PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

12 September 2017

SEO On Page dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO pada Blog

Panduan cara optimasi SEO sebenarnya telah banyak di internet, tetapi terkadang malah membingungkan bagi para blogger. Buktinya bagaimana performa blog anda saat ini ? Sudahkah mendapatkan hasil yang memuaskan?

Jika blog anda masih belum mencapai target yang anda inginkan, mungkin anda belum melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang benar untuk meningkatkan peringkat blog anda. Jangan biarkan aktivitas blogging anda berlalu tanpa menghasilkan kesuksesan yang lebih dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Seorang blogger pasti tidak asing dengan istilah SEO. Bahkan ada yang mengatakan SEO adalah ilmu yang wajib dikuasai oleh para blogger kalau ingin sukses dalam dunia blogging. Ya, blog harus SEO Friendly untuk meningkatkan peringkat blog di mesin pencari.

Tapi bagaimana caranya agar blog kita menjadi SEO Friendly ?

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut kita pahami dulu, apakah SEO untuk blog itu ?

Secara singkat, SEO (search engine optimization) untuk blog adalah teknik optimasi yang digunakan untuk meningkatkan peringkat sebuah blog dimata mesin pencari (search engine). Semakin tinggi peringkat blog dimata mesin pencari, maka semakin besar peluang mendapatkan trafik pengunjung.

Saat ini mesin pencari khususnya Google Search Engine melihat kinerja sebuah blog dari dua elemen yaitu konten dan blog itu sendiri.

Dengan pembaruan algoritma Google saat ini, mesin pencari paling populer ini semakin pintar daripada sebelumnya. Dulu, kita bisa menggunakan jurus akal-akalan (blackhat) SEO untuk meraih pageone di mesin pencari. Tetapi sekarang hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan lagi karena Google lebih mementingkan user experience dan user engagement.

Jadi dari segi konten anda harus membuat artikel berkualitas yang bermanfaat dan memberikan pengalaman yang berguna bagi pembaca.

Mau artikel anda disukai pembaca? Silahkan baca : 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

Sedang untuk optimasi SEO pada blog sendiri ada 2 jenis optimasi yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari (search engine).

  • Optimasi on-page atau optimasi dalam halaman blog. 
  • Optimasi off-page atau optimasi di luar halaman blog.

Dalam artikel ini saya akan memberi panduan bagaimana membuat blog SEO Friendly berdasarkan dua jenis optimasi yang saya sebutkan di atas.
SEO On Page dan Off Page : Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO pada Blog

Praktek Optimasi SEO On Page dan SEO Off Page Terbaik untuk Blog Anda

1. Optimasi SEO on-page

Dalam optimasi SEO on-page ada dua poin utama yang harus diperhatikan.

  1. Blog attribute 
  2. Content attribute.

A. Blog Attribute

Hal ini berkaitan dengan sesuatu yang melekat pada blog anda. Apa saja blog attribute yang perlu diperhatikan? Blog attribute yang perlu diperhatikan ketika mulai membuat blog atau ingin memaksimalkan SEO blog yang telah anda buat adalah :

1. Pemilihan nama domain   
Nama domain adalah alamat URL blog anda. Misalnya, nama domain blog ini adalah
panduaneka.com.” Meskipun ada anggapan saat ini nama domain tidak lagi terlalu diperhitungkan sebagai elemen utama SEO tetapi tetap memiliki peran dalam SEO.

Kalau dalam SEO dahulu memasukkan kata kunci dalam nama domain merupakan salah satu faktor penting dalam SEO, tetapi untuk saat ini anda tidak perlu terobsesi untuk memasukkan kata kunci anda dalam nama domain.

Misalnya, blog dengan niche memasak tidak harus dengan nama “teknikmemasak.com” atau “rahasiamemasak.” Saat ini, usahakan untuk memilih nama domain mudah diingat dan mudah dilafalkan sebagai brand blog anda.

Anda masih bingung untuk memilih nama domain, sebaiknya baca dulu : 15 Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Blog Baru

2. Nama blog
Kebanyakan para blogger menggunakan nama blog sesuai dengan nama domainnya dan itu sah-sah saja. Tetapi anda juga bisa menggunakan nama blog yang berbeda dengan nama domain blog anda.
Dalam kacamata SEO, meta tag nama blog memiliki peran penting.

Ada baiknya anda menciptakan nama blog sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Misalnya nama blog untuk niche tutorial blogging: Panduaneka: “Aneka Panduan Blog dan Bisnis untuk Anda”.

Meski demikian, jangan menciptakan nama blog yang susah diingat, terlalu umum digunakan atau terlalu panjang.

3. Meta Tag
Secara sederhana, meta tag adalah uraian ringkas mengenai isi blog dan kata kunci yang anda bidik dengan blog anda. Meta tag ibarat kunci rumah yang khusus untuk membuka pintu.

Meta tag menjadi perantara blog kita dengan mesin pencari agar informasi di blog kita bisa dengan mudah terindeks oleh mesin pencari. Informasi yang diberikan blog kita ke Google akan lebih spesifik sehingga setiap kata yang diketikkan di Google Search Engine bisa mengarah ke blog kita.

Dengan cara manual, anda bisa mengatur sendiri deskripsi blog dan kata kunci yang anda inginkan. Panjang deskripsi meta tag sebaiknya tidak lebih dari 80 karakter.

Anda bisa menambahkan meta tag langsung di template, caranya sebagai berikut :
1. Silahkan masuk ke akun Blogger anda
2. Klik Template > Edit Template
3. Cari kode di bawah ini dengan menekan tombol CTR+F
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
4. Lalu copy paste kode di bawah ini tepat setelah kode di atas
<meta content='DESKRIPSI BLOG' name='description'/>
<meta content='KATA KUNCI BLOG' name='keywords'/>

Keterangan :
Deskripsi Blog : Untuk deskripsi blog ini isilah sesuai dengan blog anda. Misal blog tentang investasi, deskripsinya bisa seperti ini " Blog yang memberikan informasi tentang cara berinvestasi yang aman dan menguntungkan". Usahakan panjang deskripsinya antara 150-160 karakter saja.

Kata Kunci Blog : Untuk meta keywordsnya isi dengan kata kunci yang mengacu pada judul blog buat memaksimalkan pencarian di mesin pencari. Misal dari contoh di atas keywordnya bisa digunakan kata "investasi, reksadana, saham, investasi syari’ah, jenis investasi, tips berinvestasi" dan seterusnya. Usahakan keywordsnya jangan terlalu banyak, cukup 8-10 kata saja agar lebih SEO friendly.

Untuk lebih lengkapnya pembahasan mengenai meta tag ini, silahkan baca mengenal meta tag beserta fungsi dan manfaatnya yang telah saya ulas lengkap dalam blog ini.

4. Desain dan layout blog
Desain dan layout blog memiliki nilai cukup penting dalam SEO on-page optimization. Pemilihan template memegang peranan penting agar blog lebih optimal. Kebanyakan template sekarang sebenarnya telah bersifat SEO-friendly dan juga mobile-friendly.

Namun, sebaiknya diperiksa struktur kode untuk konten harus selalu berada di bagian paling atas daripada bagian yang lain.

Jangan abaikan struktur konten anda. Atur header, paragraf, daftar, dan tabel dengan stuktur yang baik sehingga mesin pencari bisa mengerti apa sebenarnya target topik anda. Sebuah blog yang baik memiliki struktur yang meliputi judul topik, bagian pendahuluan, dan kesimpulan yang dibuat dengan susunan paragraf dan tata letak yang baik.

Selain struktur konten, anda juga harus memperhatikan struktur blog secara keseluruhan. Tempatkan konten-konten yang penting pada tempat yang paling mudah dilihat pembaca.
Optimasi SEO On Page dan Off Page : Panduan Lengkap yang Bisa Anda Praktekkan Sekarang Juga!
image from Niagahoster.co.id

Setiap halaman blog memiliki bagian-bagian yang berbeda: header, footer, sidebar, dan lain-lain. Sudah sejak lama, mesin pencari menentukan bahwa bagian terpenting dari sebuah blog berada di bagian main body.

Konten yang diletakkan pada bagian main body (tengah) akan dianggap oleh Google sebagai konten utama yang penting sedangkan teks yang ada pada tempat lain adalah pendukung. Jadi pastikan bahwa template anda mendukung peletakan konten utama pada main body.

5. Optimasi Gambar
Karena Google juga memiliki Search Image, maka dalam optimasi SEO on-page, atribut gambar juga menjadi penting untuk diperhatikan. Dengan memberikan atribut untuk gambar, maka peluang blog anda mendapatkan pengunjung semakin besar selain dari konten.

Misalnya, ketika anda membuat konten disertai gambar orang sedang memotret dan mencantumkan atribut gambar “tips memotret pemandangan,” maka ketika ada orang mengetikkan kata kunci “tips memotret pemandangan” dalam pencarian images Google, maka besar peluang blog anda bisa ditemukan di hasil pencarian.

Lebih jelasnya mengenai optimasi gambar, silahkan baca : Cara Optimasi Gambar Postingan Agar SEO Friendly Secara Otomatis

6. Struktur Heading Tag
Struktur heading H1, H2, atau H3 dalam blog adalah penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten yang akan memberikan nilai tersendiri dalam SEO.

Periksalah semua elemen heading diatas dan manfaatkan untuk membidik kata kunci yang anda inginkan. Tapi, yang perlu diingat, jangan terlalu banyak memasukkan keyword dalam tag heading karena bisa dianggap spam, cukup pada heading H1 atau H2 saja.

B. Content Attribute

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menulis sebuah konten blog adalah:

1. Riset kata kunci (Keywords)
Kata kunci adalah kata yang menjadi topik atau ide utama di dalam sebuah artikel blog. Hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja dalam optimasi SEO adalah riset kata kunci.

Semua hal yang berkaitan dengan SEO berawal dari riset kata kunci yang baik walaupun kata kunci saja tidak cukup kuat untuk membangun pondasi konten.

Kehadiran kata kunci di dalam konten memiliki nilai yang sangat penting. Melalui kata kunci mesin pencari akan memberikan nilai sebuah artikel atau blog di dalam hasil pencarian mesin pencari (Search Engine Result Pages). Semakin tepat pilihan kata kunci yang dipergunakan dan kepadatan kata kunci dalam sebuah artikel, memungkinkan konten anda mendapat  ranking yang tinggi dimata mesin pencari.

2. Jumlah kata kunci
Selain pemilihan kata kunci, tingkat kepadatan (density) kata kunci juga sangat penting. Jumlah kata kunci harus sesuai dengan panjang pendeknya sebuah artikel.

Namun demikian, density kata kunci dalam setiap artikel setidaknya harus ada 2-4 kata kunci yang dibidik. Tidak adanya kata kunci sama sekali dalam konten akan membuat konten anda sulit ditemukan karena tidak ada panduan yang bisa diolah oleh mesin pencari

Jangan terlalu memaksakan menebar kata kunci di dalam konten yang membuat tata bahasa konten anda menjadi rancu dimata pembaca. Hal ini bisa berakibat buruk pada konten anda dimata mesin pencari karena dianggap spam dan juga memberi kesan negatif pada pembaca setia blog anda.

3. Variasi kata kunci
Selain jumlah atau kepadatan, variasi kata kunci juga menjadi salah satu faktor penentu dalam SEO on-page SEO. Dalam istilah SEO variasi kata kunci sering disebut dengan LSI (Latent Semantic Index).

Ketika menulis konten, sebaiknya kata kunci yang dibidik tidak perlu ditulis tepat sama dan hanya diulang-ulang. Carilah sinonim atau padanan kata dari kata kunci yang dibidik.

Hal ini selain untuk mencegah deteksi spam oleh mesin pencari, juga akan semakin memperkaya perbendaharaan kata kunci yang anda bidik.

4. Posisi kata kunci
Posisi kata kunci yang dibidik sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada kalimat pertama paragraf terakhir.

Di samping itu anda bisa meletakkan di salah satu Tag heading. Anda juga perlu menyebar kata kunci di dalam artikel secara natural dan mengalir dengan variasi kata yang anda gunakan

5. Internal link dan anchor text
Penggunaan internal link dan anchor text sangat disarankan dalam pembuatan konten karena memudahkan navigasi pengunjung dan mengurangi nilai bounce rate yang tinggi.

Yang patut diperhatikan dalam pembuatan internal link dan anchor text harus memiliki relevansi dengan konten yang dibuat dan dibuat senatural mungkin menyatu dengan kalimat dalam konten.

2. Optimasi SEO off-page

Sementara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ranah SEO Off-Page atau optimasi di luar blog adalah:

1. Mencari backlink berkualitas
Sebenarnya masalah backlink ini, saya sendiri masih dalam tahap belajar. Jadi, apabila ada kesalahan dalam informasi yang saya berikan, mohon dikoreksi melalui kolom komentar.

Saya akan memberi panduan seputar backlink ini persis seperti pemahaman yang saya dapatkan sampai saat ini.

Apa itu backlink? Dari pemahaman yang saya dapatkan, backlink adalah link yang berasal dari blog lain ke blog kita.

Jadi, semakin banyak backlink berkualitas yang memberikan tautan ke blog kita, semakin mendongkrak posisi blog di ranking Search Engine Result Pages (SERP) mesin pencari.
Ada tiga elemen yang efektif untuk SEO, yaitu: komunikatif, informasi yang berguna, dan backlink yang berkualitas — SEO Refugee 
Anda bisa mendapatkan backlink dengan cara:

  • Meminta backlink secara langsung kepada blogger lain 
  • Melakukan tukar backlink dengan blogger lain 
  • Membuat backlink sendiri dengan dummy blog 
  • Melakukan linkbait (menulis konten berkualitas yang membuat blogger lain mau secara sukarela memberikan backlink kepada blog anda ketika mereka mengutip artikel anda)

Di samping jumlah backlink, anda juga harus memperhatikan kualitas backlink blog anda. Backlink yang berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berasal dari blog dengan niche yang sama 
  • Berasal dari authority blog 
  • Bukan dari tukar backlink
  • Tidak berasal dari backlink yang disediakan oleh situs penyedia backlink gratis

2. Natural backlink
Secara sederhana, natural backlink adalah backlink yang diberikan kepada sebuah blog dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Link diletakkan di dalam kalimat (contextual backlink)
  • Link tidak berasal dari IP yang sama 
  • Link berupa link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage blog


3. Promosikan konten blog di Media Sosial 
Meskipun media sosial tidak siginifikan dalam mempengaruhi peringkat suatu blog, tetapi bagi mesin pencari, banyaknya Like, Share, Tweet dan Google +1 adalah tanda konten anda berkualitas.

Promosi lewat Media Sosial sedikit banyak akan membantu trafik blog meningkat yang tentunya membuat blog anda juga dinilai semakin baik oleh mesin pencari.

Dengan melakukan langkah-langkah optimasi SEO on-page dan off-page SEO diatas, upaya memperbaiki posisi ranking blog anda di SERP (Search Engine Result Pages) niscaya
akan mendapatkan hasil seperti yang anda harapkan.

Dengan peringkat di mesin pencari yang tinggi, maka peluang blog anda untuk menghasilkan uang tentu akan semakin besar.

Demikian panduan sederhana yang dapat saya bagikan untuk teman-teman blogger semua. Semoga bermanfaat untuk kemajuan blog anda.

2 comments:

  1. Maturtengkyu sangat mas... penjelasannya enteng seperti renyah dan gurih hiks... saya suka bisa langsung saya serap meski tidak bisa langsung sekali praktek... saya bookmark dulu... keren... (y) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas Wahyu...maturnuwun sudah mampir dan baca2 coretan saya.

      Delete

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya