdasarkan tanggal publish mas...

      Delete
  3. bang boss, pada agan diterima menggunakan templete apa templete yang ini bukan? pakai readmore gak untuk artikel di homepagenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mas Maha Jaya...habis diterima langsung saya ganti templatenya mas...pake readmore juga...tampilannya hampir sama dengan template yg saya gunakan sekarang ini mas

      Delete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya