PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

17 July 2017

5 Alasan Mengapa Anda Harus Membuat Blog Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Salah satu kurang berkembangnya para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) adalah tidak menyediakan akses informasi bisnisnya secara online. Banyak pebisnis kecil yang belum membuat blog atau website untuk bisnisnya.

Sebenarnya apapun skala bisnis Anda, sangat penting untuk memiliki sebuah website.

Ada banyak manfaat yang akan Anda peroleh jika memiliki sebuah website atau blog untuk bisnis kecil Anda. Memiliki sebuah blog akan memiliki banyak efek positif pada bisnis Anda.

Selama ini mungkin Anda berpikiran sama dengan para pengusaha kecil lainnya, Anda mungkin berpikir bahwa bisnis kecil Anda tidak dapat memperoleh keuntungan dengan memiliki blog.

Anda bahkan mungkin menganggap bahwa bisnis Anda tidak memerlukan koneksi internet bahkan komputer. Ini adalah penilaian buruk yang bisa berakibat fatal bagi bisnis kecil Anda.

5 Alasan Mengapa Anda Harus Membuat Blog Untuk Kemajuan Bisnis Anda

5 Alasan Anda harus Membuat Blog/Website untuk Bisnis 


Dalam artikel kali ini, akan saya kupas 5 alasan yang akan menunjukkan mengapa bisnis kecil Anda memerlukan blog atau webite.

Alasan 1 - Bisnis Kecil Anda menjadi Lebih Kredibel

Saat ini, pertumbuhan jumlah transaksi online terus meningkat dengan memanfaatkan website untuk mencari barang atau layanan jasa yang mereka butuhkan.

Dengan memiliki blog atau website, usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas di mata konsumen. Tanpa website yang menarik, calon konsumen Anda akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website dengan tampilan yang lebih menarik.

Anda mungkin saat sudah memiliki sebuah website atau blog namun masih terlihat kurang menarik dan profesional, maka Anda harus memperbaruinya sehingga akan memberikan gambaran bisnis Anda adalah bisnis yang dijalankan secara profesional.

Hal ini akan memberikan kepercayaan lebih tinggi dari konsumen kepada bisnis Anda.

Untuk Anda yang memiliki bisnis berbasis rumahan, memiliki website atau blog menjadi sangat penting karena Anda tidak memiliki etalase untuk mendisplay produk atau jasa bisnis Anda.

Alasan 2 - Blog Dapat Membantu Anda Menghemat Uang

Mungkin salah satu keengganan para pelaku bisnis kecil menengah untuk memiliki website adalah mereka mengira adanya biaya yang mahal dalam membuat dan mengelola blog sehingga tidak sebanding dengan keuntungan yang akan mereka dapatkan.

Padahal dalam membuat dan mengelola sebuah website tidak memerlukan biaya yang tinggi.

Terlepas dari kenyataan bahwa biaya pembuatan website sangat bervariasi tergantung dari jenis paket yang ditawarkan dari masing-masing penyedia layanan hosting dan domain, sebenarnya Anda hanya menghabiskan beberapa ratus ribu setiap bulan atau tahunan tergantung pilihan paket.

Sebaiknya Anda baca juga :  15 Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Blog Baru

Kalau Anda mempunyai budget lebih, Anda bisa memanfaatkan beberapa situs atau perorangan yang menyediakan jasa pembuatan website

Kalaupun Anda sama sekali tidak memiliki budget dan coba membangun website sendiri, Anda bisa memanfaatkan layanan gratis yang disediakan oleh beberapa platform seperti Blogger.com dan Wordpress.com

Silahkan Anda Baca :  Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula (100% Gratis)

Percayalah, website menjadi salah satu cara termurah dan termudah untuk mempromosikan bisnis apa pun, dibandingkan dengan jenis iklan lainnya.

Alasan 3 – Dapat diakses dimanapun dan kapanpun

Dengan adanya website, bisnis Anda dapat diakses oleh konsumen saat ini detik ini juga maupun di masa yang akan datang sepanjang tahun dimanapun mereka berada.

Hal ni menawarkan kemudahan dan kenyamanan kepada konsumen untuk melihat barang dan jasa Anda saat toko atau kantor Anda tutup.

Mengingat gaya hidup orang saat ini yang super sibuk, ini adalah nilai jual yang luar biasa pada bisnis Anda.

Alasan 4 – Dapat Menarget Pasar yang Lebih Luas

Terlepas dari apakah Anda menjual produk atau layanan jasa, website Anda akan menawarkan area pasar yang lebih luas untuk menjualnya.

Sebagai pemilik bisnis, website/blog adalah tempat yang luar biasa untuk menjual barang Anda ke pasar yang lebih luas, dan bahkan Anda dapat menawarkannya secara internasional.

Cobalah untuk tidak berpikir bahwa Anda tidak dapat menjual produk atau layanan Anda di website. Lihat saja, semuanya dijual di website.

Silahkan Anda kunjungi Bukalapak dan Tokopedia misalnya, semua barang yang Anda cari hampir semuanya tersedia disana. Ya, jangan lupa sekarang adalah era E-commerce. Semua ada di internet.

Dengan adanya bantuan website, Anda dapat berkonsentrasi pada pasar lokal Anda, misalnya jika bisnis Anda berbasis di Kota Semarang, maka Anda dapat berkonsentrasi untuk menjual produk atau layanan Anda di Kota Semarang dan dengan bantuan website Anda dapat melebarkan jangkauan bisnis Anda di seluruh pelosok Indonesia bahkan internasional tanda harus membuka cabang.

 Alasan 5 - Media untuk Memamerkan Karya Anda

Terlepas dari jenis bisnis Anda, sebuah website adalah tempat yang mengagumkan untuk memamerkan karya Anda.

Dengan memasukkan portofolio atau galeri gambar, disertai testimonial tentang karya Anda, Anda dapat memamerkan apa yang membuat bisnis Anda menarik dan unik dibanding yang lain. Jadi, tunggu apa lagi? Buat blog atau website untuk bisnis kecil Anda hari ini juga.

Demikian sedikit ulasan mengenai tentang alasan sebuah bisnis sangat membutuhkan blog/website. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi perkembangan bisnis Anda.

Jika ada pertanyaan atau informasi tambahan mengenai artikel ini, silahkan berkomentar melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai tuntas.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya