PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

23 November 2017

6 Cara Mudah Menurunkan Bounce Rate dan Membuat Betah Pengunjung Blog

Cara Cepat Mengurangi Persentase Bounce Rate Blog/Website – Kalau anda melihat informasi di Google analytics pasti anda akan menemukan yang namanya bounce rate. Bounce rate atau rasio pantulan dalam Google analytics dinyatakan dengan persentase. Bounce rate menjadi salah satu indikator seberapa baik blog anda.

Bounce rate sendiri didasari pada perilaku pengunjung yang membuka halaman blog melalui mesin pencari namun tidak membuka halaman lain. Sederhananya, semakin banyak pengunjung yang keluar tanpa membuka halaman lain di blog maka nilai persentase bounce rate juga semakin tinggi. Artinya, semakin kecil persentase bounce rate semakin bagus blog anda. Mengapa bisa demikian ?

Dugaan yang paling mungkin adalah pengunjung enggan atau tidak bisa menemukan konten maupun halaman yang dicarinya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor :

  • Anda tidak menyediakan konten yang cukup, dalam arti mungkin jumlahnya sedikit atau artikel hanya memuat isi materi yang pendek
  • Navigasi blog yang sulit
  • Desain dan layout template blog yang tidak menarik
  • Faktor kecepatan loading blog yang lambat.

Beberapa faktor di atas sangat memungkinkan bounce rate blog anda tinggi, karena membuat pengunjung tidak nyaman ketika mengakses blog anda. Faktor UX (user experience) menjadi kunci untuk menurunkan bounce rate sekaligus meningkatkan trafik blog anda.

Semakin pengunjung nyaman di blog anda bisa menjadi tolak ukur bagi mesin pencari untuk menomor satukan blog anda.
6 Cara Mudah Menurunkan Bounce Rate dan Membuat Betah Pengunjung Blog


Oke, sebelum kita lanjut sebaiknya anda cek dulu bounce rate blog anda di Google analytics. Kalau persentasenya masih tinggi sebaiknya anda simak artikel ini sampai selesai, tetapi jika sudah rendah anda boleh tidak meneruskan membacanya.

Mungkin anda bertanya, berapa sih idealnya nilai bounce rate itu ?
Sebenarnya tidak ada patokan pasti berapa nilai ideal bounce rate itu, banyak yang menyarankan bounce rate yang ideal itu tidak boleh lebih dari 20%. Tetapi kembali lagi ke blog anda, jika blog anda misalnya dipenuhi dengan iklan-iklan kemungkinan nilai bounce rate akan menjadi tinggi.

6 Cara Mudah Menurunkan Bounce Rate dan Membuat Betah Pengunjung Blog

Tinggi rendahnya bounce rate sebaiknya dipantau secara real time agar anda tahu konten-konten yang anda sajikan benar-benar disukai pembaca, sehingga pembaca tidak akan puas dengan satu halaman konten saja tetapi mau mengeksplorasi konten-konten lain dalam blog anda.

Cara mudah menurunkan bounce rate blog/website

1. Berikan konten yang disukai pembaca

Coba anda suruh teman atau adik anda untuk baca artikel yang anda buat, apakah mereka merasa suka ? Kalau ya, berarti blog anda berpotensi untuk melejit. Mungkin selama ini, anda merasa membuat artikel itu berat dan susah. Memang betul, kalau anda terlalu terbebani dengan yang namanya SEO.

Apakah SEO tidak penting dalam pembuatan artikel ?

Penting, tapi sebaiknya kesampingkan dulu.

Kalau anda masih baru di dunia blog sebaiknya kesampingkan dulu teknik-teknik SEO, buatlah artikel yang natural, mengalir dari pemikiran anda sendiri. Setelah artikel anda selesai anda tulis baru anda beri sentuhan SEO sedikit untuk porsi mesin pencari.

Kalau anda terlalu memikirkan SEO pada akhirnya anda hanya akan membuat artikel yang mungkin pada waktu itu baik di mata mesin pencari tetapi belum tentu enak dibaca oleh pengunjung blog anda.
Ingat, blog adalah konten. Konten disajikan untuk dibaca pengunjung. Jadi, buatlah pengunjung anda suka dengan artikel-artikel yang anda sajikan.

Sebenarnya membuat konten yang enak dibaca dan disukai pembacanya itu mudah, kalau tidak percaya silahkan baca 2 Cara Paling Efektif Menulis Artikel yang Enak Dibaca

Yakinlah, konten yang enak dibaca dan disukai pembacanya akan tetap diminati dalam jangka waktu yang lama.

2. Perhatikan desain dan tampilan blog 

Kata orang, jatuh cinta pada pandangan pertama. Begitu pula dengan blog. Meskipun konten anda terlihat menarik tetapi tampilan blog anda terkesan kurang sedap dipandang, pengunjung berpotensi membatalkan niatnya membaca konten anda.

Saya sering menjumpai saat browsing di Google, sebenarnya artikelnya menarik tetapi saya batalkan membaca karena setelah saya buka tampilan blognya sangat tidak bersahabat dengan mata, entah karena pemilihan warna yang kurang pas, tata letak yang kurang rapi atau malah penuh dengan aneka gambar yang tidak perlu.

Jadi perhatikan tampilan blog anda, pilihlah template yang sederhana, responsive, mobile friendly, perhatikan juga jenis dan ukuran font, perbaiki navigasi dan tata letak, dan jangan lupa cek struktur template yang valid.

3. Percepat kecepatan loading blog

Apa yang anda rasakan ketika ingin membuka situs tetapi loadingnya lama sekali. 90% saya yakin pasti anda akan tutup situs tersebut sebelum sempat terbuka. Jangan sampai pengalaman seperti itu terjadi pada blog anda.

Loading blog yang cepat tentunya akan memberi kenyamanan bagi pengunjung dalam mengakses seluruh konten-konten yang ada. Optimalkan kecepatan loading dalam segala perangkat baik desktop maupun mobile. Cek kecepatan blog anda di beberapa tools gratis seperti GTMetrix, Thinkwithgoogle atau Pagespeed Insight.

Kecepatan situs menjadi fokus Google saat ini hingga memunculkan program AMP walaupun sampai saat ini masih belum maksimal. Tetapi ke depan saya yakin, blog/situs yang memiliki kecepatan loading yang baiklah yang akan berpotensi dinomorsatukan oleh Google.

Sebaiknya anda baca 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

4. Perbaiki navigasi blog

Saya sering membaca thread dari teman-teman blogger di beberapa forum tentang permohonan Adsense-nya ditolak dengan alasan konten tidak memadai. Kalau anda lihat dalam penolakan yang diberikan Google tersebut ada pernyataan bahwa “"Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari".

Bagaimana cara membuat navigasi yang baik itu ? Salah satunya dengan menambahkan widget pada blog. Yang perlu diperhatikan dalam memasang widget, jangan terlalu banyak memasang widget yang sekiranya tidak terlalu penting karena akan memberatkan loading blog.

Cukup pasang widget yang bisa memudahkan pengunjung menjangkau konten-konten anda. Ada beberapa widget yang sebaiknya anda pasang, apalagi jika anda berniat mendaftarkan blog anda ke Adsense.

Untuk penjelasan terkait tentang widget ini silahkan  anda baca 6 Widget yang Wajib Dipasang di Blog Agar Mudah Diterima Adsense

Di samping memasang widget, ada baiknya juga bila anda memasang related post atau artikel terkait di blog anda. Anda bisa membuat dan memasangnya di dalam postingan, di bawah postingan atau di kedua-duanya.

Kalau anda ingin membuat related post ini silahkan anda ikuti panduan cara membuat related post/artikel terkait di dalam postingan otomatis yang telah saya buat.

5. Gunakan internal link dan anchor text yang relevan

Internal link dan anchor text merupakan salah satu teknik Optimasi SEO On Page yang bisa anda terapkan waktu membuat artikel untuk menurunkan rasio pentalan. Namun hati-hati, penggunaan anchor text dan internal link harus rapi, relevan, tidak berlebihan dan sebisa mungkin mengikuti alur pembahasan artikel anda

Dengan demikian pengunjung akan tergugah untuk mengklik link yang mengarah ke artikel lain  tersebut karena merasa ada keterkaitan dengan topik yang sedang dibacanya.

Satu hal lagi, jangan pernah membuat internal link atau anchor text yang mengarah ke halaman yang sama karena hal itu sebenarnya dilarang oleh Google dan juga bisa membuat pengunjung blog anda jengkel dan kecewa.

6. Hindari penggunaan iklan yang berlebihan

Hal ini biasanya sering terjadi pada teman-teman blogger yang baru pertama kali diterima Adsense atau berniat mendapatkan uang dari iklan mandiri. Khusus untuk pemasangan iklan Adsense sendiri sebenarnya sampai saat ini saya belum tahu ada patokan pasti atau tidak tentang jumlah iklan yang boleh dipasang dalam satu konten, karena Google sendiri setahu saya memang tidak memberikan batasan.

Ada yang menyarankan cukup pasang 3 saja tetapi tidak jarang saya jumpai di beberapa blog ada yang memasang sampai 5-6 iklan. Menurut saya pribadi idealnya cukup 3-4 iklan, tinggal disesuaikan dengan panjang pendeknya artikel anda.

Oh ya, hindari penggunaan iklan pop up atau melayang. Anda mungkin pernah menjumpai iklan pop up waktu berkunjung ke suatu situs. Apa perasaan anda? Kemungkinan jengkel.

Jangankan iklan pop up, iklan biasa saja terkadang membuat sebagian dari kita tidak senang. Iya kan?

Buktinya banyak teman-teman blogger yang pasang anti AdBlock atau pasang Redirect untuk mensiasati banyaknya orang yang mengakses situs/blog melalui UC Browser yang terkenal anti iklan ini.

Jadi, jangan hanya karena ingin mendapat penghasilan lebih dari iklan lantas anda mengesampingkan kenyamanan pengunjung blog.

Demikian ulasan yang bisa saya berikan mengenai cara menurunkan bounce rate. Semoga dengan menerapkan beberapa langkah diatas bounce rate blog anda akan semakin ramping. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai.


4 comments:

  1. Mantap....jelas banget alias gamblang mas...btw dah lama ga maen ternyata dah berubah tampilannya nih...smoga tambah sukses pandu aneka...josss��

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas Mike udah singgah...ya mas template saya ganti soale yang kemarin ada yang error mau ubek-ubek lagi males jadi sekalian ganti aja

    ReplyDelete
  3. sangat mempengaruhi kesehatan blog ya mas kalau skor bounce ratenya tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas Budi bounce rate merupakan salah satu indikasi seberapa besar pengunjung menyukai blog dan konten yang disajikan. semakin kecil nilai bounce rate berarti pengunjung suka dengan blog kita. Sebenarnya masih banyak komponen untuk mengukur seberapa baik performa blog kita lewat Google analytics...kebetulan juga sudah saya bahas di blog ini juga mas

      Delete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya