PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

21 March 2017

Lakukan 6 Tips Inovasi Bisnis Ini Untuk Menguasai Pasar Bisnis Anda

Dunia bisnis adalah dunia pertarungan untuk bertahan dan berkembang di arus pasar. Untuk memenangkan pertarungan kita dituntut untuk terus melakukan inovasi bisnis demi menaklukkan para kompetitor bisnis kita dan memenangkan pasar.

Untuk menjalankan sebuah bisnis kendala terbesar yang sering dialami oleh para pelaku usaha selain kesulitan mendapatkan modal usaha juga kehabisan ide untuk melakukan inovasi bisnisnya.

Meskipun kalau kita lihat di dunia bisnis saat ini setiap hari terus bermunculan inovasi-inovasi yang dilakukan para pelaku usaha dan menghasilkan produk baru di pasaran.

Ide bisnis baru memang tidak ada habisnya. Tetapi terkadang kita mengalami kebuntuan untuk menemukan inovasi terhadap bisnis kita.

6 Tips Melakukan Inovasi Bisnis Untuk Memenangkan Pasar

Menggali ide baru untuk melakukan inovasi bisnis


Jadi, bagaimana  kita menemukan ide cemerlang dan melakukan inovasi bisnis ? Berikut 6 tips yang bisa anda lakukan untuk melakukan inovasi bisnis dalam memenangkan persaingan pasar

1. Keluar dari zona aman


Mungkin anda sekarang sedang menikmati masa-masa indah bisnis anda dalam kondisi nyaman dan tanpa pesaing. Tetapi sebaiknya anda harus segera bangun dari zona aman anda tersebut.

Saat bisnis anda mulai menanjak saat itu juga dilirik oleh orang lain untuk mengikuti jejak anda. Selalu monitor pasar bisnis anda dan lihat perkembangan pesaing yang mungkin ada.

Berada dalam zona aman sering membuat kita terlena dan akhirnya bisnis kita digilas oleh para pesaing yang muncul setelah anda.

2. Kreatif


Kreatif adalah kunci utama dalam melakukan inovasi bisnis. Setiap orang pada dasarnya memiliki dasar kreatifitas. Tinggal bagaimana kita mengasah kreatifitas tersebut agar selalu muncul.

Untuk bisa menciptakan ide baru anda harus merangsang otak untuk berkreasi semaksimal mungkin.

Latih kemampuan melihat dan menganalisa pasar bisnis anda.

Anda bisa membaca pergerakan pasar dan coba lakukan modifikasi bisnis anda untuk bisa menyesuaikan pasar. Lihat potensi pasar yang kemungkinan bisa anda ambil dan tuangkan dalam bisnis anda.

3. Ambil ide dari sekitar anda


Ide-ide baru  bisa datang dari mana saja. Dari hal yang sederhana di sekeliling kita bisa memunculkan ide dan inovasi bisnis baru.

Coba anda amati sekeliling anda, apakah ada sesuatu yang bisa diambil dan diterapkan pada produk anda ? ide bisa datang dari hal yang tidak terduga bisa jadi ide tersebut justru berasal dari lingkungan sekitar seperti rumah, tetangga atau lingkungan pergaulan tapi anda tidak menyadarinya.

Contohnya saja anda mungkin tidak menyadari banyaknya sampah plastik yang ada di sekitar lingkungan kita padahal kalau jeli melihat peluang, sampah tersebut bisa menjadi barang bernilai tinggi jika kita olah dengan baik menjadi barang kerajinan seperti tas dan dompet.

4. Saring masukan dari konsumen


Konsumen adalah raja. Jadi untuk mengembangkan bisnis kita harus tahu keinginan konsumen.

Ide-ide untuk menyempurnakan produk bisnis seringkali datang karena keinginan dan kebutuhan konsumen. Konsumen merupakan ujung tombak dalam memberikan masukan terhadap bisnis kita.

Mereka yang paling mengetahui apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu saring pendapat dan masukan mereka kemudian terapkan dalam bisnis kita. Biasanya konsumen menginginkan pemilik usaha mengembangkan produknya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ambil contoh, misalnya anda adalah pengusaha keripik singkong yang memiliki konsumen dari kalangan penyuka rasa pedas. Konsumen penggemar keripik tersebut tentu ingin bisa mengonsumsi cemilan keripik dari anda dengan rasa pedas yang sesuai selera mereka.

Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut, misalnya dengan menciptakan keripik singkong dengan tingkat level kepedasan yang bermacam-macam mulai level 1-10 seperti keripik Maicih yang fenomenal.

5. Ikuti perkembangan kompetitor


Untuk bisa bertahan dan bersaing dalam dunia bisnis anda harus selalu mengikuti setiap perkembangan dunia bisnis, baik pasar, konsumen, termasuk juga inovasi. Jika perlu anda harus mengikuti perkembangan kompetitor anda.

Persaingan jangan dijadikan beban dan membuat pesimis. Justru dengan adanya persaingan akan membuka wawasan dan pengetahuan kita. Inovasi produk yang dibuat oleh pesaing bisa jadi malah memberikan inspirasi kepada anda untuk membuat yang lebih baik.

Mungkin ada beberapa kalangan pengusaha yang selalu memandang pesimis tentang langkah inovasi yang dilakukan pesaing bisnis.

Anda jangan sampai terjebak dalam pola pikir tersebut. Justru langkah inovasi mereka harus dijadikan pelecut agar bisnis anda melebihi apa yang pesaing lakukan.

6. Berani mencoba


Untuk bisa melangkah dalam inovasi, mau tidak mau, anda harus berani mengambil langkah merubah mainstream yang sudah ada.

Jangan takut membawa bisnis anda melawan arus populer sebab mungkin saja ke depan bisnis anda yang akan menjadi trendsetter. Misalnya saja dengan cara merubah resep pada makanan atau minuman.

Memang hal ini mengandung resiko, tetapi dalam bisnis jika ingin maju apapun resiko harus dijalani, tentunya dengan perhitungan yang matang.

Kebanyakan para pebisnis takut merubah standard atau pakem yang sudah ada sejak lama sehingga mereka selalu tertinggal dari mereka yang berani membuat perubahan.

Tidak semua inovasi itu menuntut perubahan yang fundamental, namun apabila hal tersebut diperlukan untuk kesuksesan yang lebih besar anda harus berani melakukannya.

Penutup


Bisnis adalah strategi bagaimana kita menghadapi resiko untuk mendapatkan keuntungan. Melakukan inovasi bisnis merupakan bagian dari resiko yang harus dihadapi jika ingin sukses dalam berbisnis.

Demikian catatan yang bisa saya bagi untuk anda, jika anda ada pertanyaan seputar tips-tips melakukan inovasi bisnis ini silahkan berkomentar melalui kolom komentar yang tersedia. 

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk orang lain, silahkan SHARE kepada teman atau sahabat melalui tombol sosial media (Facebook, Twitter dan Google+) yang tersedia di bawah ini. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya