PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

19 June 2017

6 Strategi Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online - Industri digital di Indonesia semakin hari semakin berkembang pesat termasuk tentunya bisnis online. Sebagai salah satu jenis bisnis dengan memanfaatkan teknologi internet, bisnis online dengan content marketing terbukti efektif untuk memasarkan produk atau jasa karena pengguna internet yang semakin meningkat di Indonesia.

Itulah mengapa kini banyak pelaku bisnis online baru yang menjamur serta sangat aktif menawarkan produk atau jasanya di dunia maya baik melalui media sosial atau website.

Walau sepintas terlihat gampang, ternyata menjalankan bisnis online tidak semudah yang dibayangkan.

Diperlukan beberapa strategi agar bisnis online anda nantinya dikenal banyak orang. Dengan demikian, diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan akan mudah ditemukan ketika seseorang mencarinya di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

6 strategi content marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis online

Menjalankan bisnis online melalui content marketing


Salah satu strategi yang banyak juga digunakan oleh para pemasar online dengan membuat content marketing yang menarik di website atau blog untuk memikat calon pelanggan mereka di dunia maya.

Membuat content marketing untuk bisnis online melalui website atau blog memiliki 3 keuntungan, yaitu :

1. Mempermudah anda memasarkan produk atau jasa
Tentunya dengan memiliki website sendiri, anda tinggal memposting setiap produk atau jasa yang ingin anda tawarkan setiap saat tanpa tergantung kepada pihak lain.

Keberadaan website juga menjadi jembatan bagi anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan mengenai produk yang anda tawarkan.

2. Mempermudah pelanggan menemukan produk atau jasa anda
Dengan adanya website, para pelanggan anda akan semakin mudah untuk mengakses dan melihat berbagai produk atau jasa yang anda tawarkan secara lebih detail

3. Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan di mata pelanggan
Melalui blog atau website yang anda kelola dengan baik, para pelanggan akan melihat anda sebagai seseorang yang profesional dalam menjalankan bisnis online. Kalau kita melihat para pemasar terkemuka dunia hampir semuanya didukung dengan keberadaan sebuah website.

Tentunya website atau blog yang baik tidak bisa dipisahkan dengan dukungan konten-konten yang ada di dalamnya.

Bila content yang anda publikasikan berkualitas dan memberikan banyak manfaat bagi para pengunjung, bisa dipastikan traffic blog atau website tersebut akan meningkat cukup pesat.

Strategi dalam membuat content marketing

Membuat konten marketing yang menarik untuk menunjang keberhasilan bisnis online anda diperlukan beberapa strategi yang perlu anda lakukan, berikut  6 strategi yang sebaiknya anda lakukan:

1. Buat tampilan dan materi website anda semenarik mungkin
Seperti yang saya utarakan di atas, website dapat meningkatkan kredibilitas anda sebagai seorang online marketing profesional.

Tapi mempunyai website saja tidak cukup, anda harus mengemas website anda semenarik mungkin.
Untuk membuat tampilan website atau blog anda menarik perhatikan 2 hal berikut :
  • Pilih template/theme blog yang responsive dan fast loading
  • Pergunakan menu navigasi blog yang sederhana
Yang perlu diingat, meskipun anda sudah memiliki tampilan website yang menarik ternyata itu saja tidak cukup.

jika anda ingin dianggap serius oleh pelanggan anda, jangan lupa perhatikan segi materi dengan membuat konten semenarik mungkin.

Konten marketing yang dikemas dengan menarik dari sisi isi materi akan membuat pengunjung website akan terus kembali untuk melihatnya.

2. Perhatikan permasalahan dan pertanyaan konsumen anda
Saya ingin mengutip salah satu kiat sukses Jack Ma dalam membangun Alibaba,
“Permasalahan Anda adalah peluang bisnis bagi saya”.
Ya, Dalam menjalankan sebuah bisnis, setiap permasalahan dan keinginan yang dihadapi konsumen ternyata juga menjadi bagian penting yang perlu kita perhatikan.

Sebab, dari keluhan maupun pertanyaan yang sering dilontarkan para konsumen, kita bisa mengetahui trend atau isu terbaru yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat.

Di samping itu, kita juga bisa lebih memahami permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi para konsumen.

3. Jangan langsung menjual produk
Meskipun bisnis online yang anda lakukan bertujuan untuk menghasilkan penjualan dan memperoleh pendapatan, tetapi sebaiknya anda lakukan content marketing menggunakan cara pendekatan “umpan balik”.

Yaitu bagaimana kita memberikan suatu nilai kepada konsumen supaya konsumen  memberikan feedback pada produk kita.

Hal ini dikarenakan psikologis konsumen lebih cenderung untuk melihat dan menyaring informasi terhadap suatu produk daripada langsung membeli produk tersebut.

Intinya adalah bagaimana kita mengedukasi, menghibur, dan memberikan nilai ke tangan konsumen. Baru kemudian kita menawarkan produk dan jasa anda.

4. Berikan nilai tambah pada konten 
Agar konsumen anda menjadi pelanggan yang loyal terhadap produk anda, berikan nilai tambah pada konten website.

Misalnya anda memiliki toko online busana muslim, maka anda bisa memberikan konten-konten seputar tutorial memakai hijab atau cara mix and match gamis dengan hijabnya.

Hal ini akan memberikan nilai tambah terhadap konsumen, karena selain mendapatkan produk yang mereka cari mereka juga mendapatkan pengetahuan seputar pemakaian hijab.

Sebaiknya anda baca juga : 10 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Untuk Memperoleh Keuntungan Maksimal

5. Tambahkan informasi ringan yang menghibur
Disamping menginformasikan content marketing yang bersifat formal, sebaiknya anda juga menambahkan informasi atau berita ringan yang bersifat menghibur dalam website.

Contohnya saja ketika anda ingin memasarkan produk atau jasa agen tour and travel, selain anda menawarkan jasa paket wisata, anda juga bisa menambahkan informasi mengenai beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

Hal ini selain menambah informasi bagi konsumen anda juga dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap jasa yang anda tawarkan.

6. Beri akses konsumen untuk sharing dan berbagi
Meskipun dalam bisnis online internal link jarang dibicarakan tetapi sebaiknya setiap halaman dalam website atau blog anda harus memiliki banyak tautan (link) ke content lainnya.

Sehingga pengunjung blog anda akan dipermudah dan berlama-lama untuk  membaca konten-konten dalam blog karena saling berkaitan.

Jangan lupa untuk menyediakan tombol share karena jika konten anda dianggap menarik dan bermanfaat, maka kemungkinan besar konsumen anda akan sukarela untuk membagikan konten anda tersebut kepada orang lain, sehingga penting untuk menyediakan fitur share untuk mereka.

Penutup

Begitu besar pengaruh content marketing terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, perlu dipersiapkan dengan matang.

Jangan terlalu fokus pada penjualan tetapi buatlah content yang mencerdaskan, dalam artian mengedukasi para pembaca atau calon konsumen.

Dengan menciptakan content yang menarik, relevan dan bermanfaat terlebih dahulu, maka kegiatan penjualan anda akan lebih mudah diterima para konsumen anda.

Sekian sedikit tulisan saya mengenai content marketing sebagai salah satu strategi bisnis online yang sebaiknya anda terapkan dalam bisnis anda juga.

Jika ada pertanyaan atau tambahan informasi mengenai artikel ini silahkan berdiskusi melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya