PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

15 March 2017

5 Bisnis Tanpa Modal Ini Bisa Menghasilkan Jutaan Rupiah Buat Anda Setiap Bulannya

Seringkali orang yang ingin terjun ke dunia bisnis takut dan ragu-ragu karena selalu dibayangi faktor kegagalan dalam menjalankan bisnisnya nanti. Untuk meminimalisir resiko kegagalan sebaiknya mulailah bisnis dari yang kecil. Memulai bisnis tanpa modal bukan berarti bisnis kita nantinya tidak bisa sukses.

Kuncinya tinggal bagaimana kita menjalankan bisnis tersebut dengan baik.

Ibarat memelihara hewan, kalau kita pelihara dan rawat dengan baik semakin hari hewan peliharaan kita juga akan semakin besar. Begitu pula bisnis.

Dengan memulai bisnis tanpa modal dari skala yang kecil setidaknya ada beberapa keuntungan yang dapat dipetik.

Selain untuk menghindari resiko kerugian yang besar, dengan menjalankan bisnis skala kecil setidaknya kita dapat mengetahui bagaimana rasaanya membangun sebuah bisnis dari nol sebagai modal pengalaman serta pembentukan mental pebisnis yang tahan banting untuk menghadapi kerasnya persaingan dunia bisnis.

Kalau kita membaca kisah-kisah para pengusaha sukses, kebanyakan dari mereka juga membangun bisnisnya dari kecil dengan modal minim bahkan bisa dikatakan tanpa modal. Hal tersebut sebaiknya juga anda lakukan sebagai calon pebisnis yang ingin mencoba terjun langsung dalam dunia bisnis.

Untuk memulai bisnis banyak para calon pebisnis yang menemui banyak kendala. Selain kendala kerap datang dari segi modal usaha yang tidak mendukung, calon pebisnis biasanya takut dan menghindari jenis usaha yang memiliki resiko yang tinggi.
Memulai bisnis tidak perlu takut resiko dan tidak perlu modal besar. 
Ya, takut gagal dan nggak punya adalah dua hal yang sering dikeluhkan para calon pebisnis meskipun itu bukanlah hambatan dan membuat patah semangat anda dalam mencoba terjun ke dunia bisnis,

5 bisnis tanpa modal ini bisa menghasilkan jutaan rupiah buat anda setiap bulannya

Bisnis tanpa modal berbasis online


Ada beberapa jenis bisnis yang bisa dilakukan meskipun tidak memiliki modal. Anda bisa memulainya lewat bisnis online dengan berbagai model bisnis di dalamnya.

Dengan kemajuan internet dan pertumbuhan bisnis online yang semakin meningkat, maka internet marketing menjadi sesuatu yang layak dipertimbangkan untuk memulai bisnis anda

Jika anda belum memiliki modal dan belum berani mengambil resiko untuk hutang bank, berikut beberapa jenis bisnis yang bisa anda coba.

1. Desain grafis, fotografi dan offset (percetakan)

Kalau anda memiliki hobi dan skill dalam olah grafis atau fotografi, anda bisa mencoba untuk mulai menekuni bisnis jasa di kedua bidang tersebut.

Anda bisa menawarkan keahlian dalam dua bidang tersebut secara online kepada calon customer, misalnya jasa pembuatan logo maupun foto editor.

Anda bisa menawarkan jasa anda melalui situs penyedia layanan jasa seperti Fiverr.com dan Freelancer.com

Anda juga bisa memanfaatkan social media seperti melalui facebook, google plus atau Instagram untuk menawarkan jasa anda.

Buatlah penawaran yang menarik dengan kalimat jelas dan informatif. Sertakan pula hasil karya anda kepada calon customer yang membutuhkan di situs-situs tersebut. Semakin baik karya yang anda buat dan sesuai dengan permintaan customer maka akan semakin diminati banyak customer dan membuat harga jasa anda juga akan semakin tinggi.

Selain lewat online, anda juga bisa mulai bisnis dengan keahlian yang anda miliki tersebut secara offline. Anda bisa bekerja sama dengan beberapa usaha percetakan di kota anda baik sebagai reseller maupun pekerja lepas.

Anda bisa menawarkan jasa pekerja lepas pembuatan desain di percetakan tersebut atau anda menerima order dari customer dan mendesain gambarnya sesuai permintaan customer kemudian anda cetak di percetakan yang bekerjasama dengan anda tersebut.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan anda, disamping tidak memerlukan modal yang besar, anda juga tidak perlu menanggung resiko kerugian karena anda tidak perlu stok barang untuk produksi.

Kalau anda punya keahlian fotografi, selain menawarkan jasa melalui situs-situs di atas atau melalui media sosial, anda juga bisa mengikuti program contributor di beberapa situs penyedia foto seperti freerange stock.com dan shutterstock.com

Dengan mendaftarkan diri anda menjadi contributor di kedua situs tersebut, setiap foto yang anda upload ke situs tersebut dan foto anda didownload oleh orang lain, maka anda akan mendapat komisi.

2. Menulis artikel

Salah satu jenis profesi yang mulai berkembang saat ini adalah penulis artikel, entah itu buat kerja sampingan ataupun sebagai profesi penuh.

Anda yang sudah terbiasa menulis di blog tentunya menjadi keuntungan tersendiri karena pekerjaan menulis tentunya sudah tidak asing bagi anda.

Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel dengan join di situs penyedia jasa online Fiverr.com ataupun menawarkannya melalui social media seperti facebook dan google plus.

Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sesuai kemampuan anda. Anda bisa menawarkan jasa anda dengan kalimat yang menarik, misalnya, anda menawarkan jasa penulisan artikel berkualitas untuk blog bahasa Indonesia yang 100% lolos Copyscape dan SEO friendly.

Sebaiknya anda baca : 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang SEO Friendly dan Disukai Pembaca

Dengan pertumbuhan blog yang semakin meningkat, anda juga bisa bergabung menjadi penulis tamu di beberapa blog yang memberikan kesempatan kepada para penulis tamu untuk mengisi blognya dengan bayaran tertentu, contohnya mendaftar menjadi penulis tamu di Klikmania seperti yang saya lakukan saat ini.

4. Menjadi Blogger

Sebenarnya ini merupakan kelanjutan dari keahlian anda menulis artikel.

Jika memang anda yakin tulisan yang anda buat menarik dan bermanfaat untuk orang lain, disamping menjadi penulis tamu kenapa tidak menuangkan tulisan anda sendiri ke dalam blog pribadi anda.

Sebuah blog juga bisa menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan uang dari internet jika kita kelola dengan sehingga banyak pengunjung yang datang ke blog kita.

Memiliki blog yang baik dengan jumlah visitor yang banyak sangat memungkinkan untuk memperoleh penghasilan seperti melalui Google Adsense dan penjualan produk yang anda miliki, contohnya menjual ebook.

Untuk membuat blog sebenarnya sangat mudah dan anda pun bisa membuatnya secara gratis. Hanya dengan memiliki akun Gmail anda sudah bisa membuat blog dengan memanfaatkan platform blogspot.com milik Google.

Baca dulu : Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula (100% Gratis)

Yang perlu digarisbawahi, untuk mulai mendapatkan uang dari internet melalui blog tidak bisa hanya dalam waktu sesaat, tetapi membutuhkan konsistensi, perjuangan dan kerja keras.

4. Membuat toko online

Kalau anda bermimpi mempunyai toko sendiri tetapi hingga saat ini masih terbentur dengan modal, anda bisa mencoba untuk membuka toko online atau menjadi agen di beberapa situs jual beli.

Untuk membuat toko online sangat mudah dan biayanya sangat murah bahkan bisa dibilang gratis.

Anda bisa membuat website toko online sendiri di blogspot.com atau bisa bergabung dengan beberapa situs jual beli (marketplace) seperti Bukalapak dan Tokopedia. Di situs-situs tersebut anda tinggal daftar kemudian anda upload produk-produk anda disana secara gratis.

Kalaupun anda tidak mempunyai produk anda masih bisa menjual barang-barang di beberapa marketplace tersebut dengan cara menjadi reseller ataupun ikut dalam sistem dropship dengan menjadi droshipper.

Penting untuk dibaca : 7 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Internet yang Sudah Terbukti Berhasil

Sebagai info tambahan, saat ini di Bukalapak juga menawarkan konsep Agen, dimana anda tinggal daftar dan tawarkan produk-produk yang ada di Bukalapak kepada orang lain. Apabila ada yang membeli produk Bukalapak melalui anda, maka anda akan mendapat komisi.

5. Membuka webinar dan kursus online

Saat ini mulai banyak situs yang menyediakan pelayanan dan pelatihan bidang tertentu secara online. Anda juga bisa melakukannya apabila anda memiliki keahlian tertentu.

Contohnya anda punya keahlian presentasi, anda bisa membuka kelas online menjadi presenter professional dengan memberikan aneka tips dan trik yang berguna kepada member anda.

Anda tinggal membuat blog atau website yang menawarkan kursus secara online dan webinar (web seminar), dimana setiap orang yang ingin bergabung harus mendaftar dengan biaya tertentu dan nantinya akan anda kirimi materi-materi kursus secara online melalui email.

Semakin baik materi yang anda berikan, maka kemungkinan kursus anda bisa menjadi rekomendasi bagi orang-orang yang mencari pelatihan dan informasi terhadap bidang yang anda kuasai tersebut.

Jangan lupa berikan diskon kepada member kursus anda maupun calon member nantinya. Misalnya produk ebook gratis kepada 100 pendaftar pertama.

Hal ini tentunya akan lebih menarik para calon member untuk mengikuti kursus online anda. Kuncinya manfaatkan email marketing sebaik mungkin.

Mari mulai berbisnis....hilangkan rasa takut dan jangan nunggu modal gede.

Sebuah kesuksesan bisnis tidak melihat seberapa besar uang anda, bisnis bisa dimulai saat ini juga.

Bisnis tanpa modal juga bisa berjalan sukses asal dijalankan dengan baik dan kontinue.
Salam sukses....

Jika ada pertanyaan mengenai bisnis tanpa modal ini, silahkan berdiskusi melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan SHARE melalui tombol sosial media (facebook, twitter dan Google+) yang tersedia di bawah ini. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya