PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

07 June 2017

Ingin Membuat Konten Berkualitas ? Cukup Lakukan 10 Kebiasaan Ini

Konten berkualitas merupakan kunci sukses blog mendapat banyak traffik. Ya, anda pasti pernah dengar istilah “Content is king”, konten/artikel yang anda buat sangat berpengaruh pada perkembangan blog anda.

Meskipun teknik untuk membuat konten yang berkualitas sangat beragam dari masing-masing blogger namun pada intinya adalah mampu menulis konten yang menarik dan secara konsisten dari waktu ke waktu.

Bagaimana cara menulis konten yang berkualitas akan bervariasi antara blogger satu dengan blogger lain karena setiap blogger memiliki gaya dan kebiasaan mereka masing-masing tetapi ada beberapa prinsip dasar penulisan konten blog yang mungkin perlu diingat.

Menulis adalah keterampilan yang sulit jika tidak dilakukan secara rutin. Anda bisa mengembangkan ketrampilan menulis ini menjadi sebuah kebiasaan sehingga semakin terasah.

Jika anda seorang blogger maka anda dituntut untuk menulis dengan baik dan menarik bagi pengunjung anda.

10 Kebiasaan Ini Dapat Membantu Anda Membuat Konten Berkualitas yang Disukai Pembaca

Buatlah konten berkualitas untuk pembaca Anda


Algoritma Google terbaru mengharuskan kita untuk tidak hanya membuat konten yang SEO friendly di mata robot mesin pencari tetapi juga konten yang human friendly di mata pengunjung blog.

Bagaimana cara agar artikel kita human friendly yang mengikat pembaca untuk betah lama-lama membacanya ?

Sebenarnya sangat simpel, cukup memenuhi 2 syarat ini ...

Menurut buku Menulis Secara Populer yang disusun Ismail Marahimin, untuk jadi penulis bagus, kita perlu memiliki kepekaan yang tajam!

Dalam buku itu disebutkan, setidaknya ada dua kepekaan utama yang perlu dimiliki penulis :

1. Kepekaan berbahasa

Maksudnya, peka soal gaya penulisan yang digunakan; termasuk juga teliti dengan detail teknis seperti ejaan, kiasan, pilihan dan permainan kata, penataan kalimat, dan juga paragraf.

2. Kepekaan materi

Anda pernah mungkin pernah membaca tulisan yang panjang dengan susunan kalimat berbunga-bunga, padahal sebenarnya isinya sedikit.

Atau mungkin sebaliknya, tulisan yang data dan informasinya seabrek, tapi susah dipahami, sampai bikin dahi mengerut.

Nah, ini biasanya terjadi karena salah dalam meramu tulisan. Karena, ada juga tulisan yang sepertinya biasa saja, tapi enak dibaca dan dipahami, bahkan mencerahkan pembacanya.

Formula yang diolah untuk suatu tulisan belum tentu pas kalau dipakai pada tulisan lain. Maka itu, diperlukan kepekaan materi yang artinya jeli meramu kecocokan materi atau topik yang dibahas, dengan gaya tulisannya secara seimbang.

Sebaiknya anda baca dulu : 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

Dalam membuat konten ada banyak hal yang harus anda lakukan untuk memberi kesan yang baik pada pembaca.

Cobalah untuk menulis dan menjelaskan hal-hal dengan cara yang jelas dan komprehensif dalam artikel anda.

Dalam artikel kali ini saya akan membagi informasi beberapa kebiasaan yang dapat membantu anda dalam menulis artikel yang berkualitas.

1. Lakukan penelitian dan buat kerangka sebelum menulis


Sebelum mulai membuat konten, lakukan penelitian menyeluruh tentang topik yang akan anda tulis.

Ini akan meningkatkan pengetahuan anda tentang topik itu, sehingga anda bisa menulis dengan bebas dan informatif.

Memiliki pengetahuan yang lebih dalam terkait topik yang ditulis akan membuat konten anda unik dan berharga bagi pengunjung blog.

Setelah anda memeliki cukup referensi mengenai topik yang akan ditulis, buatlah kerangka dasar mengenai permasalahan yang akan dibahas.

Dengan membuat kerangka, maka anda memiliki patokan apa saja yang akan anda tuangkan dalam konten dan membuat konten menjadi sistematis.

Untuk lebih jelasnya tentang pembuatan kerangka tulisan, silahkan baca : Cara Membuat Kerangka Tulisan yang Benar Agar Artikel SEO Friendly

2. Menulis di pagi hari


Pagi hari identik dengan udara segar dan pikiran yang masih fresh. Pagi hari memungkinkan kita mendapat ide-ide segar yang bisa kita tuangkan dalam konten.

Suasana pagi yang terasa cukup tenang dan energik bisa membantu anda menulis konten secara lebih mendalam . Konten-konten yang saya buat sebagian besar juga saya tulis pada pagi hari dan saya publish pada sore harinya.

Kalau selama ini anda belum pernah mencoba menulis konten di pagi hari, coba anda rasakan pengalaman baru tersebut.

3. Menulis ke pokok permasalahan dan sederhana


Ingat, menulis untuk blog tidak sama dengan menulis novel. Membuat konten untuk blog harus sederhana dan ilustratif sehingga siapapun bisa mengerti apa isi dari konten anda.

Kalau selama ini ada anggapan untuk membuat konten menjadi rangking 1 di search engine harus dengan konten yang panjang tidak sepenuhnya benar.

Memang Google sangat menyukai artikel yang panjang tetapi harus relevan, sistematis dan tidak asal panjang saja.

Jangan cuma mengejar membuat artikel yang panjang jika memang konten yang sedang anda bahas hanya cukup dibuat konten yang pendek.

Hal ini menyangkut dengan kepekaan materi. Sesuaikan porsi tulisan anda dengan informasi yang ada jangan dilebih-lebihkan.

Konten yang berisi 300-500 kata sudah cukup baik di mata Google jika isinya memang cukup berkualitas. Google menyukai konten yang langsung memberi solusi dan informasi bukan hanya berisi basa-basi.

Untuk menghasilkan lalu lintas yang bagus pada konten, cara menulis anda harus cukup sederhana.

Untuk itu ungkapkan pandangan anda dengan cara yang sederhana dan tepat. Hal Ini akan membantu pembaca untuk mudah memahami maksud dari konten yang anda tulis.

Yang perlu diperhatikan juga, jangan gunakan kata-kata pada paragraf awal yang membuat pembaca sulit memahami arti kata-kata anda. Buat yang sesederhana mungkin dan langsung ke pokok masalah.

4. Jangan ulangi kata yang sama lagi


Hal itu bisa mengurangi daya tarik artikel anda. Cobalah untuk menggunakan kata-kata yang berbeda. Selain kurang nyaman bila dibaca pengunjung juga bisa terindentifikasi sebagai spam oleh mesin penelusur dan menurunkan pagerank blog.

Jika perlu mengulangi kata apapun, maka cobalah untuk mencari tahu sinonimnya dan menggunakannya di artikel.

Anda bisa menggunakan kamus Bahasa Indonesia atau kalau blog anda berbahasa Inggris bisa mencoba menggunakan tool WordWeb untuk mencari sinonim kata.

5. Baca kembali tulisan anda


Bacalah konten yang sudah dibuat setidaknya dua kali.

Anda bisa memilah-milah beberapa kesalahan pada saat pertama kali membaca. Sedang membaca yang kedua memastikan penghapusan kesalahan tersebut telah benar.

Jika memungkinkan bacalah dengan nyaring. Anda dapat dengan mudah menghapus banyak kesalahan dari artikel anda.

Bila anda membaca kedua kalinya anda akan membacanya dari perspektif pembaca dan ini akan banyak membantu anda dalam konstruksi kalimat.

Membaca kembali konten membantu dalam menentukan apa yang harus disertakan dan apa yang harus dibuang.

Jika anda menemukan kata yang tidak memberi nilai pada konten maka lebih baik membuang kata itu dari konten.

Contohnya kalimat "Samsung adalah merk smartphone terbaik saat ini" akan lebih baik daripada "Samsung adalah merek smartphone terbaik, terkeren dan terlaris saat ini".

6. Pelajari tata bahasa


Tata bahasa menentukan kualitas posting. Jika anda membuat terlalu banyak kesalahan tata bahasa di artikel anda maka tidak ada yang mau membacanya.

Anda juga akan mendapatkan banyak komentar yang tidak menyenangkan atas kesalahan anda tersebut.

Jadi saran saya belajarlah tata bahasa untuk menghindari kesalahan penulisan anda.

Sewaktu SMP dan SMA sebenarnya kita telah belajar tentang tata bahasa ini tetapi ternyata masih banyak juga para blogger yang mengalami masalah dalam tata bahasa ini juga.

Saya pribadi merasa tata bahasa saya tidak begitu bagus dan ketika saya baca kembali konten-konten yang ada dalam blog saya terkadang menemukan kesalahan tata bahasa ini.

7. Menggunakan alat pemeriksa ejaan


Kalau anda enggan belajar tata bahasa, anda bisa memanfaatkan bantuan alat pemeriksa ejaan yang sangat membantu dalam menemukan kesalahan ejaan anda terlebih lagi jika blog anda berbahasa Inggris.

Jika anda menggunakan windows Live writer untuk menulis postingan, maka anda bisa menggunakan tombol F7 untuk segera memeriksa kesalahan ejaannya.

Untuk mengaktifkan pengecekan ejaan secara realtime silahkan klik menu Tools> Option> Spelling> check. Gunakan opsi pemeriksa ejaan real time (squiggles).

Anda juga bisa menggunakan extension Grammarly di Google Chrome yang sangat membantu dalam mengecek tata bahasa dan ejaan yang kita gunakan.

Tingkat akurasi Grammarly cukup baik dengan memberikan tanda garis merah kepada setiap kata yang dianggap belum benar.

8. Jangan terburu-buru untuk publish


Setelah selesai membuat konten jangan segera menekan tombol publish.

Silahkan di save terlebih dahulu dan cobalah untuk mengeditnya kembali dengan pikiran yang lebih segar.

Kebiasaan ini sangat membantu dalam menemukan beberapa kekurangan dan kesalahan karena terkadang konten yang kita buat masih terasa ada yang janggal dan kurang.

9. Minta teman untuk mengoreksi konten anda


Anda bisa bertanya kepada teman atau anggota keluarga anda (yang memiliki pengetahuan tata bahasa yang baik) untuk mengoreksi artikel anda.

Seringkali konten yang kita rasakan telah benar ternyata jika dibaca oleh orang lain masih terasa ada kekurangan atau kejanggalan.

Hal ini membantu anda membuat konten yang enak dibaca dan dipahami oleh pembaca artikel anda nantinya.

10. Teruslah membaca konten terbaik


Jika anda ingin menulis konten yang terbaik maka anda harus membaca konten yang terbaik juga.

Misalnya anda mempunyai topik seputar blogging, ada beberapa blog yang memberikan konten berkualitas seputar blog kepada pembacanya secara gratis.

Cobalah untuk membaca Panduanim milik mas Darmawan salah satu blog favorit saya yang sangat sistematis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami.

Kalau anda ingin membaca tips-tips seputar teknik penulisan yang baik, silahkan kunjungi Yellowcabin yang membahas secara lengkap segala hal tentang komunikasi termasuk teknik penulisan.

Anda juga bisa membaca artikel-artikel  berbahasa Inggris milik Copyblogger dari Brian Clark karena memberikan konten terbaik dengan cara yang paling sederhana sesuai apa yang anda butuhkan

Kesimpulan


Blogger yang ingin membuat konten yang berkualitas pasti tahu menulis artikel membutuhkan banyak waktu, dan proses tahap demi tahap untuk menghasilkan sebuah konten yang unik dan berharga.

Setidaknya ada 5 tahap yang harus dilalui untuk membuat sebuah konten berkualitas :

  1. Anda harus menganalisis topik yang akan anda tulis di dalamnya. 
  2. Anda harus membuat daftar dan kerangka tulisan beberapa gagasan tentang topik yang terkait. 
  3. Anda perlu melengkapi kalimat dan paragraf artikel, yang terkait dengan topik Anda.
  4. Anda perlu mengedit artikel anda dan biarkan semua pertanyaan selesai. 
  5. Terakhir membaca kembali adalah keharusan.

Inilah tahapan yang sebaiknya anda lalui menulis artikel suatu topik.

Jika anda melakukan 10 kebiasaan di atas, berarti anda juga telah melewati 5 tahapan dalam pembuatan artikel yang berkualitas.

Pastikan semua tahap ini anda lalui dengan benar. Untuk itu, anda tidak perlu terburu-buru menghasilkan konten sebanyak-banyaknya.
Kesuksesan sebuah blog tidak diukur dari banyaknya konten, tetapi seberapa berkualitas konten tersebut
Mungkin anda pernah dengar istilah, "Praktik membuat seseorang sempurna,"

Jika kita ingin menjadi blogger yang baik dengan artikel-artikel berkualitas kita harus membuat kebiasaan menulis tersebut secara teratur.

Ingat, seorang penulis yang bagus harus mempunyai kepekaan materi dan kepekaan bahasa yang oke.

Untuk bisa begitu, kita mesti rajin membaca dan mengamati tulisan orang lain, terutama yang enak dibaca.

Di samping itu, kita harus menulis sesering mungkin, latihan, latihan, dan latihan. Dengan begitu, jam terbang dan pengalaman akan mengasah kepekaan materi dan kepekaan bahasa kita makin baik.

Untuk itu, anda perlu memiliki ketekunan dan kesabaran mengikuti langkah-langkah di atas, dan saya yakin kebiasaan-kebiasaan ini akan sangat membantu anda semua di masa depan.

Apakah anda memiliki kebiasaan lain dalam membuat konten berkualitas untuk blog anda? Silahkan tambahkan informasinya di bagian komentar. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya