PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

20 November 2017

Cara Membuat FeedBurner dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Trafik Blog

Cara Membuat FeedBurner - Salah satu fasilitas widget yang disediakan oleh Blogger yang bisa digunakan untuk menjaring pengunjung adalah widget Feed. Feed adalah kependekan dari Feedburner, salah satu layanan yang dimiliki oleh Google. Kenapa widget Feed ini perlu dipasang dan apa manfaatnya untuk blog ?

Untuk menjawab hal tersebut sebaiknya kita bahas terlebih dahulu secara singkat mengenai FeedBurner.

FeedBurner merupakan layanan gratis dari Google yang didirikan sejak 2004 silam yang mempunyai banyak kegunaan terutama untuk meningkatkan trafik dan menjaring visitor untuk loyal kepada blog.

Namun tak bisa dipungkiri, banyak blogger khususnya pemula yang belum paham manfaat dan bagaimana membuat FeedBurner itu sendiri. Dalam kesempatan ini  saya akan memberikan panduan seputar FeedBurner secara lengkap kepada anda.

Oh ya, sebelumnya mungkin anda pernah mendengar yang namanya RSS Feed. Lantas, apa bedanya dengan FeedBurner. Sebenarnya diantara keduanya saling berkaitan.

Apa Itu RSS FeedBurner?
Yang pertama, kita simak dulu pengertian dari RSS. RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication. 

Arti sederhananya adalah sebuah tool atau alat yang akan mengambil konten terbaru dari sebuah situs.

Kemudian RSS Feed adalah fasilitas yang dimiliki oleh setiap blog baik dari berbagai platform entah itu blogspot, WordPress atau yang lainnya, yang disajikan dalam bentuk file xml yang sudah digenerate oleh mesin blog yang bersangkutan.

RSS Feed ini sebagai fasilitator agar mudah dalam mendistribusikan konten artikel postingan kepada pelanggan blog yang bersangkutan

FeedBurner sendiri awalnya adalah layanan tersendiri, namun akhirnya diakusisi oleh Google yang ditujukan khusus untuk pengguna blogger.

Jika merujuk pada penjelasan Wikipedia, FeedBurner merupakan layanan manajemen umpan web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan podcaster serta aplikasi publikasi lain yang berbasis web.

Sementara merujuk pada penjelasan resmi, FeedBurner adalah sebuah web-based tools yang memberikan kita kemudahan untuk mempromosikan dan mengatur segala hal yang berkaitan dengan feed yang dimiliki sebuah blog secara utuh.

Layanan ini menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih.

Kenapa kita perlu menggunakan FeedBurner dan apa manfaat untuk blog? Apalagi blogspot secara defult-kan memiliki layanan feed tersendiri.

Dengan menggunakan FeedBurner anda sebagai pengguna akan diberi kemudahan untuk mempublikasikan konten agar orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe dan pendistribusian feed lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.

Pengguna FeedBurner juga dapat menggunakan beberapa fitur didalamnya untuk menganalisis traffic yang berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai.

Dengan semakin banyaknya subcriber pada blog anda, tentunya akan mempermudah anda dalam menyebarkan konten yang pada akhirnya bisa berdampak pada meningkatnya trafik blog anda.
http://www.panduaneka.com/2017/11/cara-membuat-feedburner-dan-manfaatnya.html

Bagaimana Cara Membuat FeedBurner?

Sebenarnya, saat pertama kali kita membuat blog, Feed telah aktif otomatis. Setiap blogspot memiliki struktur feed seperti ini :
http:// nama-blog-Anda.blogspot.com/feeds/post/default?alt=rss.
Namun feed default blogspot ini tidak memberi kita keleluasaan melakukan optimalisasi. Oleh karena itu, kita perlu membuat atau mendaftarkan blog di FeedBurner. Caranya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

1. Silahkan kunjungi situs feedburner.google.com, lalu login menggunakan email Gmail anda, gunakan akun yang anda pakai diakun blogspot.

Setelah login, pada kotak isian dibawah tulisan Burn a feed right this instant. Isikan blog yang anda ingin daftarkan, lalu klik Next.
Cara Membuat FeedBurner dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Trafik Blog

2. Pada "Identify Feed Source", Pilih jenis source/sumber feed sesuai yang anda inginkan, kalau anda bingung silahkan pilih seperti gambar di bawah, kemudian klik Next.
Cara Membuat FeedBurner dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Trafik Blog

3. Pada halaman "Welcome! Let us burn a feed for you." Secara default FeedBurner telah memberikan title (judul) dan alamat FeedBurner (URL) dari feed baru anda. Anda bisa edit title dan alamat FeedBurner jika dirasa kurang pas dan kemudian klik Next.
Cara Membuat FeedBurner dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Trafik Blog

4. Selanjutnya pada halaman "Congrats! Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little?" langsung saja klik Next, ini hanya informasi ucapan selamat.
Cara Membuat FeedBurner dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Trafik Blog

6. Pada halaman selanjutnya, "Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistics." centang pada bagian Clickthroughs dan I want more! kemudian klik Next.
Cara Membuat FeedBurner dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Trafik Blog

7. Anda akan mendapatkan halaman dengan pesan You have successfully updated the feed "Nama Blog Anda". Berarti anda telah berhasil memperbarui feed blog anda.
Cara Membuat FeedBurner dan Manfaatnya untuk Meningkatkan Trafik Blog

8. Selesai

Kini anda telah berhasil mendaftarkan blog ke FeedBurner, jika ingin melihat alamat FeedBurner anda ketik saja URL seperti ini http://feeds.feedburner.com/PanduanekaBlog (Ganti PanduanekaBlog dengan nama FeedBurner yang anda daftarkan tadi).

Oke, pembuatan FeedBurner telah selesai untuk selanjutnya tinggal kita mengoptimalisasi FeedBurner tersebut. Untuk cara optimalisasi akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Jadi, apabila anda tidak ingin ketinggalan update artikel selanjutnya silahkan menggunakan layanan subscribe box FeedBurner untuk berlangganan artikel lainnya di blog ini secara gratis. Silahkan isikan alamat email anda pada kotak subscribe di bawah postingan ini.

Demikian panduan lengkap cara membuat FeedBurner, semoga bermanfaat dan happy blogging. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya