PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

10 October 2017

5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Saya rasa setiap blogger pasti menginginkan performa blognya baik. Untuk melihat performa blog kita baik atau tidak, ada beberapa alat yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah Google Analytics.

Google Analytics merupakan tool yang sangat baik untuk menganalisa blog/website, namun ternyata masih banyak para blogger khususnya pemula yang belum memahami komponen-komponen atau fitur yang ada didalamnya, sehingga sering diabaikan.

Pada artikel kali ini, saya akan mengulas beberapa komponen penting dalam Google Analytics untuk mengukur performa blog. Saya akan mengulas tentang laporan standard Google Analytics, bagaimana menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan pengunjung website dan menjalin hubungan dengan para pengunjung berdasarkan komponen-komponen yang ada didalamnya.

Oh ya, ngomong-ngomong sebelum kita lanjut pembahasannya, apakah blog anda sudah didaftarkan ke Google Analytics ? Jika belum silahkan daftar dahulu. Kalau anda belum tahu caranya, silahkan baca Cara Daftar dan Memasang Google Analytics di Blog (Versi Terbaru) 
5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Mengukur performa blog dengan Google Analytics

Oke, saya anggap blog anda sudah didaftarkan ke Google Analytics, selanjutnya silahkan login ke Google Analytics dengan akun anda.

Apa yang anda dapatkan ? Deretan angka-angka dan data statistik yang bagi sebagian blogger malah dianggap membingungkan, termasuk saya dahulu.

Jangan bingung dahulu, untuk membaca dan menganalisa data statistik yang disajikan Google Analytics, ada beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan landasan untuk menganalisa data-data tersebut.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat dicari jawabannya dengan Google Analytics:

  • Bagaimana cara mengetahui pengunjung blog atau website anda?
  • Bagaimana pengunjung menemukan blog anda?
  • Arikel atau posting apa saja yang disukai pengunjung situs anda?
  • Seberapa cepat akses atau loading blog anda diakses pengunjung?
  • Apa yang sedang terjadi pada blog anda saat ini?
  • Bagaimana meningkatkan pengunjung blog anda?

Sebetulnya ada banyak sekali informasi yang bisa kita gali dari Google Analytics. Tapi dari berbagai poin pengukuran di layanan gratis ini, ada 5 komponen yang bisa jadi pertimbangan untuk menilai performa blog dan menjawab pertanyaan di atas. Untuk periode pemantauan bisa dilakukan pada periode 30 hari atau 1 bulan.

1. Audience 

Di bagian ini anda bisa mempoleh jawaban bagaimana cara mengetahui pengunjung blog atau website anda.

Umpamanya pada Audience > Overview anda bisa melihat di bagian Sessions menunjukkan jumlah kunjungan ke situs, lazim dikenal dengan istilah jumlah visitor. Sementara Users lebih detail lain, merujuk pada jumlah orang yang mengunjungi blog anda (unique visitor).
5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Gambaran mudahnya, kalau anda memiliki 600 Sessions dan 300 Users, maka artinya rata-rata pengunjung situs mengakses situs sebanyak 2 kali dalam periode tertentu.

Dari laporan audience juga, anda akan dapat menemukan lokasi dari pengunjung blog anda, teknologi yang mereka gunakan untuk mengakses website dan informasi menarik lainnya.

Sebagai contoh, apakah blog anda sudah mobile friendly atau belum? Perlukah blog anda mobile friendly? Anda dapat menemukannya melalui menu Audience > Mobile > Overview untuk mengetahui perangkat apa yang paling banyak digunakan untuk mengakses blog anda.
5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Kemudian pada menu Devices, anda akan melihat perangkat apa saja yang sering digunakan oleh visitor blog anda.

Anda ingin tahu kira-kira browser apa yang sering digunakan untuk mengakses blog anda? Anda dapat menemukannya pada menu Technology > Browser & OS, disana anda dapat menemukan informasi mengenai browser yang sering digunakan pengunjung.
5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Sehingga anda bisa mempertimbangkan untuk memasang redirect atau fitur anti AdBlock pada blog anda misalnya, jika ternyata browser yang paling banyak digunakan adalah UC Browser yang terkenal dengan fitur anti AdBlocknya yang handal.

Sebaiknya anda baca juga : Cara Redirect Otomatis UC Browser ke Google Chrome dengan Script Anti Adblock

Masih banyak informasi lain di menu Audience yang bisa anda analisa termasuk provider apa yang sering digunakan pengunjung anda.

2. Acquisition

Pada komponen ini bisa anda pergunakan untuk mencari jawaban pada pertanyaan bagaimana pengunjung menemukan blog anda.

Di bagian ini anda bisa melihat laporan tentang sumber traffic website yaitu sumber dari semua traffic dan yang berasal dari laporan.
5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

All Traffic 
Akan memberikan informasi bagaimana pengunjung menemukan blog anda. Menu tersebut memuat semua informasi dari Direct, yaitu dimana seseorang langsung mengetikkan URL blog anda di browser hingga dari mesin pencari termasuk Google dan Bing.

Referrals 
Berisi informasi laporan khsusus pengunjung yang datang melalui sebuah link website lain ke situs anda.

Jika anda melakukan link building atau melakukan share blog anda di forum maka anda dapat menggunakan informasi Referrals ini untuk melakukan analisa apakah yang anda lakukan tersebut mendatangkan traffic di situs anda atau tidak.

Jika anda menggunakan social media seperti facebook maka anda juga dapat melihat informasi apakah mereka mengunjungi blog anda atau tidak.

Selain itu, jika anda ingin menggali informasi lebih dalam mengenai traffic dari social media maka anda bisa melihat laporan pada menu Social. Menu social akan menunjukkan tentang masing-masing social media yang mendatangkan traffic di blog anda.

Dengan menganalisa pada menu Acquisition, kita bisa melihat apakah kegiatan distribusi konten kita di media sosial atau saluran lain cukup efektif atau tidak.  Disitu akan muncul sumber yang mudah dikenali seperti Facebook, LinkedIn, Google+, atau Twitter yang biasanya muncul sebagai t.co.

Terkadang juga kita menemukan sumber yang terlihat aneh, seperti .xyz. Sumber semacam ini bisa kita abaikan saja, karena bisa dipastikan hanya upaya pembajakan traffic lewat aktivasi bot.

3. Behavior

Bagian ini menampilkan informasi tentang laman terpopuler atau yang paling banyak dikunjungi pada blog kita. Menu ini bisa anda pakai untuk menjawab pertanyaan postingan apa yang paling disukai pengunjung blog anda. Menurut saya informasi ini penting untuk diketahui, agar kita bisa mempelajari tipikal laman (atau konten) yang disukai pengunjung blog kita.

Selain itu, dengan mengetahui laman terpopuler ini, kita bisa mengoptimalkannya dengan meletakkan ajakan  (call to action) untuk bergabung sebagai pelanggan blog lewat metode subscribe, promosi event, dan sebagainya.

Anda bisa melihat laporan mengenai postingan paling banyak diakses pengunjung pada menu Behavior > Site Content > All Pages.

All Pages akan memberikan informasi terkait dengan halaman dan postingan yang paling banyak dikunjungi di situs anda. Menu tersebut juga akan memberikan informasi tentang waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di halaman tersebut, bounce rate (rasio pentalan) dan persentase exit dalam laporan standard.
5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Berikut sedikit penjelasan tentang masing-masing informasi tersebut:

Pageviews/Unique Pageviews 
Merupakan informasi mengenai jumlah pengunjung blog anda. Pageviews adalah jumlah halaman blog anda diakses, unique pageviews adalah jumlah halaman situs anda diakses oleh unique visitor (pengunjung yang berbeda). Jadi, jika satu orang pengunjung mengakses halaman pada situs anda dua kali, maka akan dihitung sebagai dua (2) pageviews dan dihitung satu (1) sebagai Unique Pageview.

Avg. Time on Page 
Adalah data tentang lamanya seorang pengunjung berada di halaman tersebut. Informasi ini akan berguna untuk mengetahui halaman/postingan mana yang menarik bagi pengunjung anda sehingga meluangkan waktu yang lama di halaman tersebut.

Jika anda melihat rata-rata waktu yang dihabiskan di halaman tersebut hanya beberapa detik maka mungkin bisa saja terjadi karena artikel anda kurang menarik atau isi artikel pendek. Hanya anda sebagai pemilik blog yang mengetahui hal ini.

Bounce Rate 
Merupakan informasi yang menunjukkan persentase dari pengujung blog anda yang mengunjungi satu halaman saja ketika mengakses situs anda. Misalnya, seorang pengunjung hanya mengakses satu halaman dan langsung menutup browsernya tanpa membuka halaman lain di blog anda.

Semua informasi diatas sangat penting dan Avg. Time adalah hal yang paling penting untuk menilai artikel dari blog anda. Semakin lama pengunjung berada di artikel tersebut berarti artikel anda semakin bagus.

Secara umum, standarnya seseorang akan menghabiskan waktu hingga satu menit untuk 130 kata. Anda dapat menggunakan parameter tersebut untuk mengambil kesimpulan apakah pengunjung membaca artikel anda secara keseluruhan atau hanya melewatinya setelah beberapa waktu (scanning saja).

Kecepatan akses sebuah blog juga sangat penting untuk diperhatikan. Anda harus memastikan pengunjung tidak menunggu waktu yang lama untuk mengakses blog anda. Anda dapat melakukan test kecepatan blog anda dengan beberapa tools seperti Google Pagespeed Insight.

Pada menu Behavior->Site Speed-> Page Timings anda akan mendapati jawaban dari pertanyaan seberapa cepat blog anda itu sebenarnya. Di menu tersebut  anda dapat melihat seberapa lama waktu yang diperlukan untuk mengakses halaman situs anda.
5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics

Kalau blog anda ternyata loadingnya masih lamban, silahkan baca panduan cara mengatasinya di 11 Cara Mempercepat Loading Blog untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

4. Real Time

Menu Real Time di Google Analytics akan memberikan informasi dan menjawabpertanyaan apa yang terjadi dengan blog anda saat ini.

Pada menu ini kita bisa melihat siapa pengunjung yang sedang berada di blog anda saat ini, apa yang mereka baca dan dari mana pengunjung tersebut berasal.

5. Conversion

Menu ini berguna untuk mengatur dan mengukur seberapa efektif pengelolaan blog kita. Caranya pun mudah, kita tinggal menentukan apa target kita terkait aktivitas pengunjung. Apakah jumlah transaksi atau donasi? Partisipasi terhadap situs? Pendaftaran email? Atau engagement, seperti sebaran ke media sosial?

Menentukan target bisa membuat pengelolaan blog yang dilakukan lebih terarah dan memiliki orientasi yang jelas, sehingga kita pun bisa terus mengembangkan kualitas situs berdasarkan data yang diketahui.

Bagaimana meningkatkan pengunjung blog anda?
Berdasarkan informasi yang anda dapat dari beberapa menu diatas, maka sekarang anda menganalisa bagaimana kinerja blog anda. Misalnya berdasarkan informasi dari menu Acquisition dan Behaviour anda bisa mengetahui bagaimana pengunjung menemukan blog anda, maka anda bisa mengetahui bagaimana meningkatkan trafik blog anda.

Jika anda menghabiskan waktu beberapa jam di Facebook dan dalam sebulan hanya memberikan sedikit traffic  pada blog anda maka anda harus melakukan evaluasi akan hal tersebut. Namun, jika anda menghabiskan waktu beberapa menit saja di Google+ dan mendatangkan banyak traffic maka anda perlu menghabiskan banyak waktu lagi di Google+ untuk meningkatkan lebih banyak pengunjung.

Apakah ada artikel anda yang menarik pengguna social media? jika ada, maka anda harus mencoba membuat artikel yang memiliki keterkaitan atau memiliki topik yang sama dengan artikel tersebut dan mempromosikannya di social media.

Memahami laporan Google Analytics sangatlah penting. Apa yang kami jelaskan pada 5 Komponen Penting Untuk Mengukur Performa Blog dengan Google Analytics ini merupakan dasar untuk memahami Google Analytics. Semakin anda sering menggunakannya maka akan semakin paham dengan banyaknya informasi data yang anda dapatkan untuk meningkatkan kinerja dan trafik blog anda.

Demikian beberapa komponen yang penting saat mengukur performa blog dengan Google Analytics. Melakukannya satu kali atau sesekali tidak cukup, sebaiknya anda memantaunya secara rutin, bisa mingguan atau bulanan.

Hal ini mesti dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan pembelajaran maksimal dari data hasil penjaringan Google Analytics. Memang ada banyak menu dan pilihan informasi lain yang tersedia.

Tidak perlu langsung berusaha memahami semuanya, lakukan secara bertahap, dengan fokus memahami pembaca kita saat mengakses blog yang kita kelola.

Makin baik kita melakukannya, makin besar pula peluang kita menjaga minat pengunjung dan meningkatkan jumlahnya secara terus menerus.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir artikel ini, jika berkenan silahkan share melalui media sosial yang tersedia di bawah ini. Jika anda ada pertanyaan atau informasi lain mengenai isi artikel ini silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia.

6 comments:

  1. yg no 5 om saya blm paham cara mengaturnya gimana ya

    ReplyDelete
  2. Sama... Bagian nomer lima belum bisa saya terapkan untuk blog saya.bisa tolong lebih spesifik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpelnya conversion merupakan data yang diperoleh dari aksi pengunjung, misalnya saja mas irvan dan mas kojek punya blog toko online, maka conversion adalah data pembelian barang yang mas jual (pengunjung klik tombol "Beli", dan melakukan pembelian, ini disebut conversion). jadi dengan data ini mempermudah kita menentukan tujuan yang ingin dicapai blog kita, misalnya untuk meningkatkan penjualan, memperbanyak list building dsb. Insyaalloh nanti akan saya buat artikel lebih lengkapnya mas tentang hal ini, doakan saja segera publish mas

      Delete
  3. masukan yang bagus ni, terimakasih infonya

    ReplyDelete
  4. Baru nyadar, sudah lama nggak buka-buka Google Analytics lagi. Terima kasih infonya!

    ReplyDelete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya