PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

22 September 2017

7 Poin Penting yang Akan Membuat Tulisan Anda Menjadi Berkualitas

Aktivitas menulis hampir semua orang bisa melakukannya. Namun, ternyata untuk merangkai kata menjadi tulisan berkualitas tidak semua orang mampu membuatnya. Ada banyak tips dan panduan tentang teknik menulis atau hal apa yang membuat tulisan bisa dikatakan memiliki kualitas yang baik.

Lantas apa tulisan berkualitas itu ?
Sebenarnya kriteria suatu tulisan dianggap berkualitas atau tidak bisa dilihat dari sisi pembacanya :

1. Pembaca betah membaca sampai selesai dan puas dengan tulisan anda

2. Mampu memberikan solusi untuk sebuah masalah. 
Misalnya anda menulis artikel tentang langkah-langkah membuat blog. Pembaca yang ingin membuat blog menjadi terbantu setelah baca tulisan anda.

3. Mampu memberikan bimbingan atau panduan. 
Pembaca blog anda akan merasa mendapat sebuah panduan lengkap tentang sesuatu yang mereka inginkan.

4. Mampu memberikan inspirasi orang lain untuk melakukan sebuah tindakan. 
Fokuslah untuk menyajikan konten untuk pembaca blog anda. Lalu tulis ajakan agar mereka melakukan seperti apa  yang anda tulis. Tentu pembaca yang percaya kepada anda sebagai seorang yang lebih berpengalaman akan dengan penuh percaya diri melakukannya.

Jika tulisan anda minimal memenuhi salah satu kriteria tersebut, tulisan anda sudah bisa dianggap tulisan yang berkualitas.
7 Poin Penting yang Akan Membuat Tulisan Anda Menjadi Berkualitas

Membuat tulisan berkualitas yang user experience

Tapi bagaimana cara membuat tulisan kita menjadi berkualitas ?
Mengacu pada algoritma Google sekarang yang lebih mengutamakan user experience. Sebenarnya dalam membuat artikel berkualitas, sangat sederhana.

Lupakan dulu segala macam tentang SEO, anda hanya perlu memberikan pengunjung blog anda artikel yang bermanfaat bagi mereka. Berikan user experience yang baik bagi pembaca agar blog anda disukai.

Silahkan baca juga : 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

Mungkin anda dapat menyimak apa yang dirangkum oleh praktisi content marketing Ann Handley tentang hal-hal yang mesti terkadung dalam tulisan yang berkualitas.

Ia mengulas hal-hal yang perlu ada dalam sebuah tulisan berkualitas berdasarkan pengalamannya sebagai profesional di bidang editing dan penulisan selama 25 tahun yang kemudian ia tuangkan menjadi kerangka penulisan bukunya Everybody Writes.

Apa yang dirangkum oleh Ann Handley setidaknya bisa berguna untuk membantu menilai tulisan yang kita buat.

Berikut daftarnya :

1. Melayani kebutuhan pembaca

Tulisan yang baik itu melayani pertanyaan pembaca, bukan penulis.

Pada saat membuat artikel, penulis yang menyadari akan hal itu biasanya bersikap tidak puas dengan apa yang ditulisnya. Ia akan menempatkan dirinya sebagai pembaca, dan mempertanyakan berbagai hal terkait tulisannya.

2. Sertakan data pendukung

Menyertakan data pendukung yang valid akan membuat konten yang ditulis menjadi kaya materi dan sumber, sekaligus meningkatkan kredibiltas penulis.

Memberikan data dengan fakta, entah itu hasil studi, wawancara, atau data dari pihak lain yang kredibel, bisa membuat sebuah tulisan dengan topik ringan menjadi penting.

Pikiran, ide atau opini penulis bisa merupakan pokok dalam sebuah tulisan, tapi dengan dukungan data atau fakta yang teruji membuat konten itu makin jelas dan menarik.

3. Mendidik

Kualitas bacaan menjadi semakin tinggi nilainya jika bisa menjelaskan sesuatu yang mencerahkan pembacanya; isinya membuat kita jadi makin jernih melihat atau memahami sesuatu, sekalipun hanya sekadar ulasan produk/jasa.

4. Melengkapi dengan perspektif lain

Tulisan dari satu sudut pandang sebenarnya sah-sah saja, tetapi akan lebih menarik jika ditambah dengan sudut pandang yang berbeda sehingga pembaca memiliki gambaran lain dan bisa membandingkannya mana yang lebih baik.

5. Diulas lagi sebelum benar-benar tuntas

Terkadang setelah kita membaca postingan yang telah kita buat merasa ada yang masih kurang. Memang tulisan yang pertama kali dihasilkan biasanya masih mentah. Untuk membuatnya menjadi lebih baik, bacaannya mengalir dan enak dibaca, tulisan perlu dibaca lagi untuk kemudian diulas kembali (rewriting).

Kalau topik anda memang harus diulas dengan panjang lebar, lebih baik anda buat menjadi beberapa artikel agar pengunjung anda tidak lelah membacanya.

Ya, menulis memang melelahkan dan bukan sesuatu yang mudah dikerjakan. Perlu ketelitian dan ketekunan untuk menghasilkan artikel berkualitas yang disukai pembaca.

6. Dibuat dengan cermat dan penuh perhitungan

Menulis juga ada proses dalam pembuatannya. Menulis itu seperti matematika yang harus mengalami proses menjumlah, membagi bahkan mengkali untuk mendapatkan suatu hasil/jumlah. Setidaknya ada dua hal yang menegaskan kesimpulan itu.

  • Menulis memiliki keteraturan logika dan struktur. Tulisan yang enak dibaca biasanya dibuat dengan cermat, teliti, dan hati-hati.
  • Menulis adalah cabang ilmu yang bisa dipelajari, seperti halnya aljabar dalam matematika menulis juga punya ilmu jurnalistik.

Profesor dalam bidang jurnalistik Matt Waite lewat esainya yang berjudul How I Faced My Fears and Learned To Be Good at Math mengatakan,
Perbedaan antara ahli matematika dengan yang tidak bisa matematika adalah kerja keras. Yang perlu dilakukan adalah mencoba, mencoba lagi, mencoba lebih keras, terus menerus, lebih dari yang biasa kita lakukan.
Begitupun dengan menulis.

Untuk memudahkan proses dalam menulis, maka perlu membuat kerangka tulisan apa saja yang akan dituangkan dalam artikel nantinya.

Dengan membuat kerangka tulisan terlebih dahulu, langkah-langkah dalam penulisan artikel akan terstruktur dan sistematis.

7. Simpel, tapi tidak menggampangkan

Hidup ini sudah rumit, apalagi bisnis juga sama rumitnya, tetapi jangan sampai tulisan anda juga rumit dibaca pengunjung blog anda. Karena tulisan yang bagus adalah yang mampu menyederhanakan hal yang sangat kompleks.

Tulisan anda harus mudah dipahami pembaca, tapi bukan berarti lantas anda membuat artikel yang hanya sepotong-potong saja.

Buat bahasan yang lengkap tetapi dengan gaya bahasa yang simpel jangan hanya dipenuhi dengan pengulangan kata dan bumbu kata-kata yang tidak ada kaitannya dengan topik bahasan
Anggap pembaca tidak tahu apa-apa, tapi jangan pikir mereka bodoh.
Hindari kata atau istilah yang rumit, cari sinonim kata yang lebih umum jika bertemu kata yang dirasa sulit dipahami semua orang.

Dengan menerapkan ke 7 poin di atas, artikel anda berpotensi untuk disukai pembaca karena bermanfaat dan memberikan pengalaman yang baik untuk mereka.

Demikian sedikit ulasan bagaimana membuat tulisan menjadi berkualitas, semoga bermanfaat dalam membantu anda membuat artikel berkualitas di blog anda masing-masing. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya