PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

22 May 2017

5 Tips Memulai Bisnis Kuliner Mancanegara Beromset Ratusan Juta Setiap Bulannya

Siapa yang tidak kenal dengan KFC atau Mc Donald, dua waralaba makanan asing yang begitu populer di Indonesia, bahkan sudah diangap layaknya makanan sehari-hari bagi sebagian masyarakat kita. Memang waralaba bisnis kuliner mancanegara di Indonesia sampai saat ini masih didominasi oleh para pewaralaba asing.

Baru segelintir pewaralaba lokal yang mampu bersaing diantara pewaralaba asing salah satunya, Kebab Baba Rafi.

Anda mungkin tidak asing dengan waralaba kuliner khas Timur Tengah ini bukan ?

Ya, bisnis Kebab, salah satu makanan khas Turki yang dirintis oleh Mas Hendi, seorang pengusaha asal Surabaya ini telah mampu membuka berbagai cabang di seluruh Indonesia dan di beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura dan Arab Saudi.

Memang diantara beberapa bidang bisnis yang ada, bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan margin profit yang besar dan imbal balik modal yang cepat jika dikelola dengan baik. Dan salah satu jenis bisnis kuliner yang lagi menjamur adalah usaha kuliner makanan asing.

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan makanan seperti Spaghetti atau Pizza, dua makanan khas asal Italia. Atau mungkin anda juga termasuk penyuka makanan khas asal Jepang seperti Teriyaki dan Sushi.

Saat ini untuk menikmati aneka kuliner mancanegara sangatlah mudah sekali. Di sudut-sudut kota banyak gerai-gerai makanan maupun restoran yang menyajikan aneka makanan asing tersebut.

Salah satu hal yang membuat makanan mancanegara sangat digemari di samping terkenal akan kelezatannya juga dalam penyajiannya dikemas sangat menarik.

Makanan luar negeri biasanya memiliki segmen penikmat tersendiri. Di samping memiliki penggemar sendiri dari negeri asalnya juga tidak sedikit dari warga lokal yang sangat menyukai makanan ini sehingga apabila bisnis kuliner asing ini digeluti memiliki prospek yang potensial untuk dikembangkan.

5 tips memulai bisnis kuliner mancanegara beromset ratusan juta setiap bulannya

Tips menjalankan bisnis kuliner yang berprospek cerah


Dampak dari manisnya bisnis kuliner ala makanan asing ini membuat persaingan semakin ketat. Anda yang mau terjun di bisnis ini tidak hanya dituntut untuk bersaing dengan para pengusaha lokal tetapi juga para pengusaha asing terjun di bisnis ini.


Untuk bisa menjalankan bisnis kuliner khas luar negeri ini agar kedepan bisa memenangkan persaingan pasar kuliner, saya ada beberapa tips yang semoga bisa membantu persiapan anda sebelum benar-benar terjun ke bisnis ini :

1. Tentukan pilihan kuliner apa yang akan anda jalankan


Langkah awal yang harus anda lakukan dalam membangun bisnis makanan mancanegara  adalah menentukan jenis kulinernya.

Ada begitu banyak pilihan kuliner mancanegara yang bisa anda pilih. Apakah anda ingin terjun ke bisnis kuliner khas Timur Tengah, Eropa atau Asia ? semua makanan memiliki keistimewaan dan keunikan rasa masing-masing.

Ada dua pertimbangan yang bisa anda jadikan pegangan dalam memilih jenis makanan asing yang akan anda jalankan.

Skill anda

Kalau anda punya skill atau ketrampilan dalam mengolah salah satu masakan asing, misalnya anda ahli membuat pizza, anda bisa mencoba membuat resto makanan khas Italia tersebut.

Dengan memiliki keahlian, akan mempermudah pekerjaan anda dalam menyajikan masakan yang istimewa bagi konsumen.

Target market anda

Anda bisa melihat target potensial yang ada disekitar anda. Misalnya di lingkungan anda ternyata banyak ekspatriat dari Eropa anda bisa mencoba membuka resto atau gerai Pizza.

Kalau anda sudah melihat potensi dari target market anda tetapi ternyata tidak punya keahlian, anda bisa bekerjasama dengan orang yang punya keahlian di bidang tersebut atau anda bisa mempekerjakan seseorang.

Anda juga bisa melihat referensi dari berbagai sumber mengenai seluk beluk jenis dan peluang pasar dari masing-masing kuliner mancanegara tersebut, seperti berbagai varian dari kuliner yang anda pilih.

Contohnya, ternyata pizza dan spaghetti itu di Italia memiliki aneka varian menu, begitu juga dengan Sushi dari Jepang.

Jika memutuskan untuk memilih salah satu jenis masakan asing tersebut, pastikan anda betul-betul mengetahui resep dari makanan yang akan disajikan dan coba meminta testimoni dari rekan-rekan anda mengenai masakan anda.

2. Menentukan target pembeli


Seperti yang saya singgung di atas, anda harus menentukan target calon konsumen anda.

Karena bisnis anda adalah kuliner mancanegara tentunya sasaran utamanya adalah para ekspatriat atau warga negara asing yang tinggal di Indonesia.

Lama berada di negeri orang tentunya membuat mereka rindu makanan di negeri asalnya.

Para ekpatriat kebanyakan tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk menikmati makanan yang sesuai dengan selera mereka dan tidak jarang memberi lebih apabila makanan yang mereka santap memenuhi standar citarasa mereka.

Oleh karena itu kalau anda berniat serius terjun di bisnis ini buatlah makanan yang sesuai dengan standar di negara asal makanan tersebut.

Mulai dari pemilihan bahan baku sampai tahap penyajian semuanya harus memenuhi standar sesuai yang biasanya ada di negara asal para ekspatriat konsumen anda. Terlebih kalau anda bisa memberikan pelayanan ekstra, mereka akan loyal dengan masakan anda.

Kalau punya budget lebih anda bisa mendatangkan Chef atau ahli masakan dari negara asalnya agar citarasa dan penyajiannya sesuai dengan asal masakan tersebut.

Disamping itu dengan keberadaan chef yang didatangkan langsung dari negara asal masakan tersebut akan membuat para ekspatriat konsumen anda lebih yakin dan percaya dengan keseriusan bisnis kuliner anda.

3. Jangan asal pilih lokasi


Dalam bisnis restoran maupun gerai makanan, pemilihan lokasi yang strategis adalah kunci untuk menjaring konsumen sebanyak mungkin.

Karena target konsumen anda adalah para ekspatriat maka pilihlah lokasi dimana banyak ekspatriat calon konsumen anda berada.

Pilihlah lokasi yang dekat dengan perumahan dimana para ekspatriat tinggal atau kantor-kantor dimana mereka bekerja.

Para ekspatriat cenderung menyukai sesuatu yang simpel sehingga mereka tidak terlalu suka untuk menghabiskan waktu di perjalanan hanya untuk mencari makanan kesukaan mereka.

Kesibukan kerja dan waktu yang terbatas menjadi alasan para ekspatriat enggan bepergian jauh. Pemilihan lokasi ini harus anda pertimbangkan sebelum membuka gerai.

Kalau ternyata anda tidak menemukan lokasi yang dekat dengan perumahan atau kantor para ekspatriat itu berada, anda bisa mencari lokasi dimana para ekspatriat itu sering berkumpul.

Kalaupun anda tidak juga menemukan lokasi dimana para ekspatriat itu berkumpul, anda bisa memilih lokasi yang mudah untuk dijangkau transportasi ataupun di pusat keramaian atau fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, bandara ataupun mall.

4. Perhatikan desain gerai anda


Usahakan desain gerai anda mencerminkan budaya khas asal masakan yang anda sajikan. Misalnya gerai atau resto anda menyajikan burger atau hotdog, anda bisa mendesain gerai anda dengan sentuhan western.

Sehingga diharapkan para ekspatriat konsumen anda akan terbawa suasana seperti seolah-olah berada di negara mereka.

Satu hal lagi, jaga kebersihan resto atau gerai anda, sekali anda jorok, maka para konsumen akan pergi meninggalkan anda.

5. Berilah inovasi pada masakan anda


Dengan melakukan inovasi pada masakan diharapkan dapat mengurangi kebosanan konsumen dengan produk masakan yang anda tawarkan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkombinasikan masakan asing tersebut dengan masakan lokal.

Hal tersebut akan memberikan alternatif menu baru bagi para konsumen agar tidak cepat bosan. Selain itu, dengan adanya citarasa masakan lokal membuka peluang bagi anda untuk menggaet konsumen baru dari kalangan masyarakat lokal yang lebih banyak.

Demikian sedikit tips bagaimana mulai membuka bisnis kuliner mancanegara, semoga bisa menjadi panduan anda sebelum terjun dalam bisnis tersebut.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya