PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

07 February 2017

10 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Untuk Memperoleh Keuntungan Maksimal

Perkembangan jaman selalu menuntut adanya perubahan, begitu juga dengan bisnis. Dulu untuk menjual produk kita hanya bisa menjalankannya dengan offline alias dunia nyata, tetapi dengan adanya internet semuanya berubah. Sekarang kita bisa menggunakan strategi bisnis online untuk meningkatkan omset bisnis.

Ya kuncinya adalah internet, siapa yang tidak kenal dengan internet, di era globalisasi ini semua hampir semua orang setiap hari bersentuhan dengan internet.

Tidak usah jauh-jauh, saya atau mungkin anda bangun tidur saja sudah pegang smartphone baik itu hanya untuk cek email, update status atau cuma lihat berita terkini.

Seiring dengan pesatnya perkembangan jaman ini tentunya semua orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet sebagai media online.

Internet selain digunakan sebagai media hiburan, internet juga merupakan media bagi kita untuk mencari berbagai informasi yang berasal dari seluruh dunia, mulai dari bisnis, berita, animasi sampai jejaring sosial seperti facebook, twitter dan google plus.

Ibaratnya apapun yang kita cari semua tersedia di internet.

Oleh sebab itu sekarang banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan media internet untuk menjalankan bisnis mereka, agar bisnis dan produk mereka dapat dikenal masyarakat lebih luas dengan biaya yang lebih murah dan lebih efisien.

10 cara meningkatkan omset bisnis yang sebaiknya anda lakukan

Strategi bisnis online untuk meningkatkan omset bisnis anda

Untuk anda yang mulai terjun di bisnis online ini, baik itu berjualan secara online, menjadi publisher dan lain sebagainya diperlukan beberapa strategi bisnis online yang tepat agar tidak keliru dalam cara memasarkan dan membidik market untuk produk kita nantinya.

Berikut ini beberapa strategi bisnis online yang mudah dilakukan untuk meningkatkan omset bisnis anda melalui jaringan internet.

1. Tingkatkan pengetahuan anda


Karena anda akan menjalankan bisnis online, ada baiknya bagi anda untuk menambah pengetahuan bagaimana menjalankan dan mengelola bisnis online tersebut mulai dari pengenalan internet sampai cara berpromosi dan menjual produk anda, ikutilah pelatihan, seminar dan workshop-workshop baik offline maupun online yang berhubungan dengan bisnis online.

Kalau anda merasa kesulitan untuk mengikuti pelatihan, andapun bisa belajar secara otodidak melalui internet dengan mencari bahan informasi seputar bisnis online. Hal ini akan lebih meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anda.

2. Fokus pada bidang anda


Jika anda adalah seorang yang bergerak pada bidang supplier atau produsen dari suatu produk fokuslah pada bidang anda tersebut. Anda bisa mencari reseller atau mereka yang memiliki situs/komunitas yang bisa menjadi jalur distribusi produk anda di internet.

Anda juga tidak harus untuk membuat web atau situs e-commerce sendiri kalau budget dan kemampuan anda di bidang tersebut minim, anda bisa bekerja sama dengan situs-situs penyedia jasa jual beli seperti bukalapak, tokopedia, Olx dan evoucher.

Contohnya anda bisa bekerja sama dengan evoucher dengan mendaftar ke situs resminya www.evoucher.co.id.

Di situs tersebut anda cukup melisting produk anda lalu pihak evoucher yang akan menjualkan produk/jasa anda di internet. Anda cukup memberikan penawaran terbaik produk anda, maka customer akan datang kepada anda.

3. Bergabung dengan komunitas di internet


Anda mungkin sudah tidak asing dengan namanya komunitas di berbagai social media, seperti di facebook atau google plus. 

Ada banyak sekali komunitas yang tersebar di internet, seperti komunitas pecinta pakaian, pecinta otomotif, penghobi olahraga, penghobi makanan dan lain sebagainya.

Cari dan bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan jenis bisnis anda. Setelah itu lakukan promosi. Anda harus berani menampilkan produk anda kepada anggota komunitas tersebut.

Buatlah promosi dan penawaran produk yang baik. Jangan melakukan promosi secara membabi buta di komunitas yang anda ikuti karena bisa dianggap spam dan kemudian anda dibanned oleh komunitas tersebut.

Semakin banyak yang mengenal produk anda, semakin banyak pula kemungkinan anda mendapat customer. Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang-orang yang anda temui di dunia maya tersebut sehingga tercipta kepercayaan. 

Dengan anda bergabung dengan beberapa komunitas maka peluang untuk meningkatkan omset bisnis anda semakin terbuka lebar karena produk bisnis anda semakin dikenal luas para pengguna internet di seluruh dunia

Ada satu hal lagi, anda mesti pengikuti peraturan yang ada di komunitas tersebut jangan sekali-kali anda melanggarnya.

4. Lakukan temu langsung dengan anggota komunitas


Setelah anda bergabung dan melakukan promosi di komunitas, anda juga bisa mengikuti acara temu langsung anggota komunitas yang diadakan oleh mereka istilahnya kopdar (kopi darat), yaitu pertemuan para anggota komunitas di suatu tempat.

Dengan mengikuti kopdar anda akan lebih mengenal mereka dan bisa meminta penilaian mereka terhadap produk yang anda tawarkan.

5. Perbanyak teman dan selalu update di social media


Social media saat ini memiliki peranan penting dalam bisnis, usahakan untuk memperbanyak teman dan selalu update status baik itu lewat facebook, twitter dan lain sebagainya sehingga terkesan anda adalah seorang yang aktif dan hal ini membuat anda semakin dikenal di social media.

6. Perbarui data situs/blog anda secara berkala


Sangat saya sarankan anda untuk memiliki sebuah blog untuk bisnis anda karena anda bisa mendisplay berbagai produk anda dalam satu media sehingga akan memudahkan calon pembeli anda untuk mencari informasi tentang produk anda tentunya hal ini bisa mendongkrak omset bisnis anda jika blog dikelola dengan baik.

Kalau anda sudah memiliki situs atau blog, sangat penting untuk memperbarui situs/blog anda tersebut.

Bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan sampai sebulan sekali. Terlalu lama, maka calon pembeli bisa jadi tidak tertarik untuk kembali mengunjungi situs anda.

Pasalnya, pengunjung harus terus mendapatkan tawaran dan informasi terbaru dari toko anda.
Update tidak harus dalam bentuk besar-besaran. Hanya dengan menambahkan satu jenis barang baru sudah cukup.

Setiap perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran dan pengiriman barang harus diinformasikan dalam situs.

7. Miliki cukup produk dan foto barang


Memulai bisnis tidak harus dengan stok barang yang melimpah. Namun pastikan bahwa jumlahnya cukup, minimal untuk 5 kali update.

Jangan menampilkan semua produk sekaligus tapi dapat anda bagi dalam beberapa kali update sehingga anda tetap bisa update barang meski produk anda belum terlalu banyak yang terjual.

Demikian juga dengan foto produk, cicillah foto produk-produk itu sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk terus berkarya dan menampilkan kreasi baru untuk produk anda.

8. Tampilkan deskripsi dan foto terbaik produk anda


Karena anda menjalankan bisnis online dimana calon pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang anda tawarkan, maka deskripsi dan foto produk menjadi sangat penting untuk anda perhatikan.

Deskripsi dan foto produk yang kurang menarik akan membuat calon pembeli tidak terpuaskan keingintahuannya tentang produk anda atau malah jadi tidak tertarik karena menganggap barangnya biasa saja.

Fotolah produk anda dari berbagai sudut dan jarak.

Sediakan juga deskripsi dan foto versi mendetailnya supaya calon pembeli bisa mengetahui dengan pasti rupa barangnya. Kalau perlu berikan ornamen yang menarik pada produk anda sehingga akan menambah nilai jual produk tersebut.

9. Berikan nilai tambah produk anda


Dalam dunia bisnis sangat sulit jika kita ingin membuat produk yang sama sekali berbeda atau bahkan belum ada sebelumnya.

Jadi anda jangan fokus mencari sesuatu yang belum ada tetapi anda kembangkan produk yang sudah ada menjadi sesuatu yang berbeda.

Misalnya, anda boleh saja menjual pakaian sama seperti yang lain, tapi tentu bisnis anda jadi tidak istimewakan ?

Tetapi kalau anda menjual pakaian khusus ukuran besar dengan motif-motif unik yang bisa membuat yang memakai pakaian terlihat menjadi langsing dan ditambah dengan delivery order bagi pembeli, maka bisnis anda bisa dikatakan berbeda dari yang lain.

Temukanlah keunikan dalam setiap jenis bisnis yang anda jalankan. Pemberian diskon dan pelayanan yang memuaskan juga bisa dijadikan nilai tambah produk anda. 

Dengan memberi nilai tambah dan keunikan pada produk bisnis anda, niscaya akan dapat mengikat calon pembeli anda dalam jangka panjang yang tentunya mampu meningkatkan omset bisnis anda secara kontinue.

10. Beri kejutan dan penawaran khusus


Untuk lebih mengikat konsumen dan pelanggan produk, kita harus sesekali harus memberikan kejutan maupun penawaran khusus kepada konsumen kita.

Misalnya dengan memberikan diskon khusus atau memberikan suatu produk apabila konsumen dan pelanggan kita membeli produk kita dalam jumlah tertentu.

Hal ini akan membuat konsumen dan pelanggan anda merasa lebih diprioritaskan dan diperhatikan.

Sebagai kesimpulan tulisan sederhana ini, saya sajikan infografis bagaimana cara meningkatkan omset pendapatan bisnis yang layak anda coba terapkan pada bisnis anda.

10 cara meningkatkan omset bisnis yang sebaiknya anda lakukan


Demikian beberapa strategi bisnis online yang bisa diterapkan untuk meningkatkan omset dalam bisnis anda. Saat ini bisnis online merupakan jembatan yang paling mudah dan paling murah yang dapat membuat omset bisnis anda melesat dengan cepat.

PS : Jika anda suka dan ingin berbagi artikel ini, silahkan SHARE kepada teman dan sahabat anda melalui tombol sosial media (Facebook, Twitter maupun Google plus) yang tersedia di bawah ini.

Anda juga bisa berpartisipasi dengan memberikan komentar mengenai artikel ini melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya